Penyebab Perbedaan Status Pageview Histats vs Dasbor Blogger

Advertisement
Membuat sebuah blog dan memposting artikel-artikel yang berisi informasi bermanfaat bagi pengunjung dengan harapan blog semakin ramai dan melimpah ruah pengunjungnya, adalah harapan semua blogger!!
Tidak seorangpun yang membangun sebuah blog tanpa mengharapkan blog yang di bangunnya tersebut sepi dari pengunjung.
Penyebab Perbedaan Status Pageview Histats vs Dasbor Blogger

Untuk itu sebagai  founder blog kita harus sering memantau seberapa banyak dan seringkah blog dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Sebagai pemilik blog kita dapat melihat statistik seberapa banyak halaman blog kita dibuka dan dibaca oleh orang lain melalui dasbor blog maupun dengan menggunakan plugin pihak ketiga misalnya seperti Histats.
Baca juga: Tantangan Membuat Blog Ramai Pengunjung
Namun bagi pengguna blog yang ber-platform blogger biasanya kerap kali kebingungan manakala melihat statistik pageview halaman blog yang dilihat melalui dasbor blogger berbeda jauh dengan yang ditampilkan oleh Histats.
Saya sendiri pada awalnya merasa bingung dan heran kenapa status pengunjung didalam dasbor Blogger sangat berbeda jauh dengan yang ditampilkan Oleh Histats.

Karena penasaran maka sayapun kemudian coba sedikit menganalisa dan mengamati perbedaan status Pageview yang ditampilkan didalam dasbor Blogger VS Histats tersebut.
Setelah saya coba amati ternyata PageView yang ditampilkan didasbor Blogger dan Histat tidaklah berbeda alias sama saja hanya rentang waktu yang ditampilkan saja yang berbeda serta perbedaan aktifitas yang dihitung Blogger.

Nah, bagi anda yang masih penasaran dengan perbedaan status Pageview yang ditampilkan didasbor Blogger vs Histats berikut ini akan coba saya uraikan tentang perbedaan status pageview pada dasbor Blogger Vs Histats. Namun untuk melihat perbedaan status pengunjung histats yang berbeda dengan laporan pada dasbor Blogger, anda harus sudah memasang plugin widget Histats di Blog anda,  jika Blog anda belum dipasang plugin Histas silahkan anda pasang terleboh dahulu atau jika anda masih belum tahu Cara Daftar Histats anda bisa ikuti tutorial pada postingan saya berikut: Cara Daftar Histats Terbaru Lengkap: Mudah dan Cepat

Kembali lagi ke judul awal yaitu Penyebab Perbedaan Pageview Histats vs Dasbor Blogger, Semoga apa yang saya uraikan ini bisa sedikit mengurangi rasa penasaran sobat.

1. Rentang Waktu Pergantian Penghitungan Jumlah Pageview Perhari

Waktu pergantian penghitungan dalam 1 hari jumlah pageview pada dasbor Blogger pada pukul 07:00.WIB pagi sedangkan Histats pergantian waktu penghitungan pada pukul: 00:00.WIB atau tengah malam namun disesuaikan dengan zona waktu akun terdaftar.
Sedangkan jumlah pageview terbaru adalah 2 jam terakhir versi Blogger.

2. Status Terbaru ''SEKARANG" Jumlah Pageview Pada Dasbor Blogger

Status "SEKARANG' 'yang ditampilkan didalam dasbor Blogger adalah rentang waktu selama 2jam terakhir, jadi jika didalam dasbor Blogger anda KLIK status SEKARANG maka yang ditampilkan adalah jumlah Pageview selama dua jam terakhir blog diakses atau dilihat baik itu organic maupun bots, jadi misalkan jika klik SEKARANG yang anda lakukan pada pukul 07:10 pagi maka hitungan yang ditampilkan adalah pukul 05:10 s/d 07:11  artinya 1menit yang belum terjadi sudah dimasukan dalam tampilan laporan dasbor blogger, namun disesuaikan dengan waktu saat anda KLIK status SEKARANG pada laporan dasbor blogger. Sedangkan penghitungan yang ditampilkan oleh Histats adalah hitungan Pageview tiap jam, artinya kita dapat melihat secara detail jumlah pageview pada tiap jam melalui Histats, berbeda dengan yang ditampilkan pada dasbor Blogger yaitu rentang waktu 2jam terakhir.

3. Aktifitas Dari Dalam Blog Blogger

Salah satu penyebab utama perbedaan kenapa status pengunjung Histats vs Dasbor Blogger adalah adanya aktifitas yang dilakukan oleh admind dari dalam blog itu sendiri.
Aktifitas yang terhitung dilaporan dasbor blogger bisa berupa saat membalas komentar dari pengunjung, misalkan anda membalas komentar pengunjung sebanyak 10 komentar, maka 10 pageview terhitung dalam laporan blogger karena adanya reload otomatis saat membalas komentar.
Bahkan saat membuka halaman dasbor Blogger dan klik TEMPLATE saja itu masuk dalam hitungan dikarenakan Domain tingkat akar dari blogspot yaitu Blogger.com itu sendiri terhitung ke Pageview laporan, meskipun itu dari dalam.
Lalu aktifitas lainnya seperti pratinjau juga terhitung.
Baca juga ya: Cara Agar Tayangan Laman Admind Blog Tidak Dihitung Pada Laporan Statistik Blogger
Untuk itu, jika anda ingin mencocokan jumlah pageview yang ditampilkan oleh Histats dengan yang ditampilkan didalam dasbor Blogger, anda bisa mencocokan nya dengan cara melihat status pageview SEKARANG pada dasbor Blogger lalu cocokan dengan yang ditampilkan Histats selama 2jam terakhir.
Untuk memudahkan dalam mencocokan jumlah pageview dasbor Blogger vs Histats saya sarankan ana coba cek keduanya pada saat pergantian waktu yang tepat, misalkan pada pukul 10:00.WIB atau pukul 12:00.WIB pokonya pada saat jam menunjukan tepat pada pergantian waktu supaya mudah dalam mencocokan status jumlah pageview dari dasbor Blogger dan Histats.

Lalu Bagaimana Cara Mencocokan Jumlah Pageview Histats vs Dasbor Blogger??

Hmm, triknya adalah seperti ini, status jumlah pageview yang ditampilkan pada dasbor Blogger perhari adalah dalam hitungan 24jam yang dimulai pada pukul: 07:00.WIB, maka untuk bisa mencocokan jumlah pageview perhari dari keduanya adalah dengan cara memulai pada hitungan yang ada di dasbor Blogger, yaitu pukul: 07:00.WIB kemudian lihat status jumlah pageview yang ditampilkan oleh Histas pada hari terakhir serta hari sebelumnya (kemarin) hitung jumlah pageview dihistats mulai dari pukul: 07:00.WIB sampai pukul 07:00 hari terakhir(hari ini) lalu cocokan keduanya dan hasilnya meskipun masih ada selisih itu dikarenakan jam yang ditampilkan oleh histats tepat, berbeda dengan yang ada pada dasbor blogger yaitu jam mengikuti setiap laporan terbaru(SEKARANG)  dibuka.

Namun dari hasil cara analisa diatas memang masih ada selisih jumlah pageview, hal itu bisa dikarenakan jaringan internet yang kurang lancar turut mempengaruhi jumlah pageview sehingga terjadi reload halaman sehingga mempengaruhi laporan jumlah pageview pada dasbor Blogger.

Jika anda punya opini lain atau saran, kritik,  maupun pertanyaan yang sesuai dengan tema pembahasan diatas, silahkan anda tulis pada kolom komentar yang tersedia.
Jangan lupa kunjungi juga Fuyukai bagi sobat yang suka Anime.
Mungkin sekian ulasan dari saya tentang: Penyebab Status Pageview Histats vs Dasbor Blogger Berbeda.
Terima Kasih dan Salam Blogging
DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

24 Responses to "Penyebab Perbedaan Status Pageview Histats vs Dasbor Blogger"

  1. thanks gan ilmunya,,, buat nambah pengetahuan neh

    BalasHapus
  2. bagus gan...ane baru tau...bisa dicobah tuh...

    BalasHapus
  3. wooo gitu to gan..baru tau ane..pantesan pas pasang histats d bandingin perhitungn googlex beda...
    btw thans infox gan..

    BalasHapus
  4. ini yang jadi pertanyaan saya selama ini tentang perbedaan jumlah visitor dan page view antara blog dan histats. ada yang bilang kalo versi histats tidak menghitung jumlah visitor pengguna mobile, saya sendiri masih bingung mencocokannya... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengguna mobile saya malah belum paham mas naufal

      Hapus
  5. waduh pantesan yah Page view nya sering lebih gede dari histats. bedanya sering ampe 2 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, seperti itu kira-kira

      Hapus
  6. Hmm, begitu ternyata, memang saya juga sempat heran, kenapa bisa begitu, perbedaannya sampai jauh.. :)

    BalasHapus
  7. Iya semuanya diitung sama Google bahkan aktifitas sang admin empunya Blog hehehhee makanya pasang juga histats ya mbah Alfi Yatun?

    Manteb deh artikelnya buat pemula kaya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas mugi, saya pake tiga malahan, histats+google analis juga selain dasbor blogger sendiri

      Hapus
  8. Wah, lengkap buanget nih analisanya Mbak Alvi. Boleh juga dicoba... Salam kenal n happy blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas..
      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  9. Owh ternyata aktivitas admin di dasboard blogspot juga terhitung dalam pageview blogspot ya? baru tahu saya...

    BalasHapus
  10. blog sudah saya follow mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus mau minta apa..?

      Hapus
  11. Sangat membantu bagi kita kita untuk memantau aktifitas ngeblog....nih...tankyu mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehee makasih juga mas trik, sudah mau berkunjung

      Hapus
  12. Masak kalau blogger itu laporan nya tiap 2 jam sekali?
    Biasanya aku mengunjungi blog ku sendiri ya langsung masuk hitungan.
    Gak tau kenapa perbedaannya blogger dengan histats jauh sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berati mas sholahuddin tidak membaca dengan baim postingan diatas ya!!
      Saya bilang dua jam terakhir, artinya dua terakhir sampai waktu mas buka laporan

      Hapus
  13. Blog saya pageview ribuan tapi visitor tidak sampai 100 itu apa penyebabnya

    #blogbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Page view real human atau hasil boots itu mas?
      kalo hasil jingling bisa jadi

      Hapus
  14. gini gan, di dasbor saya itu page viewnya sampai 10000 sehari, tapi di histat kok cuman 2-3k?

    klo itu robot, gmna cara ceknya gan?

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif