Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Advertisement
Pada Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, Tentu Anda harus menyertakan Surat Lamaran Kerja atau curriculum vitae (CV) yang merangkum tentang data serta pengalaman kerja Anda. CV yang disusun dengan baik, ringkas, namun informatif pastinya akan membuat pihak perusahaan merasa terkesan dengan diri Anda, yang akhirnya pihak perusahaan bersedia untuk menerima Anda sebagai karyawan.
Contoh surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan

Membuat surat lamaran kerja sebetulnya mudah akan tetapi untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar membutuhkan sedikit waktu dan ketelitian untuk menyusun rangkaian kalimat atau kata-kata sehingga membentuk sebuah rangkuman Surat Lamaran Kerja yang Baik, rapi, tidak berlebihan dan informatif karena hal ini dimaksudkan supaya memberikan kesan yang baik dan profesionalitas serta menambah peluang Anda untuk diterima menjadi salah satu pegawai diperusahaan Anda melamar..

Kesan pertama dari (CV) surat lamaran kerja yang Anda buat sangat menentukan langkah Anda pada tahapan selanjutnya ditempat Anda mengajukan lamaran kerja, sebisa mungkin Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan dalam surat lamaran kerja anda, baik itu penggunaan bahasa, penulisan, penggunaan kata ganti diri sendiri serta hal-hal lainnya yang dapat memberi kesan negatif tentang diri Anda.

Untuk itulah sebelum anda membuat CV surat lamaran kerja sebisa mungkin anda rangkum setiap kata dan kalimat dengan baik dan benar sehingga akan memberi kesan bahwa anda layak untuk diterima bekerja diperusahaan tempat Anda melamar kerja.

Beberapa Hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja


Surat lamaran kerja bisa dikatakan merupakan sebuah gambaran atau cerita singkat tentang diri dalam dunia kerja. Untuk itu, surat  lamaran kerja tidak bisa hanya asal buat saja, dalam membuatnya Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat memberikan kesan bahwa diri Anda profesional sehingga pada saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan disebuah perusahaan, kesempatan Anda diterima bekerja lebih besar.

sebagaimana dijelaskan oleh Andrew Snavely dalam uraiannya yang berjudul 7 free resume templates, dalam pembuatan CV ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadikan sebuah CV yang profesional.
Maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja ada baiknya anda perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut:

1. Hindari kesalahan atautypo dalam pengetikan serta gramatikal apabila (CV) surat lamaran kerja ditulis dalam bahasa inggris.

2. Gunakan Ragam bahasa formal.
Penggunaan ragam bahasa formal dimaksudkan untuk mempertegas profesionalitas Anda.

3. Jangan gunakan jargon, bahasa klise dan berbunga-bunga yang memberi kesan berlebihan tentang diri Anda.

4. Usahakan penulisan (CV) surat lamaran kerja tidak lebih dari dua halaman.
Ini dimaksudkan supaya pihak perusahaan tidak merasa bosan pada saat membaca (CV) surat lamaran kerja Anda.

5. Usahakan susunan (CV) surat lamaran kerja dengan sesederhana mungkin, jangan memberikan bingkai-bingkai pada CV.

6. Pastikan anda menggunakan kata ganti "saya" untuk merujuk penyebutan diri sendiri dan bukan menggunakan kata ganti pihak ketiga.

7. Jangan gunakan clip art atau emoji dalam (CV) surat lamaran kerja.

8. Jangan pergunakan dan menyertakan pepatah atau kata bijak orang-orang yang ternama didunia.
Karena jika hal ini dilakukan, bukan membuat pihak perusahaan dan atasan terkesan tapi justru sebaliknya anda akan dianggap terlalu berlebihan.

9. Gunakan alamat email yang lebih profesional, bukan yang sedikit kekanakan.

10. Gunaka jenis huruf atau font yang mengesankan profesionalisme, sebaiknya hindari penggunaan jenis font Comic Sans atau Curlz.

Bentuk Rangkuman Surat Lamaran Kerja

Bentuk sebuah (CV) surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian,Yaitu  :
* Bagian Pembuka
* Isi atau uraian
* Bagian Penutup

1.  Bagian Pembuka
Pada bagian pembuka ini meliputi sumber informasi tentang lowongan pekerjaan yang diperoleh, Bagian atau posisi jabatan kerja yang ingin ditempati atau diinginkan.

2. Isi atau Uraian
Pada bagian ini menjelaskan tentang diri Anda bahwa Anda  sudah memenuhi syarat-syarat yang diinginkan pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja, selain itu disini Anda juga memberikan informasi biodata tentang diri Anda meliputi usia, tempat dan tanggal lahir, tempat tinggal serta keterampilan yang Anda miliki untuk menunjang posisi atau jabatan yang Anda diinginkan.

3. Penutup
Pada bagian ini biasanya berisi tentang harapan si pelamar kerja untuk proses selanjutnya yang disertai dengan ucapan terimakasih.

Untuk membuat sebuah (CV) surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi untuk menghasilkan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat, diperlukan sebuah ketelitian. Oleh karena itu supaya anda lebih mudah memahami apa yang saya jelaskan dan sebelum Anda membuat surat lamaran kerja, Anda bisa memperhatikan surat lamaran kerja yang akan saya contohkan di bawah ini dan Anda bisa mencobanya nanti. Namun dalam contoh yang saya buat dibawah, saya tidak mengisi bagian ISI atau URAIAN dengan kata atau kalimat yang biasa dipakai, namun saya menggunakan sebuah penjelasan singkat didalamnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Contoh Pertama
-------------------------------------------------------------
Hal : lamaran pekerjaan
Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
Nama perusahaan, Alamat Perusahaan, Kota

Dengan hormat,
Keterangan tentang informasi lowongan kerja yang anda peroleh diperusahaan tersebut dengan menyertakan sumber infofmasi.
Tujuan dan maksud Anda untuk melamar kerja serta posisi jabatan yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                             :
Tempat / tgl. lahir        :
Pendidikan Terakhir  :
Alamat                           :
No. Telepon (HP)         :
Status  Hubungan       :

Keterangan singkat tentang diri anda, meliputi keahlian, pengalaman dan sebagainya serta kesiapan anda bekerja.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan Surat :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah Pendidikan Terakhir
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Keterangan singkat tentang harapan anda agar dapat diwawancara dan di terima di perusahaan tempat anda melamar kerja
Demikian surat lamaran kerja ini saya, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,
Tanda Tangan
Nama Anda
-------------------------------------------------------------
Contoh Kedua
-------------------------------------------------------------
Kota, tanggal, bulan, tahun
Kepada Yth. HRD
Nama Perusahaan, alamat  perusahaan, kota

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                        :
Tempat, Tgl. Lahir  :
Alamat Lengkap     :
No. Telp/HP             :
E-mail                       :
Pendidikan              :

Keterangan singkat tentang pengajuan lamaran kerja dan posisi yang anda inginkan
Keterangan singkat tentang keahlian, pengalaman dan kesiapan anda untuk berkontribusi di perusahaan yang tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,
Tanda Tangan
Nama Anda
-------------------------------------------------------------


Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat CV serta Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.
Ingat, (CV) surat lamaran kerja merupakan gerbang pertama sekaligus utama yang cukup berperan dalam membentuk persepsi atasan dan juga perusahaan terhadap diri Anda. Untuk itu, pastikan (CV) surat lamaran kerja Anda disusun dengan baik, jujur, tidak berlebihan, rapi dan profesional.
Semoga ini bermanfaat bagi Anda yang memerlukan dan semoga cepat diterima bekerja bagi anda yang sedang melamar kerja.
Rekomendasi saya yang sukai Anime Nusaimoe silahkan kunjungi: pertandingan nusaimoe pekan ke 5
Terima Kasih dan Salam Blogger
DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

6 Responses to "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"

  1. thanks untuk informasinya mbak alvi, semoga info ini bermanfaat, izin share ya

    BalasHapus
  2. melamar pekerjaan memang segala halnya harus terlihat baik dan benar demikian juga surat lamaran kerjanya tentu harus baik dan benar agar jadi pertimbangan utama untukkita di terima kerja.
    kalau bisa mah ciptain pekerjaan, udah nggak musim nyari kerjaan mah...hehe

    BalasHapus
  3. mantap gan, 1 taun lgi mungkin ane pake nih artikel ehehe

    BalasHapus
  4. Saya rasa tips diatas sangat besar manfaatnya terutama buat para fresh graduate, as like me..hehe
    Thanks mbak Alvi, jadi gak ada alasan utk salah membikin lamaran.

    BalasHapus
  5. Surat Melamar Pekerjaan sangat penting dan wawancara selanjutnya tidak kalah penting

    BalasHapus
  6. bermanfaat nih gan buat ane yang sedang mencari pekerjaan. thanks yah udah share

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif