9 Tips Cara Paling Simple Menulis Artikel SEO Friendly

Advertisement
alviya.com - Alviya Lovers, jika Anda adalah seorang blogger atau pemilik website, Anda pasti berharap posisi yang lebih baik untuk artikel Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Untuk mendapatkan hasil terbaik tersebut Anda perlu mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas supaya artikel Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda dihasil pencarian.

Namun cara membuat artikel yang baik dan berkualitas dapat dikatakan gampang-gampang susah jika kita tidak tahu triknya meskipun sebenarnya membuat cara membuat artikel untuk website itu mudah saja dilakukan oleh siapa saja.

Untuk itu sebagai blogger kita perlu belajar seo dan juga mempelajari bagaimana cara membuat artikel seo friendly supaya kita dapat membuat artikel yang dapat bersaing di hasil pencarian.

Sebetulnya diinternet sudah banyak sekali bertebaran contoh artikel seo friendly yang dapat kita lihat dan kita jadikan sebagai referensi untuk membuat sebuah artikel untuk website atau blog yang kita kelola.

Selain itu, jika kita mau sering membaca artikel-artikel di blog milik orang lain kita juga dapat menemukan banyak sekali orang-orang yang membagikan tips dan trik membuat artikel yang baik, berkualitas dan seo friendly.

Akan tetapi, menulis artikel untuk blog yang seo friendly juga bukan hanya mengutamakan seo on page dan penempatan kata kunci semata, melainkan kita juga harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas dan enak dibaca oleh orang lain sehingga pengunjung betah.

Kita bisa mengambil contoh dan referensi dari blogger-blogger senior bagaimana cara membuat artikel yang baik dan berkualitas bagi pembaca dan juga mesin pencari. Ada banyak sekali tips menulis artikel artikel seo friendly dan petuah-petuah yang dapat kita ambil jika kita mau sering-sering membaca artikel orang lain.

Artikel SEO Friendly
Sumber gambar: jisc.ac.uk

Untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik tidak hanya tergantung pada situs atau tema blog (niche blog), tetapi sangat tergantung pada konten yang telah Anda tulis dalam postingan Anda.

Dibawah ini ada beberapa tips tentang bagaimana menulis Artikel SEO friendly untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

Jadi, Apa Itu Artikel SEO Friendly ?

Artikel SEO friendly adalah konten ramah bagi pengguna, yang ditulis dengan beberapa tips dan trik mengingat bagaimana mesin pencari melihat konten Anda.

Menulis konten yang buruk adalah salah satu kesalahan SEO umum yang dibuat oleh sebagian besar blogger.

Search engine memiliki pembaruan teratur (update reguler) di algoritma mereka, sehingga mereka dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk pembaca.

Menulis artikel ramah pengguna tidak hanya membantu mesin pencari untuk menemukan hasil yang lebih baik untuk ditampilkan di SERP, tetapi juga mendukung untuk memperoleh peringkat yang lebih baik untuk blog Anda.

Berikut Adalah beberapa Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly


1. Jangan Copy Paste

Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh sebagian besar blogger adalah menyalin isi dari beberapa halaman web lainnya.

Ingat bahwa mesin pencari saat ini cerdas, mereka dapat dengan mudah mendeteksi konten salinan.

Menulis konten yang unik tidak berarti bahwa Anda harus menulis sesuatu yang benar-benar keluar dari dunia, tapi sarana konten yang unik juga bukan hanya menyalin konten Anda dari beberapa halaman web lain.

2. Periksa Artikel Anda Sebelum Diterbitkan

Sebaiknya, periksalah keunikan artikel hasil tulisan Anda. Ada ratusan alat online yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa keunikan konten Anda.

3.Gunakan Kata Kunci Tapi Hati-hati

Pilih beberapa kata kunci untuk blog Anda dan menggunakannya dalam konten Anda dengan cara yang cerdas.

Sangat disarankan agar Anda menggunakan kata kunci utama dalam judul blog Anda dan di paragraf pertama artikel.

Anda juga dapat menggunakan kata kunci utama dalam isi, tetapi tidak menggunakannya lebih dari 3 atau 4 kali.

Sebaiknya reset kata kunci yang relevan sehingga Anda dapat menggunakan kata kunci Anda secara efektif.

Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa mesin pencari membenci kata kunci berlebihan (keyword stuffing).

Jadi jangan menggunakan kata kunci Anda di mana Anda tidak membutuhkannya.

Gunakan kata kunci dengan cara alami dan jika Anda menemukan beberapa kesulitan untuk menggunakan kata kunci Anda, sebaiknya Anda tidak menggunakannya.

4. Tambahkan Beberapa Konten Multimedia

Orang yang berbeda memiliki kebiasaan membaca yang berbeda.

Jangan membuat pembaca Anda merasa bosan saat membaca konten Anda.

Coba beberapa konten multimedia seperti gambar, video dan infografis.

Menambahkan konten multimedia tidak hanya membuat konten Anda lebih menarik bagi pembaca, tetapi juga akan membantu Anda untuk menyesuaikan kata kunci Anda.

Gunakan tag gambar ALT sebagai pilihan untuk menggunakan kata kunci Anda.

Jangan lupa untuk mengoptimalkan gambar Anda sebelum menempatkan dalam konten Anda karena dapat memperlambat kecepatan loading untuk halaman Web Anda.

Gunakan gambar yang yang tidak melanggar hak cipta.

5.Gunakan Internal Link

Internal Linking adalah cara terbaik untuk memberitahu pembaca bahwa ada lebih banyak artikel dan blog untuk mereka baca.

Cara yang akan membuat mereka merasa lebih terlibat dengan konten Anda. Ini adalah praktek terbaik untuk optimasi SEO On Page.

Setiap kali Anda menempatkan internal link ke halaman peringkat yang lebih tinggi Anda akan melewati link juice ke halaman yang berhubungan, dengan cara ini akan membantu dalam peringkat yang lebih baik untuk Anda pada halaman-halaman terkait.

6. Gunakan Tag Heading

Setiap kali Anda menulis artikel, terutama artikel yang panjang, dianjurkan untuk menggunakan tag heading yang tepat.

Untuk sebagian besar mesin pencari, menganggap judul posting sebagai tag H1. Gunakan H2, H3 dan seterusnya untuk sub judul berikutnya.

7. Meta Descripsi Dan Judul

Menambahkan meta description adalah hal penting karena memberikan ringkasan untuk mencari mesin merayapi konten Anda.

Meta description ini muncul dalam hasil SERP di mana pembaca dapat memiliki pandangan singkat tentang halaman web Anda.

Hal ini direkomendasikan oleh Google bahwa judul Anda harus lebih dari 45 karakter dan kurang dari 65 karakter.

Di sisi lain meta deskripsi harus setidaknya 155 karakter.

8. Membaca Artikel Anda Sebagai Pembaca

Ketika Anda selesai menulis artikel postingan Anda, sekarang saatnya untuk Anda membacanya dua kali dari dari sudut pandang pembaca.

Membaca artikel Anda seperti Anda adalah pembaca yang sebenarnya untuk posting ini dan mencoba untuk mencari tahu semua perbaikan yang mungkin diperlukan untuk artikel Anda.

Jangan posting artikel Anda dengan beberapa kesalahan seperti kesalahan tata bahasa, kesalahan ejaan atau jenis kalimat yang tidak masuk akal.

Ada sejumlah alat yang tersedia secara online untuk memeriksa konten Anda untuk setiap jenis tata bahasa atau kesalahan ejaan dan hal terbaiknya adalah alat ini benar-benar gratis untuk digunakan.

9. Jaga Fokus Anda pada Pembaca Tidak Hanya Tentang SEO

Kita memang berbicara tentang cara menulis Artikel SEO friendly, tapi satu hal yang harus selalu diingat adalah, tidak hanya fokus pada SEO tapi menjaga pikiran Anda pada pengalaman yang lebih baik bagi pembaca.

pembaca Anda pasti akan datang kembali ke artikel Anda jika mereka menemukan konten Anda berguna dan menarik dan itu adalah hal yang mesin pencari benar-benar inginkan dari Anda.

jika pembaca menemukan blog Anda berguna, mesin pencari akan memberikan prioritas untuk blog Anda langsung hasil peringkat yang lebih baik di SERP.
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

6 Responses to "9 Tips Cara Paling Simple Menulis Artikel SEO Friendly"

  1. wow,banyak aturannya juga dalam menulis artikel agar seo.Terima kasih atas triknya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain banyak aturan dalam mebulis artikel seo friendly, seo itu sendiri memang rjmit dan butuh kejelian yang tinggi mbak.
      tapi pada dasarnya seo yang baik adalah yang mengutamakan pengalaman terbaik bagi pengunjung!!

      Hapus
  2. 9 tips jitu yang simpel untuk bikin artikel yang SEO, meskipun memang simpel tapi tetap saja tidak mudah, sebab butuh kejelian yang maksimal juga ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mang lembu..
      waduh, masa saya dipanggil kak??!
      terima kasih mang udah mampir

      Hapus
  3. mbak Alvi emang T.O.P dalam SEO..angkat saya jadi murid pean dong mbak

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif