[Panduan Lengkap] Cara Daftar Fb Ads Untuk Monetisasi Blog Dengan Audience Network Facebook Alternatif Google AdSense

Advertisement
Manfaatkan kebiasaan Anda bermain fb sebagai media mempromosikan Blog sekaligus menghasilkan uang dari Blog dengan fb ads atau Audience Network Facebook.

Melalui layanan ini seorang Blogger bisa mencari uang dari blog dengan fb ads sebagai alternatif Google AdSense bagi yang sering ditolak oleh Google AdSense.

Sesuai permintaan dari salah satu rekan Blogger yang meminta saya membuat Tutorial cara daftar facebook ADS, maka kali ini akan saya jelaskan langkah-langkah cara daftar fb ads melalui postingan ini.

Perlu saya tekankan disini, bahwa fb ads yang saya maksud bukanlah layanan untuk pemasangan iklan untul menjaring visitor, namun yang saya bahas disini adalah AUDIENCE NETWORK FACEBOOK untuk memonetisasi situs web.

Sebetulnya melalui Audience Network Fb ini selain bisa digunakan untuk memonetisasi situs/Blog bisa juga digunakan untuk memonetisasi Aplikasi berbasis iOS dan Android.

Namun disini saya akan membahas tentang cara daftar fb ads Audience Network untuk Blog. Jadi dengan Audience Network Facebook, pemilik situs/blog dapat menghasilkan uang dari blog yang di monetisasi dengan Audience Network layaknya jaringan afiliasi lainnya.

Berikut ini panduan langkah-langkah cara daftar Facebook Ads Audience Network:

1: Dapatkan ID Aplikasi FB

2: Masukan Url Domain

3: Buat ID Penempatan

4: Isi Informasi Pembayaran

5: Filter dan Kinerja


Langkah pertama adalah mendapatkan atau membuat ID Aplikasi FB

1: Dapatkan ID Aplikasi FB

1. Masuk ke developers.facebook.com
    [a] Klik MONETISASI
Klik Monetisasi Situs Web Seluler
Klik Monetisasi Situ Web Seluler

    [b] Klik MULAI SEKARANG warna biru
Klik Mulai Sekarang Warna Biru
Klik Mulai Sekarang Warna Biru

2.  Klik tombol hijau Mulai Baru
Daftar Facebook Ads
Memulai Pendaftaran FB Ads Audience Network

3. Dapatkan ID Aplikasi FB.
Disini Anda dapat memilih akun aplikasi yang sudah ada atau membuat ID Aplikasi halaman FB baru.

[a] Untuk memilih aplikasi halaman yang sudah ada, pilih dari menu buka-bawah.
Memilih Aplikasi ID Facebook
Memilih Aplikasi ID Facebook

[b] Jika Anda belum memiliki ID Aplikasi, Anda dapat membuat ID Aplikasi FB baru dengan mengklik BUAT BARU, lalu masukkan nama aplikasi yang Anda inginkan dan pilih kategori.
Buat Aplikasi ID Facebook Baru
Buat Aplikasi ID Facebook Baru
[c] Masukkan nama aplikasi sesuai keinginan.
[d] Pilih kategori untuk Aplikasi Anda.
Masukan Nama Aplikasi Fb
Masukan Nama ID Aplikasi Fb

[e] Setelah mempunyai ID Aplikasi FB, Lanjutkan dengan masuk ke dasbor pengembang. Tinjau dan terima Syarat Audience Network dan Kebijakan Audience Network.
Centang Tinjau dan Terima Syarat Audience Network
Centang Tinjau dan Terima Syarat Audience Network

Setelah Anda memiliki ID Aplikasi FB, Anda dapat menyiapkan penadaan JavaScript untuk ditempatkan di Blog untuk menguji ID penempatan.

Harap diingat: Pada tahap ini, iklan uji hanya akan disajikan ke pengurus dan pengembang situs web seluler Anda. Setelah Anda membuat satu permintaan, Facebook akan mengonfirmasi dalam hitungan hari apakah situs web seluler Anda memenuhi pedoman atau tidak.

Setelah penijauan dan situs Anda memenuhi syarat, Facebook akan mengabari Anda saat Iklan dari Facebook siap untuk disajikan kepada semua orang dari situs web seluler Anda.

2: Kirim Url Domain

1. Selanjutnya menambahkan url domain situs yang akan dimonetisasi untuk menampilkan iklan (misal. http://nama.com/).
Masukan Url Domain
Masukan Url Domain yang Ingin Dimonetsisasi

2. Setelah proses kirim Domain, Anda akan melihat status peninjauan url domain Anda yang menujukan indikator kode warna.
Kode Warna Penijauan
Indikator Berupa Kode Warna
Catatan:
[a] Warna • Jingga menunjukkan bahwa url domain yang baru Anda daftarkan sedang menunggu permintaan iklan
[b] Warna • Kuning menandakan bahwa url Domain Anda sedang dalam peninjauan
[c] Warna • Hijau mengindikasikan bahwa domain situs Anda telah disetujui oleh pihak Facebook untuk menayangkan iklan dan sudak aktif menampilkan iklan
[d] Warna • Merah artinya domain belum disetujui untuk menayangkan iklan (ditolak).

Keterangan Tambahan:
Jika Anda berniat ingin menampilkan Iklan Audience Network di beberapa subdomain dari domain utama, maka Anda harus memulai dengan memasukkan url domain utama. Setelah itu, Anda harus mengirim permintaan iklan dari masing-masing subdomain tambahan untuk ditinjau.
Disarankan Anda membuat ID Aplikasi FB baru untuk setiap domain baru yang ingin Anda daftarkan.

3. Buat ID Penempatan/Unit Iklan

1. Klik tombol Buat Penempatan Iklan guna mulai membuat ID penempatan untuk diuji dalam aplikasi atau situs web seluler Anda.
Buat Unit Iklan Penempatan
Buat Unit Iklan Penempatan

2. Klik Dapatkan Kode atau Dapatkan HTML lalu copy dan pastekan ke
situs web Anda.
Dapatkan Kode Html Unit Iklan Penempatan
Dapatkan Kode Html Unit Iklan Penempatan

Layanan Audience Network menawarkan 3 jenis unit iklan yang dapat dapat digunakan oleh penerbit, yaitu: iklan spanduk, iklan native dan interstisial.

Namun hanya dua unit iklan yang dapat digunakan pada situs web yaitu: iklan spanduk berukuran 300x250 dan 320x50 dan iklan native.

Sedangkan iklan interstisial hanya dapat digunakan pada aplikasi dan iklan native.

Setiap unit iklan di aplikasi atau situs web seluler Anda diidentifikasi menggunakan ID penempatan unik. Langkah awal dalam menambahkan unit iklan adalah dengan membuat pengidentifikasi ini.

Catatan:
[a] Buat unit penempatan iklan terpisah untuk setiap situs web seluler, tempat Anda ingin menampilkan iklan. Hal ini memungkinkan pelacakan wawasan dan kalibrasi kinerja secara lebih baik.

Saran: 
Jika Anda menggunakan Audience Network untuk beberapa situs web seluler, pastikan menamai penempatan unit iklan Anda dengan nama berbeda, misalnya (situsku_placement_2), karena ini akan memudahkan Anda untuk membedakan penempatan Anda dan kinerja iklan.

Begitu pihak Facebook menerima permintaan untuk iklan dari situs web Anda (dengan mode uji nyala atau mati), Facebook akan meninjaunya untuk memastikan kepatuhan pada kebijakan Audience Network dan standar komunitas Facebook.

4. Mengisi Informasi Pembayaran

Agar nantinya Anda dapat menerima pembayaran dari penayangan iklan di Audience Network, maka Anda harus mengisi form informasi perusahaan dan rekening bank di tab Pembayaran.

1. Buat Nama perusahaan.
Buat Nama Perusahaan
Buat Nama Perusahaan
2. Masukkan informasi pembayaran.
Pilih Individual jika Anda pengembang tunggal, lalu masukan Nomor ID Pajak. Isi Nomor ID Pajak dengan nomor identitas seperti (KTP/SIM) dll.

UPDATE: Sesuai dengan yang tertera di bagian informasi pengisian tax ID pajak sebagai berikut;
  • Nomor ID Pajak: Untuk pengembang individual di Amerika Serikat, masukkan nomor jaminan sosial Anda (SSN). Untuk perusahaan di Amerika Serikat, masukkan EIN Anda. Untuk perusahaan di UE, masukkan VAT Anda. Semua penerbit lainnya dapat memasukkan nomor yang secara unik mengidentifikasi Anda atau bisnis Anda, seperti nomor SIM, nomor bisnis, atau nomor identitas KTP.

Formulir Informasi Perusahaan
Formulir Infoasi Perusahaan/Individual

Catatan: 
[a] Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Paypal maupun Bank yang mendukung pembayaran dalam mata uang Dollar ($).

b] Jika tidak memiliki Rekening Bank yang mendukung pembayaran menggunakan mata uang dalam bentuk Dollar ($) Anda harus memasukan informasi Bank perantara yang mendukung pembayaran mata uang Dollar untuk mentransfer ke rekening Bank lokal Anda.
[c] Jika saldo dalam akun Anda telah mencapai $100 dan Anda belum mengirimkan/mengisi informasi pada tab pembayaran, maka iklan pada situs web Anda akan berhenti ditayangkan hingga pihak Facebook menerima informasi yang diperlukan.

5. Status Aktif

Setelah permohonan dan penijauan untuk situs web Anda disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui email dan Notifikasi Facebook.
Notifikasi Persetujuan Audience Network Facebook
Notifikasi Persetujuan Audience Network Facebook

Kira-kira isinya seperti ini:
Selamat, penempatan Anda sekarang sudah aktif dan menampilkan iklan kepada pengguna aplikasi atau situs web seluler Anda.

Tambahan

[a] Filter dan Kinerja

Setelah aplikasi atau situs web seluler Anda disetujui, Anda dapat mengakses layanan filter iklan yang dapat Anda gunakan untuk mencekal dan menampilkan iklan.

Anda juga dapat menggunakan dasbor Kinerja untuk melacak estimasi pendapatan dan metrik tambahan seperti tayangan dan klik.

[b] Filter Pengaturan

Melalui menu ini Anda dapat memfilter menurut (aplikasi), domain atau kategori. Perlu diingat bahwa membatasi sejumlah besar domain atau kategori apaun dapat menurunkan tingkat pendapatan Anda.

[1] Saring kategori iklan yang tidak ingin muncul di aplikasi Anda

Filter Iklan
Filter untuk menyaring iklan
[2] Pilih kategori iklan yang ingin dicekal.
Pilih kategori iklan yang ingin difilter
Pilih kategori iklan yang ingin difilter

Kinerja

Tab Kinerja mengakses pelaporan kinerja iklan. Untuk mengakses dasbor klik halaman pengaturan, lalu klik Audience Network dan pilih tab Kinerja:

Tab Pelaporan Kinerja iklan dan Estimasi Pendapatan
Tab Pelaporan Kinerja iklan dan Estimasi Pendapatan
Demikian cara daftar Fb Ads Audience Network Facebook Alternatif Google AdSense yang bisa saya sampaikan.

Sebagai acuan dibawah ini saya sertakan screnshot notifikasi, tampilan iklan dan estimasi earning dalam 2-3 jam setelah diapprove, 1 klik estimasi $0.18.
notifikasi audience network
Notifikasi Approve dari Audience Network

tampilan iklan audien network
tampilan iklan audien network

estimasi earning 1 klik
estimasi earning saat baru 2-3 jam diapprove, 1 klik $0.18



Jika menurut Anda postingan ini bermanfaat silahkan bantu share supaya lebih banyak orang yang tahu.
Jika ingin Copy Paste sertakan link sumber!!
Semoga bermanfaat!!
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

36 Responses to "[Panduan Lengkap] Cara Daftar Fb Ads Untuk Monetisasi Blog Dengan Audience Network Facebook Alternatif Google AdSense "

  1. nyimak dulu deh, perlu di coba yang ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dicobain semua mbak, kalo cuma ngandelin satu nanti nggak ada cadangan

      Hapus
  2. bagi yang ingin bertanya silahkan Anda sampaikan melalui kolom komentar ini

    BalasHapus
  3. syaratnya harus niche apa gan?
    terus iklannya tampil di versi mobile doang apa di versi desktop juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada syarat niche tertentu maz, untuk tampilan iklan kemungkinan hanya tampilan mobile

      Hapus
    2. tidak ada syarat niche tertentu maz, untuk tampilan iklan kemungkinan hanya tampilan mobile

      Hapus
  4. Balasan
    1. maaf maz nur muhammad, komentarnya nggak sengaja kehapus, coba ulangi komentarnya

      Hapus
    2. Sudah mbak jawab di fb kok mbak, hehe

      Hapus
  5. Boleh tuh nyoba mbak.. Buat pembelajaran juga, kali aja dapet rezekinya dari fb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali Bang Ali, bisa saja kan rejeki dari sana

      Hapus
  6. Mbak,,,

    mohon link kebijakan fb ads donk mbak, ane susah banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu pendaftaran kan ada juga link kebijaksnnys maz Andi

      Hapus
  7. blog domain non TLD (blogspot.com) bisa mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa mas, karena saya tidak melihat adanya peraturan t3rtulis yang mengharuskan situs domain tld

      Hapus
  8. ko saya gak bisa-bisa si pas di step "Payment Information", Padahal Saya sudah masukin Akun Paypal dengan Benar. Mohon Bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. step by step nya udah betul belum maz, buat nama perusahaan, yax id pake no identitas yg sesuai dgn informasi di paypal

      Hapus
  9. mbk sudh 3 hr peninjauan kok blum da pembritahuan diterima tau ditolak y (ditahap uji coba penempatan kode html d blog saya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode html iklan sudah betul belum maz?

      Hapus
    2. kayaknya sudah Mbak, sudah saya copy semua.. dan diblog juga hanya muncul judul iklan saja tidak keluar gambar iklannya.. kira2 da yang kurang mbak?

      Hapus
    3. jenis iklan apa yang maz pake? mgkn ada yng salah dgn step stelnya maz, coba lihat lagi di halaman developers,facebook,com pilih aplikasi lalu lihat bagian alert ada notifikasi atau tidak dan bagian penempatan domain sudah berwarna hijau atau belum

      Hapus
    4. Spanduk Mbak, tidak ada peringatan apa2 mbak...

      Hapus
    5. tapi sepertinya ada yamg salah dengan langkah-langkah yang mas jalankan, mas Andi Putra Sihaan yang komentar diatas saja hanya butuh satu hari mendapatkan notifikasi setelah dia pakai jasa saya untuk mendafta audience network facebook ads

      Hapus
    6. maksudnya pakai jasa mbak, gmana?

      Hapus
    7. Maksudnya maz andi putra siahaan daftar fb audience network saya yang daftari dengan memberikan saya akses ke akun f dan blog dia ke saya, lalu saya daftarkan aplikasi domain dia ke audience dengan imbalan pulsa 10k

      Hapus
    8. mbk mau nanya lg.. punya sy sdh d setujui, sdh dpt peringtan diterima, trus klw mau mbil kode iklannya d mna y mbk,? klw yg d tab dapatkan html yg muncul masih kode yg lama untuk pengujian mbk.. terma ksih

      Hapus
    9. jadi gini maz anak bangsa kan sebelumnya udah pasang kode html untuk peninjauan, nah setelah diterima nggak usah pasang kode lagi maz, nanti iklan tampil sesuai dengan pilihan facebook iklan apa yang akan ditampilkan

      Hapus
    10. udah beberapa hari kok iklannya ndak tayang - tayang ya...

      Hapus
  10. Baru tau saya kalaunya ada fb ads mba... thanks share ilmunya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya iti audience network sudah lama ada bareng fb ads untuk ber iklan maz.
      ok sama" terima kasih juga sudah mampir di blog alviya com maz

      Hapus
  11. Kalau bikin iklan nya gimana ya mbk?? Ma ap mbk sya pemula..
    G ada salah nya brtnya to??
    Heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara membuat iklan sudah daya jelaskan pada poin ketiga (3) no.2 maz, kita cukup daftarkan domain situs/blog, lalu pilih jenis iklan native atau banner dan pasang kode html tersebut ke domain yang didaftrkan melalui widget html/javascript untuk ditinjau, jika sudah diapprove iklan akan tampil sesuai jenis iklan yamg dipilih banner atau iklan native

      Hapus
  12. Sistm nya PPC ta gan? Gedean Adsense atau AN Fb Ads?

    BalasHapus
  13. Kayaknya menjanjikan, kalau di pasang bareng dengan adsense boleh nga ya? Apa lagi yg basenya blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjanjikan atau tidaknua iti relatif, semua butuh usaha dan kerja keras, tidak ada jaringan periklanan yang dapat membuat seseorang kaya mendadak mz, untuk disandingkan dengan adsense saya rasa aman selama iklan yang dipasang bukan jenis iklan yg melanggar tos adsense

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif