Mudahnya Cara Membuat Blog di WordPress Self Hosting Bagi Pemula Part 1

0
79

cara membuat blog di wordpress.org self hostingAlviyatuN Cara membuat blog di WordPress self hosting atau WordPress.org sebenarnya mudah jika kita sudah terbiasa. Namun, bagi seorang blogger pemula yang baru mengenal WordPress, tentu akan mengalami banyak kesulitan pada saat pembuatan blog karena minimnya pengetahuan dan belum terbiasa. Hal seperti ini wajar terjadi dan saya pribadi juga pernah mengalami hal yang sama saat pertama membuat blog di WordPress karena sebelumnya saya membuat blog menggunakan platform lain untuk blog AlviyatuN yang saya kelolaa ini.

Walaupun pada saat pertama kali saya membuat blog di WordPress sedikit kebingungan karena belum terbiasa menggunakan platform WordPress Self-hosted sehingga rasanya cukup menguras tenaga dan juga pikiran. Namun, setelah mencoba mencari informasi di Google dan bertanya kesana kemari ke teman-teman ngeblog akhirnya sayapun bisa membuat blog di WordPress untuk blog yang saya kelola ini bahkan hingga kini saya masih menggunakan platform WordPress untuk blog ini karena saya merasa sudah cukup nyaman menggunakannya.

Proses membuat blog di WordPress ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan sebelumnya. Ternyata prosesnya cukup mudah dan sangat menyenangkan. Bahkan saat ini saya sudah membuat blog di WordPress untuk beberapa domain dengan hosting berbeda. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, kali ini saya akan berbagai tutorial cara membuat blog di WordPress self hosting yang bisa sobat blogger baca dibawah ini. Caranya mudah kok sob tidak sesulit yang sobat bayangkan, tapi jika sobat blogger masih bingung dan belum tahu caranya bisa mengikuti tutorial ini, sobat blogger bisa mempelajari cara membuat blog di WordPress self-hosted bagi pemula berikut ini dengan seksama agar tidak bingung.

Tapi sebelum sobat membuat blog menggunakan platform WordPress.org ada beberapa hal yang harus sobat pertimbangkan terlebih dahulu yaitu kelebihan dan kekurangan menggunakan WordPress, hal yang harus dipersiapkan mulai dari domain dan hosting untuk penyimpanan file, bagaimana cara membuat blog di WordPress hingga bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang dikelola nantinya. Berikut ini isi dari postingan yang akan saya jelaskan, silahkan disimak;

Kelebihan Membuat Blog di WordPress

1. Flexible

WordPress adalah platform CMS yang flexible dan sangat mudah untuk di kostumisasi, artinya pengguna bisa leluasa mengubah dan menyesuaikan blognya mulai dari tampilan thema (template), dan juga plugin pendukung yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Menggunakan WordPress juga flexible dalam fungsinya, bukan hanya bisa digunakan sebagai blog saja melainkan bisa juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya mulai dari blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, membuat toko online, situs forum, social media, dan masih banyak lagi.

2. Pengelolaan Mudah

Bagi orang yang masih awam, membuat blog/website yang membutuhkan pemahaman bahasa pemprograman kode HTML tentu menjadi kendala terbesar yang harus dihadapi. Salah satu keuntungan menggunakan platform WordPress adalah kemudahan pengelolaan dalam membuat blog karena telah tersedia fitur “interface” untuk memudahkan pengaturan posting maupun tata letak website bagi yang belum mengetahui bahasa pemprograman.

3. Tersedia Banyak Plugin Pendukung

Kelebihan lain membuat blog di WordPress ialah tersedianya banyak plugin pendukung untuk keperluan ngeblog seperti plugin Yoast SEO untuk keperluan Optimasi Search Engine (SEO On Page), plugin Askimet anti-spam untuk membuat blog tetap aman dari komentar-komentar spam yang bisa menurunkan reputasi blog, plugin anti virus, plugin sosial media sharing dan masih banyak lagi plugin-plugin lainnya.

4. Adanya Fitur Multi Pengguna /user dengan Pengelolaan Tingkat Akses Berbeda

Keuntungan menggunakan WordPress adalah tersedianya 5 pilihan peran pengguna yangg dapat disesuaikan bagi pemilik blog dengan banyak pengelola baik penulis maupun pengelola lainnya untuk menjaga blog tetap aman. Pilihan peran pengguna yang dapat di atur mulai dari admin, editor, kontributor, penulis sampai pelanggan yang dapat disesuaikan sesuai dengan peran masing-masing. Ini menjadi salah satu keuntungan bagi pemilik blog yang ingin mengembangkan blognya bersama tim namun tingkat keamanan tetap terjaga.

Baca Juga:  Malam itu Buat Tidur Blogger !

5. Mudah Digunakan

Kemudahan untuk digunakan adalah salah satu keuntungan menggunakan WordPress, dimana kita bisa dengan mudah untuk mengatur tampilan dengan berbagai pilihan template yang tersedia, Optimasi SEO On Page yang mudah menggunakan bantuan berbagai plugin seperti All In One SEO, Yoast SEO dll.

Kekurangan Menggunakan WordPress.org Self hosting

Selain kelebihan tentunya ada beberapa kekurangan-kekurangan yang harus dipertimbangkan diantaranya:

6. Harus Memiliki Domain

Untuk membuat blog di WordPres.org self-hosted harus membeli domain yang bisa kita beli/sewa di situs-situs penyedia layanan domain dengan durasi pertahun. Yah, hal ini menjadi kekurangan utama bagi seorang blogger pemula dalam membuat blog di WordPress karena kita diharuskan membeli domain karena tanpa domain kita tidak dapat membuat blog di WordPress Self hosting yaitu WordPress.org.

7. Diperlukan Modal Lumayan Mahal

Untuk keperluan menyewa domain dan hosting dibutuhkan modal yang lumayan mahal untuk mendapatkan hasil maksimal. Memang, harga sebuah domain sebetulnya tidaklah begitu mahal. Harga domain cukup bervariasi mulai dari harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah. tergantung extensi domain yang akan dibeli. Sedangkan harga sewa sebuah web hosting berkisar antara 10rb/bulan hingga jutaan rupiah perbulan, tergantung kapasitas dan fitur yang terdapat didalamnya.

8. Keamanan Blog Tanggung Sendiri

Membuat blog di WordPress.org selain modal uang yang lumayan mahal untuk keperluan membeli domain, sewa hosting dll, faktor lain yaitu keamanan website menjadi tanggung jawab sendiri sepenuhnya. Berbeda halnya jika menggunakan versi gratis di WordPress.com, dimana dari segi keamanan sudah ditanggung oleh pihak penyedia layanan platform, membuat blog di WordPress selft hosting yaitu WordPress.org kita harus mengelola keamanan website kita sendiri.

Persiapan yang Dibutuhkan Sebelum Membuat Blog di WordPress Self Hosting

9. Modal/Uang

Uang adalah modal utama yang harus kita siapkan untuk berbagai keperluan membuat blog di WordPress mulai dari membeli domain dan hosting hingga keperluan pendukung saat ngeblog lainnya, seperti promosi, membeli theme jika ingin menggunakan yang premium (berbayar) dll. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kebutuhan utama bagi yang ingin mengembangkan blog ketingkat jangkauan lebih luas.

10. Menyiapkan Nama Domain

Domain merupakan hal penting karena tanpa domain kita tidak dapat membuat blog di WordPress Self-hosted. Jadi, sebelum lanjut ke cara membuat blog di WordPress, pastikan sobat sudah membeli domain yang akan digunakan sebagai identitas dan alamat blog nantinya. Dalam memilih nama domain yang harus diperhatikan adalah kecocokan nama domain dengan, tema blog dan nama brand yang akan di targetkan nantinya. Usahakan memilih naman domain yang unik, mudah diingat, tidak terlalu panjang serta mewakili nama brand sobat.

11. Menyewa Web Hosting

Hosting adalah komponen penting saat membuat blog di WordPress untuk keperluan penyimpanan data base dan file-file lainnya. Menyewa layanan web hosting merupakan hal penting yang harus diperhitungkan secara matang karena disinilah tempatnya penyimpanan basis data-data blog nantinya agar tersimpan dengan aman dan dapat diakses secara online. Usahakan memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan, adanya layanan auto installer, backup reguler, serta fitur-fitur lain yang sesuai kebutuhan. Saat ini banyak penyedia web hosting yang telah menyediakan beragam fitur yang memudahkan kita untuk mengelola nya seperti layanan auto installer, fitur FTP untuk memgakses file-file didalam root hosting dll.

Setelah 3 point diatas sudah terpenuhi kini sobat sudah bisa mulai membuat blog. Silahkan baca tutorial cara membuat blog di WordPress self-hosted dibawah ini:

Cara Membuat Blog di WordPress Self Hosting di Cpanel

12. Cara Instal WordPress di CPanel hosting

Pertama-tama login ke akun cpanel di  layanan web hosting. Di cPanel, sobat akan melihat lusinan ikon kecil untuk berbagai layanan dan fitur. Ini bisa sedikit berlebihan buat sobat karena yang sobat akan instal hanyalah WordPress, jadi abaikan 95% pilihan-pilihan lainnya karena sobat tidak akan pernah perlu menggunakannya.

Baca Juga:  Ingin Jadi Blogger Sukses, Yuk Segera Tinggalkan 4 Kebiasaan Buruk Ini

Gulir ke bawah ke bagian situs web dan klik pada ikon WordPress.cara instal wordpress di cpanel

Sobat akan diarahkan ke layar Instalasi Cepat untuk WordPress. Klik pada tombol Memulai.

Di layar berikutnya, sobat akan diminta untuk memilih nama domain yang akan digunakan untuk menginstal WordPress. Pilih domain dari dropdown dan kemudian klik Next.

membuat nama blog dan tagline di wordpress sebelum instalSetelah itu, sobat harus memasukkan Nama Situs, nama pengguna, dan kata sandi, serta pilihan bahasa untuk blog sobat. Disini sobat juga perlu memeriksa semua kotak centang pada bagian advanced options dan kemudian klik Instal.isi user name dam pasword blog wordpress

klik instal wordprssQuickInstall akan mulai menginstal WordPress. Marketplace akan meminta sobat untuk menjelajahi tema WordPress, sementara WordPress sedang diinstal. Tapi sobat tidak perlu melakukan itu sekarang. Pada tutorial ini akan menunjukkan cara mendapatkan tema WordPress gratis di langkah berikutnya. Setelah selesai menginstal WordPress, sobat akan melihat pemberitahuan sukses di bilah header atas. “Selamat, Anda telah membuat situs WordPress Anda”.

Setelah WordPress berhasil terinstal berarti sobat sudah berhasil membuat blog di WordPress selft-hosted dan sobat sudah bisa mulai mengakses halaman dasbor WordPress melalui URL login WordPress sobat yang akan terlihat tampilannya kurang lebih seperti ini:
http://blogsobat.com/wp-admin. Klik tautan masuk WordPress untuk masuk ke dasbor blog WordPress sobat. Sekarang sobat siap untuk menyesuaikan tampilan situs dan memulai blogging.

13. Cara Memilih dan Mengubah Tema

Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog adalah salah satu bagian paling menarik dan bermanfaat dalam proses perjalanan cara membuat blog di WordPress. Ada ribuan tema WordPress pra-instal yang dapat sobat pasang di blog sobat nantinya mulai dari yang simple sampai yang memiliki nuansa tampilan magazine. Beberapa di antaranya gratis alias tidak perlu membeli/membayar untuk menggunakkannya, sementara yang lain premium alias berbayar.

Disini sobat bisa mengubah tampilan tema dengan pergi ke dashboard WordPress dan mengklik pada navigasi menu Appearance»Themes. Lanjutkan dan klik tombol Add New.cara mencari dan memilih tema di wordpress

Pada layar berikutnya, sobat disajikan beragam pilihan tema yang dapat sobat jelajahi dan mencari tema kesukaan sobat. Ada lebih dari 5000 tema WordPress gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.org resmi yang bisa sobat jelajahi. Disini sobat bisa mencari dan mengurutkan berdasarkan fitur populer, terbaru, unggulan, serta filter fitur lainnya misalnya berdasarkan colum, ads ready,  tata letak, dll.

Untuk melihat tampilan masing-masing tema sobat bisa mengarahkan mouse ke sebuah tema dan sobat akan melihat tombol Pratinjau “Details & Preview“. Dengan mengekliknya akan membuka pratinjau tema tempat sobat dapat melihat bagaimana tampilan tema tersebut saat diterapkan di situs blog.pratinjau dan instal tema wordpress

Tips terbaik untuk memilih tema WordPress yang sempurna adalah memilih tema yang sederhana dari segi desain. Ini membantu sobat menjaga semuanya tetap bersih dan jelas sekaligus menawarkan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Ketika sobat telah menemukan tema yang sesuai, cukup arahkan mouse ke dalamnya, dan itu akan menampilkan tombol Install. Klik dan tunggu tema yang akan diinstal. Setelah itu, tombol instal akan berganti dengan tombol Activate. Pada langkah ini sobat perlu mengkliknya untuk Mengaktifkan tema pada blog sobat.

Setelah selesai menginstal tema, sobat dapat menyesuaikan tampilan dengan mengklik tautan Customize di bawah menu Appearance.

Setelah urusan memilih template dan menyesuaikan tampilan kini saatnya menginstal plugin pendukung untuk berbagai keperluan ngeblog.

14. Cara Instal Plugin WordPress yang diperlukan

Setelah selesai memilih dan mengatur tampilan tema blog, sobat mungkin ingin memulai dengan menambahkan elemen lainnya di blog sobat untuk keperluan Optimasi SEO On Page untuk meningkatkan pengunjung blog, analisa audience,  trafik blog dll.

Untuk menambahkan semua fitur tambahan ini, Anda perlu menggunakan plugin. Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan sobat menambahkan fitur baru ke situs web sobat. Ada ribuan bahkan puluhan ribu plugin WordPress yang tersedia di direktori plugin WordPress gratis yang bisa digunakan. Sebagai contoh pada artikel tutorial cara membuat blog di WordPress selft hosting ini saya coba jelaskan langkah-langkah instalasi plugin Google Analytics Dashboard for WP by ExactMetrics (formerly GADWP). Berikut ini cara instal plugin WordPress Google Analytics Dashboard for WP;cara instal plugin wordpress

Baca Juga:  Demi Menaikan Pendapatan Google AdSense, Tukang Copas Artikel Semakin Merajalela Mengambil Isi Konten Blog Orang Lain

Masuk ke dasbos WordPress »Plugins »Add New dan ketik  Google Analytics Dashboard for WP di kotak pencarian. Selanjutnya, klik “Instal” dan kemudian “Aktifkan”. Setelah aktivasi plugin, sobat bisa mulai menyesuaikannya. Sekarang saatnya mulai menulis artikel postingan;

15. Cara Menulis Artikel untuk Postingan Blog

Sekarang sobat siap untuk membuat postingan pertama untuk blog.
Untuk menulis posting blog pertama sobat, klik pada menu Post »Add New di dashboard WordPress. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.cara membuat bog di worpress dan menulis artikel

Sobat akan melihat area editor tempat sobat dapat menulis posting blog pertama sobat. Nomor 3 adalah letak judul Posting, 4 isi pembahasan dari judul artikel. Pada layar posting, sobat juga akan melihat beberapa bagian lain seperti no 5 untuk mempratinjau hasil tulisan dan save draft, Kategori yang saya beri nomor 6 dan Tag yang diberi nomor 7. Sobat dapat menggunakan ini untuk mengatur posting blog.

Setelah sobat menulis beberapa artikel posting blog, dan mendapatkan trafik yang lumayan langkah selanjutnya adalah memonetisasi blog untuk menghasilkan uang dari blog yang dikelola.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Membuat blog bukan hanya sebagai media untuk menyimpan tulisan-tulisan ataupun sebagai tempat curhat semata. Namun, aktifitas ngeblog juga bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mencari uang tambahan dengan beragam cara yang dapat kita tempuh, mulai dari memonetisasi blog dengan dipasangi iklan dari jaringan periklanan misalnya mendaftar Google AdSense, mempromosikan link afiliasi, ataupun jualan produk ataupun jasa. Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari blog WordPress yang telah sobat buat

16. Google AdSense

Banyak blogger menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di blog mereka. Jika sobat membuat blog dengan untuk dimonetisasi dengan iklan, Google AdSense adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini.

Google AdSense adalah platform iklan terbesar untuk blogger dan penerbit. Bertindak sebagai perantara antara publisher/penayang dan advertiser/pengiklan, Google mengizinkan pengiklan menawar kata kunci yang cocok dengan konten blog. Ini memungkinkan para penayang mendapatkan harga terbaik untuk iklan.

17. Afiliasi

Marketing afiliasi adalah strategi monetisasi yang paling umum digunakan di kalangan blogger. Pada dasarnya, dengan sistem afiliasi, sobat dapat merekomendasikan produk dan layanan kepada pembaca dan ketika mereka melakukan pembelian sobat akan mendapatkan komisi rujukan dari akun referal sobat.

Kunci dalam pemasaran afiliasi adalah untuk merekomendasikan produk dan layanan berkualitas tinggi yang sudah banyak digunakan orang dan terpercaya. Inilah salah satu kemudahan membuat blog WordPress, karena ada banyak plugin dan alat pemasaran afiliasi untuk WordPress yang dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang saat mempromosikan produk afiliasi.

18. Toko online

Banyak blogger menghasilkan uang dengan menjual sesuatu langsung dari blog mereka. Cara ini bisa berupa jualan produk fisik, unduhan digital seperti ebook, karya seni, musik, dan banyak lagi. Beberapa blogger bahkan menawarkan layanan konsultasi seperti konsultasi SEO Marketing dll.

Jadi jika sobat ingin membuat toko online untuk jualan, rekomendasi terbaik adalah menggunakan WooCommerce karena ini adalah plugin eCommerce terbaik untuk WordPress . Ini juga merupakan platform eCommerce yang paling banyak digunakan di dunia.

Setelah membaca artikel tutorial cara membuat blog di WordPress self hosting diatas, mudah-mudahan sobat blogger paham dengan apa yang saya jelaskan. Namun apabila sobat blogger ada yang masih bingung dengan tutorial diatas bisa membaca artikel hostinger tentang membuat blog di situs hostinger.com yang memberikan pemahaman secara mendalam tentang cara membuat blog di WordPress.

Kesimpulan

Cara Membuat blog di WordPress itu mudah, terlebih jika kita mau belajar dan memahami apa saja kelebihan dan kekurangan membuat blog di WordPress, hal apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya, hingga proses langkah-langkah yang harus dilalui untuk bisa membuat blog menggunakan platform WordPress yang bisa sobat pelajari melalui tutorial diatas yang disajikan untuk sobat blogger yang baru mengenal platform WordPress hingga membuat blog yang dikelola bisa menghasilkan uang sebagai penghasilan sampingan saat ngeblog juga saya jelaskan diatas. Sekali lagi saya katakan, proses membuat blog di WordPress ini mudah, bahkan bagi seorang blogger pemula sekalipun yang baru mengenal platform WordPress asalkan mau belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.