Lalat merupakan jenis hewan yang masuk dalam golongan arthropoda. Hewan ini sangat merugikan bagi manusia. Karena lalat dapat menimbulkan penularan penyakit. Lalat ini memiliki beberapa jenis, yaitu ada lalat rumah, lalat pasir, lalat tzetze, serta lalat hitam. Lalat rumah ini hidup di sekitar tempat tinggal manusia di seluruh dunia. Luas penularan penyakit yang disebabkan oleh lalat rumah ini sulit untuk ditentukan.

Untuk itu di bawah ini beberapa cara untuk mengusir lalat di rumah :

Banyak Lalat Di Rumah? Kamu Wajib Tahu Cara Mengusir Lalat Di Rumah Ini

Minyak Esensial

Saat ini terdapat beberapa tanaman yang sudah diketahui sebagai penghasil insektisida dan biasa digunakan oleh masyarakat sebagai pengusir lalat secara alami. Minyak esensial ini di hasilkan oleh tanaman seperti geranium, serai, cengkih dan lainnya. Serta dapat dipakai untuk mengusir atau membunuh lalat dari rumah secara alami dan pastinya akan aman untuk kesehatan.

Cara mengusir lalat di rumah dengan minyak esensial ini yaitu, pertama minyak esensial tersebut disemprotkan di bagian rumah yang banyak dikerumuni lalat. Lalu beberapa tetes minyak esensial tersebut dituangkan ke dalam alat pendifusi, setelah itu kamu dapat meletakkan pada ruangan yang sering terdapat banyak lalat.

Lampu Perangkap

Lampu perangkap UV ini dapat kamu pakai untuk menangkap lalat-lalat yang sedang berkeliaran di dalam rumah. Akan tetapi, cara ini hanya dapat dilakukan untuk jenis spesies lalat yang ukurannya besar. Cara kerjanya yaitu lalat-lalat tersebut akan tertarik untuk menuju sumber cahaya, setelah itu lalat akan terperangkap di papan yang mengandung lem atau pun bisa mati karena sudah terkena sengatan listrik.

Membuang Segera Sampah dan Sisa Makanan

Sebagian bahan organik ini akan disukai oleh lalat, karena itu sampah merupakan sumber makanan dan menjadi sarang tempat menyimpan telur-telurnya. Oleh sebab itu cara mengusir lalat di rumah yaitu dengan menjauhkan atau tidak menyisahkan sisa makanan yang telah kamu makan di dalam maupun di luar rumah.

Bersihkan Peralatan Dapur

Kulkas ataupun peralatan dapur ini sebaiknya dibersihkan secara berkala, terutama di bagian bawah maupun sekitarnya yang merupakan bagian yang sering lembab. Pakai air hangat dan sabun. Setelah area tersebut dibersihkan, maka kamu peras dan bilaslah semua kain pel yang kamu pakai. lalu jemur sampai dengan kering.

Tanaman Herbal

Contoh tanaman yang dibenci oleh lalat yaitu lavender, rosemary, basil, dan daun salam. Cara untuk menerapkannya yaitu dengan meletakkan bagian tanaman tersebut di jendela, terutama di bagian dapur. Cara mengusir lalat di rumah secara alami ini sangatlah ampuh. Selain itu juga, tanaman-tanaman tersebut dapat dipakai sebagai bumbu dapur.

Semprotan Serangga

Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat praktis yaitu dengan menggunakan semprotan serangga. Kamu dapat mendapatkan semprotan serangga ini dengan mudah sangat mudah hanya dengan membeli di toko atau minimarket terdekat. Dengan menggunakan semprotan ini, kamu tidak hanya dapat mengusir lalat di dalam rumah, tapi juga bisa untuk mengusir serangga lain seperti nyamuk yang juga akan merugikan kamu jika kamu di gigit.

Namun, sebelum kamu menggunakan semprotan serangga sebagai cara mengusir lalat di rumah, kamu harus memperhatikan lingkungan sekitar ataupun anggota keluarga lainnya. Karena semprotan ini telah mengandung racun yang dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Untuk itu simpan makanan atau minuman di tempat yang aman ketika kamu ingin menyemprotkan untuk menghindari adanya kontaminasi racun dengan makanan.

Itulah cara mengusir lalat di rumah dengan cara yang sederhana. Semoga dengan menggunakan cara di atas lalat di dalam rumah kamu semakin berkurang.

Close Menu