Resep Cara Membuat Kue Batang Keju Renyah

Kue kering (snack) Stik keju atau batang keju adalah kue yang enak, gurih dan renyah. Membuat kue ini juga cukup mudah. Bagi yang suka membuat kue, tentu tidak akan kesulitan untuk membuatnya.

Resep_cara_membuat_kue_batang_keju_renyah

Bagi yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, dibawah ini saya bagikan resep cara membuat kue batang keju kering yang renyah.

Sama seperti resep yang saya bagikan sebelumnya, yaitu resep kue keciput, pembuatannya menggunakan bahan umbi. Bagi yang belum tahu resep dan cara membuat kue keciput, silahkan baca resepnya di bawah ini:

resep cara membuat kue kering keciput wijen
Berikut ini resep dan cara membuat kue batang keju renyah.

Bahan-bahan:

• 300 gram tepung terigu
• 150 gram tepung sagu
• 100 gram ubi putih
• 100 gram keju cheddar
• 100 gram keju edam
• 50 gram margarin
• 1 butir telur ayam
• 2 sendok teh soda kue
• 50 ml susu cair
• 1/2 sendok teh garam
• 300 ml minyak goreng

Cara membuat Batang Keju Renyah:

1. Parut kasar keju cheddar dan keju edam, lalu sisihkan. Panaskan dandang atau panci yang diisi air menggunakan api besar, kukus ubi dalam panci kurang lebih selama 20-25 menit atau hingga kira-kira ubi matang. Setelah matang, angkat dan segera kupas ubi dalam keadaan masih panas lalu haluskan dan sisihkan. Selanjutnya, kocok telur, yang dicampur dengan margarin, soda kue serta garam, dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi lembut dan mengembang. Masukan tepung terigu dan tepung sagu sedikit demi sedikit secara bergantian sambil terus diaduk hingga adonan licin.

2. Tambahkan keju yang telah diparut serta ubi yang telah dihaluskan sambil diuleni hingga adonan rata. Tuang susu cair sedikit demi sedikit, uleni terus hingga adonan dapat dibentuk. Selanjutnya siapkan gilingan mie, lalu giling tipiskan dengan menggunakan gilingan no 8. Giling adonan selama dua sampai tiga kali giling hingga benar-benar tipis.

3. Ganti gilingan dengan pemotong mie, masukan kembali adonan kedalam alat giling, lalu potong panjang dengan memutar tuas alat giling hingga adonan menjadi berbentuk seperti mie atau spagheti. Apabila tidak ada alat gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin. Gilas hingga benar-benar tipis, lalu adonan dipotong memanjang kira-kira seukuran 2×10 cm. Lakukan proses tersebut hingga semua adonan selesai dibuat dan habis.

4. Langkah selanjutnya, panaskan minyak diatas penggorengan, lalu goreng potongan adonan berbentuk stik keju tadi hingga matang berwarna keemasan. Setelah matang dan berwarna keemasan, angkat dan tiriskan. Lakukan terus proses menggoreng hingga semua adonan yang telah dipotong habis.

AlviyatuN Lovers, itu dia resep batang keju renyah dan gurih.
Semoga bermanfaat

Lihat juga: Resep cara membuat kue akar kelapa

DMCA.com Protection Status

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *