Sejarah Dan Perkembangan Blogger

Advertisement
Blogger adalah layanan publikasi blog/weblog yang saat ini cukup populer di kalangan para pengelola blog, sejarah dan perkembangan blogger dari awal peluncuran hingga saat ini pun telah mengalami cukup banyak kemajuan.
Logo Blogger
Logo Blogger

Blogger, pada awalnya di luncurkan pada tanggal 23 agustus 1999 oleh Pyra Labz dan pembuatnya adalah Evan Williams sekaligus salah satu pendiri Pyra Labz, namun pada tahun 2003 diakusisi oleh Google.

Secara garis besar, blog yang di bawah naungan Google dan dihost oleh Google berada di bawah subdomain yaitu blogspot.com.
Blogger memperbolehkan para penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui fitur FTP yang berlaku hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di dalam server Google, meskipun pengguna masih dapat menggunakan alamat situsnya sendiri melalui fitur Custom URL.

Sejarah Layanan Blogger

Blogger pertama kali diluncurkan oleh Pyra Labs pada tanggal 23 agustus 1999, Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, berkat peran Blogger lah format Blog jadi cukup populer di dunia.
Namun Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs kemudian diakusisi oleh Google, pihak google kemudian membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan oleh Pyra Labs, oleh Google dijadikan layanan yang sepenuhnya gratis bagi penggunanya.

21 bulan kemudian Pada Oktober 2004, salah satu pendiri dari Pyra Labs, yaitu Evan Williams, menyatakan mengundurkan diri dari Google.

Setelah mengakusisi Blogger, pada tahun 2003, kemudia pada tahun berikutnya yaitu Pada tahun 2004, Google membeli Picasa(sekarang Google Foto), kemudian mengintegrasikan layanan picasa (Google foto) dengan layanan Blogger sehingga para pengguna blogger dapat menggunakan dan mempublikasikan foto dari album picasa(Google Foto)  ke situs blog secara langsung.
Logo Picasa
Logo Picasa Sebelum Berganti nama G+


Lalu Pada tanggal 9 Mei pada tahun yang sama yaitu tahun 2004, Google memperbarui fitur layanan Blogger dengan melakukan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blogger, di antaranya dengan menambahkan fitur seperti tampilan templat yang memenuhi standar web pada umumnya, halaman arsip (arsip blog) individual untuk masing-masing tiap posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi penggunanya Pada 14 Agustus 2006, versi terbaru Blogger dalam tahap beta di luncurkan, dengan menggunakan nama kode "Invader".
Versi terbaru blogger ini memigrasikan layanan pengguna Blogger langsung ke server milik Google serta ada penambahan beberapa fitur baru.

Lalu Pada bulan Desember 2006, versi baru ini resmi keluar dari tahap beta, namun pada bulan Mei 2007, Blogger baru menyelelesaikan memigrasi semua data penggunanya ke server milik Google.

Desain ulang Blogger

Pihak Blogger mengklaim bahwa dengan migrasi server ke google, layanan blogger jadi lebih stabil karena kualitas server yang dimiliki oleh Google lebih baik di bandingkan dengan sebelumnya.

Seiring dengan migrasi layanan Blogger ke server Google, beberapa fitur baru blogger pun diperkenalkan, fitur-fitur baru tersebut meliputi,
• manajemen label,
• antarmuka penataan tata letak(layout) template dengan cara geser-dan-letakkan (drag-and-drop),
• izin pembacaan blog (untuk membuat blog yang bersifat pribadi), dengan fitur izin pembacaan ini pengguna dapat memilih apakah blognya akan di sajikan secara publik, hanya pembaca yang di undang yang dapat membaca isi blognya atau  yang bersifat lebih pribadi, yaitu hanya administrator blog yang dapat membacanya,
• opsi web feed yang baru.
• Lebih lanjut, kini setiap blog pada blogger diperbaharui secara dinamis, berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya, di mana setiap posting atau komentar baru diperlakukan dengan cara menulis ulang file HTML.

Pembaruan terus di lakukan oleh Google, dan Pada bulan September 2009, Google kembali memperkenalkan fitur baru Blogger sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh.
Fitur baru yang di perkenalkan diantaranya, tampilan baru pada menu penulisan posting, penyempurnaan pada penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs dan lainnya, seperti:

• Menambahkan lokasi penulisan pada postingan.
Dengan adanya lokasi penulisan ini, pengguna dapat menyertakan dimana lokasi saat penulisan di lakukan.
• Penanggalan tulisan(postingan) ditentukan pada saat di publikasikan, (bukan saat pembuatan).
• Pengubahan tautan pada mode penulisan atau Compose mode.
• Layanan penuh bagi Safari 3.
• Tampilan pratayang/pratinjau.
Dengan tampilan pratayang/pratinjau ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan meninjau kembali tampilan posting,  sehingga pengguna dapat memperkirakan lebar tulisan dan ukuran font lalu mengeditnya kembali jika ada yang kurang, sebelum tulisan tersebut dipublikasikan.
• Toolbar baru dengan tampilan yang khas dari Google.
• waktu pemuatan yang lebih cepat serta tombol Undo serta Redo.

Pada tahun 2010, Google kembali memperbarui Blogger dan memperkenalkan template baru dan juga melakukan desain ulang situsnya.
Logo AdSense Sebelum Berganti Logo
Logo AdSense Sebelum Berganti Logo Yang Baru

Integrasi Layanan

Untuk memudahkan para pengguna Blogger agar lebih mudah dalam mempromosikan blognya, Pada tahun 2013, Blogger mengupdate fitur fitur yang sudah ada, salah satunya adalah fitur komentar dan integrasi pada media sosial google+, ada beberapa fitur baru diantaranya :

• Design Antar Muka Blogger yang diperbaharui pada tahun 2012
• Integrasi langsung dengan layanan google adsense pada tahun 2012, yang memungkinkan pengguna mendapatakan penghasilan tambahan dari konten blog.
• Integrasi dengan google+ pada kolom komentar dan postingan pada tahun 2013.
• Fitur mobile template yang mana kita bisa mendesign atau memilih design template yang telah disediakan sehingga pengguna dapat melihat blog pada Handphone atau Gadget mereka dengan design yang dapat menyesuaikan lebar layar ( responsive ).
• suport HTTPS, yang berfungsi untuk memfilter data-data penting, biasanya fitur ini banyak digunakan oleh situs-situs besar dan situs berbasis toko online.
DMCA.com Protection Status

Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

20 Responses to "Sejarah Dan Perkembangan Blogger"

  1. Ternyata blog sndri pny sejarah yang panjang yaa. . . Dari nol sampai bisa menjadi populer sperti skrng ini. . .
    Qta sbagai blogger jga harus pny smngat yg sama mbk biar blog qta bsa bermanfaat untuk para pembaca semua ny. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, blogger aja dri nol smpe populer bahkan dengan mengeluarkan biaya, masa kita yg di kasih gratis ga bsa sih

      Hapus
  2. Salam Friendly, nice artikel, sejarah dan perkembangan blogger, di balik sejarahnya mengenai asal mula blog, akhirnya blog semakin dikenali dan terkenal bagi semua orang bukan hanya blogger.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam friendly mas, iya kita harus bsa ni ngikutin jejak blogger juga

      Hapus
  3. banyak banget perubahan perubahannya ya, yang aku sayangin sih blogspot.com berubah jadi blogspot.co.id :( kira2 bakal balik gak ya... moga gak balik2 lagi ya, udah terlanjur pake co.id wkwokwoko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih bisa balikin ke com lagi mba

      Hapus
    2. wah masa sih, klo gtu mding kita pake domain prabayar ya...

      Hapus
  4. melihat perkembangan blogger yang sudah sampai sekarang ini, saya sebagai blogger juga ikut bangga.. semoga blog bisa lebih terkenal lagi, terutama didesa saya dimana orangnya masih banyak yang belum paham tentang dunia internet.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, moga makin jos blognya mas....

      Hapus
  5. Terima kasih Mba share artikelnya sangat membantu...
    Salam blogger... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok terima kasih juga mas dedy udah mau berkunjung...
      Sallam blogger

      Hapus
  6. mantap isin share dan bw gan

    BalasHapus
  7. wah baru tau ane tentang asal mulanya blogger.
    thanx atas sharingnya neng :)

    BalasHapus
  8. saya jadi tau, pada intinya blog pun memiliki sejarah yang cukup panjang dan memiliki perkembangan hingga terkenal seperti sekarang dan memiliki user yang banyak, nice artikel thanks for share sobat

    BalasHapus
  9. wah begitu jauh sudah perkembangan blonger rupanya,.?
    salam sukses mbak

    BalasHapus
  10. Artikel yang menarik

    BalasHapus
  11. terima kasih infonya sangat bermanfaat. update terus dech !!

    BalasHapus
  12. Jadi tau tentang sejarah blogger.
    Terimakasih mba, artikelnya menarik.

    BalasHapus
  13. Bacaan penting Blogger, agar tak melupakan sejarah

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif