Berhati-hatilah Bermain Pokemon Go [2]

Advertisement

Tulisan ini menyambung dari artikel sebelumnya yang ditulis mbak alviya bisa lihat disini.

Sudah banyak juga kita lihat tulisan semacam ini di dunia maya, dari yang menghimbau atau sekedar basa-basi.

Memang game ini sekarang menjadi game yang begitu melejit namanya karena banyak hal yang sebenarnya tidak layak terjadi hanya karena sebuah game semisal jatuh ke kali, manjat pagar orang, menangkap monster di masjid.

Lepas dari hal di atas saya ingin menuliskan sedikit berita negatif dari game ini benar atau tidaknya Wallahualam namun selayaknya kita berhati-hati. Sebagaimana yang dikirimkan dari chanel telegram tukpencari alhaq sebagai berikut:

---Nukilan:
Solopos(dot)com, JAKARTA--
Anda suka bermain Pokemon Go? Di mata Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI, ada ancaman terhadap negara yang muncul dalam game yang sudah menjadi viral ini, termasuk penyadapan informasi mengingat penggunaan data-data dari geo positioning system (GPS).

Ada dampak negatif yang ditimbulkan permainan ini terhadap keamanan negara., yaitu penyadapan dan pengumpulan data lokasi strategis badan keamanan suatu negara. Menurut Satuan Cyber Bais TNI, Pokemon Go serupa dengan sistem pengumpulan data lokasi yang biasa dilakukan oleh National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) dan Central Intelligence Agency (CIA) di sosial media Facebook.

Pola penyadapan informasi berupa data lokasi yang dilakukan oleh permainan Pokemon Go ini terjadi dengan cara menyediakan pokemon langka atau pokemon legenda. Jenis pokemon ini hanya bisa didapatkan di sejumlah tempat strategis pemerintahan, seperti Istana Negara, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Politik Hukum dan Keamanan serta Lembaga Kementerian strategis lainnya pada waktu malam hari untuk diburu oleh seluruh Pokemaster.

Selanjutnya, Pokemaster yang memburu pokemon ke sejumlah tempat strategis pemerintahan itu secara tidak langsung juga akan membantu pihak asing untuk mengumpulkan informasi. Hal ini termasuk data lokasi wilayah penting yang selama ini sulit ditembus oleh negara manapun.

Pola pengumpulan data wilayah yang dilakukan Pokemon Go ini hampir sama dengan pola yang dilakukan oleh Google untuk layanan Google Maps atau Google Earth
menggunakan kamera Google yang berkeliling ke seluruh wilayah atau Street Maping. Mobil Google yang berkeliling ini mengumpulkan informasi berupa nama jalan, nama gedung, dan lokasi lainnya untuk digunakan pada layanan Google Maps atau Google Earth.

--Selesai Penukilan.

Bisa kita bayangkan padahal Google Maps saja yang tidak bisa menampilkan gambar secara detail bisa dimanfaatkan oleh tentara Amerika Untuk memburu Osama bin laden didalam hutan. Bagaimana dengan pokemon go yang jelas-jelas bisa memvisualkan lingkungan kita secara tiga demensi tentu bahayanya lebih lagi.

Bisa dibayangkan betapa sangat berbahayanya jika yang bermain adalah orang-orang yang bekerja di tempat-tempat rahasia strategis negara, Badan Keamanan, Kantor dan Markas Ketentaraan dan Kepolisian,  pabrik persenjataan dsb, betapa peta pencitraan 3 dimensi ruang/gedung akan terekam secara otomatis tatkala dia bermain untuk memburu Pokemon Go.

Bahkan lingkungan di sekitar tempat ibadah masjidpun telah dijadikan sebagai tempat perburuan monster khayalan yang menyia-nyiakan waktu ini! Wallahul musta'an.

So...masih merasa CERDAS bisa menangkap gambar khayalan sembari membantu orang-orang asing memetakan lingkungan pribadi sekitar anda yang semestinya terlindungi..!!!
Waspadalah! Waspadalah!!

Baca Juga Hukum Bermain Pokemon Go dalam Islam.

Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

1 Response to "Berhati-hatilah Bermain Pokemon Go [2]"

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif