Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Nyumi

Advertisement
alviya.com - Postingan kali ini saya mau berbagi resep Cara Membuat Tongseng Kambing buat bunda-bunda dirumah. Tongseng sendiri ada bermacam-macam varian, ada tongseng daging kambing, Tongseng Tahu dan Tongseng Daging Sapi.
Cara Membuat Tongseng Kambing
Tonseng Kambing nyumi

Tentunya bunda dirumah akan merasa bosan kalau menu yang disajikan hanya itu-itu saja seperti ayam, tahu dan tempe. baca juga resep Cara Membuat Ayam Goreng cabe ijo

Nah, resep kali ini adalah resep Cara Membuat Tongseng Daging Kambing untuk dua porsi yang bisa bunda cobain untuk menghilangkan rasa bosan dengan menu makan sehari-hari, rasanya pun bisa bunda rasakan sendiri kenikmatannya.

Berikut ini Resep Cara Membuat Tongseng Daging Kambing nyumi


Bahan-bahan:

200 gram Daging Kambing
2 lembar daun salam
500 ml (1 liter) air
400 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan.
50 gram kol, dipotong kotak.
2 batang daun bawang, dipotong sepanjang 2 cm.
1 buah tomat merah, dipotong-potong.
3 siung bawang merah diiris tipis-tipis.
4 cabe rawit merah (dipotong cacah sepanjang 2 cm).
2 1/2 sendok makan kecap manis.
4 sendok makan minyak gorenf untuk menumis.

Bumbu halus:

2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
3 butir lada
2 buah kemiri, disangrai
2 cm kunyit, dibakar
1 cm jahe
1 sendok teh ketumbar
1 1/2 sendok teh garam


Cara memasak:

1. Rebus daging kambing dan daun salam dalam air mendidih, tunggu sampai daging matang.

2. Angkat dan buang airnya, potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil.

3. Rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sambil diaduk, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, sisihkan.

4. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, cabe rawit merah dan daging kambing sampai harum. Tambahkan kol ke dalam tumisan, tumis kol hingga layu. Masukkan kecap manis, aduk rata. Tuang kuah santan, tunggu hingga mendidih. Setelah kuah santan mendidih, tambahkan daun bawang dan potongan tomat, masak hingga matang.

5. Sajikan Tongseng Daging Kambing selagi hangat.

Demikian Resep Cara Membuat Tongseng Kambing yang enak dan nikmat. Untuk resep lainnya, silahkan bunda cobain juga resep cara membuat ayam goreng panggang ala restaurant.
Jangan lupa like dan share ya bun...
Selamat Berkreasi!!
Advertisement

Masukan email Anda disini untuk mendapatkan update postingan secara gratis:

3 Responses to "Resep Cara Membuat Tongseng Kambing Nyumi"

  1. hmmm nampak enak, tapi kolesterol gimana Mbak ? ada resep jg buat nurunin kolesterol gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong mas Ghos Ship....
      hahaa iya juga sih, santan memang rentan nambah kolestrol, perlu buat resep yang nurunin kolestrol juga nih

      Hapus
  2. saya lebih suka makannya saja mbak drpd bikin sendiri hehe

    BalasHapus

• Silahkan berkomentar yang relevan dengan isi artikel yang akan menggambarkan profesionalisme dan kualitas diri Anda.
• Komentar basa-basi tidak akan dipublikasikan
• Komentar yang mengandung link tautan aktif tidak akan dipublikasikan, jadi percuma Anda pasang link aktif