Bagaimana Memulai Usaha Setelah Kuliah

Bagaimana Memulai Usaha Setelah Kuliah

No ratings yet.

Memulai usaha – Pastinya kamu akan berpikir berulang kali setelah kuliah akan melakukan apa? Hal ini terjadi kepada setiap sarjana baru. Karena memang setelah selesai dari kuliah dan harus bekerja banyak hal yang tidak pasti berada di depan kita. Terutama dalam hal pekerjaan.Memulai bisnis setelah lulus sarjana

Banyak sekali bidang pekerjaan yang mungkin ada di masyarakat. Namun tidak semua bidang pekerjaan itu sesuai dengan passion kita. Seperti ketika kamu seorang sarjana pertanian, ada lowongan pekerjaan di bank, pabrik, marketing, dan sebagainya. Tentunya hal itu sangat jauh dari keilmuan yang telah dipelajari selama bertahun-tahun di bangku perkuliahan.

Banyak juga yang berpikiran melepaskan semua keilmuan yang telah dipelajari untuk mendapatkan pekerjaan. Karena memang fresh graduate kebanyakan masih belum punya pengalaman pekerjaan yang dimiliki. Hal itu akan sangat mengganggu pikiran dan bisa membuat stress. Apalagi ketika tuntutan keluarga untuk segera mendapatkan pekerjaan yang layak belum terpenuhi. Tentunya hal itu bisa membuat kita stag dan terus menganggur, meski dengan bekal ijasah sarjana yang ada di laci kita.

Segala macam prinsip yang ada pada diri tentunya sangat berpengaruh pada apa yang akan kamu lakukan ke depannya. Apakah harus memiliki pekerjaan meski tidak sesuai dengan bidang keilmuan. Ataukah harus memaksakan untuk bekerja di bidang keilmuan yang dimiliki.

Sebagai seorang sarjana baru memang banyak hal yang masih belum bisa dilakukan, kecuali harus dengan menyebar lamaran pekerjaan ke setiap lowongan pekerjaan. Dengan cara seperti itu kamu akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan, meski juga kamu tidak bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu, atau sesuai dengan bidang keilmuan kamu.

Tentu saja hal itu tidak menjadi masalah. Jika kamu memang benar-benar ingin bekerja sesuai dengan passion kamu, bisa kamu tunda terlebih dahulu. Karena memang untuk mendapatkan pengalaman pekerjaan harus merasakan pekerjaan yang telah kamu dapatkan. Entah apapun itu bidang pekerjaan yang didapatkan harus didasari pada pembelajaran pengalaman yang akan didapatkan. Baru setelah memahami situasi dan kondisi lapangan, kamu bisa menetapkan strategi agar bisa membuat usaha sesuai dengan keinginan kamu.

Pada zaman seperti sekarang ini, dengan kompetisi yang sangat luar biasa ketatnya, Anda seharusnya bisa mencari celah. Karena memang kita dibantu dengan teknologi yang sangat memudahkan kita untuk mencari informasi dan berbagai ide peluang usaha. Dengan tekad yang kuat, modal yang kamu dapatkan dari pengalaman bekerja pertama bisa kamu terapkan pada bidang usaha yang akan kamu jalankan.

Dengan modal pengalaman pekerjaan inilah kita akan memangkas modal yang akan kita tanamkan pada usaha yang akan kita buat. Berbeda sekali ketika kamu membuka usaha tanpa pengalaman sama sekali. Karena tidak tahu dengan berbagai macam permasalahan pengusaha yang terjadi di lapangan, maka akan menambah beban biaya modal ketika terjadi suatu permasalahan. Dengan adanya modal pengalaman itulah kita bisa meminimalisir terjadinya permasalahan yang ada saat memulai bisnis, karena memang kita sudah mendapatkan pengalaman sebelumnya. Tentu tekad dan keyakinan menjadi modal kita juga untuk melakukan usaha.

Modal materi memang dibutuhkan untuk membuka usaha. Namun tanpa adanya pengalaman, tanpa adanya tekad dan keyakinan, membuat kita akan semakin mengeluarkan banyak biaya untuk itu semua. Jadi tidak perlu ragu untuk bekerja, ataupun membuka usaha setelah sarjana. Apapun bidang pekerjaannya, yang terpenting adalah pembelajaran yang kita dapatkan dari pengalaman dalam pekerjaan pertama kita.

Beri Rating

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.