Pengalaman Error Pada Menu Tata Letak/Gadget di blogger Dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Alviyatun- halo pembaca semua, jumpa lagi dengan saya.

Postingan kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman pada blog saya tentang masalah error pada menu tata letak blogger sekaligus cara mengatasinya.
Tampilan Tata Letak Saat Error


Sebagai seorang blogger pemula tentu saja kita akan merasa sangat bingung dikala ada hal-hal yang tidak normal pada blog kita bukan...?!

Hal itu sempat saya alami pada blog saya kemarin, saat itu saya sedang mencoba untuk memasang kode iklan di bawah judul pada template blog saya, namun karena saya hanya menggunakan perangkat selular untuk ngeblog, maka saya tidak bisa memasukan kode iklan tersebut langsung melalui dasbor template blogger, jadi mau tidak mau saya harus memasukan kode iklan tersebut secara manual dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengedit template tersebut.
Setelah selesai mengedit dan memasukan script kode iklan pada template lalu saya upload template pada blog saya.

Setelah saya berhasil upload template blog beberapa saat kemudian saya cek iklan dan ternyata saya lihat iklan memang sudah berhasil tampil di bawah judul postingan.
Karena saya fikir pemasangan script kode iklan pada judul postingan sudah berhasil kemudian sayapun berniat untuk merubah salah satu unit iklan melalui menu tata letak dan betapa kagetnya saya ketika saya mendapati tampilan tata letak/gadget di blog saya tidak dapat di akses dan muncul pesan seperti pada gambar, lalu saya coba untuk merefres halaman tapi hasilnya nihil karena tampilan tata letak/gadget tetap tidak dapat di akses.
Hal ini saya alami hingga seharian penuh.

Sebagai blogger pemula yang masih belum begitu memahami setiap fitur-fitur yang ada di blog, saya pun merasa panik, lalu saya coba mencari-cari informasi dan bertanya melalui  group dan forum-forum tentang permasalahan error pada menu tata letak/gadget tadi, dan rata-rata jawaban yang saya dapat adalah permasalahan ada pada template dan saya di sarankan untuk mengganti template blog saya.

Karena jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan rata-rata jawabannya ada pada template akhirnya saya coba hapus script kode iklan bawah judul yang saya masukan sebelumnya lalu coba upload ulang template, namun hasilnya masih tetap sama, yaitu menu tata letak/gadget blog saya tidak dapat di akses, kemudian saya coba ganti template blog saya seperti yang di sarankan oleh rekan-rekan blogger dan hasilnya memang benar menu tata letak/gadget pada blog saya dapat di akses alias tidak error lagi.

Namun karena saya sudah terlanjur cinta sama tempalate nya jadi sayapun upload kembali template sebelumnya sambil terus berusaha mencari jalan keluar agar menu tata letak tidak lagi error dengan tetap menggunakan template yang biasa saya pakai dan akhirnya tanpa sengaja saya melihat di salah satu group ada seorang blogger yang mengalami hal yang serupa dengan saya dan ada yang memberi tahunya cara mengatasi permasalahan yang sama dengan saya, yaitu permasalahan error pada menu tata letak/gadget pada blogger.

Dari saran yang saya lihat itu ternyata saya baru tahu ternyata cara mengatasinya cukup mudah sekali untuk di terapkan hingga akhirnya saya pun mencobanya, dan benar saja setelah saya coba cara tersebut tata letak/gadget blog saya yang tadinya error langsung kembali normal.

Nah, buat para pembaca sekalian barang kali ada teman blogger lain khususnya blogger pemula seperti saya yang mengalami hal serupa dengan permasalahan yang pernah saya alami, berikut ini saya coba jelaskan cara mengatasi error pada tata letak/gadget blog:

1. Klik pada bagian blog saya (my blog) pojok kiri atas
Gambar Langkah 1 Atasi Error Tata Letak/Gadget

2. Klik roda gigi yang berada di pojok kanan atas
Gambar Langkah Kedua Atasi Error Tata Letak/Gadget

3. Lalu Klik edit setelan pengguna
Gambar Tiga Atasi Error Tata Letak/Gadget

4. Langkah selanjutnya kosongkan pada kolom centang pada bagian ambil sebagai draf blogger
Gambar Empat Atasi Error Tata Letak/Gadget

5. Simpan
Gambar Lima Atasi Error Tata Letak/Gadget


Setelah semua langkah di atas selesai langkah selanjutnya tinggal di reload ulang halaman namun jika masih terjadi error anda bisa coba mengganti url halaman yang sedang di buka menjadi blogger,com bukan drafblogger,com setelah itu anda bisa lihat hasilnya.

Nah, para pembaca sekalian itulah pengalaman saya tentang error pada menu tata letak/gadget blog serta cara mengatasinya.
Terima kasih anda sudah mau berkunjung dan membaca postingan saya ini dan jangan lupa bantu like dan share juga yah....!!
Salam blogging
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

18 Responses to "Pengalaman Error Pada Menu Tata Letak/Gadget di blogger Dan Cara Mengatasinya"

  1. semoga gak kejadian error lagi gan hehe ^_^ belajar dari pengalaman gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..
      Iya ni mas, belajar dri pengalaman

      Hapus
    2. Amin..
      Iya ni mas, belajar dri pengalaman

      Hapus
  2. iya kadang blog suka error ga jelas. apalagi kalo ngedit postingan. kadang susah banget ngatur posisi gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, kmaren aja mpe sehari semalem tuh saya cari-cari cara benerin

      Hapus
  3. Mantap pengalaman pribadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum mas masih newbi

      Hapus
  4. Oooh itu yg saya coba kasib solusinya tapi gabisa ya haha, ternyata pas saya baca2 di komunitas g+ emang lagi gangguan bloggernya dan saya sendiri juga tadi siang ngalamin kyk gitu tapi nggak lama sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas emang pas wktu itu blogger lgi error tpi punya saya masalahnya ternyata ada di blog itu sendiri dan setelah saya terapin cara di atas langsung normal

      Hapus
  5. Woow keren mbak berhasil mencari solusinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dari coba" eh ternyata berhasil

      Hapus
  6. Mungkin ada kesalahan kode htmlnya.. ada kode yang terhapus.. tapi syukurlah sudah solved..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada yg salah sama kode html nya ko mas karena setelah pake cara di atas langsung normal semua

      Hapus
  7. Nah... Dapat ilmu baru lagi dari Non Alvy. Makasih udah share tentang masalah ini.

    Saya juga pernah mengalami error di bagian tata letak (widget bertumpuk), syukur bisa terselsaikan juga. Kirain cuma widget yg bertumpuk doang masalah di halaman tata letak ini, ternyata baru tau kalau ada masalah seperti ini juga.
    Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah blog saya kedatangan tqmu hebat ni, terima kasih mas Bekti hargyandany sudah mau berkunjung ke blog saya

      Hapus
  8. biasane kejadian kui, pas ganti tema gek durung di reload

    BalasHapus
  9. guee dulu juga pernah ngalamin hal kek gitu ,, pas itu ane bingung bgt ,, terpaksa ane ganti template,, karena gag tau solusi yang harus gue lakuin ,,, thx infonya mba,, jadi lain kali klo kejadian ane gag perlu ganti template lagi..

    BalasHapus
  10. Saya juga mengalami error seperti ini, gan. Tapi setelah saya cek di setelan pengguna memang tidak ada centang sama sekali di kotak draft blogger.
    Anehnya kalo di seluler tata letaknya normal, tapi ngga leluasa untuk saya geser2

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif