5 Cara Hilangkan Sakit Kepala Saat Hamil

Sakit Kepala Saat Hamil

Sakit kepala saat hamil, banyak hal perlu dijaga. Tidak boleh mengkonsumsi merk obat sakit kepala sembarangan. Bila tiba-tiba sakit kepala, selain pergi ke klinik ada cara paling mudah hilangkan sakit kepala pada masa kehamilan yang bisa anda lakukan.

Bisa coba sendiri di rumah. Minta bantuan suami ketika melakukannya. Sebenarnya, waktu hamil inilah anda bisa sedikit bermanja dengan suami yang tersayang. Berikut ini 5 tips cara menghilangkan sakit kepala saat hamil:

Sakit Kepala Saat Hamil
Sakit Kepala Saat Hamil

1. Kenali Penyebab Sakit Kepala

Kenali secara pasti dan spesifik penyebab sakit kepala. Ingat-ingat apa yang anda makan dalam 24 terakhir sebelum alami sakit kepala. Kadangkala monosodium glutamat (MSG), nitrit dan nitrat bisa jadi penyebanya, Misalnya daging burger, pemanis buatan, kacang, beberapa jenis keju atau makanan difermentasi bisa mengganggu ibu hamil.

Artikel Terkait:  25 Ciri Ciri Hamil Anak Perempuan atau Laki Laki untuk Mengetahui Jenis kelamin Bayi Dalam Kandungan

2. Gunakan Handuk Hangat

Letakkan handuk hangat di bagian dahi. Boleh juga gunakan aroma terapi tertentu yang bisa membuatkan anda tenang dan meredakan sakit kepala.

3. Mandi Air Dingin

Air dingin dapat membantu memberi kelegaan sakit kepala. Tapi jika anda alergi dengan dingin, boleh percikkan air sejuk pada wajah.

4. Hindari Perut Lapar

Kalaupun malas makan, makanlah biarpun sedikit-sedikit tapi sering. Kalau sedang melakukan perjalanan yang jauh, sediakan makanan ringan seperti biskut, buah-buahan atau yogurt.

Hindari mengkonsumsi makanan mengandung gula apalagi gula buatan, sebab gula bisa mengganggu gula darah yang dapat menyebabkan sakit kepala. Kenali makanan sehat untuk ibu hamil sebelum mengkonsumsinya.

5. Hindari Keletihan

Saat lelah, anda perlu beristirahat sebentar agar tubuh relaks. Rehat dalam ruang yang tenang dan jauh dari gangguan suara bising atau cahaya yang terang.

Artikel Terkait:  Tips Cara Atasi Sakit Kepala Secara Alami Dengan Cepat Tanpa Obat

Kenapa Ibu Hamil Sering Sakit Kepala?

Sakit Kepala Pada Ibu Hamil trimester pertama:

  • Akibat ketegangan lalu menyebabkan rasa nyeri di kedua sisi kepala atau bagian belakang leher.
  • Perubahan hormon dapat menyebabkan sakit kepala saat hamil. Peningkatan peredaran darah.
  • Asupan kafein
  • Kurang tidur atau keletihan, alergi, keletihan mata, tekanan, depresi, kelaparan, dan dehidrasi.

Sakit Kepala Pada Ibu Hamil Trimester 2

  • Sakit kepala akan berkurangan dengan sendirinya yang mana hormon ibu hamil menjadi lebih stabil.
  • Sakit kepala ini berbeda dengan migrain alias sakit kepala sebelah, dimana sakit kepala migrain itu hanya pada satu bagian kepala saja sebelah kanan atau sebelah kiri. Disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, sensitif pada cahaya atau suara.

Itulah tips menghilangkan sakit kepala saat hamil. Jangan lupa, jaga selalu kesehatan bunda dan janin dalam kandungan agar bayi lahir dengan sehat. Setelah masa kehamilan 7 – kehamilan bulan 9 bulan alias masa hamil tua, alangkah baiknya mengetahui juga tanda-tanda melahirkan agar lebih siap menghadapi masa-masa melahirkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More