4 Cara Membuat Tulisan Berjalan di IG Secara Mudah

144

Cara membuat tulisan berjalan di IG – Kalian pasti sudah tahu bahwa Instagram merupakan media sosial terbesar setelah Facebook. Pada tingkat kepopulerannya saat ini, Instagram menyematkan salah satu fitur menarik untuk dicoba. Fitur tersebut adalah pembuat animasi teks.

Hanya saja tidak semua pengguna IG tahu letak fitur tersebut ada disebelah mana. Mengenai letaknya kalian dapat menemukan fitur tersebut saat sedang membuat teks di story Instagram.

Biar makin jelas letak dan cara penggunaannya seperti apa, berikut cara membuat tulisan bergerak/berjalan di Snapgram yang kami kutip dari situs Wantek.ID:

Advertisment

Cara Membuat Tulisan di Story Instagram Berjalan

Pembuatan tulisan story IG berjalan sebenarnya tidak sulit kok. Hanya saja kalian perlu menemukan fitur “Text Animation” yang tersembunyi. Kebanyakan pengguna Instagram tidak sadar dengan fitur tersebut, makanya kami berusaha membuat kalian tau dimana letak fitur itu agar kalian dapat membuat tulisan di Snapgram menjadi berjalan atau bergerak.

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buat Story

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat story Instagram terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan pasalnya fitur animasi teks ada pada saat kalian membuat story.

Pembuatan story IG tidak perlu muluk-muluk, kalian cukup membuatnya sesederhana mungkin. Misalnya buat story IG dengan latar berwarna hitam solid, atau hanya sekadar memotret sembarang.

2. Tambahkan Teks

Setelah membuat storynya kalian jangan langsung posting dulu. Disini story kalian edit terlebih dahulu kemudian ditambahkan tulisan yang menarik. Untuk menambahkan tulisan, ketuk ikon Aa di sudut kanan atas.

Tulisannya boleh mengandung unsur kata-kata , bijak, atau yang lainnya. Bahkan kalian boleh menambahkan teks yang berbunyi “Contoh” gitu saja. Hal tersebut hanya digunakan buat uji coba, jadi setelah kalian paham boleh deh mengganti atau menambahkan teks lain.

3. Edit Teks dengan Animasi

Selain menambahkan teks, pada menu-menu pengeditan story IG terdapat salah satu menu yang sedang kalian cari. Menu tersebut adalah menu untuk menggerakkan teks supaya ada animasinya.

Di dalam menu tersebut juga ada animasi tulisan seperti diketik, tulisan hilang timbul dan lain sebagainya. Jadi disini kalian tinggal pilih aja mau menggunakan animasi teks yang seperti apa.

Untuk menjalankan atau menggerakkan teksnya, berikut caranya:

  • Kalian tekan ikon =A
  • Kemudian cari gaya animasi mau pakai yang mana. Caranya tinggal pilih huruf Aa berjejer di bagian bawah

4. Posting

Langkah terakhir yang perlu kalian lakukan adalah memposting story tersebut ke khalayak publik. Hal ini sebenarnya tidak krusial banget, malahan kalian tidak diwajibkan untuk memposting story tulisan berjalan.

Hanya saja dengan memposting kalian dapat memamerkan tulisan berjalan atau bergerak itu. Harapannya sih pengikut-pengikut kalian ingin tahu caranya terus minta diajarin.

Alternatif Pembuat Animasi Text

Repot dengan cara diatas? Sebaiknya memanfaatkan aplikasi pembuat animasi text. Aplikasi ini didapat secara gratis melalui Play Store dengan ukuran berbeda-beda tiap nama aplikasinya. Nah berikut ini rekomendasi aplikasi pembuat animasi teksnya:

1. Text Animation Maker

Text Animation Maker adalah aplikasi pembuat animasi teks dengan ukuran 57 MB dan versi aplikasi saat ini adalah 1.032.

Meskipun ukuran aplikasinya tergolong cukup memakan ruang penyimpanan, aplikasi ini menawarkan segudang fasilitas menarik. Sehingga penggunanya akan betah berlama-lama membuat animasi teks, terutama untuk teks bergerak di Instagram.

Mengenai fasilitasnya, aplikasi besutan LIGHT CREATIVE LAB menawarkan animasi dengan 25 gaya teks berbeda, penuh dengan font unicode, loopable animasi teks, ekspor GIF atau MP4, embed GIF, karakter unlimited dan masih banyak lagi lainnya.

Selain menjadi aplikasi teks animasi maker, ini juga dapat kalian manfaatkan untuk membuat intro dari sebuah konten video kalian juga lho.

2. 3D TEXT Animation

3D Text Animation merupakan aplikasi untuk membuat animasi teks dengan mudah dan tanpa perlu keahlian khusus. Sehingga aplikasi ini diklaim cocok dengan seorang pembuat teks bergerak.

Aplikasi ini memiliki ukuran kecil dan tidak terlalu memakan banyak tempat penyimpanan. Walaupun kecil namun fasilitas yang diberikan pun cukup melimpah.

Fasilitas tersebut antara lain 19 gaya animasi teks yang menakjubkan, menambahkan foto dan warna untuk background, format penyimpanan berupa GIF dan mengirim GIF ke media sosial apapun, khususnya story IG kalian.

Sayangnya aplikasi besutan Levi Britt sudah sejak lama tidak ada pembaruan. Terakhir diperbarui sekitar tanggal 7 April 2019 silam dengan versi 1.0.

3. Hype Text

Salah satu aplikasi animation text maker yang kami sukai adalah Hype Text. Hype Text adalah desainer animasi teks terbaik untuk mempercantik intro ataupun sematan teks kedalam video maupun foto kalian untuk IG story.

Aplikasi rancangan cerdillac ini menawarkan segudang fasilitas menarik. Fasilitas yang kami maksud adalah fasilitas pembuat intro dan outro, animasi teks cerita, video promo, status WA/IG, dan pembuat trailer.

Sebenarnya masih banyak lagi fasilitas-fasilitas menarik. Dikarenakan fasilitasnya sangat banyak jadi kami tidak bisa mengungkapkannya satu per satu.

Selain fiturnya lengkap, aplikasi ini sering di update dan terakhir mendapatkan pembaruan tanggal 19 Maret 2021 dengan versi 4.2. Aplikasi ini mampu berjalan pada 5.0 atau yang lebih tinggi.

Sayangnya aplikasi buatan cerdillac ini tidak mampu berjalan di Android 4.0 ke bawah. Sehingga memaksakan pengguna Android Jellybean untuk meng-upgrade sistem operasinya agar bisa menggunakan aplikasi Hype Text.

Advertisment

Advertisment

Leave A Reply

Your email address will not be published.