7 Destinasi Wisata Arsitektur Populer di Indonesia

Akses di Indonesia memang cukup populer termasuk bahkan dari luar negeri juga berbondong – bondong ke negara kepulauan ini untuk menghabiskan waktu liburan. Dari segala jenis tujuan wisata di Indonesia, salah satu daya tarik yang paling dicari adalah Arsitektur Indonesia yang cukup unik.

Pada peradaban masa lalu di Indonesia sudah menerapkan desain – desain bangunan yang sangat megah dan tentunya ikonik. Bahkan beberapa dari bangunan tersebut sangat populer di luar negeri. 

Beberapa informasi destinasi Arsitektur populer ini bisa dijadikan pertimbangan, jika kesulitan menentukan tujuan menghabiskan waktu liburan selanjutnya. Tentu kita tetap harus memperhatikan prosedur kesehatan ya, mengingat kondisi saat ini masih cukup mengkhawatirkan.

Oke, langsung saja deh kita lihat beberapa tempat yang bisa dikunjungi dengan desain Arsitektur mempesona.

1. Candi Borobudur

Pertama ada Candi Borobudur yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pernah ditetapkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, Borobudur juga menjadi pusat ibadah saudara kita yang memeluk agama Buddha. Tak heran jika saat Waisak, Candi ini akan ramai kedatangan berbagai pemeluk agama Buddha dari berbagai negara yang ada di dunia.

Namun tentunya di tahun ini kegiatan Waisak di Candi Borobudur tidak seperti biasanya mengingat saat ini masih sangat prihatin dengan kondisi dari pandemi corona. Walaupun begitu saat ini Candi Borobudur tetap beroperasi secara terbatas, dengan prosedur kesehatan yang sangat ketat. Tertarik berkunjung?

2. Lawang Sewu

Bagi masyarakat yang berada di Provinsi Jawa Tengah, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Lawang Sewu bukan? Ya, bangunan pemerintahan peninggalan jaman kolonial Belanda ini sangat terkenal sebagai salah satu tujuan destinasi lho. 

Sempat terbengkalai, sekitar tahun 2013 sampai 2015 akhirnya dilakukan pemugaran besar – besaran sehingga Lawang Sewu menjadi lebih menarik jika dilihat dari luar ataupun dari dalam. Nah, tempat satu ini sangat cocok nih untuk orang – orang yang hobi berfoto, selfie dan mengabadikan momen penting. 

Lawang Sewu terletak pas di persimpangan yang dikenal sebagai Tugu Muda, jika berwisata ke daerah Semarang jangan sampai ketinggalan tempat yang satu ini ya? 

3. Ulun Danu Bratan

Ulun Danu Bratan merupakan sebuah bangunan yang juga merupakan peninggalan peradaban masa lalu yang terletak di Pulau Bali. Seperti yang kita tahu banyak sekali rancang bangunan eksotis di Bali bukan? Nah, kalau Ulun Danu Bratan ini terletak di tepi bagian barat Danau Bratan, Bedugul, Bali.

Suasana sejuk karena berada di ketinggian membuat kita pasti akan betah berlama – lama di tempat satu ini. Jadi bagaimana? Apakah sudah pengen mengunjungi tempat wisata ini? Kelebihan lainnya, di sekitaran Ulun Danu Bratan ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa kita eksplor.

4. Pagaruyung Palace

Untuk selanjutnya kita bisa bertolak ke pulau Sumatra dimana di Provinsi Sumatra Barat dulunya terdapat sebuah kerajaan bernama Pagaruyuang yang pemerintahannya terbentang sepanjang Sumatra Barat dan sebagian Riau saat ini. 

Ada sebuah peninggalan dari kerajaan Islam satu ini dimana sampai saat ini masih sering dijadikan sebagai destinasi populer dengan Arsitektur yang sangat keren dan juga ikonik. Kita bisa melihat salah satu bangunan yang dulunya merupakan tempat kerajaan ini bersumber.

5. Desa Penglipuran

Bali memang tidak bisa kita kesampingkan dimana sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di sini terdapat banyak sekali tempat – tempat idaman masyarakat Indonesia. Dan ada satu tempat dengan Arsitektur fenomenal yang disebut dengan desa Penglipuran yang terletak di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

Desa ini memiliki beberapa daya tarik termasuk jalanan yang sangat rapi dengan setiap rumah memiliki bangunan khas Bali yang sangat mencolok. Selain itu terdapat pula umbul – umbul khas Bali yang disebut Penjor.

Di tempat ini juga populer dijadikan sebagai salah satu tempat berfoto ria. Pasti kita sudah pernah melihat deh di media sosial tempat yang disebut dengan Desa Penglipuran ini.

6. Keraton Yogyakarta

Tak lupa juga kita harus memberikan destinasi dengan Arsitektur menarik dari kerajaan yang sampai saat ini masih berdiri di bawah kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono. Nah, keraton Yogyakarta ini terletak di pusat kota Jogja dengan segala pesona yang bisa kita dapatkan. Di dalamnya dipajang berbagai peninggalan Keraton di masa lalu yang bisa dilihat oleh para pengunjung.

Di sekitaran Keraton juga terdapat beberapa tempat lainnya seperti Jalan Malioboro yang terkenal, kemudian Alun Alun Utara, Alun Alun Selatan, serta tempat pemandian kerajaan yang disebut dengan Tamansari.

7. Gereja Blenduk

Tidak diketahui asal usul nama Gereja Blenduk, tapi dalam bahasa Jawa “Blenduk” berarti bulat dimana memang ciri khas bangunan satu ini memiliki atap yang bulat. Gereja Blenduk terletak di pemukiman Kota Lama Semarang dimana masih terdapat banyak sekali bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda.

Sebelum masa pandemi corona, kawasan kota lama Semarang sering diadakan berbagai festival yang menarik untuk berbondong ke tempat ini, namun saat ini terdapat pembatasan kegiatan yang dilakukan guna mengurangi penyebaran virus corona.

Nah itu dia beberapa dengan arsitektur bangunan yang sangat mewah dan juga keren serta tentu ada di Indonesia. Kita tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati keindahan bangunan populer yang ada di Indonesia. Bagaimana? Cukup menarik bukan?

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar