5 Tanda Melahirkan Sudah Sangat Dekat

5 Tanda Melahirkan Sudah Sangat Dekat

No ratings yet.

Saat usia kehamilan bunda mencapai 37 minggu, berarti si kecil sudah cukup bulan untuk dilahirkan. Perkembangan tubuh janin telah sempurna, organ-organ tubuhnya sudah lengkap, posisinya sudah menurun mendekati jalan lahir, dan ia pun bisa lahir kapan saja dalam waktu dekat. Bisa besok, minggu depan, atau mungkin juga dua minggu lagi. Bunda tentu berdebar-debar menanti hari itu tiba, bukan? Di usia kehamilan ini, bunda memang tinggal menanti munculnya tanda melahirkan. Banyak ibu hamil yang sudah tak sabar menanti hari persalinan. Selain karena antusias ingin bertemu langsung dengan si kecil.tanda melahirkan sudah dekat

Sebagian ibu hamil juga mungkin sudah merasa kewalahan akibat berat badannya yang bertambah sebanyak 10-15 kilogram. Biasanya, dokter akan menyarankan bunda supaya banyak berjalan kaki guna merangsang timbulnya persalinan. Nah sembari menunggu hari kelahiran si kecil, yuk cari tahu seperti apasih tanda tanda mau melahirkan yang sudah dekat. Berikut 5 tanda melahirkan sudah sangat dekat.

  1. Timbul kontraksi
    Tanda yang pertama adalah timbulnya kontaksi. Sebenarnya, kontraksi palsu sudah muncul sejak usia kehamilan bunda memasuki trimester tiga kehamilan. Namun, saat waktu bersalin sudah semakin dekat, bunda akan lebih sering merasakan kontraksi, baik yang asli maupun yang palsu. Pahami lagi perbedaan kontraksi asli atau palsu di laman ini  ya, bun.
  2. Keluar lendir dari vagina
    Selama kehamilan, leher rahim (serviks) tertutup oleh lendir kental (mucus) yang berfungsi melindungi janin agar tidak terkena infeksi dari luar. Saat waktu melahirkan sudah sangat dekat, serviks akan melebar sehingga lendir tersebut terlepas dan keluar bercampur dengan darah melalui vagina.
  3. Ketuban pecah
    Saat ketuban pecah, air ketuban pun keluar melalui vagina. Ini adalah pertanda yang sangat jelas bahwa bunda akan segera melahirkan. Air ketuban berwarna putih bening, ada yang keluar secara bertahap (menetes), dan ada pula yang mengucur deras. Umumnya, ibu  hamil mengalami kontraksi terlebih dahulu sebelum ketuban pecah, meski ada juga yang tidak diawali dengan kontraksi.
  4. Perubahan pada serviks
    Perubahan ini terjadi saat posisi bayi sudah turun menuju jalan lahir. Akibat dorongan kepala bayi, serviks melunak atau menjadi elastis hingga secara bertahap membuka jalan lahir. Proses pembukaan jalan lahir ini bisa terjadi beberapa minggu ataupun beberapa hari sebelum persalinan. Akibat tekanan dari bayi ini pula, bunda akan sering merasakan dorongan untuk buang air kecil.
  5. Nyeri pada punggung
    Rasa nyeri ini mirip dengan yang biasanya bunda rasakan ketika menjelang menstruasi.  Jika bunda mengalami salah satu atau beberapa tanda tanda persalinan di atas, segeralah pergi ke rumah sakit. Bisa jadi, dalam hitungan hari, atau bahkan hitungan jam, si kecil akan segera hadir dan bertemu dengan bunda.
Artikel Terkait:  Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan

Sangat wajar jika di minggu 39 hingga 41 usia kehamilan bunda merasa cemas menanti masa persalinan. Apalagi jika kehamilan ini adalah pertama kalinya buat bunda. Kuncinya adalah lebih peka terhadap tanda tanda mau melahirkan yang bunda alami. Apabila dirasa mencurigakan segera periksakan ke dokter untuk memeriksakan kehamilan. Selama masa kehamilan usahakan bunda telah memenuhi nutrisi si jabang bayi. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan baik yang mengandung protein nabati maupun hewani. Dengan begitu janin akan berkembang dengan maksimal dan proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. Nah itulah 5 tanda melahirkan sudah sangat dekat. Tetap waspada ya bunda.

Beri Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.