Bereksperimen Membuat Snack Dengan Umbi-umbian

Advertisement
Ternyata selain tepung-tepungan, terutama tepung terigu, umbi-umbian yang mengandung sari pati tinggi juga bisa loh diolah menjadi makanan aneka cemilan kecil atau Snack kering. Rasanya pun LEZAT. Biasanya umbi-umbian lebih sering diolah menjadi aneka macam kue basah tradisional, seperti yang ada di berbagai buku resep masakan yang banyak beredar di toko-toko buku.
Bereksperimen_membuat_snack_dengan_umbi-umbian

Menyambut Bulan Ramadhan yang sudah dekat, saya akan posting beberapa menu resep kue kering yang terbuat dari olahan umbi-umbian. Makanan olahan dari umbi-umbian ini bisa jadi alternatif yang bisa dijadikan suguhan berbeda dari biasanya untuk keluarga saat bersantai di rumah atau bisa juga dijadikan sebagai suguhan untuk Lebaran nanti.
Kue olahan umbi-umbian ini bisa Anda simpan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik yang rapat (disegel) agar tetap renyah.

Nama Kue-kue kering yang akan saya sajikan ini sebetulnya sudah banyak dan umum, hanya saja bahan utamanya yang berbeda. Tentunya Anda yang suka membuat kue, sudah tidak asing dengan resep kue lanting, telur gabus dan puntir-puntir.

Meskipun bahan utama kue dari umbi-umbian, namun tepung-tepung jenis lainnya tetap ada, contohnya seperti tepung sagu, tepung beras dan tepung beras ketan. Hal ini dikarenakan umbi-umbian sifatnya basah, untuk itu ukuran tepung-tepungan lainnya, takaran sedikit ditambah. Namun jika menggunakan tepung umbi seperti tepung singkong dan tepung kentang, maka pemakaian tepung lainnya takaran sedikit ditambah.

Perhatian: Sebelum diolah, semua umbi-umbian dikukus hingga matang kemudian dihaluskan. Untuk langkah selanjutnya proses pembuatan dan pematangan sama halnya jika menggunakan tepung terigu.

Penasaran dengan resep kue kering yang akan saya sajikan??
Silahkan baca disini:Resep Kue Kering Keciput Wijen
Sementara baru itu resep kue dari umbi-umbian yang saya share, nantikan posting selanjutnya diblog AlviyatuN ini agar Anda bisa bereksperimen terus!!

DMCA.com Protection Status
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

3 Responses to "Bereksperimen Membuat Snack Dengan Umbi-umbian"

  1. keren mba,,saya lihat gambar ayamnya itu hehe

    BalasHapus
  2. Iya itu ada yg bilang mau hidup lagi mbak...
    Heeeheee

    BalasHapus
  3. Iya itu ada yg bilang mau hidup lagi mbak...
    Heeeheee

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif