Pilih Wordpress atau Blogspot? Berikut Ini Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Masing-masing!!

Advertisement
Di internet banyak sekali platform penyedia layanan blog/weblog, dari yang free alias gratis hingga yang premium alias berbayar. Namun dalam pembuatan blog, sering kali membuat orang yang akan memulai dan menekuni dunia blogging merasa bimbang memilih platform mana yang akan digunakan dikarenakan banyaknya pilihan dan penyedia layanan WebLog di internet, namun platform penyedia layanan blog yang cukup terkenal dikalangan para blogger adalah layanan berplatform Blogger atau Blogspot dan Wordpress. Kedua platform tersebut sudah cukup terkenal di Internet. Meskipun dari kedua platform sama-sama sudah popular digunakan, namun keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing:

1. Blogspot atau Blogger
Blogger.com atau blogspot adalah layanan gratis dari Google yang bisa dibilang cukup mudah digunakan.
Kelebihan:
Kelebihan dari platform Blogger ini adalah anda bisa menghemat biaya untuk membeli hosting, karena di blogger.com tidak diwajibkan untuk membeli hosting. Selain itu blogger merupakan anak emas dari Google, jadi jika anda membuat blog dari blogger, anda pasti akan mendapatkan perhatian khusus dari google. Sebagai contoh gogglebot akan lebih sering merayapi blog berplatform blogspot secara otomatis sehingga postingan anda akan lebih mudah menduduki halaman pertama selama isi postingan tersebut relevan dengan judul.
Selain itu, blogspot juga sudah terintegrasi dengan AdSense, sehingga lebih mudah untuk mendaftar.

Kekurangan:
Ada kelebihan pasti ada juga kelemahan. Kelemahan dari blogger adalah, Template atau tampilannya tidak lengkap atau menarik. Hal ini yang tidak disukai oleh google.
Namun jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak bertebaran template-template keren untuk platform yang satu ini.
Kekurangan lainnya adalah, blog yang dihosting oleh blogger ini rentan dibanned oleh google jika blog melanggar aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh google, meskipun blog sudah di Custom Domain TLD.

2. Wordpress
Kelebihan:
Kelebihan dari menggunakan platform wordpress ini adalah anda akan mendapatkan tampilan blog yang anda buat lebih menarik sesuai dengan keinginan. Ini cocok untuk menarik pengunjung. Keunggulan lainnya adalah, anda bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap ketimbang blogger. Selain itu, blog yang berplatform wordpress jauh dari yang namanya terkena banned dari pihak Google. Dan 1 lagi, keuntungan lainnnya yaitu anda bisa menambahkan Tags yang mempermudah orang mencari postingan anda.

Kekurangan:
Ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan dari platform ini adalah postingan anda susah untuk naik ke halaman pertama jika anda kurang memaksimalkan SEO (Search Enggine Optimisation). Namun jika anda memiliki cukup uang dan ingin menggunakan blog untuk berpatisipasi dengan Google AdSense, anda bisa menggunakan wordpeess.org dan menyewa hosting sendiri untuk mendapatkan layanan yang lebih lengkap. Tetapi jika ingin menggunakan layanan dan hosting gratis, bisa memilih wordpress.com.

Bagaimana sobat blogger, mau pilih mana, Wordpress atau blogspot?
Semua terserah dan sesuai kebutuhan dan selera anda.
Sekian dan Terima Kasih.
(www.alviya.com/alviyatun.blogspot.com)


DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

5 Responses to "Pilih Wordpress atau Blogspot? Berikut Ini Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Masing-masing!!"

  1. Tambahan dikit mbak Alvi, buat Blogspot meskipun udah pake nyolok domain TLD. Tetep aja www nya dianggep subdomain, dan itu gak enak banget. Coba google baik hati ya kasih main domain buat www nya seneng banget gw

    BalasHapus
  2. saya pilih blogspot karena mudah di mengrrti

    salam Javasoft98

    BalasHapus
  3. saya pilih blogspot karena mudah di mengrrti

    salam Javasoft98

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas, saya aja lebih suka blogspot karena mudah digunakan

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif