Belajar Mengenal Seo On Page Pada Blog

Advertisement
Belajar-Mengenal-Seo-On-Page-Pada-Blog-Agar-Tampil-Halaman-Depan-Dan-Meningkatkan-Visitor
Hallo AlviyatuN Lovers, jumpa lagi dengan saya. Setelah sebelumnya saya posting tentang panduan langkah-langkah awal sebelum memulai blog, kali ini saya akan membahas tentang SEO (Search Engine Optimation).

Baca postingan:Panduan 5 Langkah Memulai Blog Profesional

Seo atau Search Engine Optimasi, yang artinya Optimasi Mesin Pencari, Optimasi Seo sendiri terbagi menjadi dua, yaitu SEO On-Page dan SEO Off Page. Namun yang akan kita bahas ini adalah tentang Seo On-Page, meskipun diluaran sudah banyak sekali yang bahas dan menjabarkan tentang apa itu SEO On-Page. Tapi nggak ada salahnya bukan kita bahas lagi.

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut tentang postingan ini, saya ingin mengatakan bahwa saya ini bukanlah seorang "Ahli SEO", disini saya hanya ingin mengajak para rekan blogger sekalian, mari kita bersama-sama belajar SEO On Page

Pengertian Seo On-Page sendiri berarti mengoptimalkan suatu halaman dari dalam halaman itu sendiri di mesin pencari, Seo On-Page adalah sebuah teknik dasar-dasar optimisasi atau untuk mengoptimalkan sebuah halaman dari sebuah website tertentu supaya mampu menembus halaman depan mesin pencari misalnya seperti Google, Bing, Yandex, Dll. Dalam penerapan SEO On-Page biasanya dilakukan dengan menerapkan beberapa tehnik dasar untuk melakukannya.

Dengan penerapan teknik-teknik dasar SEO On-Page yang benar, maka suatu halaman situs akan mampu tampil dihalaman depan mesin pencari (Search Engine) dan bersaing dengan situs-situs yang lainnya dihalaman depan untuk bisa nangkring diurutan teratas, yang mana nantinya akan membuat suatu halaman situs mudah ditemukan oleh pengguna internet dan meningkatkan visitor.

Mengenal dasar-dasar tehnik Seo On-Page


Untuk bisa memaksimalkan Seo pada halaman diperlukan dasar-dasar tehnik Seo On-Page yang terdiri dari beberapa langkah yang harus diterapkan yaitu:
1. Kata Kunci atau Keyword
2. Title Tag
3. Meta Description
4. Penempatan Kata Kunci di URL
5. Image alt pada gambar
6. Meta Tag Heading
7. Link Extrnal (Link To Authority Site)
8. Link Internal
9. Emphasize

Dibawah ini akan kita bahas bersama dasar-dasar tehnik dalam penerapan Seo on-Page pada blog.

1. Kata Kunci atau Keyword
Kata kunci adalah kata utama dari suatu judul dan pembahasan pada suatu halaman, Tehnik dasar pada sebuah SEO On-Page adalah sebuah keyword atau yang ditarget. Untuk optimasi Seo On-Page yang maksimal dibutuhkan sebuah kata kunci yang banyak dicari dan tingkat persaingan rendah. Untuk itu, agar mendapatkan kata kunci yang tepat diperlukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mendapatkan kata kunci yang tingkat pencarian populer.

Mungkin saja Anda tertarik membaca postingan: Cara Riset Kata Kunci Dengan Trik Sederhana.

Penerapan Kata kunci sendiri dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:
• kata kunci fokus laser
• Kata kunci ledakan senapan

• kata kunci fokus laser, yaitu optimasi yang hanya fokus pada satu kata kunci utama yang ditargetkan.
• kata kunci ledakan senapan, yaitu merupakan penerapan kata kunci turunan dari kata kunci utama yang ditargetkan.

Baca juga postingan: SEO Strategi Kata Kunci: Fokus Laser atau Ledakan Senapan?.

2. Meta Title Tag
Meta Tittle tag merupakan suatu identitas atau judul halaman yang akan ditampilan pada halaman mesin pencarian. Meta Tag Title dasar pada umumnya adalah nama judul situs/blog, sebagai contoh blog ini AlviyatuN, dengan kode html adalah
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Dengan kode meta title diatas, maka nama blog saya ada didepan dan judul postingan berada dibelakangnya, jadi untuk menerapkan Seo On-Page pada halaman tertentu agar judul halaman postingan yang berada didepan, maka meta title tag dirubah menjadi
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
Dengan begitu, tiap halaman yang mengandung kata kunci akan tampil didepan baru kemudian disusul nama situs atau blog.
Pada template-template keluaran sekarang umumnya sudah menggunakan meta tag otomatis seperti diatas.

3. Meta Description
Meta description merupakan rangkuman atau keterangan singkat yang menjelaskan isi dari suatu halaman dengan menyisikan kata kunci yang sesuai dengan isi postingan didalamnya.
Meta descripsi bisa Anda isi atau modifikasi dan menyisipkan kata kunci yang ditargetkan pada setiap postingan. Isi descripsi dengan panjang maksimal 160 karakter dan tidak boleh ada kata-kata yang terulang.

4. URL (Uniform Resource Locator)
URL (Uniform Resource Locator), merupakan rangkaian dari beberapa suku kata yang akan membentuk link yang berfungsi mengarahkan pengguna menuju suatu halaman situs, URL atau yang biasa disebut PERMALINK, sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization, untuk itu kata kunci harus disisipkan pada bagian URL postingan.

5. Title Img ALT
Title img alt atau dalam pemahaman saya adalah, alternatif judul gambar untuk halaman, yang artinya memberi judul pada gambar adalah sebuah alternatif untuk sebuah halaman yang tidak mampu bersaing dihalaman depan dengan kata kunci didalamnya.

Penjelasannya begini, saat judul halaman tidak tampil pada halaman mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dll, dengan memberi title img alt pada gambar, dapat membantu gambar tampil pada halaman mesin pencarian. Dengan begitu halaman situs dapat terbantu peringkatnya untuk tampil pada halaman mesin pencari melalui judul yang ada pada gambar.

6. Tag Heading
Seperti yang saya baca di salah satu SUMBER yang mengatakan bahwa penggunaan tag H1 masih menjadi salah satu faktor untuk menaikan peringkat situs dari hasil pencarian, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penerapan SEO On-Page.

Tag H1 ini akan memperbesar ukuran huruf atau tulisan yang memberi tahukan mesin pencari bagian-bagian penting sesuai dengan pokok yang terkandung didalamnya.
Misalnya:
H1 sangat penting
H2 lumayan penting
H3 penting, seterusnya.

Dalam kode-kode Html menyediakan enam tingkatan level, mulai dari H 1 sampai level H6, untuk level pertama yaitu H1, merupakan yang terbesar, sedangkan level H6 adalah yang terkecil.

Penggunaan tag Heading adalah:
• H1 biasanya digunakan pada judul blog maupun halaman, H1 untuk judul halaman biasanya sudah tersedia otomatis pada template-template yang dijual maupun dibagikan secara gratis para pembuat template.
• H2 dan seterusnya digunakan untuk subjudul selanjutnya, apabila dalam suatu halaman membahas dalam banyak kata.

7. External Link (Link to Authority Site)
Link autority site adalah referensi postingan yang terdapat link-link yang mengarah ke situs-situs lain atau biasa disebut External Link.

Dalam menyajikan suatu pembahasan, diperlukan sebuah link referensi yang dapat membuat orang percaya saat membacanya, untuk itu, diperlukan link keluar dari halaman yang menuju ke situs lain sebagai sumber terpercaya yang akan membuat mesin pencari seperti Google menganggap bahwa isi halaman memang relevan untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Itulah sebabnya sebuah external link diperlukan untuk membantu Seo On-Page suatu halaman situs.

Namun penggunaan external link pada Seo On-Page haruslah menggunakan link dari situs terpercaya atau lebih tepatnya dipercaya oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex seperti wikipedia dan lain-lain.

8. Inbount Link
Inbount link, atau internal link sama dengan poin ke 7, yaitu suatu postingan referensi yang terdapat link dan mengarahkan pembaca menuju ke halaman lain dengan pembahasan yang sangat berkaitan namun bedanya masih dalam satu situs yang sama. Dengan kata lain, link postingan terkait yang relevan didalam blog.

9. Penggunaan Emphasize
Emphasize atau ukuran dan bentuk huruf yang digunakan pada postingan, misalnya seperti penggunaan huruf bold (tebal), italic (miring), underline (garis bawah).

Nah, AlviyatuN Lovers, sekian dulu pembahasan kita kali ini ya. Jika Anda punya saran, kritik dan masukan yang sifatnya membangun untuk kemajuan blog ini, jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar yang tersedia.

Terima Kasih Anda telah membaca postingan Belajar Mengenal SEO On-Page Pada Blog.
Jika Anda suka dengan postingan ini, mohon bantu like dan share (Dont Copas).


DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

7 Responses to "Belajar Mengenal Seo On Page Pada Blog"

  1. Soal Uniform Resource Locator saya malah baru tahu, dulu saya sangat menghindarinya, baru tau kalo Uniform Resource Locator itu termasuk dalam On-page SEO mbak mbak, makasih infonya.
    Salam
    Mugianto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya hal itu sudah banyak dibahas oleh blogger-blogger lain deh nas mugi, atau yang biasa disebut dengan permalink...
      Terima kasih juga sudah berkunjung

      Hapus
  2. Mantap informasinya mbak, nambah ilmu lagi ni

    BalasHapus
  3. blog ane sama sekali jarang make yg point 8 :( , kayaknya mulai sekarang harus nurutin yg ditulis mba deh , biar seo. thx mba

    BalasHapus
  4. penjelasannya begitu detail... jadi nambah wawasan dalam hal SEO OnPage ., trims kak :)

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat membantu saya memahami seo on page, semoga saya berhasil ya kk :D

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif