6 Syarat yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Perumahan di Bandung

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis properti di Kota Parahyangan semakin menunjukkan taringnya. 
Balai_Kota_Bandung

Perumahan di Bandung


Saat ini, properti yang dijual di Bandung tidak kalah dari yang dijual di Jakarta, baik dari segi kualitas bangunan hingga harga. 

Banyak kawasan di Bandung yang harga propertinya akan membuat Anda mengerutkan dahi. Sangat mahal!


Pada artikel ini, kita tidak akan membahas mahal atau murahnya properti yang ada di Bandung. Kita akan membahas hal-hal terkait dengan perumahan yang ada di Bandung. 

Kita akan membahas satu persatu hal atau syarat wajib yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membeli perumahan di Bandung

Berikut uraian syarat wajib itu selengkapnya.

1. Harga yang Sesuai Kebutuhan
Harga mungkin relatif bagi sebagian besar orang. Bagi mereka yang memiliki anggaran banyak, harga agak mahal sedikit tidak jadi masalah. Selama perumahannya aman dan nyaman, mereka bisa membelinya. 

Bagi mereka yang punya sedikit masalah dengan anggaran, harga adalah masalah krusial yang harus diperhatikan agar anggaran yang disediakan mencukupi.

Sebelum membeli perumahan di Bandung, ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan. Ambillah kisaran harga jual perumahan di lokasi tertentu. Dengan mengetahui harga jualnya, Anda bisa mengambil ancang-ancang untuk melakukan pengecekan. 

Pilihlah harga-harga yang sekiranya tidak melebihi anggaran. Jangan memaksakan diri untuk membeli perumahan yang lebih mahal jika akhirnya Anda haru mengutang.

2. Lokasi yang Strategis
Lokasi perumahan di Bandung adalah hal selanjutnya yang harus Anda jadikan pertimbangan. 

Pilihlah kawasan perumahan yang memiliki akses mudah ke jantung kota. Agak jauh sedikit tidak masalah selama lokasinya mudah dijangkau oleh semua kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga mungkin truk pindahan.

Oh ya, meski ada yang menawarkan perumahan dengan harga yang cukup murah, tapi kalau aksesnya sangat buruk jangan diterima. 

Carilah referensi-referensi lain yang jauh lebih menarik. Kawasan perumahan di Bandung sangatlah luas, Anda bisa dengan leluasa dalam memilih. Yang penting, manfaatkan waktu Anda untuk mencari lokasi tepat sebanyak-banyaknya.

3. Cicilan yang Mudah
Faktanya, tidak semua orang mampu membeli perumahan secara tunai. Kalau Anda berencana untuk mengambil perumahan dengan menggunakan KPR, lakukan riset terlebih dahulu. 

Daftarlah beberapa perumahan di Bandung yang mendukung adanya KPR dari bank yang Anda gunakan. Pilihlah penawaran KPR terbaik yang sesuai dengan kantong.

Hindari perumahan yang tidak bekerja sama dengan bank resmi. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari adanya penipuan. Dengan menggunakan KPR, segala jenis transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan mudah tanpa membuat Anda was-was.

4. Dekat dengan Fasilitas Umum
Meski sangat murah sehingga memungkinkan Anda membeli dua hingga tiga perumahan, jangan sesekali membeli perumahan di tempat yang sangat terpencil. 

Hal ini perlu diperhatikan karena akses ke fasilitas umum akan sulit. Misal, akses ke kantor polisi atau rumah sakit yang membutuhkan waktu cukup lama padahal Anda sedang berada pada kondisi darurat.

Selanjutnya, perumahan yang terlalu terpencil juga menyusahkan Anda dalam bekerja. Waktu yang dibutuhkan ke tempat kerja akan panjang sehingga kemungkinan telat sangatlah tinggi. 

Terakhir, kalau Anda miliki anak yang mulai sekolah, mereka akan susah untuk berangkat atau pulang sehingga kemungkinan besar Anda yang repot harus mengantarnya setiap hari.

5. Ada Akses Angkutan Umum
Adanya akses angkutan umum akan membuat perumahan yang Anda pilih semakin mudah dijangkau. Kalaupun nanti Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, kalau masih ada kendaraan umum tidak akan menjadi persoalan. 

Setiap hari Anda bebas pergi ke mana saja termasuk pergi untuk berbelanja, bekerja, dan kegiatan lain seperti berkumpul dengan komunitas.

Adanya akses angkutan umum juga memudahkan anak Anda untuk ke sekolah. Setidaknya ada dua keuntungan akses angkutan umum. 

Pertama, mereka tidak perlu Anda antar ke sekolah. Kedua, mereka tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi sendiri, yang justru membuat Anda khawatir terjadi kecelakaan di jalan. 

Jadi, sebelum membeli perumahan di Bandung, perhatikan dengan saksama masalah angkutan umum yang sangat penting ini.

6. Memungkinkan Anda Melakukan Investasi
Poin terakhir opsional saja. Anda boleh mempertimbangkannya atau tidak. Namun, kalau Anda ingin mempertimbangkannya, pilihlah perumahan yang terbaik. 

Lokasi, akses, dan juga bentuk bangunan akan memengaruhi apakah kelas perumahan yang Anda huni bisa dijual lagi dengan harga yang melambung tinggi.

Kenaikan harga signifikan dari hunian yang Anda miliki tentu cukup  menguntungkan kalau Anda ingin pindah. Selisih harga jual dan beli bisa Anda gunakan untuk keperluan lain atau ditambahkan untuk membeli perumahan lain yang jauh lebih baik.

Demikianlah uraian singkat tentang hal wajib yang harus Anda perhatikan sebelum membeli perumahan di Bandung. Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi Anda sebelum melakukan pembelian.
Advertisement

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

2 tanggapan untuk “6 Syarat yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Perumahan di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *