7 Makanan Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Advertisement
Sebagai negara besar dengan berbagai kepulauan dan kaya akan rempah hasil bumi nusantara yang melimpah, makanan khas Indonesia dikenal sebagai salah satu masakan terfavorit di dunia. Negara Infonesia yang berupa kepulauan, dengan berbagai macam suku dan daerah yang memiliki ciri khas masing-masing akan makanannya menjadikan dunia kuliner Indonesia pun sangat beraneka ragam dan menciptakan kekayaan cita rasa kuliner yang luar biasa.

Namun, dari sekian banyak jenis masakan yang ada di Indonesia, tentu menyimpan masakan yang merupakan masakan favorite atau paling digemari sebagian besar masyarakat Indonesia.


Inilah 7 makanan paling digemari masyarakat Indonesia:


#1. Sambal
Sambal
Sambal
gambar: en.wikipedia.org

Siapa tak kenal makanan yang satu ini? Hampir sebagian besar orang Indonesia adalah pecinta masakan dengan cita rasa pedas. Sambal adalah makanan pelengkap saat menyantap makanan utama, rasanya kurang sempurna jika makanan yang disantap tidak ada rasa pedas dari sambal.

Sambal sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Indonesia saat menyantap makanan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa pedas dari sambal merupakan daya tarik tersendiri yang ampuh sekaligus membangkitkan nafsu makan. Tak sedikit orang Indonesia yang enggan makan tanpa ada sambal sebagai makanan pelengkap.

Sambal sendiri Ada bermacam-macam jenis sambal yang ada di Indonesia. Mulai dari sambal sambal terasi, sambal matah, sambal tomat, hingga macam-macam sambal yang dikombinasikan dengan buah-buahan seperti sambal mangga muda.

#2. Gorengan
Gorengan
Gorengan
gambar: commons.wikipedia.org

Siapa tak kenal gorengan? Makanan yang satu ini merupakan makanan paling favorite dikalangan masyarakat Indonedia. Meskipun makanan ini sedikit kurang sehat bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, namun gorengan panas berwarna kekuningan yang biasanya disajikan dengan cabai rawit hijau terasa begitu nikmat dilidah saat santap di berbagai suasana.

Secara harfiah gorengan berarti makanan yang digoreng, apapun jenisnya, akan tetapi istilah gorengan dikalangan masyarakat Indonesia merujuk pada aneka kudapan yang biasanya banyak dijual di gerobak-gerobak kaki lima dipinggiran jalan.

Hampir di setiap jalaanan Anda bisa menemukan penjual makanan yang satu ini, aneka macam gorengan renyah seperti tempe goreng atau mendoan, bakwan, tahu isi, pisang goreng dan lain-lain yang bisa Anda beli dan Anda nikmati.

#3. Rendang
rendang
Rendang
gambar: commons.wikipedia.org

Tahun 2011, rendang sempat dinobatkan sebagai makanan terenak sedunia versi CNN. Sesuai nama asal rendang berasal makanan khas daerah padang ini banyak ditemui di rumah makan Padang.

Rendang yang terbuat dari potongan  daging sapi yang dimasak dengan campuran aneka macam bumbu rempah seperti bawang, serai, kunyit, kemiri, serai sangat lezat dinikmati. Cara memasak rendangpun terbilang lumayan sulit. Untuk memperoleh olahan rendang yang enak, proses memasak irisan daging sapi harus dimasak dalam waktu yang cukup lumayan lama dengan campuran bumbu-bumbu dan santan. Proses memasak daging sapi rendang yang lama ini akan menghasilkan rendang daging sapi yang empuk dengan bumbu-bumbunya yang meresap hingga ke dalam.

#4. Bakso
Bakso
Bakso
gambar: commons.wikipedia.org

Bakso adalah olahan daging yang dibentuk menyerupai bola dan disajikan dengan kuah kaldu. Bakso adalah salah satu makanan khas yang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

 Bahkan menurut Barack Obama yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat saat ini, bakso adalah salah satu makanan favoritnya semasa tinggal di Indonesia.

Salah satu penjual bakso yang sudah cukup terkenal di wilayah Jakarta adalah Bakso Lapangan Tembak yang ada di daerah Senayan.

#5. Nasi goreng
Nasi Goreng
Nasi Goreng
gambar: commons.wikipedia.org

Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah Nasi dan nasi goreng yang merupakan masakan olahan berbahan dasat nasi merupakan makanan yang paling populer di Indonesia.

Masakan ini menjadi favorite semua kalangan, tidak mengenal batasan kelas sosial. Penjaja makanan nasi goreng pun beragam mulai dari abang-abang gerobak keliling, warung-warung di pinggiran jalan hingga restoran mewah menyediakan makanan yang satu ini.

Saking popularnya makanan ini, pada tahun 2011 nasi goreng sempat tercatat sebagai juara dua makanan terenak di seluruh dunia versi CNN.

Saat ini jenis nasi goreng pun semakin beragam variasi yang bisa Anda temui. Mulai dari nasi goreng kampung khas Yogyakarta, nasi goreng Sosis, nasi goreng Seafood dan nasi goreng teri Medan, nasi goreng bakso, nasi goreng hitam, nasi goreng hijau dan masih banyak lagi.

#6. Pecel lele
Pecel Lele
Pecel Lele
gambar: commons.wikipedia.org

Pecel lele merupakan makanan favorite masyarakat Indonesia khususnya pada waktu makan malam dimana warung-warung makan ummnya sudah pada tutup.

Penjual makanan yang satu ini yang paling popular adalah warung tenda pecel lele Lamongan yang paling banyak ditemui dipinggir jalan pada waktu malam.

Pecel lele sebetulnya hanya hidangan sederhana namun menjadi menu favorit banyak kalangan, mulai dari kalangan muda mudi hingga kalangan dewasa.

Namun yang menarik dari makanan yang satu ini adalah meskipun namanya pecel lele, akan tetapi pecel lele yang banyak ditawarkan diwarung-warung tenda ini tidak menyajikan pecel sebagaimana mestinya.

Makanan yang disajikan adalah sepiring nasi ditambah lele goreng dan disajikan bersama sambal tomat serta lalapan.

Sebagai nenu pelengkap biasanya warung-warung tenda pecel lele menambahkan menu tahu dan tempe goreng serta soto.

#7. Mi instan
mie instan
mie instan
gambar: commons.wikipedia.org

Mie instan adalah makan pengganti nasi bagi kebanyakan orang Indonesia. Mie instan merupakan makanan yang tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Mie instan sangat digemari masyarakat Indonesia selain karena alasan praktis, mie instan juga digemari karena aneka rasa yang tersedia cukup bervariasi.

Bagi yang tidak mau repot memasak sendiri mie instan, banyak warung-warung penjual mie instan yang dengan mudah dapat ditemui terutama pada malam hari.

Bahkan di daerah pemukiman yang jauh dari perkotaan juga banyak ditemui warung-warung yang menjual olahan mie instan karena kebiasaan masyarakat yang sering mencari makan pada malam hari.

Karena kebiasaan kebanyakan masyarakat Indonesia yang mencari makanan pada malam hari namun warung-warung penjual makanan umunya telah tutup inlah yang membuat mie instan jadi makanan yang cukup digemari.

Mie instan yang biasanya dimasak dengan tambahan sayur sawi hijau dan telor rebus menjadikan mie instan menu paling digemari masyarakat Indonesia menikmati makan malam sebagai pdngganti nasi, terutama saat cuaca dingin. .

Jika dilihat dari segi historis, mie memang bukan hidangan asli dari Indonesia. Namun dengan seiring akulturasi budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia, mie instan saat ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia dan mie instan menjadi makanan paling digemari.

Bagaimana dengan makanan favorite alviya lovers, apa punya makanan favorite lain?
Silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda.
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

6 Responses to "7 Makanan Paling Digemari Masyarakat Indonesia"

  1. Enak semua jadi laper mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli atuh maz, sekalian buat saya bakso satu mangkok ya...

      Hapus
  2. sambel yang paling saya suka mbak,,apalagi sambel bawang uwenake mak nyuss,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak tuh mbak sambal bawang...
      rasanya kalau makan nggak makan pakai sambal kurang gimana gituh ya mbak!!

      Hapus
  3. Nasi Goreng makanan favorit Qw sejak SD hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itukan udah jadi makanan khas kita orang Indonesia mbak, sudah pasti kita rata-rata suka sama nasi goreng

      Hapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif