Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

6 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris kini bisa kamu lakukan secara otodidak atau mandiri. Kuncinya hanya satu, yaitu bersungguh-sungguh. Kemampuan bahasa Inggris sendiri sangat penting, terutama bagi mahasiswa, siswa, hingga pelamar kerja. Hal ini karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang banyak digunakan di dunia.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh jika kamu ingin belajar bahasa Inggris. Agar proses belajar terasa menyenangkan, kamu bisa memilih sesuai preferensi masing-masing. Adapun beberapa caranya bisa disimak di bawah ini!

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

  1. Memulai dari kata dasar

Mulailah pelajari kata-kata dasar dalam bahasa Inggris yang berada di sekitar kamu. Seperti pena, kursi, meja, kursi, tembok, lemari, baju, celana, kakak, ayah, ibu, dan yang lainnya. Kamu juga bisa menghafal percakapan sehari-hari, seperti selamat datang, bagaimana kabarmu, ayo kita makan, yuk pergi ke kantin, jangan tinggalkan aku, sampai jumpa, dan lain sebagainya.

Semua kosa kata dan percakapan di atas harus kamu hafalkan dalam bahasa Inggris ya. Selain menghafal, kamu juga bisa langsung mempraktekkan secara langsung.

  1. Menulis lirik lagu dalam bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris secara mandiri juga tak kalah seru, lho. Kamu bebas menggunakan trik mana saja dan memulainya dari mana saja. Salah satu trik yang sudah banyak digunakan adalah menulis lirik lagu bahasa Inggris. Setelah menulis liriknya, kamu bisa mendengarkan lagunya dan belajar cara pengucapan yang tepat. Hal ini pasti menyenangkan, apalagi jika kamu menyukai lagu-lagu berbahasa Inggris. Mulailah dari lagu favorit terlebih dahulu.

  1. Tonton film berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya ialah dengan menonton film berbahasa Inggris. Menggunakan cara tersebut bisa membantu Anda memperkaya kosa kata baru, jangan lupa untuk mencari tahu artinya di aplikasi penerjemah seperti Google Translate.

Bukan hanya kosa kata, kamu juga bisa belajar berdialog dari penutur aslinya atau disebut native speaker. Kalau kesulitan, kamu bisa sesekali menghidupkan subtitle bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Akan tetapi, jangan hanya fokus membaca subtitlenya, kamu juga harus memperhatikan pelafalan kosa kata bahasa Inggris yang diucapkan.

  1. Baca buku berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat selanjutnya adalah mulai membiasakan membaca buku berbahasa Inggris. Agar lebih menyenangkan dan tidak cepat bosan, kamu bisa memilih buku yang disuka, seperti novel, puisi, dan cerpen dalam bahasa Inggris.

Cara mempelajarinya, kamu bisa membaca buku tersebut dan terjemahkan sebisanya. Ketika ada kosa kata yang tidak dipahami, kamu bisa menandainya dan mencari artinya di kamus. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara pengucapannya yang benar.

  1. Belajar melalui media sosial dan YouTube

Pada zaman yang serba canggih ini, ada banyak hal yang bisa kamu manfaatkan dari teknologi. Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris melalui media sosial maupun melalui YouTube. Saat ini banyak para content creator yang fasih berbahasa Inggris membagikan tips melalui media sosial mereka. Cara penyampaian mereka juga sangat menarik dan mudah dipahami.

Beberapa channel menarik di YouTube yang bisa membantumu dalam belajar bahasa Inggris adalah Guruku Mr. D dan Learn English With TV series. Melalui channel YouTube Learn English With TV Series, kamu akan diajak belajar beberapa kosa kata bahasa Inggris melalui cuplikan film. Sementara channel Guruku Mr. D membahas bahasa slang dan idiom bahasa Inggris, serta mempelajari bagaimana cara membaca kosa kata yang mirip dan apa saja perbedaannya.

Kamu cukup mencari nama channel mereka di YouTube dan mempelajari setiap ilmu yang mereka bagikan. Agar tidak ketinggalan setiap postingannya, kamu bisa ikuti channel mereka mulai sekarang

  1. Belajar bahasa inggris melalui teman

Tips belajar bahasa Inggris agar cepat mahir juga bisa kamu lakukan bersama teman. Jadi, jika ada salah satu temanmu yang pintar bahasa Inggris, mintalah mereka untuk mengajarimu. Biasanya materi yang sulit dipahami sendirian adalah tentang grammar. Kamu bisa minta tolong temanmu untuk menjelaskan terlebih dahulu. Supaya lebih paham, kamu bisa mencoba menulis teks bahasa Inggris, kemudian meminta tolong temanmu untuk mengecek tulisanmu.

Demikianlah cara belajar bahasa Inggris secara otodidak yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar