Investasi Emas Hanya Dengan Rp.5000,- Di PT. Pegadaian

34

Investasi emas adalah salah satu bentuk investasi logam mulia sebagai usaha menabung untuk masa depan. Emas sebetulnya telah menjadi primadona sejak jaman nenek moyang dulu terutama oleh para kaum hawa. Selain sebagai perhiasan, emas juga merupakan jenis investasi yang tergolong relatif aman. Salah satu jenis investasi logam mulia jenis emas adalah TABUNGAN EMAS.

Investasi Emas Hanya Rp.5000,- Di Pegadaian Melalui Tabungan Emas

Investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang dapat dijangkau oleh semua elemen, mulai dari elemen kalangan menengah bawah hingga kalangan atas. Selain itu, harga emas dari tahun ke tahun yang cenderung stabil bahkan terus mengalamai kenaikan dan jarang mengalami penurunan harga, menjadikan emas salah satu bentuk investasi yang cukup digemari.

Apalagi saat ini, telah hadir Produk Tabungan Emas yang bisa dibeli hanya dengan uang sebesar Rp.5000,- untuk ukuran 0,01 gram melalui PT. Pegadaian (persero), dengan adanya produk Tabungan Emas dalam ukuran satuan, hal ini tentu dapat mendorong minat masyarakat kalangan bawah untuk mulai berinvestasi.

Investasi Tabungan Emas adalah salah satu tabungan seperti halnya tabungan biasa, namun dalam bentuk emas kemudian dititipkan ditempat Pegadaian yang mana tabungan berupa emas tersebut dapat dijual kembali melalui tempat pegadaian tempat membuka rekening tabungan saat membutuhkan dana tunai.

Tentu saja hal ini akan membantu memudahkan masyarakat kalangan bawah untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Seperti dikutip dari laman okezone.com, Manager Pemasaran Pegadaian Ferry Hariawan mengungkapkan,

 “apalagi saat ini Pegadaian sendiri mempunyai produk Tabungan Emas. Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. 1 gram emas itu kan harganya sekitar Rp500 ribu, nah kita pecah jadi 0,01 gram itu Rp5 ribu. Tabungan ini saldonya dalam bentuk emas,” kata Ferry, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dengan adanya produk Tabungan emas, masyarakat dapat membeli emas dengan harga yang terjangkau, sekaligus diharapkan akan mampu menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi terutama dalam hal ini adalah investasi Emas
Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan serta prosedur investasi emas (TABUNGAN EMAS) di tempat Pegadaian:
KEUNGGULAN Investasi Emas (TABUNGAN EMAS)

1. Investasi Tabungan Emas tersedia di Kantor Cabang di seluruh Indonesia (namun saat ini sementara hanya tersedia di Kantor Cabang Piloting).

2. Harga yang terjangkau untuk pembelian emas (mulai dari berat 0,01 gram) atau sekitar Rp.5.000,-.

3. Salah satu alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset.

4. Kemudahan dalam pencairan dana kebutuhan.

Kekurangan Investasi emas (TABUNGAN EMAS) ditempat pegadaian:

1. Transaksi penjualan emas dan pencetakan emas batangan yang saat ini masih terbatas, hanya bisa dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening saja dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

2. Dikenakannya biaya cetak jika menginginkan tabungan dalam bentuk fisik emas yang disesuaikan dengan dengan pilihan keping yang tersedia (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr).

Prosedur untuk investasi emas (TABUNGAN EMAS) ditempat Pegadaian

1.untuk membuka rekening Tabungan Emas dapat dilakukan di Kantor Cabang Pegadaian, caranya pun cukup mudah, cukup hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri yang masih berlaku seperti KTP/ SIM/ Passpor.

2.Mengisi lembar formulir pembukaan rekening serta membayarkan uang sebesar Rp.5000,- sebagai biaya administrasi, serta biaya fasilitas penititipan selama satu tahun sebesar Rp. 30.000,-.

3. Proses pembelian dalam bentuk emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar harga terkini. Misalkan harga terbaru adalah Rp.5.000,- maka, cukup membayar harga diatas untuk 0,01 gram emas.

4. Hampir sama dengan poin kedua yaitu, apabila membeli emas 1 gram maka harga yang ditetapkan sebesar harga terkini (terbaru), misalnya jika harga emas terkini adalah Rp.550.000,- maka jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 550.000,- (sesuai harga terkini).

5.Apabila menginginkan dana tunai, titipan emas dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan berdasarkan harga jual kembali (buyback) terkini/terbaru. Misalnya harga jual kembali (buyback) terkini Rp.530.000,-, maka uang yang didapatkan adalah sesuai harga diatas (sesuai harga terkini).

6. Minimal jual kembali (buyback) ke Pegadaian sebesar 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar harga terkini pada tanggal penjualan.

7. Apabila menginginkan tabungan dalam bentuk fisik emas batangan, dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping yang tersedia (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) namun dikenakan biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

8. Minimal saldo rekening TABUNGAN EMAS adalah 0.1 gram. Untuk transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya bisa dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat dilaman resmi: Pegadaian.co.id

Selain investasi TABUNGAN EMAS, sebetulnya masih banyak jenis investasi lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing. Untuk mencari perbandingan produk Finansial seperti Investasi, kini juga tidak harus melalui pegadaian, saat ini dengan terus berkembangnya era digital, berinvestasi jauh lebih mudah. Salah satunya adalah melalui situs-situs perbandingan untuk mendapatkan perbandingan produk Finansial Cepat dan Aman, misalnya seperti situs cekaja.com, situs E-Commerece Finansial portal layanan untuk mencari perbandingan produk Finansial.

Artikel ini adalah kontes menulis cekaja yang sedang dilombakan oleh situs cekaja.com yang bekerjasama dengan NgeBlog.me.
Selain sebagai ajang mengembangkan bakat kemampuan menulis, lomba menulis cekaja hadiahnya juga cukup menarik loh…!!
Hadiahnya adalah sebagai berikut:
1. Hadiah utama sebuah Handphone Mi 4i – 16GB Warna Putih
2. juara kedua sebuah Video Action Camera – Xiaomi Yi Killer
3. juara ketiga uang tunai sebesar Rp.6000.000,-
Ayuk para sahabat blogger segera ikutin #CekAjaBlogContest 2016 dari cekaja.com ini.

34 KOMENTAR

  1. sama,saya juga suka beli emas buat investasi.bisa buat perhiasan juga bisa di uangkan bila lagi kepepet butuh uang.

  2. udah kepikiran sih pengen invest dari sekarang2 biar pas umur 30an tinggal manen doang, bisa jadi pilihan nih invest emas

  3. trimakasi info dan penjelasannya. Ternyata pegadaian mempunyai produk tabungan emas. Saya sebenarnya pengen investasi emas, apalagi semakin hari harga emas semakin naik. saya bertanya-tanya kenapa dari dulu gak beli emas aja ya. Hehehehehehe… Tapi kadan juga bingung kalau pas perlu uang tunai malah adanya emas. Tapi ternyata titipan emas di pegadaian bisa dijual kembali. Emmm… Mantap…

  4. prospek investasi emas memang bagus, prospek harganya terus naik
    saya kira butuh modalnya besar, saya barutahu kalau bisa mulai dari Rp5.000

  5. Bener banget mas ghost ships,investasi emas memang banyak keunggulannya..

  6. Lumayan mbak, selain buat investasi juga buat perhiasan kaya kita-kita mbak…

  7. Iya mas, daripada buat beli roko, mndingan buat beli emas yang bisa buat investasi dan dijual lagi nantinya

  8. Betul mbak, bahkan anak sekolah aja bisa investasi emas melalui program ini…

  9. Betul mas, apalagi kalo belinya emas batangan, harganya lebih konsisten dan cenderung naik…

  10. Iya dari pada habis buat beli jajan, mnding diinvestasikan dalam tabungan emas

  11. wah niche post sist…bisa untuk jadi pertimbangan buat ane and keluarga ane..hehe

  12. Wah, murah banget ya, msa cuma 5rb bisa investasi emas. Keren pokonya, perlu di coba tuh. Btw komentar baliknya di artikel hobi layangan aku ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here