3 Wisata Kuliner Jogja Yang Legendaris, Patut Anda Kunjungi

5/5 (4)

Wisata Kuliner Jogja – Yogyakarta, kota di Indonesia yang memiliki keunikan dari wisata dan kebudayaannya. Daya tarik kota Jogja memang tidak pernah tertutupi oleh perkembangan zaman, sehingga tidak heran banyak wisatawan lokal maupun asing memilih tempat wisata di Jogja sebagai tujuan saat liburan. Selain itu, Jogja juga sangat terkenal dengan masakan Gudegnya. Bahkan ada satu tempat legendaris yang memang menyajikan masakan tersebut dan sudah berdiri sejak lama. Namun selain gudeg tentunya masih ada masakan lainnya.

Wisata Kuliner Jogja yang Legendaris

Sebagai referensi tempat makan di Jogja untuk Anda saat ingin berkunjung ke Jogja, berikut adalah 3 wisata kuliner Jogja yang legendaris, patut Anda kunjungi!

Mie Mbah Tumini

wisata kuliner jogja
Photo by tastefuljogja, sri.sulastini.yugiyanto via tripcanvas

Apakah Anda penggemar mie ayam? Kalau iya, kamu sangat wajib mengunjungi Mie Ayam Bu Tumini! Tempat mie ayam ini sudah berdiri sejak tahun 1990, artinya 20 tahun lebih berdiri. Yang menjadi istimewa selain dari waktu berdirinya adalah karena mie ayam Mbah Tumini benar-benar dibuat oleh tangan sendiri. Dalam sehari biasanya Mbah Tumini bisa menghabiskan terigu untuk pembuatan mie sampai 70 kg. Satu porsi mie ayam hanya dihargai 8000 rupiah saja, tidak mahal kan? Lokasinya sendiri ada di Jalan Imogiri, Umbul Harjo. Anda bisa tanyakan saja pada orang, dimana tempat Mbah Tumini.

Oh iya, bagi Anda yang ingin menikmati wisata di Jogja dan sekitar Imogiri namun tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil saja di rental mobil Omocars Jogja. Salah satu rental yang memberikan fasilitas setir sendiri dan mobil bisa diantarkan langsung ke lokasi Anda berada, artinya Anda tidak perlu repot mengunjungi OMOcars Jogja. Untuk harga sewanya juga tidak mahal, hanya berkisar 250 saja per bulan. Langsung saja sewa di sini

Gudeg Mbah Lindu

wisata kuliner jogja
Photo by nanina_meilyana via tripcanvas

Bila berlibur ke Kota Jogja, sangat tidak lengkap rasanya bisa Anda tidak menyempatkan diri untuk menyantap Gudeg, karena ini adalah makanan khas sehingga tidak heran bila Jogja disebut Kota Gudeg. Nah, kalau ingin menikmati gudeg khas Jogja, cobalah datang ke Gudeg Mbah Lindu. Salah satu penjual gudeg yang sudah berjualan sejak zaman penjajah jepang. Legendaris sekali bukan? Nama gudegnya pun diambil dari nama sang pemilik, yakni Mbah Lindu dan usianya sekarang tentu saja sudah ratusan tahun. Satu porsi gudegnya di jual dengan harga 15 sampai 20 ribu. Kalau memang ingin membeli gudeg Mbah Lindu, Anda harus datang pada pukul 05 sampai 10, sebaiknya datang pagi sekali karena gudeg Mbah Lindu cepat sekali habisnya!

Sate Klatak Pak Bari

wisata kuliner jogja yang legendaris
Photo by tesharyoma via via tripcanvas

Dan yang terakhir adalah sate Klatak Pak Bari, sate legendaris yang ada di Jogja karena sudah berdiri sebelum tahun 1945. Sate klatak merupakan sate kambing usia muda, 8 sampai 9 bulanan. Tekstur satenya empuk serta bumbunya yang meresap membuat sate ini terasa enak. Bahkan rasanya tidak berubah meskipun sudah berdiri sejak lama. Kalau Anda tahun film Ada Apa dengan Cinta 2, sate ini pernah muncul dalam film tersebut. Harga sate klatakanya sendiri tidak mahal, hanya 20 ribu saja satu porsi.

Nah, itulah 3 wisata kuliner jogja yang legendaris, patut Anda kunjungi.

Beri Rating

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.