Bisnis Budidaya Rempah-Rempah ini Wajib Di Coba

Advertisement
assalamualaikum buat sahabat , salam sejahtera untuk kita semua. Disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Bisnis tanaman rempah. Tentu sudah kita ketahui bahwa tanaman rempah banyak di cari karena  manfaatnya bagi kesehatan,sebagai bahan baku jamu , obat obatan dan bumbu masakan. Kebutuhan akan rempah rempah dunia pun semakin tinggi sehingga harga jualnya pun stabil. Berbagai macam tanaman rempah yang sering kita jumpai seperti jahe, kunir , lada , pala , cengkeh, cabe , bawang dipasaran sudah menjadi kebutuhan ,bumbu dapur juga kurang lengkap rasanya bila tidak ditambahi rempah. 
Oleh karena itu bisnis rempah jadi salah satu bisnis yang menguntungkan, kita juga bisa ikut menggeluti bisnis ini mulai dari menjadi petani tanaman rempah, menjadi pelaku penjualan rempah hingga menjadi pengolah bahan mentah rempah menjadi barang siap dipasarkan. 

Baca juga postingan:Peluang usaha di bulan ramadhan menjelang lebaran idul fitri 


Bisnis budidaya rempah rempah yang wajib anda coba
bisnis budidaya rempah-rempah yang wajib anda coba


Oke marilah kita bahas mulai dari cara membudidayakan tanaman rempah


1. JAHE 
Jahe adalah tanaman rimpang yang dimanfaatkan umbinya sebagai rempah dan obat. Peluang bagus bila kita menanam jahe untuk dijual ataupun di konsumsi sendiri, karena komoditas ini salah satu bahan baku obat dan jamu. 

• Jenis-jenis jahe
Jenis jahe yang banyak dibudidayakan adalah 
- jahe putih atau kuning
- jahe merah(jahe emprit)
- jahe gajah 

• Pemilihan Bibit dan cara tanam
Bibit jahe diperoleh dari tanaman jahe yang besar dan subur dan berumur 9-10 bulan, untuk yang terkendala masalah lahan kita bisa menggunakan rak tanaman dengan posisi vertikal sehingga masalah lahan yang sempit bisa kita akali , dengan metode ini pekarangan rumah pun bisa kita jadikan lahan , untuk media tanam sendiri bisa menggunakan media polibag dan karung ukuran 50cm.
Cara menanam jahe dalam polibag juga cukup mudah tinggal masuk an tanah  yang gembur dan sudah di campur pupuk organik kedalam polibag , kedua tanam bibit jahe yang sudah direndam semalaman dipermukaan tanah , siram tanah yang sudah ditanami jahe.

• Cara Merawat, masa panen dan penyimpanan jahe
Merawat tanaman jahe yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan. Cukup dan kelembaban tanah dengan cara menyirami tanaman jahe  secara teratur 
Masa panen jahe pun cukuplah singkat bisa dipanen pada umur 8 bulan , setelah panen jahe harus dibersihkan dari tanah dengan cara mencuci dengan air, tiriskan, jangan langsung di packing lebih baik diangin inginkan terlebih dahulu,simpan ditempat yang kering dan sinar matahari cukup.
Proses selanjutnya terserah anda bisa langsung dijual, dikeringkan dan dijual setelah kering atau dibikin bubuk 

Harga jahe perkilo
-  jahe gajah berkisar antara Rp 20-25/kg
- Jahe merah berkisar antara Rp 15-20/kg
- Jahe emprit berkisar antara Rp 6000-8000/kg.

2. LADA
     biasa disebut merica.rempah jenis ini juga menjadi komoditas yang paling dicari di pasar lokal ataupun internasional, terbukti permintaan pasar akan lada tiap tahunya selalu mengalami peningkatan,lada adalah rempah yang rasanya pedas digunakan untuk bumbu masak.


Jenis lada
Jenis lada ada 2 macam yaitu lada hitam dan lada putih, untuk jenis pohonnya ada yang merambat (panjat) dan ada yang tidak merambat atau disebut lada perdu. Lada panjat cocok ditanam di lahan yang luas karena memerlukan tajar, tajar sendiri adalah media untuk merambatnya sulur batang lada bisa pake batang pohon ataupun bilah bambu. Lada perdu tidak memerlukan lahan yang luas pekarangan rumah pun bisa kita tanami menggunakan polibag sebagai media tanam nya, lada perdu yang ditanam di polibag kita taruh di rak tanaman atau berkebun secara vertikal.


Cara budidaya tanaman lada 
Syarat penanaman lada yaitu tanah yang lembab dan sinar matahari yang cukup , untuk bibit bisa kita beli dengan harga 8-10 ribu/bibit yang siap tanam, sekarang banyak yang jual secara online 
Masa tanam lada yang bagus pada musim penghujan karena kita tidak perlu menyiraminya , jarak tanam lada panjat 2×2m, setelah masa tanam pemeliharaan tanaman yang harus dilakukan adalah masa sulur panjat pada tajar , memangkas sulur, dan pemupukan 
Lada perdu yang harus kita siapkan apabila ingin menanam di polibag adalah menyiapkan tanah yang gembur dan sudah dicampur pupuk kedalam polibag, pindahkan bibit lada yang siap tanam kedalam polibag tadi proses selanjutnya tinggal menata polibag di rak tanaman. Saat musim kemarau siram tanaman 1×sehari
Tanaman lada mulai panen pada umur 3-4tahun, setelah masa panen proses selanjutnya adalah perontokan buah lada dengan tangkainya, cuci buah lada hingga bersih, rebus buah lada untuk memudahkan pengelupasan kulitnya, jemur hingga kering.


Rentang Harga
Harga lada hitam berkisar antara 130ribu/kg sedangkan harga lada putih berkisar antara Rp 160/kg.


3. CABE
     Cabe juga termasuk bumbu dapur (rempah-rempah) yang pasti digunakan saat memasak sebagai penambah rasa pedas , jenis cabe pun bermacam-macam ada cabe merah, cabe keriting , cabe hijau, cabe rawit tapi cabe cabean gak ikut lho , hehehe. Yang sering kita jumpai menanam cabe hanyalah di lahan yang cukup luas seperti disawah ataupun kebun , tapi kali ini kita akan belajar menanam cabe di polibag.


Cara tanam cabe polibag
Menanam cabe di polibag diawali dengan pemilihan benih , penyemaian benih jika kita tidak membeli bibit siap tanam caranya benih ditanam di polibag ukuran kecil hingga menjadi bibit siap tanam. Selanjutnya menyiapkan media tanam di polibag ukuran 50cm, pindahkan bibit yang di polibag kecil kedalam polibag ukuran 50cm yang , beri pupuk organik dan siram dengan air hingga tanah menjadi basah. Setelah itu tata polibag diatas rak tanaman


Informasi Harga benih bibit cabe
- cabe rawit berkisar antara Rp 20ribu/10gr
-cabe merah besar berkisar antara Rp 60ribu/10gr
-cabe keriting berkisar antara Rp 65ribu/gr
Sedangkan harga bibit cabe siap tanam Rp 5ribu/polibag.


masa panen dan harga jual
Masa panen cabe pun cukup singkat sekitar 4-5 bulan tergantung varietas. Masalah harga jual cabe dipasaran tidak bisa di pastikan karena sering naik, turun bahkan melambung itu semua tergantung musim panen petani, hasil panen dan pasokan dari petani itu sendiri. Ketika harga cabe dipasaran stabil atau pun sedang tinggi kita bisa menjualnya langsung setelah panen, sebaliknya ketika harga cabe dipasaran sedang rendah cara ini bisa menjadi solusi dengan cara membuat cabe bubuk, mengeringkan cabe supaya tidak busuk ataupun bisa di bikin abon cabe


Cara membuat cabe kering
Cara membuat cabe kering hanyalah menjemur cabe hingga kadar air dibawah 5%, setelah kering bisa langsung di kemas atau bisa juga dibuat benih. Dan untuk membuat cabe bubuk cukup menggiling cabe yang sudah kering hingga halus , setelah halus cabe bubuk bisa dikemas dan di pasarkan.


Penutup
   Jadi bisnis rempah banyak macam nya mungkin bisa menjadi inspirasi buat anda yang masih bingung ingin memulai usaha, untuk yang ingin menanam menggunakan rak sebagai tempat berkebun , artikel berikutnya akan saya bahas cara membuat rak tanaman , semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman, jangan sungkan untuk berkomentar.


Salam Sukses
   TAUFIQ
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

4 Responses to "Bisnis Budidaya Rempah-Rempah ini Wajib Di Coba"

  1. Keren artikelnya, binsis rempah rempah memang sangat menguntungkan. Tidak hanya di pasar nasionla, namun dipasat internasionl

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas, apa lagi saat ini bidang kuliner sudah cukup populer

      Hapus
  2. wah mantap nh infonya..jadi terinsiprasi nh

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan info tentang bisnis rempah-rempah mengingat tanah Indonesia ini sangat subur untuk menanam bermacam-macam rempah maupun tumbuhan sumber makanan yang lainnya...

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif