Panduan 5 Langkah Memulai Blog Profesional

Advertisement
Panduan 5 Lima Langkah Memulai Blog Profesional

Hallo AlviyatuN Lovers, jumpa lagi dengan saya blogger pemula. Dalam posting kali ini saya ingin sedikit memberi tips panduan bagi Anda tentang dasar-dasar cara untuk memulai blog profesional. Atau bisa dibilang panduan membuat blog Sebelum kita bahas cara-cara dasar memulai blog, mungkin ada baiknya kita ketahui beberapa pertanyaan teknis dasar bahwa banyak calon blogger perlu menjawab bagaimana untuk membuat blog pertama mereka sampai blog tersebut jadi dan berjalan sesuai dengan keinginan.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan-alasan untuk memulai blog, akan tetapi tantangan yang dihadapi oleh hampir semua calon blogger (termasuk saya) adalah: bagaimana untuk memulai blog?

Bagaimana Langkah Awal Memulai Blog??

Secara umum ada beberapa langkah sederhana yang akan perlu Anda selesaikan untuk memulai blog Anda yang terdiri dari 5 langkah awal untuk memulai blog (ngeblog) yaitu:

1• Memilih platform blogging
2• Mengamankan nama domain dan hosting tempat
3• Konfigurasi blog Anda
4• Desain blog Anda
5• Mulai membuat konten yang bermanfaat yang melayani pembaca

Untuk itulah saya buat panduan membuat blog ini. Nah, di bawah ini saya akan memberi sedikit panduan langkah-langkah awal dari 5 langkah yang saya sebutkan diatas kepada Anda yang akan memulai blog. Tips panduan ini hanya membahas tentang langkah-langkah awal yang harus dilakukan sebelum Anda sampai pada tahapan lebih lanjut yang akan mengarahkan Anda pada pertanyaan penting lainnya seperti: memilih niche, menentukan target pembaca untuk blog Anda, membangun komunitas dengan blog Anda, bagaimana cara optimasi Seo On Page pada blog dan berpikir tentang bagaimana membuat uang dari blog itu sendiri, dll.

Baja juga postingan:Belajar Mengenal Seo On Page

Harapan saya adalah bahwa Semoga panduan langkah demi langkah memulai blog ini akan membantu Anda untuk membuat blog pertama Anda yang sesuai dengan minat dan kepandaian Anda.

Baik, langsung saja kita pada topik pembahasan tentang panduan memulai blog:

Langkah 1: Memilih Platform Blogging

Langkah awal untuk memulai blog Anda adalah, pertama Anda harus memilih platform blogging - atau alat yang membantu Anda untuk membuat dan menyimpan konten Anda ke dalam web atau blog Anda untuk nantinya di sajikan kepada para pembaca.

Sebetulnya Ada banyak sekali platform blogging yang tersedia, tapi berdasarkan kebebasan dan kontrol penuh, pilihan terbaik adalah mendirikan atau membuat langsung di situs WordPress.org, bahkan banyak Blogger senior yang sangat menyarankan hal ini.
Meskipun saya sendiri sampai saat ini belum menggunakan platform yang satu ini, namun secara logika memang platform ini paling cocok jika ingin memulai blog dan mendapatkan kontrol penuh.

WordPress adalah platform blogging yang paling populer dan baik, dengan menggunakan WordPress akan lebih bebas dalam menggunakannya, dan Sangat mudah dalam pengelolaannya "menurut para blogger senior". Platform WordPress telah ada selama bertahun-tahun dan merupakan sistem yang kuat dan aman (meskipun Anda perlu untuk tetap up-to-date untuk menjaga sistem keamanan blog), Memiliki banyak jaringan industri penyedia alat (tools), desainer dan pengembang di sekitarnya yang akan membantu Anda untuk menyesuaikan blog Anda dalam banyak cara.

Perlu diingat bahwa platform WordPress menawarkan dua versi:

1• WordPress.com - di mana Anda disajikan sebuah layanan gratis dengan tampilan yang menarik. Anda tidak perlu repot untuk urusan upgrade fitur-fitur layanan dan Anda juga tidak perlu repot dengan penginstalan plugin-plugin pendukung. Namun disini Anda memiliki keterbatasan dalam penggunaan dan kontrol.

2• WordPress.org -di mana Anda memiliki kontrol penuh dan hosting blog di server Anda sendiri, domain Anda sendiri dan memiliki kontrol penuh atas bagaimana tampilannya, pengoperasian dan bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda. Ini benar-benar bebas untuk digunakan, akan tetapi Anda perlu untuk mengatur hosting Anda sendiri, domain dll.

WordPress.com lebih mudah untuk mengaturnya dan Anda tidak perlu menyimpan versi upgrade dari WordPress tetapi memberi Anda sedikit kontrol atas desain blog Anda, bagaimana Anda mendapatkan uang dan fitur apa yang Anda dapat tambahkan. Untuk memulai blog dengan WordPress.com gratis tetapi tergantung pada apa yang Anda inginkan tidak selengkap dan sebebas menggunakan WordPress.org.

Jadi rekomendasi saya adalah saat memilih platform blogging, lebih baik menggunakan WordPress.org. Memang, menggunakan platform ini berarti Anda akan memiliki sedikit lebih banyak bekerja di fase awal, akan tetapi dalam jangka panjang Anda akan memiliki kontrol penuh atas blog Anda, bagaimana Anda akan mengatur tampilan, fitur dan monetisasi blog Anda. Pada saatnya nanti, Anda akan merasakan hasil yang memuaskan Anda!

Langkah 2: Mengamankan Nama Domain dan Menyewa Hosting

Langkah berikutnya Anda akan memerlukan nama domain (alamat blog Anda) sehingga Anda memiliki alamat yang sesuai untuk blog Anda. Sebagai contoh nama domain blog saya sekarang adalah www.alviya.com - setiap blog memerlukan nama domain sendiri, sehingga akan lebih mudah diucapkan dan mudah untuk ditemukan dalam mesin pencarian Google maupun Search Engine lain-nya!

Disini saya hanya ingin berbicara tentang teknis bagaimana untuk mendapatkan domain Anda - akan tetapi ada beberapa faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan seperti:

• Kemudahan penulisan domain
•kemudahan untuk mengatakan dan mengingat domain Anda
• keunikan nama domain
• SEO perspektif domain- memilih nama domain dengan kata kunci yang baik yang dapat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi di Google.


Tergantung pada di mana Anda mendapatkan domain Anda dan memiliki domain yang Anda pilih, namun yang pasti, domain bukanlah hal yang super mahal untuk mendapatkannya - akan tetapi yang jelas Anda akan dikenakan biaya setidaknya beberapa ratus ribu rupiah pertahun.

Cara paling sederhana untuk mendapatkan dan memiliki (membeli) domain Anda adalah dengan membeli domain di tempat yang sama dimana Anda menyewa hosting untuk blog Anda. Rekomendasi saya untuk mendapatkan dan menyewa hosting yang baik adalah, carilah layanan penyedia hosting yang paling umum digunakan di antara para pengelola blog, layanan mumpuni dengan harga terjangkau namun dapat diandalkan dengan dukungan penuh pada saat Anda memerlukan solusi maupun bantuan ketika Anda menemui masalah atau kendala.

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan layanan instalasi seperti layanan 1x klik penginstalan WordPress.org, saat ini sudah ada penyedia layanan hosting yang telah memberikan layanan pengoptimalan khusus untuk menginstal blog WordPress dengan mudah hanya dengan 1x klik.

Langkah 3: Menyiapkan Blog Anda

Anggaplah Anda sekarang telah memiliki Domain dan menyewa hosting di satu tempat dengan layanan terbaik, instalasi 1x klik, selanjutnya adalah Anda tinggal menginstal wordpress dan mengatur blog Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Jika Anda memiliki masalah selama proses ini, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa minta batuan penyedia hosting dan domain tempat anda menyewa. Biasanya penyedia layanan menyediakan sistem dukungan live chat yang memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan ataupun meminta bantuan kepada tim dukungan mereka. Jadi Anda jangan sungkan untuk meminta bantuan pada layanan dukungan yang disediakan penyewa hosting apabila Anda menemui kesulitan.

Catatan: beberapa penyedia hosting telah mendukung sistem 1x klik untuk menginstal wordpress, diantaranya bluehost, idhostinger dan masih banyak yang tidak saya sebutkan.

Setelah menyelesaikan proses ini, berarti Anda sekarang telah berhasil menginstal dan memiliki blog WordPress anda sendiri! Selamat - Anda sudah hampir sampai!

Langkah 4: Konfigurasi dan Desain Blog Anda

Pada saat baru menggunakan dan melihat tampilan dasbor WordPress, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan. Namun jangan khawatir - Anda akan memiliki dukungan dari penyedia hosting dan domain tempat anda menyewa hosting.
Anda hanya perlu menanyakan dan meminta bantuan pada mereka!

• Konfigurasi blog Anda

Setelah Anda berhasil menginstal blog WordPress, sekarang saatnya Anda melakukan konfigurasi blog Anda didalam nya dan jika Anda mengalami kesulitan, mintalah bantuan dukungan penyedia hosting Seperti saya katakan diatas, namun biasanya para tim dukungan penyedia layanan hosting telah membuat serangkaian tutorial tentang cara-cara pengaturan-pengaturan yang akan membantu Anda.

Meskipun sedikit sulit untuk konfigurasi, namun menurut pengelola blog yang biasa menggunakan WordPress salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah memungkinkan Anda untuk menginstal dan menggunakan plugin untuk mendapatkan fungsi fitur tambahan pada blog Anda.

• Merancang desain blog Anda

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan sekarang adalah berpikir tentang desain blog Anda. kesan pertama untuk membuat blog yang disukai pembaca adalah tampilan blog yang clean, rapi responsive dan loding yang cepat.

Meskipun ada banyak ribuan tema gratis di luar sana, namun saran saya gunakalah template premium yang ringan, responsive dan clean. Dengan template premium, Anda akan mendapatkan dukungan dari pembuat template jika sewaktu-waktu ada masalah.

Jika harus jujur saya katakan- dalam membuat blog, mendesain tampilan blog atau template blog adalah sesuatu yang cukup rumit. Namun meski begitu sebetulnya Anda bisa untuk melakukannya sendiri 100% jika Anda mau belajar (banyak tutorial di internet yang akan membantu Anda untuk belajar keterampilan melakukannya) akan tetapi hal itu akan memakan waktu dan tenaga dan 99,9% Anda akan mencari dan menggunakan template dari tempat lain.

Namun, jika Anda ingin belajar membuat template atau merancang tampilan blog sendiri, Anda bisa cati dan ikuti panduan-panduan turorialnya yang sudah banyak tetdebar diinternat.
Dan jika Anda membutuhkan kode-kode warna saat mendesain template, Anda bisa cari kode-kodenya melalui postingan saya di link berikut:
• Kode Warna Html

Jadi jangan terlalu banyak stres tentang tampilan blog pada saat-saat awal- jika Anda ingin belajar mendesain sendiri tampilan blog, semua dimulai dari ketidak pahaman tentang desain, pada saatnya nanti dengan seiringnya waktu Anda akan paham dengan sendirinya. Hal utama yang harus diperhatikan adalah, Anda hanya perlu dapat mengatur tampilan dan nantinya pengetahuan Anda tentang desain akan berkembang dari sana. Sekali lagi saya katakan pilihlah desain template yang sederhana, ringan dan bersih yang dapat Anda ditambahkan logo sederhana untuk membuatnya sedikit lebih individual dan kemudian lanjutkan blogging!

Langkah 5: Mulai membuat konten yang bermanfaat yang melayani pembaca
Nah, anggaplah sekarang Anda punya domain, hosting, telah menginstal WordPress dan template Anda juga telah terinstal. Berarti Anda telah memulai sebuah blog ... tapi setelah langkah-langkah diatas telah Anda lewati, Anda belum menjadi seorang blogger sampai Anda mulai menciptakan beberapa konten untuk Anda sajikan di blog Anda!

Saya tidak bisa memberitahu Anda mengenai apa yang harus Anda tulis untuk Anda posting di blog Anda- karena hal itu (membuat konten) akan sangat bervariasi antara blogger yang satu ke blogger lainnya.


Secara teknis dasar ada dua jenis konten yang dapat Anda buat untuk blog Anda yaitu 'Pages' dan 'Posts'.

Pages

Pages atau halaman adalah halaman 'statis' di blog Anda yang benar-benar tidak akan berubah posisinya selama belum diupdate, yang nantinya link pada halaman tersebut akan Anda gunakan dan tempatkan pada menu navigasi pada blog Anda. Halaman statis biasanya digunakan untuk membuat menu halaman pendukung, misalnya pada blog saya ini AlviyatuN adalah 'Halaman About' yang dibuat menggunakan Pages (halaman statis).

Halaman pertama yang mungkin harus harus Anda buat adalah 'Tentang'' - halaman yang memberitahu orang (pengunjung), sekilas tentang Anda dan blog Anda. Ini adalah halaman Anda yang sebaiknya anda tempatkan di area navigasi / menu agar orang lain dapat membacanya dan memahami tentang apa yang akan Anda uraikan dan sajikan sebagai seorang blogger. kemudian halaman pendukung lainnya seperti "Privacy, Contact, Disclaimer, Sitemap dan TOS".

Posts

Sedikit berbeda dengan Pages (Halaman), Posting akan lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk membuatnya sebagai seorang blogger - dimana Anda akan terus membuat postingan untuk blog Anda. Posting akan muncul di halaman depan blog Anda begitu mereka diterbitkan. Postingan biasanya memiliki tanggal pada alamat url postingan ketika diterbitkan.


Pertama Mari kita mulai dengan membuat 'Halaman Contact'. Sangat mudah untuk membuat dilakukan - Anda bisa mengisi halaman ini dengan beberapa baris kalimat yang disertai dengan alamat atau kontak yang bisa dihubungi seperti, No. Tlpn, Email atau akun jejaring media sosial yang Anda miliki agar pembaca dan pengunjung blog Anda lebih mudah pada saat akan menghungi Anda selaku admin blog.

Berikutnya saatnya untuk menulis posting blog pertama Anda.

Sekali lagi membuat konten akan sangat bervariasi dari blog yang satu ke blog yang lain, namun bagaimana Anda membuat konten untuk kemudian diposting ke blog Anda adalah proses yang relatif sederhana, anda hanya perlu mencari ide lalu kembangkan ide tersebut menjadi sebuah kalimat paragraf lalu Anda terbitkan ke blog Anda, yang nantinya dapat dibaca oleh pengunjung blog Anda.

Ada banyak ide-ide membuat postingan untuk blog Anda yang tersebar diinternet, Anda bisa berselancar untuk mencari ide-ide sebagai bahan artikel untuk blog Anda.
Selamat Anda telah memulai blog!!
Terima Kasih Anda sudah membaca postingan panduan 5 lima langkah memulai blog
             (alviyatun.blogspot.com)
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

2 Responses to "Panduan 5 Langkah Memulai Blog Profesional"

  1. ohiya menurut saya pages di blog itu bisa mencerminkan profesionalitas sebuah blog loh hehe

    mbak alvi itu gimana caranya disetiap langkah backgroundnya bewarna gitu ? :D

    BalasHapus
  2. Betul juga sih mas, pages bisa mencerminkan profesionalitas blog yang bisa dilhat dari penulisan serta TOS yang dipublikasikan pemilik blog...
    Itu Blockquote bawaan template mas yang sudah dimodifikasi cssnya

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif