[Kabar Gembira] Jumlah Iklan AdSense Kini Tidak Dibatasi Selama Penempatan Unit Iklan Tidak Melanggar Tos Google

Advertisement
alviya.com - Google AdSense baru-baru ini mengeluarkan sebuah kebijakan baru bagi para mitra penayang iklan AdSense dimana kini para penayang dapat menempatkan jumlah iklan dalam satu halaman lebih banyak disitus mereka.

Informasi tentang kebijakan AdSense yang baru ini pertama kali saya dapat dari situs portal uang milik om gee jhon yang berjudul "jumlah iklan adsense tidak dibatasi haruskah pasang iklan sebanyak-banyaknya" melalui layanan email pemberitahuan. Thanks to Portal-uang.com.

Setelah saya baca isi postingan tersebut dan mengikuti link tautan kehalaman bantuan google AdSense kebijakan penempatan iklan, ternyata memang benar disana saya mendapati bahwa halaman bantuan AdSense maksimal unit iklan sudah tidak ada melainkan berganti menjadi inventaris berharga.

Jika pada kebijakan Google AdSense sebelumnya Google membatasi penempatan jumlah maksimal unit iklan perlaman kepada para publishernya, maka pada kebijakan AdSense yang baru hal itu sudah tidak ada lagi.

Kini para pemain AdSense bebas menampilkan iklan tanpa batas maksimal dalam satu halaman situs yang mereka miliki selama penempatan iklan perlaman tidak melanggar aturan dan kebijakan AdSense.

Sebenarnya tidak banyak perubahan dari kebijakan Google AdSense bagi para mitranya penayang. Perubahan paling mencolok adalah aturan tentang penempatan jumlah iklan pada halaman situs penayang dimana para publisher diberi lebih banyak kebebasan dalam penempatan unit iklan.

Seperti yang kita ketahui, dalam kebijakan AdSense yang lama para penayang tidak dapat menempatkan banyak unit iklan disitus mereka karena batas jumlah maksimum iklan dalam satu halaman yang dibatasi.

Batas iklan perlaman Kebijakan AdSense yang Lama
batas iklan perlaman pada kebijakan lama
batas iklan perlaman pada kebijakan lama

  • 3 unit iklan banner
  • 3 unit iklan link tautan
  • 2 unit iklan pencarian

Kebijakan AdSense yang baru Tidak ada teks jumlah iklan perlaman

tidak ada teks batas iklan perlaman pada kebijakan baru ganti inventaris berharga
teks batas iklan perlaman pada kebijakan baru diganti inventaris berharga
Berbeda dengan kebijakan AdSense lama, kebijakan AdSense baru menyatakan bahwa kini para penayang dapat menempatkan unit iklan dalam satu halaman tanpa batasan.

Namun meskipun kebijakan baru AdSense yang tidak lagi membatasi jumlah maksimal unit iklan dalam satu halaman, bukan berarti para penayang AdSense bisa memasang jumlah iklan dalam satu laman situs dengan membabi buta hingga mengalahkan isi konten.

Kebijakan Penempatan Iklan

Kebijakan AdSense lama maupun yang baru sama-sama memiliki pedoman tentang penempatan iklan meskipun tidak membatasi jumlah maksimal iklan dalam satu halaman.

Dalam kebijakan penempatan iklan AdSense yang baru ada penambahan daftar penempatan unit iklan tidak di ijinkan yang menurut saya perlu kita perhatikan dan cermati bersama.

Hal ini saya katakan karena menurut saya pribadi, penempatan iklan ini adalah penempatan iklan dalam halaman blog yang biasa digunakan sebagian besar publisher termasuk saya.

Penempatan iklan yang saya maksud adalah penempatan iklan dalam kebijakan baru yaitu penempatan iklan yang mendorong konten ke paruh bawah.

Merujuk pada apa yang tertulis dihalaman bantuan AdSense yang menyatakan:


Tata letak situs yang mendorong konten ke paro bawah:
Penayang harus menghindari tata letak situs yang mendorong iklan ke paruh bawah. Tata letak seperti ini mempersulit pengguna untuk membedakan antara konten dan iklan.

Penerapan seluler:  
Penayang harus memastikan tata letak situs selulernya tidak menyebabkan iklan mendorong konten laman ke paro bawah. Oleh karena itu, kami tidak mengizinkan unit iklan 300x250 (atau yang lebih besar) di paro atas pada seluler karena tata letak ini mengharuskan pengguna menggulir ke bawah untuk melihat konten situs. Untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik, konten situs harus jelas dan dapat diakses di paro atas. Karena itu, kami akan mendorong penayang untuk menerapkan unit iklan yang lebih kecil untuk penempatan di paro atas pada situs seluler.
contoh penempatan iklan dihalaman yang mendorong konten ke paruh bawah

dan contoh gambar yang ada dihalaman bantuan AdSense.

Jika diperhatikan penempatan iklan jenis ini menurut asumsi saya adalah penempatan unit iklan di bagian header sebelah kanan dan di bawah menu navigasi versi selular atau responsive.


  • Iklan bagian header right akan mendorong konten ke paruh bawah saat pengunjung membuka halaman postingan sehingga pengunjung harus scroll kebawah untuk membuka postingan.
  • Iklan di bawah menu navigasi termasuk penempatan iklan yang mendorong konten ke paruh bawah sekaligus penempatan iklan yang menyesatkan karena dapat menyebabkan klik tidak disengaja saat pengunjung klik bagian navigasi.

Jika asumsi saya benar itu artinya

  • (a) penempatan iklan ukuran lebih besar dari 300x100 pada bagian header right versi selular atau template responsive adalah penempatan yang mendorong konten ke paruh bawah. 
  • (b) penempatan iklan di bawah menu navigasi adalah penempatan unit iklan yang mendorong konten ke paruh bawah sekaligus penempatan iklan yang menyesatkan yang menyebabkan klik tidak sengaja apabila menu navigasi menggunakan dropdown.


Kesimpulan

Meskipun jumlah iklan dalam satu halaman saat ini tidak dibatasi namun cara terbaik meningkatkan pendapatan bukan hanya dari segi banyaknya jumlah iklan yang di tempatkan tapi masih banyak faktor lain termasuk penempatan iklan yang tidak melanggar Tos Google AdSense.
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

8 Responses to "[Kabar Gembira] Jumlah Iklan AdSense Kini Tidak Dibatasi Selama Penempatan Unit Iklan Tidak Melanggar Tos Google"

  1. Bagus tuh, tapi kalau kebanyakan malah kayak jualan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, dan kalau kebanyakan iklan juga bisa melanggar kebijakan adsense karena menutupi konten

      Hapus
  2. Jadi sekarang aku bisa pasang banyak - banyak di blog ya mbak, tapi kalo kebanyakan iklan juga bakal bikin pengunjung ngerasa ga nyaman juga.
    Mampir mbak, bagikeunlagi,com (bukan link aktif):D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maz, tapi lebih baik sih pasang secukupnya saja...

      Hapus
  3. foto dede ya mbak,,yang dipasang di profilnya ..unyu unyu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak itu anak saya, tapi itu sebetulbya saya nggak pake foto profil mbak, foto profil g+ sebelumnya saya hapus trs foto'' yang ada di google foto otomatis tampil di profil karena akun terkait

      Hapus
  4. Dengan kata lain kita bisa menempatkan iklan jenis BANNER lebih dari tiga ya mbak ? kalo di postingan sudah tiga ditambah di sidebar boleh dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih seperti itu mas Budi Sanjaya, tapi ada banner ukuran tertentu yang tidak boleh lebih juga

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif