Kredit merupakan tren gaya hidup dan incaran orang-orang urban masa kini terutama yang KTA Kredit Tanpa Agunan bunga rendah.

Tapi tahukah anda apa itu kredit, agunan dan kredit tanpa agunan? Berikut ini sedikit penjelasannya:

Apa itu Kredit ?

Apa itu Kredit Tanpa Agunan - Jaminan

Kredit merupakan suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya.

Mengutip dari busines Directory, Istilah atau arti kredit yaitu:

1. Akuntansi:

Entri di sebelah kanan catatan akun dalam pembukuan entri ganda. Ini memiliki efek mengurangi akun aset atau biaya, atau meningkatkan modal, kewajiban, atau akun pendapatan.

2. Perbankan:

Dalam dunia perbankan, kredit adalah daya beli yang diciptakan oleh bank melalui pinjaman berdasarkan sistem cadangan fraksional. Dalam hal ini pihak bank memberikan layanan Kredit sebagai fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya.

3. Perdagangan:

Dalam sistem perdagangan, Kredit bisa diartikan sebagai perjanjian yang sebagian besar didasarkan pada kepercayaan di mana barang, jasa, atau uang dipertukarkan dengan janji untuk membayar nanti (bayar belakangan). Disebut juga kredit komersial.

Definisi Agunan / Jaminan atau Collateral adalah:

Definisi jaminan atau agunan yang dalam istilah perkreditan Collateral adalah sesuatu / semacam properti atau aset surat berharga yang perlu diberikan oleh pihak peminjam (kreditur) kepada pihak pemberi pinjaman (debitur) sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Agunan atau Collateral bertujuan untuk mengamankan utang kreditur. Dalam banyak kasus, jaminan diperlukan untuk jenis pinjaman tertentu, seperti hipotek dan kredit mobil.

Pada dasarnya, jaminan berfungsi sebagai langkah pengamanan bagi pihak pemberi pinjaman. Jika peminjam (kreditur) gagal melakukan pembayaran, pemberi pinjaman biasanya dapat memiliki jaminan sebagai pembayaran pinjaman.

Prinsip dasar, Collateral atau agunan / jaminan
berfungsi sebagai langkah pengamanan bagi pihak pemberi pinjaman.

Jenis-jenis pinjaman yang membutuhkan jaminan

  1. Hipotek – Rumah atau real estat yang Anda beli sering digunakan sebagai jaminan saat Anda mengambil hipotek.
  2. Kredit mobil – Kendaraan yang Anda beli biasanya digunakan sebagai jaminan saat Anda mengambil kredit mobil.
  3. Kartu kredit aman  Setoran tunai digunakan sebagai jaminan untuk kartu kredit aman. Dengan kata lain, uang tunai Anda yang digunakan sebagai deposit untuk mendapatkan kartu kredit yang aman dapat disimpan jika Anda melewatkan beberapa pembayaran.
  4. Pinjaman pribadi yang dijamin  Barang berharga yang disetujui pemberi pinjaman untuk digunakan sebagai jaminan, seperti rumah atau rekening tabungan Anda, dapat digunakan untuk pinjaman pribadi yang aman . Jika Anda gagal melakukan pembayaran pinjaman, pemberi pinjaman biasanya dapat mengklaim aset itu.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) ?

Kredit tanpa agunan adalah bentuk kredit yang diberikan pemberi pinjaman kepada peminjam yang hanya berdasarkan janji debitur untuk membayar, tanpa jaminan apapun yang diperlukan.

Contoh kredit tanpa agunan / jaminan yang banyak orang saat ini menggunakannya misalnya kredit rumah, kredit kendaraan dan masih banyak lagi.

Beberapa bank lokal yang memberikan fasilitas KTA Kredit Tanpa Agunan misalnya bank BCA, MANDIRI, BRI, Bank BRI dan masih banyak lagi bank-bank lokal lainnya.

Dengan perkembangan dunia internet juga ikut andil dalam kehadiran Kredit Tanpa Agunan (KTA) bagi para kreditur dengan hadirnya sistem kredit tanpa jaminan online.

Close Menu