Tutorial Cara Membuat Banner Flat Design Menggunakan Software Adobe Photosop

Advertisement
Tutorial cara membuat banner flat design menggunakan Software Adobe potoshop- Banner adalah gambar yang tujuannya membuat banner lebih menarik bagi yang melihatnya. Sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunakan banner untuk mempromosikan jasa ataupun produk yang ditawarkan. Biasanya banner banyak dipasang pada situs-situs tertentu atau situs blog orang lain yang memiliki banyak pengunjung, sebagai media beriklan, dengan adanya banner yang dipasang tersebut dimaksudkan supaya produk yang mereka tawarkan akan menjangkau sasaran yang lebih luas serta sampai kepada target, sehingga akan lebih mempercepat laju penjualan.

Lalu, apakah membuat banner itu sulit ? Dan apakah semua orang bisa membuat banner ? Tidak, membuat banner itu tidaklah sulit dan semua orang dapat membuatnya. Nah, dalam artikel ini mungkin akan sedikit memberi gambaran tentang bagaimana caranya membuat sebuah banner dengan menggunakan software adobe Photoshop secara rinci dan mudah-mudahan dapat dipahami semua pembaca yang sedang membaca artikel ini. Dalam tutorial ini akan mempraktekkan cara membuat Banner dengan ukuran besar yaitu 728x90. Nah, pembaca sekalian silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

1. Pertama, Buka Program Adobe Photoshop

Untuk membuat sebuah banner flat design ini, silahkan Kalian buka programnya, yaitu Adobe photoshop CS berapapun, untuk tutorial ini menggunakan Adobe Photoshop CS6 Portabel. Setelah itu, silahkan tekan tombol Ctrl+N pada keyboard.





2. Membuat Background Banner
Selanjutnya yaitu membuat bagroundnya terlebih dahulu, maksudnya adalah menentukan warna dan style untuk Banner yang akan dibuat. Masih bingung ? Dibawah ini adalah contoh baground untuk banner dalam tutorial ini, silahkan lihat.




Ini adalah contoh dengan background simpel? Sebagai tahap belajar, tidak perlu yang rumit-rumit dahulu . Cukup buat sebuah design yang simple namun mampu membuat orang tertarik untuk melihat banner yang dibuat. Bagaimana ? Untuk membuat seperti contoh diatas, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Pertama pilih dahulu tool bernama "Rectangular Marquee Tool"


Selanjutnya seleksi pada setengah bagian baground lihat gambar dibawah ini. Jika sudah, silahkan pilih tool bernama "Paint Bucket Tool"


Silahkan beri warna baground yang sudah diseleksi tadi dengan warna yang sesuai dengan keinginan, Sebagai contoh dalam artikel tutorial ink menggunakan warna hitam.


Hasilnya seperti pada Contoh gambar yang di atas, setengah hitam dan setengahnya lagi adalah warna putih.

3. Membuat Layout 
Silahkan buat layoutnya sesuai keinginan, buatlah semenarik mungkin agar dapat menarik minat para pembaca yang melihatnya untuk mengklik banner tersebut. Caranya sama seperti cara yang di atas tadi, yaitu dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool untuk membentuk layout dan Paint Bucket Tool untuk memberi warna pada Layout yang dibuat tadi. Lihatlah contoh Layout simple yang ada dibawah ini.


4. Menambahkan Atribut Pendukung

Selanjutnya adalah menambahkan atribut untuk banner, atribut atau hiasan pelengkap (pernak-pernik). Silahkan lihat contoh pada gambar dibawah ini.



Dalam tutorial ini, atribut yang yang ditambahkan adalah hiasan logo dari Adobe Photoshop di antara kedua warna baground yang berbeda. Kemudian objek Logo Adobe Photoshop tersebut dibuat menjadi sedikit transparant dengan sedikit menggunakan fitur Opacity. Sehingga jadinya simple.

5. Menambahkan Teks atau Kalimat Dalam Banner


Silahkan masukkan Teks atau Kalimat kedalam banner yang telah dibuat tadi. Buatlah Teks atau Kalimat yang simpel dan jelas tapi menarik. Maksudnya adalah, buat Teks atau Kalimat yang simple, pendek tapi berisi. Kalimat yang dapat menjelaskan secara aingkat tentang produk yang ditawarkan, sehingga akan membuat yang melihatnya tertarik dan penasaran.



Buat sebuah kalimat yang jelas, mungkin bagi kebanyakan orang membuat banner dengan kalimat panjang itu bagus, tapi jika kaliamatnya terlalu panjang, maka akan membuat yang membacanya kurang jelas untuk memahaminya. Sebagai contoh untuk kalimat yang simple dan jelas dalam tutorial ini.
Bagaimana menurut kalian? jika kurang berkenan silahkan beri komentar pada kolom yang tersedia sebagai bentuk koreksi dari anda untuk artikel tutorial ini.



Sudah dilihat bukan gambar yang di atas? Simple dan jelas!! Silahkan sesuaikan kalimat dengan tema banner yang akan Anda buat. Untuk tema banner dalam tutorial ini adalah Jasa Pembuatan Logo & WEB Banner design. Jadi, design layout, hiasan dan kalimat dalam banner tersebut  dibuat sedemikian rupa agar lebih relevan dilihatnya.

6. Menambahkan Atribut Pendukung
Langkah yang satu ini sama seperti langkah no 4. Ini hanyalah sebuah pelengkap saja supaya tampilannya lebih maksimal. Yang namanya banner haruslah dibuat sebagus dan semenarik mungkin untuk membuat orang yang melihatnya tertarik.



Karena temanya dalam tutorial ini adalah jasa pembuatan logo dan web banner yang menyertakan tema photoshop, maka atribut yang ditambahkan dalam contoh disini adalah hiasan logo Adobe seperti pada gambar di bawah ini.



Itulah hasil contoh Banner Flat Design simpel dalam tutorial ini. Bagaimana, mudah bukan membuat banner flat design menggunakan Adobe Photosop hanya 6 langkah? Lumayan bagus dan menarik lah untuk tahap belajar ?



Baca Juga Artikel: Beberapa Tekink yang Biasa Digunakan Dalam Photosop


Mungkin cukup sekian artikel cara membuat banner flat design menggunakan Software adobe potoshop ini.

Berhubung saya tidak memiliki pc/laptop dan artikel ini adalah kiriman dari rekan blogger yang lain, maka harap maklum jika saya tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sahabat ajukan.
Jadi bagi yang memiliki pertanyaan maaf sekali saya tidak bisa saya jawab dikarenakan tutorial ini bukan saya yang membuatnya.

Terima kasih banyak dan jangan lupa untuk membaca Artikel rekomendasi dibawah ini.
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

2 Responses to "Tutorial Cara Membuat Banner Flat Design Menggunakan Software Adobe Photosop"

  1. kalo bikin banner flat design gitu gampang2 susah sih mbak alvi, yg susah itu bikin konsepnya itu loh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah itu sebetulnya saya sendiri kurang paham mz Agustiar, karena tutorial diatas adalah kiriman orang lain yang membuatnya..

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif