10 Tips Ngeblog untuk Pemula

2
tips ngeblog untuk pemula

Coba terapkan 10 Tips Ngeblog untuk Pemula ini agar sobat blogger tahu tujuan ngeblog. Di Tips Ngeblog Untuk Pemula ini saya tidak bermaksud untuk menggurui yang lain, lagipula sebenarnya sudah banyak tips ngeblog untuk pemula yang betebaran diinternet dari para mastah blogging salah satunya 27 tips ngeblog untuk pemula milik blogodolar. Tapi ternyata hal itu masih banyak yang tidak dihiraukan oleh para blogger yang baru saja terjun kedalam dunia blogging. Salah satu blog indonesia yang bisa jadi rekomendasi ialah blogodolar. Banyak artikel-artikelnya tentang tips ngeblog untuk pemula yang dibahas disana.tips ngeblog untuk pemula

Dalam artikel postingan blogodolar yang berjudul 27 tips ngeblog untuk pemula tersebut kita bisa mempelajari tips-tips ngeblog yang bagus untuk kita terapkan, dengan begitu kita bisa belajar bagaimana cara memulai blog.

Untuk itu kali ini  postingan saya tentang tips ngeblog untuk pemula hanya untuk mengingatkan kembali buat kalian baik yang baru akan memulai maupun yang baru saja terjun kedunia blogging supaya memikirkan dengan matang terlebih dahulu semuanya sebelum membuat blog.


Blog itu adalah bisnis jadi jangan asal posting dan tidak tau arah, Coba terapkan 10 Tips Ngeblog untuk Pemula berikut ini :

Tentukan tema / niche

Tips ngeblog untuk pemula yang pertama adalah memilih tema/niche. Memilih tema yang akan jadi pembahasan didalam blog sangatlah penting. Hal ini saya sudah buktikan sendiri bagaimana sulitnya membangun blog gado-gado yang rasanya sulit sekali untuk bersaing. Untuk itu sebelum membuat blog sebaiknya tentukan lebih dulu tema blog yang akan dibuat. Ambil beberapa tema blog lalu pilih diantaranya yang paling sesuai dengan pasion serta keahlian.

Pilih Tema / Niche Blog yang Menghasilkan Uang Bagus

Blog adalah bisnis yang bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan uang untuk meraih pundi-pundi rupiah. Itulah sebabnya perlu memikirkan untuk memilih tema blog yang menghasilkan uang bagus. Menghasilkan uang bagus yang saya maksud adalah blog dengan tema pembahasan yang banyak dicari orang dan memiliki cpc tinggi. Contoh tema blog menghasilkan uang bagus seperti kesehatan, asuransi, otomotif, wisata, gadget dll.

Jangan Buat Blog Gado-gado

Seperti pada point pertama, yaitu tema blog. Jika sejak awal membuat blog dengan tema gado-gado akan lebih sulit untuk bisa meraih kesuksesan ngeblog. Kesulitan utama adalah traffic yang sulit meningkat dan sehingga akan sulit pula untuk bisa menghasilkan uang. Hal ini saya sudah buktikan sendiri bagaimana sulitnya membangun blog gado-gado yang rasanya sulit sekali untuk bersaing. Dengan traffic sedikit susah naik, jangankan ribuan dollar perbulan dalam hitungan 6 bulan pertama ngeblog, 1 tahun ngeblogpun belum tentu bisa menghasilkan uang dari blog dengan jumlah itu.

Rajin posting

Setelah menentukan tema/niche dan membuat blog, saatnya memposting atau mempublikasikan artikel akan tetapi memposting artikel saja tidak cukup. Diperlukan kosistensi menulis dan mempublikasikan postingan di dalam blog. Konsisten menulis memang menjadi kendala besar bagi sebagian blogger karena kekurangan ide dan inspirasi. Artikel 5 cara mudah mendapatkan ide menulis postingan berikut mungkin bisa jadi inspirasi.

Jangan Mikir Penghasilan 6 Bulan Pertama

Hemmm, kalo yang ini biasanya yang selalu menjadi patokan para pemula. Baru membuat blog langsung memikirkan penghasilan dari aktifitas ngeblog mereka. Sebetulnya tidak ada yang salah jika dari awal ngeblog sudah memikirkan hal itu hanya saja jangan terlalu fokus pada penghasilan jika blog belum mumpuni dan pengunjung blog belum banyak. Pengalaman saya pribadi dengan blog www.alviya.com butuh waktu 1 tahun baru dapat menghasilkan uang melalui Google AdSense dengan nominal yang bisa dikatakan lumayanlah buat beli jajan anak.

Jangan Terlalu Fokus dengan AdSense

Hemmm, rasanya memang kurang afdol kalau ngeblog belum menggunakan layanan iklan jaringan milik Google yang satu ini. Akan tetap, perlu diperhatikan bahwa memasang iklan Google AdSense didalam blog tidak serta merta akan membuat seorang blogger cepat kaya dalam kurun waktu singkat. Memasang iklan AdSense hanyalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog dari sekian banyak cara yang ada. Untuk itu, sebaiknya jangan terburu-buru untuk mendaftarkan blog dengan Google adSense, akan lebih baik jika fokus membuat artikel berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung.

Pasang template yang responsif

Menggunakan template responsive sangat direkomemdasikan supaya blog dapat diakses dari perangkat apapun sehingga tampilan blog akan menyesuaikan dengan perangkat pada saat pengguna mengunjungi blog. Dengan template responsive tampilan blog akan lebih menyesuaikan pengguna.

Backling yang berkualitas

Sebuah postingan berkualitas butuh referensi terpercaya untuk meyakinkan pengguna. Meskipun ada yang mengatakan backlink sudah tidak terlalu berpengaruh namun tetap saja sebuah artikel membutuhkan Backlink sebagai referansi bagi pengunjung tapi bukan sembarang backlink harus pahami dan mengetahui backlink berkualitas seperti apa. Backlink berkualitas harus memiliki tingkat relevansi yang erat sehingga bisa memperkuat posisi blog.

Jangan Terlalu Banyak Share di Medsos

Media sosial saat ini menyumbang kurang lebih 25% pengunjung yang membuka sebuah situs. Akan tetapi terlalu banyak share artikel di media sosial tidak bagus  untuk akun AdSense karena bisa menyebabkan invalid traffic dan invalid klik  bagi blog yang dikelola. Sebagian besar yang menghasilkan uang adalah pengunjung yang organik jadi jangan share terlalu banyak di medsos karena dapat menyebabkan kena baned di AdSense anda. Sudah banyak yang mengalami akun AdSense kena baned akibat terlalu sering share artikel di media sosial. Alhamdulillah saya belum pernah mengalami banned meskipun beberapa kali dapat peringatan.

Harus Selalu Semangat dan Berusaha.

Kebanyakan blogger yang baru terjun memiliki semangat tinggi untuk ngeblog dengan berbagai motivasi berbeda. Ada yang semangat karena motivasinya adalah ingin berbagi ilmu pengetahuan dan ada juga yang termotivasi karena ingin menghasilkan uang dari blog yang dikelola. Akan tetapi tidak sedikit yang akhirnya menyerah ditengah jalan karena semangat ngeblognya hilang karena blog tidak kunjung ramai dan menghasilkan sehingga tidak mau lagi berusaha. Salam bloger jangan patah semangat.

Kesimpulan

Apapun motivasinya, membuat blog tidaklah semudah yang dibayangkan. Untuk itu, sebelum membuat blog yang menghasilkan uang penting sekali memikirkan pemilihan tema blog, template, rajin memposting, tetap semangat dan berusaha. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca soal Tips Ngeblog Untuk Pemula ini.

Salam bloger jangan patah semangat.

2 KOMENTAR

  1. Yang penting tidak malas posting, tidak malas optimasi dan jangan menyerah, tetap semangat, hehe
    Gitu ya mba,

    Terimakasih mba tips nya jadi saya lebih banyak tahu lagi ,yang menurut saya berat adalah rajin posting karna kadang pas lagi kurang mod karna di duta jadi ide artikelnya ilang haha

    • hahaa gtu ya mas, tpi emang bner yg berat rajin posting, saya sendri masih kurang rajin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here