Cara Daftar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

Advertisement
AlviyatuN- Postingan Cara Daftar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan sahabat blogger Mbak Puspa Puspha malalui akun Facebook, yang sempat bertanya:

Mbak Alvi, Cara Membuat Status Pengunjung Seperti pada Sidebare Blog AlviyatuN, Bagaimana?

Nah, dari pertanyaan Mbak Puspa itu maka saya buat postingan ini.


mungkin di luaran sana sudah banyak blog yang membahas tutorial tentang Cara Daftar Histat dan Memasang Widget Plugin dari Histat pada website/blog.

Apa Itu Histats??

Histats merupakan plugin layanan gratis yang cukup populer yang sudah banyak digunakan oleh para blogger karena dapat membantu seorang blogger (pemilik blog) untuk merekam dan memantau interaksi pengunjung pada halaman blog yang di miliki, histats sebagai sarana untuk memonitor blog atau website yang kita miliki. Dan beberapa informasi yang bisa kita pantau dari histats diantaranya: jumlah pengunjung blog perhari, akumulasi jumlah pengunjung perhari, perminggu dan perbulan, jumlah halaman blog yang diakses pengunjung, kemudian jumlah pengunjung yang sedang online didalam blog dan masih banyak lagi informasi yang disajikan oleh tool yang satu ini.

Lalu Bagaimana Histats Dapat Memantau Aktifitas Suatu Blog??


Jawabannya adalah histats bisa membaca dan juga mulai merekam setiap aktivitas pada suatu blog dan juga pengunjung pada saat kode plugin dari histats dipasang/terapkan pada blog, untuk itu setelah pemilik blog mendaftar histats, seorang pemilik blog diwajibkan untuk memasang kode plugin yang disediakan oleh histats pada blog si pendaftar, setelah plugin dipasang, maka histats mulai merekam aktifitas pengunjung suatu blog/website saat kode plugin tersebut ditemukan dan dibaca oleh histats pada blog, selama kode plugin dari histats tersebut menempel dan masih aktif pada suatu blog, maka selama itu pula aktifitas dari pengunjung blog akan terus direkam oleh histats.



Oke Langsung Saja kita Kembali ke Pokok Pembahasan, yaitu Cara Daftar Histats Lengkap: Mudah dan Cepat


Cara Daftar Histat


Nah, Berikut ini adalah langkah-langkah cara mendaftarkan blog atau website anda di histas:

1. Pertama Silahkan anda Buka halaman utama histats.com di Browser anda.

2. Lalu Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar dibawah, kemudian pada kolom isian yang ada tulisan register your website silahkan anda masukan alamat blog/website anda, tanpa http://, lalu klik tombol "Register".
Langkah Awal Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

3. Pada tampilan halaman berikutnya anda akan melihat form isian yang harus anda isi untuk data akun histats anda, silahkan masukan data-data yang diperlukan.

Langkah kedua Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat
Data-data meliputi,
• Email yang nantinya akan anda gunakan sebagai user
• confirm email, yang tadi anda gunakan untuk mendaftar
• password, (pasword pilihan anda)
• confirm password (pasword pilihan anda)
• name, (nama anda)
• surname/nama panggilan, (nama lain)
• time zone, silahkan anda cari di menu scroll dan pilih Asia/jakarta lalu silahkan masukan kode captcha yang tersedia, jangan lupa untuk centang pada tulisan "I have ready and agree publisher agrements term", kemudian silahkan klik pada tombol "Register".

4. Jika anda telah menyelesaikan langkah diatas tadi, berati anda sudah berhasil mendaftar di Histats,  sekarang coba anda buka email anda, email yang tadi anda pergunakan pada untuk mendaftar di Histat tadi. kemudian cari dan buka pesan konfirmasi yang di kirimkan oleh histats, setelah ketemu, silahkan anda klik link konfirmasi yang anda terima dari pesan Histat tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran anda. Setelah itu silahkan anda login ke histat menggunakan email dan password yang anda gunakan pada saat mendaftar untuk bisa masuk kehalaman control panel histat anda.




5. Setelah masuk halaman control panel seperti pada gambar diatas, silahkan anda klik pada tombol yang bertuliskan "+ Add a website"

Langkah Ketiga Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat
6. Langkah yang selanjutnya, silahkan anda masukan alamat url blog anda sekali lagi, lalu pilih bahasa /language, silahkan anda pilih pada pilihan bahasa yang tersedia, anda bisa pilih bahasa indonesia atau yang lainnya, pilih Time-zone/zona waktu dan pilih Asia/Jakarta jika anda menggunakan bahasa Indonesia, kemudian pilihlah satu kategory yang sesuai dengan niche/topik blog/website anda, isikan juga title/judul, description/keterangan blog anda, isi juga bagian yang lainnya, lalu jangan lupa untuk centang tulisan "accept" kemudian masukan kode captcha yang tersedia dan kemudian klik tombol Continue/Lanjut.


Langkah Keempat Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat
7. Sampai pada tahap 6 diatas, itu berarti anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran histats untuk blog/website anda. Akan tetapi aktifitas pengunjung Blog anda masih belum bisa di merekam oleh histat, untuk itu supaya aktifitas pengunjung Blog anda bisa di monitor histat, anda harus terlebih dahulu memasang kode histats (Counter Code) dan di letakan pada template atau widget blog anda.

8. Langkah selanjutnya, untuk mendapatkan kode histats (counter code) dari histat, silahkan anda klik icon grafik yang ada di halaman histats seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.
Langkah Kelima Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

silahkan anda klik icon tersebut, untuk menuju ke halaman statistik sekaligus untuk mengambil kode histats tersebut yang nanti akan di pasang pada template atau widget blog/website.

9. Langkah berikutnya, silahkan anda cari lalu klik pada tombol yang ada tulisannya "Counter Code", seperti pada gambar yang dapat anda lihat dibawah ini:
Langkah Keenam Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

10. Maka pada halaman tersebut anda akan melihat tampilan kira-kira seperti pada gambar dibawah ini:
Langkah Ketujuh Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

11. Silahkan anda klik saja yang bertuliskan Buat Counter Baru "+ Add New Counter" seperti yang bisa anda lihat pada gambar contoh diatas, dan nanti anda akan dibawa menuju pada halaman selanjutnya, yaitu Buat Pelacakan Counter Baru atau "Create New Tracking Counter" di halaman ini anda bisa memilih salah satu tampilan counter histats yang anda inginkan seperti pada gambar yang dapat anda lihat dibawah ini:
Langkah Kedelapan Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

12. Pada halaman diatas ada banyak sekali pilihan tampilan widget yang bisa anda pilih sesuai selera anda, silahkan anda pilih salah satu diantaranya, lalu klik salah satu bentuk kotak informasi histats widget yang nantinya akan ditempelkan pada blog/website.

kemudian pada langkah berikutnya silahkan anda cetang pada kotak pilihan yang tersedia dan setelah itu silahkan anda klik pada tombol "Save", dan nanti halaman akan kembali lagi kehalaman, Counter seperti yang terlihat pada contoh gambar berikut ini:
Langkah Sembilan Cara Dafar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

13. Seperti yang bisa Anda Lihat pada contoh gambar diatas, 1. silahkan Anda klik  “Add New Counter” (tambah counter baru), 2. kemudian silahkan anda klik pada pilihan yang HTML/Assincron atau lainnya, 3. Maka nanti di bagian bawahnya itu akan muncul jendela baru yang berisi "Kode” histats yang harus anda salin kodenya dan anda tempelkan kode tersebut pada widget blog anda, silahkan anda salin kode tersebut.


Pasang Memasang Kode Histats di Blog



14. Masuk ke dasbor blog anda, kemudian pilih menu tata letak kemudian tambahkan gadget/add widget, pilih HTML/Javascript lalu pastekan dan klik tombol "Simpan".

Sampai pada tahapan diatas, itu berarti anda sudah selesai pada tahap daftar serta membuat akun histats dan juga memasang kode histat “ Counter Code” pada blog anda, kini Histat akan mulai merekam dan menghitung aktifitas dari pengunjung blog anda.

Mungkin cukup sekian artikel Saya mengenai  Cara Daftar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, apabila ada kesalahan baik dalam penulisan maupun lainnya.


Apabila sahabat pembaca ada saran dan kritik mohon sampaikan di kolom komentar agar nanti dapat saya tambahkan kedalam artikel postingan diatas.


semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda terutama bagi anda yang membutuhkannya.
Jangan lupa like dan share ya dan jangan lupa kunjungi juga Fuyukai.

Terima Kasih dan Salam BloggingDMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

9 Responses to "Cara Daftar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat"

  1. cara agar alexa rank indonesia bisa tampil gimana mba?alexa rank saya yang indonesia kok masih no data ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak agustina...
      Punya mbak agustina apa sudah pasang kode verifikasi alexa didalam template mbak??!
      Kalo tidak salah itu salah satu faktor tidak tampilnya alexa rank versi lokal.
      Semoga jawaban saya dapat membantu, sambil menunggu jawaban dari yang lebih tahu nanti di bawah

      Hapus
    2. CMIIW

      Setau ane, gak masang kode verifikasi alexa gak masalah tuh,, itu kan cuma kode verifikasi kepemilikian, bukan analisis trafik. Kecuali alexa certify, nah, itu baru langsung analisis.

      Hapus
  2. min, caranya buat pasang code histatsnya biar muncul diblog gimana ? soalnya saya udah pasang tapi gaada keliatan dah diblog saya. mohon bantuannya :)

    visit : http://joe-ngeblog.blogspot.co.id/2016/01/menyisipkan-emoticon-kedalam-postingan.html

    BalasHapus
  3. histat ini gak bisa di pasang di footer yah mbak?, saya sudah coba pasang statistik nya gak ngitung.... kalo saya pasang di side bisa...

    BalasHapus
  4. iyak kadang histats suka error gituh. analytic aja kadang ngilang sendiri pelacakannya. tapi kalo udah tau caranya insallah enak pake double, histats dan google analytic.

    BalasHapus
  5. widih lengkap banget nih tutorialnya,gan..ada penjelasannya lagi,,semakin mudah saja memahaminya,,thanks infonya gan...

    BalasHapus
  6. mantap banget infoermasinya, langsung ane praktekin dan berhasil, thanks gan

    BalasHapus
  7. lengkap banget ini tutorialnya gan, sip deh. thaks infonya......

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif