Cara Membuat Subdomain di Blogspot dari DNS Management

Advertisement
Membuat Subdomain di Blogspot dari domain kita sendiri di DNS Management hosting tempat kita membeli domain untuk dipasang di blogspot sebetulnya sangat mudah, sudah banyak di buatkan tutorial-tutorialnya oleh para penyedia layanan Domain dan hosting itu sendiri, tidak sedikit pula para blogger-blogger senior yang membuat tutorial cara membuat dan submit Subdomain diblogspot.

Proses membuat subdomain sendiri sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan lima Host Record Baru yang terdiri dari, empat A record serta  satu cname baru pada bagian cpanel. Bagi sobat blogger yang masih bingung bagaimana cara membuat subdomain di DNS management dan menambahkannya ke blogspot, anda bisa mencobanya dengan mengikuti tutorial berikut:

1. Masuk ke bagian kontrol panel domain anda


Untuk menambahkan host record baru anda harus masuk lebih dulu ke kontrol panel domain anda, Karena layanan yang saya pergunakan  adalah niagahoster.com maka tampilan dan caranya seperti ini:


klik MEMBER AREA(MY ACOUNT), lalu klik KELOLA (Manage Domains), silahkan anda pilih domain yang ingin anda edit jika anda punya lebih dari satu Domain dan selanjutnya klik DNS MANAGEMENT (All host records).

2. Menambahkan Host Record Baru


Sebagai catatan: tampilan pada setiap layanan penyedia Domain berbeda-beda, namun pada dasarnya sama saja!!
Untuk menambahkan lima host record baru tidak jauh berbeda seperti halnya pada waktu pertama kali melakukan custom domain. Hanya saja yang jadi perbedaan adalah pada saat mengisi bagian CNAME pada bagian host yang biasanya diisi dengan “www” untuk Domain utama, maka disini kita harus mengisinya dengan “www.catatan”. Dan di bagian A (Address) yang biasanya diisi dengan simbol "@" maka untuk subdomain kita isi dengan nama yang nanti mau dijadikan sebagai subdomain, contoh yang saya pakai disini adalah kata "catatan" sebagai subdomain. Silahkan anda sesuaikan dengan keinginan anda. jika semuanya sudah, Anda tinggal klik pada bagian Save Changes.

3. Submit Subdomain ke Blogspot

Langkah selanjutnya, untuk menambahkan subdomain pada blogspot cukup mudah, berbeda jauh dengan  saat pertama kali Custom Domain yang harus verifikasi cpanel dan dasbor blogspot disini anda hanya perlu menambahkan Subdomain tadi. Caranya buka akun blogger anda setelah itu Klik Setelan > Dasar > Tambahkan Domain Khusus > Alihkan ke Setelan Lanjutan. Selanjutnya anda tinggal masukan alamat url subdomain anda, contoh yang saya pakai disini adalah www.catatan.alviya.com.Jangan sampai lupa ya untuk menyertakan “www.” Jika sudah, silahkan klik Simpan.


Setelah proses submit subdomain selesai anda tinggal menunggu waktu maksimal selama 24jam hingga proses resolved DNS selesai. Anda bisa lihat Contoh subdomain saya yaitu, www.catatan.alviya.com.

Demikian artikel Cara Membuat Subdomain untuk Blogspot yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat.
Baca juga posting lainnya: Cara Pasang Iklan dibawah Postingan
Bagi yang suka Anime kunjungi rekomendasi dari saya: Fuyukai
Terima kasih
DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

5 Responses to "Cara Membuat Subdomain di Blogspot dari DNS Management"

  1. Wogh gampang bener lol, tak kira setting dns lagi, alviya bikin sub Blog gak kerepotan isinya ^_^?

    BalasHapus
  2. boleh juga dicobakan pada blogspot saya yang lain nih biar punya subdomainnya blogspot saya nih ah

    BalasHapus
  3. kalau saya biasa beli domain sekalian tak suruh setingkan sekalian di blog saya,,pernah sekali,orangnya salah naruh domainnya,seharusnya di setingkan di blog A tp di taruh di blog B,ya sudahlah sudah terlanjur terpasang,hehe...efeks kakean ternak blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha mbak agustina emabg spesialis ternak blog sih...

      Hapus
  4. Terimakasih Mbak, Sudah Bisa Sekarang Berkat Bantuan Mbak Alvy Yatun....

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif