Bisakah Menghasilkan Uang dari Program Afiliasi Pemasaran? Lalu Bagaimana Caranya?

Advertisement
alviya.com - Menghasilkan uang dari internet saat ini sudah menjadi pilihan utama para pelaku Internet Marketing (IM). Banyak cara untuk mendapatkan uang melalui internet. Namun setelah sekian banyak informasi yang saya baca di internet tentang dunia Internet Marketing, saya menyimpulkan bahwa, cara terbaik untuk mendapatkan uang secara online adalah dengan bergabung dalam Program Afiliasi Pemasaran. Dibawah ini akan saya coba jelaskan tentang Program Afiliasi Pemasaran.
Bisnis Afiliaai Pemasaran
(sumber gambar: flicker.com

Sebelum saya mulai, saya ingin mengatakan satu hal:

Saya percaya tidak ada cara mendapatkan uang dengan mudah dan tidak ada kiat ajaib dalam artikel ini yang akan membantu menjadikan Anda kaya dalam semalam. Jadi, jika Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah maka artikel ini bukan untuk Anda.

Artikel ini terutama mencakup topik-topik berikut:

• Apa itu afiliasi pemasaran dan berbagai jenis keuntungan afiliasi marketing
• Kiat menjadi seorang afiliasi marketer
• Tips dan praktik terbaik untuk menjadi afiliasi marketer                            sukses

Jadi, apakah Anda benar-benar dapat menghasilkan uang dari program afiliasi? Jawabannya bisa ya, bisa tidak; ada uang dalam program afiliasi pemasaran tetapi apakah Anda dapat membuat uang dari program afiliasi atau tidak tergantung pada banyak faktor lain seperti komitmen Anda, pengalaman, lalu lintas situs dll.

Apa itu Program Afiliasi Pemasaran?


Menurut Wikipedia
"Afiliasi pemasaran adalah praktik pemasaran di mana bisnis imbalan satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi"

Pada dasarnya, Anda sebagai penerbit akan dihargai ketika Anda membantu bisnis dengan mempromosikan produk atau jasa mereka. Jadi misalnya, jika Anda mendaftar untuk program afiliasi seperti LAZADA dan mempromosikan product mereka, maka Anda akan mendapatkan komisi ketika pengunjung yang Anda kirim dari situs Anda melakukan pembelian pada situs LAZADA.

Program Afiliasi pemasaran mungkin adalah salah satu cara yang tercepat dan termurah (bukan yang paling mudah) cara untuk mulai membuat uang online karena Anda tidak perlu menciptakan produk apapun sendiri. Anda hanya menghubungkan pembeli dan penjual, dan Anda mendapatkan komisi atas penjualan yang telah diarahkan oleh Anda.

Bagaimana Afiliasi Pemasaran Bekerja?


Ketika Anda bergabung dengan program afiliasi dan memilih produk yang ingin Anda jual, penjual menyediakan Anda kode unik afiliasi yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs target. Kebanyakan program afiliasi akan menawarkan link teks yang siap pakai, spanduk dan bentuk lain dari salinan kreatif dimana Anda hanya perlu menyalin kode dan letakkan di website Anda untuk mulai merujuk lalu lintas. Ketika pengunjung yang tertarik klik link ini dari situs Anda mereka bisa diarahkan ke situs produk dan jika mereka membeli produk atau berlangganan layanan, Anda sebagai pengarah mendapatkan komisi.

Penjual dapat melacak kinerja Anda melalui ID afiliasi Anda dan softwares afiliasi (misalnya. WP Affiliate Platform) yang mereka gunakan. Anda juga memiliki akses lengkap, real time ke seluruh penjualan dan statistik komisi.

Anda tidak perlu menjual produk sepanjang waktu untuk mendapatkan komisi. Program afiliasi yang berbeda dapat menggunakan syarat pembayaran yang berbeda seperti:

Pay per Sale (PPS): Dalam program ini pedagang membayar Anda berdasarkan persentase dari harga jual saat terjadi transaksi pembelian.

Pay per Klik (PPC): Dalam program ini Anda dibayar berdasarkan jumlah pengunjung Anda yang mengarah ke website Pedagang dari situs afiliasi Anda , tanpa harus terjadi transaksi penjualan. Salah satu PPC yang cukup digandrungi di adalah Google AdSense.

Pay per Lead (PPL): Anda dibayar setelah pengunjung yang Anda arahkan memberikan informasi kontak mereka pada situs target dengan mengisi form kontak sederhana.

Mengapa Menjadi Affiliate Marketer?


Program Afiliasi pemasaran dianggap salah satu teknik berkembang dan internet marketing terbaik, tercepat di dunia untuk mendapatkan uang lewat internet. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya:

Biaya yang efektif: Pemasaran di internet murah dan Anda tidak perlu khawatir tentang biaya produksi produk tersebut. Hal itu sudah dilakukan oleh penjual. Anda tidak perlu lokasi bisnis fisik atau mempekerjakan karyawan.

Global Market: online marketing memberi Anda kesempatan untuk menjangkau orang-orang di seluruh dunia.

Tanpa Biaya: Anda tidak perlu membayar apapun untuk bergabung dengan program afiliasi.

Tidak perlu penyimpanan dan Pengiriman: Anda tidak perlu khawatir tentang tempat penyimpanan, pengepakan atau pengiriman barang/produk. Semua itu diurus oleh penjual/seller.

Tidak perlu dukungan pelanggan: Anda tidak perlu memberikan dukungan pelanggan atau menangani keluhan konsumen, Penjual yang melakukan pekerjaan tersebut.

Pendapatan Pasti: Sebuah pekerjaan tetap dapat memberikan pendapatan tetap selama Anda terus bekerja. Tergantung pada pemasaran, keterampilan dalam Afiliasi pemasaran. Anda dapat membuat aliran pendapatan bahkan ketika Anda tidak di depan komputer.

Dikerjakan dari rumah: Jika Anda menghasilkan uang yang cukup, maka Anda tidak perlu khawatir tentang akan bekerja pada saat dan waktu yang sama setiap hari atau terjebak dalam perjalanan. Anda dapat bekerja dalam kenyamanan rumah Anda sendiri

Baca juga : 10 program afiliasi populer 2016

Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses


Setelah membaca semua manfaat dari pemasaran afiliasi jika Anda berpikir bahwa Anda akan kaya dalam semalam dengan menjual produk afiliasi online maka Anda salah. Afiliasi pemasaran adalah cara pasti terbaik untuk membuat uang online tapi juga sangat kompetitif. Agar sukses dalam pemasaran Afiliasi Anda perlu mengetahui kebutuhan pasar, belajar bagaimana untuk mempromosikan produk, apa yang berhasil dan apa yang tidak. Berikut ini adalah beberapa trik untuk menjadi sukses dalam pemasaran afiliasi yang bisa Anda coba terapkan.

1. Pilih Hanya Produk Terbaik

Kesalahan pertama banyak pemasar afiliasi lakukan adalah bahwa mereka mendaftar dengan terlalu banyak program afiliasi yang berbeda dan mencoba untuk mempromosikan segala sesuatu. Mengejar afiliasi pemasaran seperti ini bisa menjadi jalan menurun yang sangat luar biasa dan Anda tidak akan dapat mempromosikan produk apapun dengan benar. Semua yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses adalah segelintir produk yang baik untuk dipromosikan. Cobalah untuk memahami kebutuhan pasar dan mencari produk yang tepat sejajar dengan topik situs Anda.

2. Gunakan Seberapa Sumber Lalu Lintas Untuk Mempromosikan Produk

Kebanyakan afiliasi marketer baru memasang iklan hanya pada situs mereka. Tidak ada yang salah dengan pendekatan ini, tetapi perlu diketahui bahwa ada banyak sumber lalu lintas lainnya yang dapat Anda memanfaatkan untuk mempromosikan produk secara bersamaan. lalu lintas lebih bertarget Anda dapat mengirim ke halaman penjualan sehingga lebih banyak kesempatan Anda untuk mendapatkan uang.

Google Adwords dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas bertarget ke halaman penjualan. Anda hanya membuat iklan di akun adwords kemudian gunakan link afiliasi Anda di URL halaman target iklan. Jelas, Anda harus terus menerus mengukur konversi dan melihat apakah biaya kampanye kurang dari laba kampanye, hal ini untuk menjaga jalannya kampanye, tapi saya yakin Anda akan mendapatkan ide.

3. Uji dan Ukur jalur Kampanye Afiliasi Anda

Ini adalah ide yang sangat baik untuk menggunakan strategi promosi produk yang berbeda sehingga Anda dapat mencari tahu mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Cobalah untuk melakukan pengujian Terpisah dan mengukur kinerja setiap kampanye kemudian mengambil tindakan yang sesuai. Mengubah beberapa hal di sana-sini dapat meningkatkan keuntungan Anda secara dramatis. Pastikan untuk menempatkan iklan banner di daerah yang berbeda dari halaman situs Anda. Beberapa posisi akan membuat iklan lebih terlihat daripada yang lain.

Kebanyakan program afiliasi akan memberikan statistik dasar yang mungkin Anda butuhkan tetapi tidak ada yang melarang Anda untuk menggunakan perangkat lunak pelacakan konversi Anda sendiri juga. Ada banyak sofware konversi pelacakan di luar sana yang dapat Anda gunakan untuk melacak kampanye afiliasi Anda.

4. Penelitian Permintaan Produk

Jika Anda mencoba untuk menjual produk yang sangat rendah peminatnya, maka kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan banyak penjualan, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba. Jadi itu adalah ide yang baik jika Anda mau untuk menghabiskan sedikit waktu untuk meneliti dan mencari tahu apakah produk yang akan Anda promosikan adalah produk yang sesuai yang diperlukan audiens Anda. Jika situs Anda mendapatkan lalu lintas yang layak maka Anda dapat melakukan survei online dan mudah mendapatkan masukan dari pengunjung Anda.

5. Perbaiki yang Sekarang dengan Metode dan Teknik Baru

Afiliasi pemasaran adalah bidang yang sangat kompetitif dan orang-orang selalu datang dengan teknik baru. Cobalah untuk meninggalkan teknik saat ini dengan teknik-teknik tren baru di pasaran. Jika tidak, Anda akan jatuh dan tertinggal di belakang.

6. Pilih Penjual yang Tepat

Ketika Anda mempromosikan produk Anda juga mempromosikan orang atau perusahaan yang berada di belakang produk jadi cobalah untuk memilih dengan bijak. Anda tentu tidak ingin pengunjung Anda membeli produk yang Anda sarankan lalu pergi dengan rasa kecewa. Apakah Anda berpikir bahwa pengunjung ini akan kembali ke situs Anda dan mengambil saran Anda lagi? Kemungkinan besar tidak; ini bisa melukai kredibilitas Anda dalam jangka panjang. Biasanya, situs web / perusahaan yang menawarkan layanan pelanggan yang baik akan memiliki kepuasan pelanggan yang lebih baik jadi cobalah untuk tetap dengan mempromosikan produk mereka.

7. Gunakan Alat Pendukung

Jika anda serius tentang pemasaran afiliasi kemudian mencoba untuk menemukan alat-alat yang akan membantu Anda menjadi lebih efisien. Ada banyak alat membantu disana. Jika Anda menggunakan situs seperti WordPress, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan sebuah plugin misalnya Affiliate Link Manager.

Jangan hanya berharap dan berdoa bahwa pengunjung akan membeli; persiapkan semuanya dengan benar dan mewujudkannya! Jika Anda berpikir bahwa pengunjung akan mengklik link afiliasi Anda dan membeli hanya karena Anda menempatkan puluhan link afiliasi pada website Anda maka Anda salah! Anda harus memiliki rencana terstruktur. Afiliasi pemasaran adalah bisnis sehingga Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil jika Anda melakukannya dengan tepat.

Saya yakin Anda punya saran dan tips lain dan lebih baik, jadi jangan ragu untuk berbagi tips Anda di kolom komentar di bawah.

Terima Kasih sudah membaca artikel Bisakah Menghasilkan Uang dari Program Afiliasi Pemasaran? Lalu bagaimana caranya?
Silahkan bantu Like dan Share sebanyak-banyaknya untuk kemajuan Blog AlviyatuN.
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

4 Responses to "Bisakah Menghasilkan Uang dari Program Afiliasi Pemasaran? Lalu Bagaimana Caranya?"

  1. ternyata program afiliasi pemasaran kayak gini ternyata.. trimakasi informasinya... nambah pengetahuan nih... mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kira-kira begitu mbak, jadi hampir sama dengan reseller tapi bedanya pendapatan kita berdasarkan komisi yang ditentukan penyedia afiliasi, sedangkan reseller bisa menentukan senidiri keuntungan dari hasil pemasaran.

      Hapus
  2. jadi affiltasi itu membantu perusahaan dengan mengiklankan produk mereka di web kemudian kita akan dikasih imbalan gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas tomi, namun untuk nominal pembayaran tergantung syarat dan ketentuan yang ditetapkan masig-masing penyedia program afiliasi itu sendiri

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif