Apa Itu SEO, Fungsi dan Cara Kerja Mesin Pencari? Kenapa Situs Harus di Optimasi Agar di Halaman 1 Google!

Apa Itu SEO, Fungsi dan Cara Kerja Mesin Pencari? Kenapa Situs Harus di Optimasi Agar di Halaman 1 Google!

Apa itu SEO?

Apa itu SEO? SEO adalah Search Engine Optimization upaya untuk menempatkan situs diperingkat atas mesin pencari. Lalu kenapa blog / situs kita perlu optimasi SEO agar website di halaman 1 Google, Yahoo dan lain-lain dengan Kata kunci tertentu, dan bagaimana jika situs tidak di optimasi dan tidak bisa bersaing di halaman pertama apakah akan berbahaya? Temukan jawabannya dibawah ini.apa itu seo search engine optimization, fungsi dan cara kerja mesin pencari

SEO adalah Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, (pengoptimalan mesin telusur) atau yang biasa

disebut SEO, adalah upaya atau langkah-langkah untuk membuat situs berada diposisi terbaik di halaman pertama mesin pencarian untuk mempromosikan produk jasa ataupun blog untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengunjung.

Bagi seorang blogger maupun internet marketing tentunya sudah tidak asing dan sering mendengar tentang promosi di situs mesin pencari. Bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan kata-kata ini, tentunya Anda tahu betul bahwa ada mesin pencari (Yahoo,  Yandex, Google, dan lain-lain) yang memberikan pengguna situs dalam menanggapi permintaan pengguna internet terkait kata kunci pencarian yang mereka ketik di mesin pencarian (misalnya, “cara promosi produk”, “tempat wisata di jogja” atau “hotel murah dekat lembang bandung”).

Dan dari hasil pencarian pengguna dengan kalimat-kalimat diatas beberapa situs memberikan jawaban dihasil pencarian pada halaman pertama di mesin pencari, dan beberapa situs hanya dapat ditemukan dengan menavigasi dalam beberapa halaman selanjutnya. Lihat lebih lanjut tentang optimisasi mesin pencari di SEO wikipedia.

Ini adalah promosi pencarian (atau, yang biasa disebut, “search engine optimasi”) yang berfungsi untuk membuat situs Anda berada ditempat terbaik, yaitu di posisi atas situs pencarian. Berbicara lebih ilmiah, optimasi SEO di situs mesin pencari atau Search Engine Optimization adalah langkah langkah kompleks untuk meningkatkan posisi situs dalam hasil mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan sebelumnya. Nama jenis jenis SEO sendiri beragam mulai dari SEO On Page, SEO Off Page, White Hat SEO, Black Hat SEO dll.

Mengapa perlu optimasi SEO?

Jika berkaca pada era masa lalu Internet mungkin hanya digunakan terutama untuk mencari informasi, tapi sekarang situasinya telah banyak berubah. Peningkatan konstan dalam jumlah pengguna Internet, teknologi baru (komunikasi dengan target audiens melalui situs, sistem pembayaran melalui Internet, kemungkinan pemesanan on-line, dll) dan banyak faktor lainnya telah mengubah Internet menjadi alat pemasaran yang kuat dan secara bersamaan tempat untuk penjualan.

Baca Juga:  Ketahui Lebih Dulu Apa Itu BackLink, BackLink Berkualitas Dan BackLink Berkualitas Tinggi Sebelum Mulai Menanamkan Link Disitus Lain

Misalnya, booming toko online pasti menunjukkan bahwa teknologi Internet yang terampil digunakan membawa keuntungan yang stabil kepada pemilik situs web.

Promosi internet dapat efektif untuk semua perusahaan yang calon konsumennya mencari produk atau layanan serupa di Internet. Menurut statistik, jumlah pengguna internet meningkat setiap tahun, saya tidak tahu berapa pastinya pengguna internet di Indonesia saat ini tapi yang saya tahu Indonesia menempati peringkat 5 besar dengan pengguna internet terbanyak. Dan audiens ini sangat menarik untuk bisnis.

Bayangkan saja,mungkin ribuan, dan mungkin puluhan dan ratusan ribu orang mencari produk atau jasa Anda setiap hari, lalu kemudian menemukan produk pesaing bisnis anda di internet. Maka, hilanglah kesempatan anda menjual produk atau jasa anda. Dan semua itu karena pesaing anda yang lebih cepat telah mengambil tempat terbaik dalam masalah optimasi mesin pencari. Inilah mafaat seo pada website apabila dikerjakan dengan baik sehingga mampu mendapatkan tempat terbaik dan promosi bisnis akan lancar.

Apakah anda akan diam saja, padahal Anda juga bisa mengambil tempat terbaik di halaman satu Google, Yahoo, Yandex dan lain-lain. untuk ini, Anda perlu memulai memahami dan mempelajari pengoptimalan situs mesin pencari untuk bisnis anda.

Fungsi dan Tujuan SEO (Search Engine Optimization)

Fungsi dan tujuan SEO adalah untuk mengoptimalkan dan menempatkan sebuah situs web pada posisi paling atas pada hasil pencarian di sebuah mesin pencari berdasarkan kalomat atau kata kunci tertentu uang diketikan oleh pengguna internet. Dengan teknik SEO lah sebuah situs atau blog bisa berada posisi teratas dalam hasil pencarian yang nantinya membuat sebuah situs memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapat pengunjung lebih banyak. Teknik SEO optimasi yang kita lakukan adalah upaya kita untuk memberitahu mesin pencari untuk kata kunci yang ditargetkan.

Cara Kerja SEO Mesin Pencari

Cara kerja mesin pencari kurang lebih begini:

Ketika ada pengguna internet yang mengetikan atau memasukan kata kunci pencarian di serach engine, mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll akan memeriksa data base index untuk menemukan jawaban yang paling relevan berdasarkan kata kunci tersebut, kemudian mesin pencari akan memberikan daftar halaman web yang membahas atau memberikan informasi maupun jawaban paling cocok menurut kata kunci yang pengguna cari. Kurang lebih seperti itulah cara kerja mesin pencari.

Baca Juga:  Cara Riset Keyword Atau Kata Kunci Dengan Trik Sederhana

Mengapa situs harus berada di halaman satu mesin pencari?

Ada beberapa alasan untuk ini. Pertama, tempat teratas di mesin pencari dapat dibandingkan dengan daerah-daerah bergengsi di kota metropolitan. Biasanya, klien menerima kesan pertama dari perusahaan sebelum mengunjungi perusahaan, mengetahui di mana lokasinya.

Semakin bergengsi distrik itu, semakin banyak kepercayaan yang diberikan klien, dan karenanya, semakin besar kemungkinan dia akan memilih Anda. Ibaratnya, jika sebuah perusahaan berlokasi di jantung kota, maka perusahaan ini berkembang. Demikian pula, dengan promosi SEO. Situs di posisi atas adalah, sebagai aturan, situs yang paling dihormati.

Kedua, lokasi yang baik menarik jumlah pengunjung yang jauh lebih besar. Situs-situs yang terletak di posisi sepuluh besar ( TOP 10, yaitu halaman pertama mesin pencari), akan mendapatkan lebih dari 95 (!) Persen pengguna. Jika mesin telusur mengeluarkan situs pada halaman keempat dan seterusnya, mungkin kurang dari 2% pengguna yang memiliki kesabaran untuk menavigasi dan menuju ke halaman ini.

Oleh karena itu, semakin tinggi posisi situs di halaman pencarian, semakin banyak lalu lintas yang dimilikinya. Banyak  pakar dan penyedia jasa SEO yang menyarankan untuk mengoptimasi situs minimal berada di TOP 5 besar hasil pencarian untuk pencarian dengan target kata kunci yang paling penting.

Mengapa penting memilih daftar Kata kunci yang tepat?

Tentu saja, optimisasi mesin pencari adalah cara yang sangat efektif untuk menarik pelanggan, tetapi dengan satu catatan: harus melakukannya dengan sebaik mungkin. Intinya, pengoptimalan yang tidak tepat dapat membebani situs Anda karena beban semakin bertambah dengan bertambahnya pengunjung meskipun jumlah pembeli tidak bertambah.

Untuk mempromosikan hasil terbaik, Anda perlu menentukan daftar kata kunci yang dipromosikan dan strategi promosi. Untuk melakukannya, anda perlu melakukan riset kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan anda promosikan namun harus tetap menjaga kualitas supaya kata kunci target tidak berlebihan dan dianggap spam oleh mbah Google, karena SEO Google saat ini lebih mengutamakan pengguna.

Apakah tidak tampil di halaman 1 mesin pencari itu berbahaya untuk bisnis?

Ada situasi ketika pengguna telah memilih sendiri beberapa alternatif dan cenderung menghubungi penjual produk atau penyedia jasa dan perusahaan pesaing untuk informasi lebih lanjut. Kemudian pengguna mencari informasi tentang hal ini.

Dalam situasi ini, beberapa pencari produk akan menghubungi layanan informasi untuk mencari tahu informasi lebih lanjut. Namun, mayoritas akan mencari informasi di Internet. Dan jika situs tidak dioptimalkan oleh SEO, maka pengguna, kemungkinan besar, tidak akan menemukan informasi tentang perusahaan di Internet!

Baca Juga:  8 Cara Mudah Agar Website Tampil No 1 Di Halaman Pertama Google

Pengguna Internet saat ini sangat dimanjakan dan tidak terbiasa menghabiskan banyak waktu untuk mencari. Untuk bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman satu mesin pencari, jangan fokus menemukan kata kunci bisnis Anda, tapi beralihlah ke pesaing, temukan informasi tentang kata kunci apa yang akan lebih mudah dan lebih cepat ditemukan di hasil pencarian dari pesaing anda.

Sangat tidak menyenangkan kehilangan pelanggan yang sudah ingin menghubungi Anda, tetapi tidak bisa melakukannya. Jika anda seorang pengelola situs jejualan toko online, tentu hal ini akan berbahaya bagi bisnis anda.

Sangat jelas bukan bahwa bagi sebagian besar SEO, pengoptimalan situs adalah alat pemasaran yang diperlukan dan efektif. Jadi, bagi seorang penjualan produk dan jasa yang menggunakan situs online untuk mempromosikan jualannya melalui internet, rasanya wajib untuk mempelajari dan menerapkan teknik SEO untuk mengoptimalkan situs dan mengembangkan bisnis jualan yang dijalankan.

Dimana Belajar Optimasi SEO Website?

SEO adalah ilmu tak pasti, banyak faktor penentu yang tidak dapat dijabarkan secara detail.  Namun, pada dasarnya teknik-teknik dasar Search engine optimization bisa dipelajari dengan membaca seo tutorial dari situs-situs besar terpercaya yang membahas tentang dasar – dasar SEO. Misalnya di moz.com pada artikel yang berjudul beginner’s guide to seo atau di situs searchengineland.com yang berjudul what is seo. Disana dijelaskan secara detail dasar – dasar teknik SEO website untuk memaksimalkan SEO On Page situs.

Namun, bagi yang ingin mengoptimalkan situsnya di mesin pencari tapi tidak memiliki banyak waktu luang atau memang karena malas untuk mempelajari teknik optimasi Search engine, bisa menggunakan layanan jasa SEO (SEO services). Namun satu hal yang harus diperhatikan jika menggunakan layanan jasa SEO, sebaiknya pilihlah layanan jasa SEO terbaik dan terpercaya agar hasilnya maksimal dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang layanan jasa  optimasi website yang akan digunakan mulai dari testimoni, garansi, suport dll. Jangan tergoda dengan iming – iming jasa SEO murah, namun hasilnya tidak memuaskan atau bahkan bisa mengecewakan. Hal ini dikarenakan layanan jasa SEO terbilang lumayan mahal. Jadi, jangan sampai keluar banyak uang untuk membayar jasa optimasi website namun hasilnya tidak sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

AlviyatuN

Hanya orang biasa yang ingin berusaha menjadi lebih baik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.