5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

Advertisement
Mendapatkan Ide menulis menjadi salah satu kesulitan yang kerap dialami oleh seorang blogger tak terkecuali saya sendiri, namun bagi seorang blogger yang telah sukses pasti tidak pernah mau menyerah untuk terus mencari ide menulis sebagai bahan untuk membuat postingan blog mereka.
Cara-Mendapatkan-Ide-Menulis-Postingan-Blog

Salah satu ciri ciri orang yang ingin menjadi orang yang sukses dalam blogging adalah niat dengan mengurus blognya. Orang yang niat dalam mengurus blognya adalah orang yang selalu mau berusaha memberikan kenyamanan dan kepuasan serta membuat betah pengunjung blognya. Untuk menjadikan pengunjung blog merasa senang dan betah saat mengunjungi blog kita adalah dengan menyajikan artikel artikel yang bermanfaat bagi mereka (pengunjung).

Namun untuk menulis setiap artikel yang akan disajikan, kita sangat membutuhkan adanya Ide untuk menulis. Ide inilah yang terkadang susah kita cari.
Bahkan menurut saya pribadi, untuk mendapatkan ide menulis merupakan bagian kecil dari salah satu tantangan untuk membangun sebuah blog yang ramai, selain membuat dan memposting artikel itu sendiri.
Jangan lupa baca juga ya: Tantangan Membuat Blog Ramai Pengunjung.

Nah, bagi sobat-sobat blogger yang sering kesulitan dalam mencari ide untuk menulis artikel atau postingan blog, kali ini saya ada sedikit tips cara mendapatkan ide menulis, barang kali saja tips saya ini bisa sedikit membantu anda.

Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan ide menulis:

1.Menulis atau Mencatat Ide Ide yang Lewat Dipikiran kita di buku kecil.
Ini merupakan cara yang paling terbaik dalam memperoleh ide menulis. Seorang blogger atau bahkan seorang penulis profesional pasti pernah mendapatkan ide secara tiba-tiba yang terlintas difikiran, namun sering kali ide tersebut hilang ketika akan dirangkum menjadi suatu kalimat pembahasan.
Nah, untuk menghindari hal itu terjadi anda bisa selalu membawa buku dan pena untuk menulis setiap ide-ide yang lewat tersebut. Jika semisal anda tidak membawa alat-alat tersebut, Anda pasti akan berusaha mengingatnya, namun pasti nanti akan lupa jika tidak anda tulis ide-ide tersebut. Jadi saran saya adalah, anda selalu mencatat baik baik ide apa saja yang terlintas.

2.Selalu Browsing.
Anda bisa menerapkan strategy ini. Jika anda kehabisan ide untuk menulis, anda bisa browsing di internet untuk mendapatkan ide menulis mengenai tema yang sesuai dengan blog anda. Tapi ingat, hanya browsing dan mencari referensi saja, bukan copas artikel milik orang lain, kalaupun mau copas setidaknya ambil poin-poin yang penting saja lalu tulis ulang dengan bahasa dan gaya anda sendiri, jika perlu sertakan juga link sumber. Jika anda hanya Copas artikel Blog orang lain begitu saja maka itu namanya bukan mencari ide untuk menulis melainkan bertujuan mengcopy karya orang lain, selain itu jika anda hanya copas artikel orang lain, suatu saat hal itu akan membuat blog anda tidak diakui dan kemungkinan dihapus oleh google jika nantinya yang punya artikel melaporkan blog anda. Jadi ujung ujungnya anda tidak bisa menjadi seorang blogger yang sukses tetapi justru menjadi blogger yang gagal.

3. Menggali Pengalaman Pribadi.
Pengalaman pribadi adalah salah satu cara paling tepat dijadikan sebagai ide menulis, sebagai seorang blogger pasti memiliki pengalaman masing-masing yang berbeda-beda. Saya yakin jika anda menggali pengalaman anda sendiri, anda akan mendapatkan ide menulis dari pengalaman yang pernah anda lalui.
Sebagai contoh, anda bisa menggali lalu menuliskan pengalaman anda selama menjadi blogger, atau pengalaman pertama kali mengenal SEO (Search Engine Optimization) dan masih banyak lagi yang lain, anda tinggal gali dan sesuaikan dengan tema blog anda masing-masing sebagai bahan ide menulis artikel.
Baca juga ya postingan: Pengalaman Error Tata Letak/Gadget Di Dasbor Blogger Dan Cara Mengatasinya.

4. Cari Tahu Pengalaman Teman atau Kerabat
Belajar dari pengalaman sendiri baik tapi belajar dari pengalaman orang lain juga tidak kalah baik.
Nah, untuk mendapatkan ide menulis anda bisa coba sedikit wawancara kecil-kecilan kepada blogger-blogger lain atau teman teman anda sendiri atau mungkin kerabat anda mengenai pengalaman mereka yang kira-kira sesuai dengan tema blog anda. Contoh jika blog anda tentang pertanian lalu anda punya teman atau kerabat yang bekerja  sebagai petani, nah anda bisa coba menanyakan tentang pengalaman teman anda tersebut bagaimana cara menanam padi yang baik, pemupukan yang baik dan lain-lain. Dengan begitu anda mendapatkan ide untuk menulis sebuah postingan untuk blog anda bukan!!
Atau anda juga bisa wawancara para blogger senior untuk mendapatkan ide untuk tulisan anda lalu anda tinggal kembangkan hasil wasancara dengan menulis artikel hasil wawancara tadi.

5.Mencari Pertanyaan dari Komentar Pengunjung
Setiap Blog yang menyediakan kolom komentar didalam postingannya pasti ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh pengunjung dikolom komentar bukan?
Nah, mencari pertanyaan dari pengunjung juga bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan ide menulis artikel postingan blog. Bahkan cara ini sering digunakan oleh blogger-blogger senior, contohnya mas Sugeng yang punya blog sugeng.id, jika anda sering berkunjung ke blog beliau pasti anda pernah membaca postingan yang berjudul: Kenapa Blog Ini Tidak Pasang Iklan AdSense? (Sugeng.id).
Tanpa saya jelaskan anda pasti tahu, postingan tersebut dibuat karena beliau mendapatkan ide menulis postingan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan para pengunjung blog beliau yang menanyakan hal itu padanya.

Kalau para senior menggunakan cara tersebut, lalu kenapa kita tidak?
Cobalah anda untuk membuat artikel dari pertanyaan pengunjung blog anda sebagai suatu jawaban. Coba anda lihat blog anda, ada berapa postingan yang ada di Blog, sudah berapa banyak jumlah komentar pengunjung yang terdapat didalam postingan di blog yang anda miliki, lalu sudah ada berapa pertanyaan yang disampaikan pengunjung blog anda dikolom komentar atau bisa juga melihat komentar-komentar di blog orang lain lalu cari pertanyaan-pertanyaan yang ada dikolom komentar lalu coba anda cermati pertanyaan-pertanyaan tersebut kira-kira apakah anda bisa menjawab salah satu pertanyaan tersebut, jika iya berati anda mendapatkan ide menulis, maka buatlah postingan dari pertanyaan tadi, daripada sibuk mencari dan melihat artikel orang lain lalu meng-Copas artikel mereka untuk kemudian di post ulang di blog anda lebih baik baca artikel mereka lalu pelajari dan cermati pertanyaan dari pengunjung dikolom komentar.

6. Memodifikasi Judul Artikel, ebox atau Media Masa ala Blogodolar
Ingat yang saya maksud disini adalah kita hanya memodifikasi judul entah dari ebox, media masa atau postingan blog milik orang lain untuk mendapatkan ide menulis, bukan memodifikasi atau menulis ulang artikel orang lain.
Cara ini adalah hasil pemikiran kreatif dari mas Herman Yudiono yang punya blog www.blogodollar.com beliau menjelaskan cara menemukan ide postingan dengan cara modifikasi judul melalui halaman yang berjudul: 3 Cara Unik Menemukan Puluhan Ide Postingan dalam 10 Menit atau Kurang (www.blogodolar.com.
Nah jika blog anda tentang bisnis maka dari judul postingan blogodolar.com diatas  bisa dimodifikasi menjadi: 3 cara unik mendapatkan puluhan ide bisnis dalam 10 menit atau kurang.
Jika anda mau tahu bagaimana caranya memodifikasi judul ebox, media masa atau artikel blog orang lain lebih jelas, silahkan anda bisa baca postingan di blogodolar.com yang ada diatas.
Dengan memodifikasi judul artikel orang lain seperti yang dijelaskan oleh mas Herman Yudiono, kita bisa mendapatkan ide untuk menulis artikel untuk postingan blog.

Selain 6 (enam) poin yang saya sebutkan diatas, sebetulnya masih banyak ide-ide lain yang tidak saya sebutkan namun sudah banyak dibahas oleh blogger-blogger lainnya jadi sekian dulu ya dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi semua, jangan lupa kunjungi juga FUYUKAI buat kalian yang suka sama Anime dan terima kasih anda telah berkunjung dan membaca artikel sederhana saya yang berjudul Cara Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog.
DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

8 Responses to "5 Cara Mudah Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog"

  1. artikel yang bermanfaat bagi saya yang sering bingung mendapatkan inspirasi dalam menuliskan postingan apa yang bagus agar terindeks mbah google,makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga mbak agustina sudah berkunjung

      Hapus
  2. Kalau saya sih biasanya riset dulu 2 hari ke Blog2 atau nanya-nanya temen2 blogger. Hasil risetnya saya sinkronkan sama pengetahuan yang saya punya, masih up to date apa udah expired (Niche Blogging). Selebihnya, tinggal minta bantuan skill EYD , KBBI dan eang Wikipedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas mugi..
      Seperti yang saya katakan didalam postingan, masih banyak cara-cara lain yang tidak saya sebutin...
      Makasih atas masukannya mas

      Hapus
  3. Mantap mbak tipsnya kalo saya pribadi membuat artikel paling utama adalah riset keyword, dan untuk isi dalam artikelnya biasanya saya mengarang indah hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga salah satu nya mas danu, tapi kalo menurut saya sih, riset keyword berati kita sudah punya ide cuma risetnya itu untuk mencari kepopuleran dan tingkat persaingan, bukan mencari ide itu sendiri...

      Hapus
  4. Wah lumayan nih tipsnya, jadi ingin update artikel lagi. Riset key memang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda? Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mencari lagi karena kami memberikan pinjaman pada tingkat start up dari 2%, hubungi kami melalui email perusahaan:
    alexandraestherloanltdd@gmail.com
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif