Penghargaan ISBA (Internet Sehat Blog & Content), yang bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk blogger pemula

Advertisement
Alviyatun- ISBA atau Internet Sehat blog & Content Award, merupakan suatu penghargaan yang diberikan bagi para pengelola blog yang telah bekerja keras segenap daya upaya untuk menuangkan kreatifitas, ide,gagasan dan pemikiran yang dapat memberikan gagasan,ide serta mendorong masyarakat  dan pembaca untuk melakukan hal-hal yang positif serta bermanfaat bagi dirinya serta masyarakat di sekitarnya.


Dengan adanya penghargaan-penghargaan semacam ISBA ini, tentunya akan menjadi Inspirasi dan Motivasi tersendiri bagi para blogger di tanah air terutama bagi para blogger pemula dan mendorong mereka untuk mengembangkan kreatifitas,ide,gagasan serta lebih mengedepankan kualitas isi content blog.

Di harapkan untuk kedepannya akan ada penghargaan-penghargaan serupa lainnya yang tentunya akan mendorong kreatifitas dan produktifitas blogger muda nasional.

Penghargaan Indonesia Sehat Blog Dan Content Award telah diselenggarakan tahun2009, 2010, 2011, dan 2012 terdiri dari beberapa kategori. Program penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award diselenggarakan oleh ICT for Partnership yang bekerja sama dengan Pt XL Axiata, Norton Symantec, OpenNet Initiative, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia,Kompas Tekno, dan media onlinedetikINET.

Program Penghargaan Blog & Content Award (ISBA), ini tidak hanya memberikan penghargaan kepada pengelola blog saja, melainkan juga kepada pengelola wiki, forum, serta portal layanan konten lain. Fokus penilaian lebih pada konten, ini di maksudkan untuk lebih mendorong penulisan konten yang positif dan bermanfaat bagi para pembaca. Penerima penghargaan ISBA ini bisa   pengelola perorangan dan juga kelompok.

Program Internet Sehat Blog & Content Award pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 dan terus berlanjut hingga tahun 2012. Pelaksanaan program Internet Sehat Blog & Content ini dilakukan oleh ICT for Partnership yang bekerja sama dengan XL Axiata, Norton Symantec, OpenNet Initiative, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia,Kompas Tekno, dan media online detikINET.

Kategori Periode 2009

* Mingguan
* Tiga bulanan (best of the best blog)
* Tahunan (super blog).

Kendati Internet Sehat Blog & Content (ISBA) ini membidik blog dengan tema tertentu, namun pemilihan pemenang tidak dikelompokkan berdasarkan tema tertentu saja, melainkan dengan mengusung konsep lintas tema. Ada pun tema-tema blog yang menjadi perhatian dewan juri ISBA meliputi education, family, student, travel,culinary, techno, citizen journalist,lifestyle,inspiring, bahkan tema gado-gado masuk dalam daftar pemilihan pemenang.

Kategori Periode 2010-2012

* Bronze (mingguan, dipilih 2 situs pilihan  dari lintas tema)
* Silver (bulanan, yang dipilih dari 8 blog dari kategori bronze)
* Gold (tiga bulanan, yang dipilih dari 9 blog kategori silver)
* Platinum (tahunan, yang dipilih dari 12 blog kategori gold).

Untuk Tema-tema yang diangkat pada periode 2010-2012 ini diantaranya: education, family, student,techno, citizen journalist, lifestyle,business, variety, dan inspiring.

Periode 2012

* Bronze
* Silver
* Youth (bulanan, untuk anak muda)
* Gold
* Platinum

Penilaian

Materi untuk penilaian Internet Sehat Blog & Content Award sebagai berikut:

Konten kreatif, unik, dan kontekstual serta memiliki nilai tambah atau bermanfaat bagi pembaca.
Konten yang tidak sekedar copy-paste dari sumber lain namun jika berupa saduran, dapat diperbolehkan asalkan tetap mencantumkan sumbernya.
Konten bisa berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, reportase, dan lain-lain.
Konten diharapkan berbahasa Indonesia (boleh berbahasa inggris), formal maupun informal, teknis maupun non-teknis, sepanjang content/teks mudah untuk dipahami pembaca umum.
Situs selalu di update secara berkala "rutin" dan harus tercantum identitas data diri yang benar minimal (Nama &  Email Valid).



Berikut daftar yang memuat sebagian dari nama-nama  para penerima penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA).

Periode tahun 2009

* Victor Aria Wijaya (mingguan)
* Jonriah Ukur Ginting (super blog)

Periode tahun 2010

* Siska Yuniati (bronze)
* Silly (bronze)

Periode tahun 2011

* Aliya Mu'afa (bronze)
* Sawali (platinum, runner up)

Periode tahun 2012

* Endah Wahyunni (youth)
* Slamet Widiantoro (bronze)
* Tika Hapsari Nilmada (silver)

Semoga penghargaan semacam Internet Sehat Blog & Content Award yang lainnya akan terus ada yang akan memberi Inspirasi dan Motivasi untuk blogger pemula dan blogger muda Nasional.

Sumber gambar: ictwatch.com
DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

10 Responses to "Penghargaan ISBA (Internet Sehat Blog & Content), yang bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk blogger pemula"

  1. Semoga dengan ajang seperti ini blogger semakin brkembang

    BalasHapus
  2. Sekarang masih ada kah ?

    BalasHapus
  3. ane masih fokus ke konten artikel ane dulu gan, belum minat ikut kontes dan semacamnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bnr gan lbih baik fokus k content urusn itu mh blkngan

      Hapus
  4. Wah jadi pengen sukses juga seperti mereka

    BalasHapus
  5. Semogaa berkelanjutan event dan kontes seperti ini agar blogger lbih bersemangat untuk nuangin ide dan pkirannya k ranah maya

    BalasHapus
  6. wahhh bagus nih buat motivasi para blogger agar smeangat ngebuat content

    BalasHapus
  7. Sip gan, thanks informasinya semoga memotivasi yang lain'a :)

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif