Sekarang ini banyak sekali orang yang tertarik membuka usaha,  namun sangat minim dengan kemampuan manajemen keuangan.  Padahal bisnis yang baik adalah yang memiliki manajemen keuangan matang.  Pada pembahasan kali ini kita akan menguraikan beberapa cara anti gagal yang bisa diterapkan ketika kita mulai merintis suatu usaha. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berbisnis.

Sebelum memulai bisnis setidaknya kita harus menjalankan beberapa tips yang akan dijelaskan di bawah ini. Kamu harus bisa melewati fase kritis selama 3 bulan pertama,  jangan sampai nantinya kita salah mengatur finansial yang justru bisa membuang modal tanpa memberikan keuntungan sama sekali.

Lihat saja orang yang banyak berlomba lomba membuka usaha franchise, bidang kuliner, industri kreatif, sampai menghabiskan modal membangun pabrik dengan harapan meraih omset gede dan terus mengembangkan usahanya hingga ke seluruh daerah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Usaha Setelah Lulus Kuliah.

Terlebih saat ini perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, turut mendukung industri bisnis online dengan segala usaha turunannya. Sehingga selain manajemen finansial,  juga dituntut untuk melek teknologi.  Berikut beberapa tips anti gagal yang bisa kamu terapkan ketika merintis usaha baru mu :

Mengenal pribadi sendiri, sebelum melangkah lebih jauh

Ada banyak  sehat dari orang-orang dahulu, seperti “sebelum membangun sesuatu yang besar,  mulailah membangun diri sendiri terlebih dahulu”. Oleh karena itu kita dituntut untuk memiliki jiwa yang lebih kokoh pantang menyerah dan tangguh sebagai seorang pengusaha. Dalam memulai usaha baru bagi seorang pengusaha modal ini lebih penting dibandingkan modal materi.

Artikel Terkait:  7 Contoh Peluang Bisnis Usaha Kecil Menguntungkan, Modal Kecil, Untung Besar

Baca juga : Peluang Bisnis untuk Perempuan dengan Untung Besar.

Setelah kamu sudah bisa menggaji diri sendiri,  maka ada baiknya mempertimbangkan untuk mempekerjakan karyawan sesuai dengan kemampuan bisnis mu.  Sebagai seorang bos kamu harus tahu  cara berkomunikasi dengan karyawan,  untuk menjaga komunikasi bisnis berjalan dengan baik dan juga supaya kamu tetap dihargai dalam suatu lingkungan perusahaan.

Menambah pengetahuan tentang bisnis

Langkah awal dalam mengembangkan bisnis,  adalah sebuah keniscayaan untuk terus belajar terlebih ketika kamu adalah seorang pemula. Jangan pernah  merasa puas untuk ilmu bisnis yang sudah kamu dapatkan. Sekalipun sistem bisnis yang sudah kamu terapkan sudah berjalan dengan baik, kamu tetap perlu mengembangkan bisnis mu karena yang namanya pasar terus bergerak secara dinamis.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dari Nol.

Dengan memiliki pengetahuan yang luas terhadap bisnis maka kamu bisa mengerti bagaimana cara menjalankan bisnis yang baik serta meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.  Kamu bisa belajar dari kursus, seminar, pelatihan, mengikuti mentor atau dari youtube,  mengenai cara cara menjalankan bisnis dari awal hingga sesuai standar. Baca juga: 4 Rahasia Membangun Bisnis Dalam 1 Tahun.

Menentukan gambaran prospek usaha

Kamu juga harus menentukan prospek usaha mu seperti apa. Prospek bisnis yang jelas,  akan membantu kita memahami arah,  berjalannya bisnis seperti kiblat atau pedoman yang akan dijadikan Seperti apa bijinya dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Baca juga: Hati-hati, Inilah 2 Bisnis yang Lama Suksesnya.

Inilah yang membedakan antara bisnis besar dan besar kecil,  letak pada gambaran prospek usahanya. Ketika kamu  memulai bisnis dan sudah tahu  arah ke mana bisnis ini akan dijalankan,  maka akan mudah untuk merealisasikan nya ketimbang dengan bisnis yang sama sekali belum memiliki rencana masa depan yang matang.

Artikel Terkait:  4 Hal yang Sering Menjadi Masalah Bagi Pengusaha Pemula

Cobalah untuk melakukan analisis mengenai potensi usaha yang sedang kamu jalankan saat ini. Ketika memiliki arah yang jelas,  tidak menutup kemungkinan bisnismu akan dilirik oleh investor karena dinilai potensial untuk dikembangkan.

Baca Juga: 6 Ide Baru Peluang Usaha Yang Menjanjikan.

Menyusun, merealisasikan ide dan inovasi

Sebagai perintis usaha,  tentunya kamu harus terus mengembangkan Inovasi dan ide bisnis yang berbeda dengan kompetitor. Setelah itu kamu harus melakukan uji coba terhadap ide tersebut sebelum produk yang dihasilkan diterima oleh pasar. 

Baca Juga: 4 Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan.

Mengapa ide dan inovasi sangat penting dalam suatu usaha? Karena dengan kreativitas,  akan membuat bisnis mudah diingat oleh konsumen.  Kamu dapat memberikan warna yang berbeda,  diikuti dengan analisis kebiasaan yang bisa muncul selama kamu menjalankan inovasi tersebut.

Menjaga hubungan dengan distributor dan konsumen

Dalam kewirausahaan, usahamu tidak bisa berdiri sendiri. Tentunya kamu membutuhkan klien bisnis,  yang akan mendukung kegiatan usaha mu. Salah satunya adalah distributor atau penyedia bahan baku.  distributor yang dapat dipercaya dan kompeten.

Baca juga: 4 Masalah Pengusaha Pemula.

Selain itu menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah salah satu Kunci keberhasilan penjualan. Dengan menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan,  melakukan segmentasi pasar sehingga target pemasaran produk bisa lebih tepat sasaran.

Artikel Terkait:  3 Usaha Yang Menjanjikan Menjelang Lebaran

Melakukan merketing yang efektif dan efisien

Alokasi biaya untuk pemasaran dan promosi tidak selalu membutuhkan biaya mahal.  Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini,  media promosi semakin beragam dan lebih efektif dan efisien. Bagi pemula kita harus memanfaatkan koneksi dari keluarga, sahabat atau perkumpulan yang dimiliki untuk memasarkan produk.

Baca juga: 3 Alasan Sosial Media Marketing Sangat Dibutuhkan Dalam Pemasaran Bisnis.

Selain itu memanfaatkan media sosial dan website juga menjadi strategi jitu untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen.  Pelajarilah teknik marketing online yang banyak dibahas di forum atau seminar bisnis saat ini.

Memperhatikan modal dan investasi

Ketika memulai bisnis, kita tentunya membutuhkan modal untuk membeli aset guna mendukung operasional usaha yang kita jalankan. Dengan mengetahui besaran modal, maka kita bisa menyesuaikan bisnis.

Baca juga: 4 Hal Yang Menjadi Masalah Bagi Pengusaha Pemula.

Selain itu lakukan investasi dari setiap profit yang kita  dapatkan dari usaha tersebut.  Investasi yang baik adalah investasi yang memberikan keuntungan di masa depan sehingga kita bisa meraih kemandirian finansial di usia tua. Satu yang paling potensial saat ini adalah investasi di bidang trading forex,  menggunakan jasa broker terpercaya yang akan memberikan profit maksimal secara konsisten kepada para trader di Indonesia.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Alviya, jangan lupa untuk membagikan tulisan dari admin kosngosan mengenai cara anti gagal dalam memulai usaha. Mari menjadi pengusaha yang sukses dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu masyarakat di Indonesia

Close Menu