Asupan Gizi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Asupan Gizi Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

No ratings yet.

Tumbuh kembang si anak tentu saja tidak akan terlepas dari asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Ini merupakan hal yang sudah sangat lumrah. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam perkembangan fisik ataupun psikis anak. Lalu, apa sajakah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak? Berikut ini adalah nutrisi yang perlu diberikan pada anak Anda agar tidak terhambat tumbuh kembangnya.Asupan Gizi anak

Karbohidrat

Bagi masyarakat Indonesia, karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat penting. Ini merupakan sumber energi utama bagi masyarakat Indonesia. Ini disebabkan karena karbohidrat merupakan bahan bakar yang nantinya akan diubah menjadi sumber energi dan cadangan lemak di dalam tubuh. Anak-anak Anda tidak hanya bisa mendapatkan nutrisi penting ini dari nasi saja. Melainkan Anda bisa memberikan kebutuhan karbohidrat dari makanan yang terbuat dari gandum, umbi-umbian dan juga oatmeal. Ini merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama dan juga penuh energi selama beraktivitas setiap harinya.

Protein

Protein juga sangat penting diberikan untuk tumbuh kembang anak agar tumbuh kuat dan sehat. Protein ada dua macam, nabati dan hewani. Selain itu, protein juga sangat penting untuk proses regenerasi sel-sel dalam tubuh dan juga membantu memaksimalkan pertumbuhan otot. Sumber protein biasanya bisa didapatkan dari daging sapi, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Lemak

Setelah ada karbohidrat dan protein, maka akan terasa tidak lengkap jika tidak menyebut lemak. Lemak merupakan salah satu jenis kebutuhan gizi yang tidak boleh dihindari. Namun, alangkah lebih baik jika Anda membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi lemak sehat atau lemak tidak jenuh. Sumber lemak sehat ini bisa didapat dari kacang-kacangan, ikan dan buah alpukat. Anda juga bisa membuat berbagai camilan yang sehat dan lezat dengan menggunakan margarin Blue Band.

Pada Blue Band, terkadung lemak nabati yang sehat bagi tubuh. Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin A, B1, B2, D, E omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk si Kecil Anda. anda bisa membuat berbagai kreasi dari Blue Band serupa kue, roti dan camilan lainnya yang bisa dimakan bersama keluarga dengan rasa yang khas dan lezat.

Vitamin Dan Mineral

Vitamin dan mineral juga penting untuk mendukung tumbuh kembang si anak. Vitamin dan mineral biasa terkandung pada sayuran, buah-buahan, susu, kacang-kacangan dan produk turunan lainnya yang sangat bermanfaat. Asupan vitamin dan mineral untuk anak bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga anak-anak tidak akan mudah terjangkit penyakit meskipun aktivitasnya begitu padat.

Serat

Orang tua juga sangat perlu untuk memenuhi kebutuhan akan serat kepada anak. Serat merupakan nutrisi yang terdapat pada semua jenis sayuran dan buah yang mampu untuk membantu memperlancar proses metabolisme atau Buang Air Besar (BAB). Anak-anak pun akan terhindar dari risiko konstipasi atau sembelit dan juga gangguan pencernaan kronis lainnya yang sangat mengganggu. Jadi, jangan ragu untuk memberikan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu masakan Anda sehari-hari.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Anda. Air merupakan unsur yang sangat penting. Mayoritas dalam tubuh manusia merupakan terdiri dari air. Selain itu, air juga bisa membantu melancarkan proses metabolisme, eskresi dan lain sebagainya yang sangat berpengaruh untuk kesehatan tubuh anak Anda.

Beri Rating

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.