Tips Sukses Membuat Tumpeng

Advertisement
Tips Sukses Membuat Tumpeng-
Sebelum kita mengetahui tipsnya alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa itu tumpeng?
Tips Sukses Membuat Tumpeng
image: en.wikipedia.org

Tumpeng adalah sajian paripurna yang sarat akan makna. Julukan hidangan paripurna cocok diberikan untuk tumpeng, karena sajian ini sangat lengkap mulai dari nasi hingga aneka macam lauknya.

Sarat makna, karena percaya atau tidak, semua lauk yang disajikan bersama dengan tumpeng masing-masing memiliki makna filosofi tersendiri yang erat kaitannya dengan hidup manusia. Singkat kata, tumpeng adalah ungkapan rasa syukur yang diwujudkan dalakm satu paket makanan lengkap. Serta selain pengertian dari tumpeng itu sendiri, adapapun pengertian lainnya ada pula tumpeng tradisional, apa itu tumpeng tradisional?

Tumpeng tradisional adalah jenis tumpeng yang paling banyak dan paling sering disajikan. Bentuknya mengerucut, sehingga mudah dibuat, bahkan oleh pemula sekalipun. Itulah pengertian singkat mengenai tumpeng secara umum dan tumpeng tradisional. Selajutnnya kita membahas tentang tips sukses membuat tumpeng.

Apa saja tips sukses membuat tumpeng mari kita simak sebagai berikut:


1. Pilihlah daun pisang baru untuk membuat hiasan dan alas tumpeng. Daun pisang baru memiliki helaian yang lebar serta daunnya harus kuat.

2. Cuci daun pisang terlebih dahulu, kemudian jemur sebentar supaya lemas dan tidak mudah sobek ketika dilipat.

3. Usap permukaan daun dengan lap bersih yang diberi sedikit minyak goreng untuk memberikan efek berkilau pada daun pisang.

4. Pisahkan yang lebar untuk alas tumpeng, sementara yang agak kecil bisa dipakai untuk membuat hiasan pinggir.

5. Tumpeng yang dibuat tanpa penambahan beras ketan akan menjadi lekas kering, dan sulit dicetak walaupun dibuat dari beras pulen. Oleh itu, sebaiknya campurkan beras ketan maksimal 1/3 dari jumlah beras yang dipakai.

6. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam adonan beras, maka nasi yang dihasilkan akan mengkilap dan tidak lekas basi.

7. Gunakan kelapa tua untuk menghasilkan santan yang segar. Kupas kulit airmya supaya santan yang dihasilkan berwarna putih.

8. Pemakaian kunyit segar/mentah bisa digantikan dengan bubuk kunyit. Keduanya didihkan bersama santan. Bila memakai kunyit segar yang diparut, sebaiknya saring santan dengan kain supaya parutan kunyit tidak terbawa.

9. Bumbu daun/aromatic yang bisa dipakai untuk menambah aroma nasi adalah daun jeruk purut, daun salam, dan serai.

10. Masukkan nasi kedalam cetakan dalam keadaan hangat dan harus ditekan-tekan dengan tangan supaya padat. Nasi yang sudah dingin akan sulit dipadatkan ke dalam cetakan.

11. Setelah cetakkan ke atas tampah, diamkan sebentar sampai berkurang panasnya baru kemudian dibuka lepas cetakkannya. Selama tumpeng dihiasi, lapisi tumpeng dengan plastik supaya kering.

Demikianlah artikel mengenai tips sukses membuat tumpeng, semoga bermanfaat. Serta baca juga artikel selanjutnya.
Terimakasih dan Salam Sukses
        Turunan Sakti

Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

0 Response to "Tips Sukses Membuat Tumpeng"

Poskan Komentar

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif