Tips Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat Tanpa Obat

Advertisement
Tips Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat Dan Tanpa Obat- Sahabat AlviyatuN Lovers yang sering sakit kepala mohon untuk membaca sampai selesai artikel cara alami atasi sakit kepala dengan cepat tanpa menggunakan obat ini dan Share sebanyak-banyaknya agar makin banyak orang tahu.

Tips Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat Tanpa Obat

Sakit kepala merupakan rasa sakit yang terjadi dibagian tertentu pada kepala, entah itu sakit pada kepala yang hanya sebagian/sebelah (migrain) , ataupun sakit kepala umum. Rasa Sakit kepala ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti karena telat makan, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala ada beberapa jenisnya, apa sajakah itu?
Mari sama-sama kita simak penjelasan berikut ini!

Macam-macam Sakit Kepala

Sakit kepala terdiri dari beberapa jenis diantaranya, sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo, dsb. Langkah pengobatan untuk setiap jenis sakit kepala tidak semua sama, sebagian ada yang berbeda tergantung jenis sakit kepala yang dirasakan. Jadi sebelum memilih obat mana yang akan anda gunakan dan memakan obat sakit kepaka, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala apa yang sedang anda rasakan.

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala :

Bagi Anda yang saat ini sedang terserang rasa sakit kepala atau bahkan sering terserang penyakit yang satu ini, mungkin Anda dapat melakukan tips-tips cara atasi sakit kepala secara alami berikut untuk mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala yang Anda rasakan tanpa menggunakan obat:

1. Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih

Salah satu penyebab terjadinya rasa sakit kepala adalah karena dehidrasi / kekurangan cairan pada tubuh. Dan sebagian dari kita tentu sudah tahu bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan tubuh. Maka dari itu, jika Anda terserang rasa sakit kepala, segeralah meminum air putih. Kemudian biasakan untuk minum air putih sebanyak 8 - 10 gelas per harinya agar anda terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Tips atasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang

Selain disebabkan oleh dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasi sakit kepala salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Namun sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau bisa juga direbus (bukan digoreng).

3. Tips atasi Sakit Kepala dengan Pisang

Buah pisang selain enak, juga memiliki banyak sekali manfaat. Selain kaya dengan kandungan potasium, ternyata buah pisang juga kaya dengan kandungan magnesium yang dapat membantu meredakan sakit kepala migrain. Nah, jika terserang sakit kepala sebelah/migrain, memakan buah pisang bisa jadi alternatif untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Atasi Sakit Kepala dengan Es Batu

Tahukah Anda, ternyata es batu selain digunakan sebagai campuran minuman, es batu juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan/mengkompreskan es batu dengan perlahan pada daerah kepala yang merasakan sakit. Dengan kompres Es batu akan menyebabkan sedikit mati rasa pada daerah kepala yang merasakan sakit, sehingga tentu saja akan mengurangi rasa sakit kepala.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/Minuman yang Mengandung Mint

Nah, kalau cara yang ini lebih cocok jika sakit kepala yang diderita disebabkan oleh maag dikarenakan telat makan/melewatkan makan, sehingga perut menjadi mual dan menyebabkan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobati jenis sakit kepala ini adalah dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dsb.

6. Tips atasi Sakit Kepala dengan Kopi

Masih ingatkah Anda dengan kalimat "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik!". Nah, begitupun dengan minum kopi, jika kita hanya mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar ( tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari), ternyata kopi juga bisa jadi solusi saat Anda mengalami sakit kepala. Karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi 40% lebih efektif untuk mengobati sakit kepala. Tapi ingat, jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi kopi karena bisa memicu terjadinya kembali rasa sakit kepala, jadi minumlah kopi secukupnya, tidak lebih dari 2-3 cangkir / hari.

7. Tips atasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen

Kandungan vitamin E yang ada dalam biji wijen dapat membantu untuk menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga bisa mencegah sakit kepala sebelah/migrain. Selain itu, biji wijen juga kaya dengan kandungan magnesium yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

8. Atasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan juga ternyata dapat membantu meredakan sakit kepala, terutama ikan yang berlemak seperti ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan kandungan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.

9. Mengobati Sakit Kepala dengan Semangka

Buah Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, semangka mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan kulitnya saja mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, jadi buah semangka dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

Baca juga artikel:
Sejuta Manfaat Kulit Semangka yang Belum Banyak Orang Tahu

10. Tips atasi Sakit Kepala dengan Streching

Streching merupakan gerakan peregangan otot (senam). Salah satu faktor sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika Anda mengalami sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan seperti senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga untuk mengatasi sakit kepala Anda.

11. Atasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur

Tahukah Anda bahwa terlalu banyak tidur itu salah, namun kurang tidur pun juga salah, karena waktu untuk tidur itu harus normal. Manusia tidak dapat bekerja selama 24 jam, karena manusia bukanlah robot. Jadi, usahakan lah agar anda mendapatkan waktu tidur yang cukup misal 7-8 jam/hari agar terhindari dari yang namanya sakit kepala.

12. Hindari Stress dapat atasi sakit kepala

Tidak jarang sakit kepala juga disebabkan oleh otot urat syaraf yang tegang, salah satu penyebab tegangnya otot-otot atau urat syaraf adalah karena terlalu banyak fikiran yang menyebabkan seseorang stres dan sakit kepala. Jadi, usahakan agar jangan terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan yang dapat membuat Anda stres dan sakit kepala. Luangkan sedikit waktu anda untuk melakukan refreshing agar tidak stres.

13. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat

Jika penyebab sakit kepala yang Anda rasakan disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami menggunakan biji alpukat. Caranya, sediakan 2 biji buah alpukat kemudian diparut. Setelah itu campur biji alpukat yang telah diparut dengan sedikit air, kemudian tempelkan di kening/dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari.

Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan sahabat AlviyatuN Lovers, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita semua.

Bagaimana menurut Anda artikel ini, apakah bermanfaat?? Silahkan berikan komentar Anda pada kolom komentar
Dan jangan lupa like dan Share!!
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

2 Responses to "Tips Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat Tanpa Obat"

  1. Thanks artikelnya membantu mbak alvi

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat bagi saya yg sering sakit kepala..terima kasih mbak alvi

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif