Cara Membuat Daftar Isi di WordPress dengan dan Tanpa Plugin (2021)

Jika Anda membuat artikel panjang dengan banyak judul dan subjudul, Anda harus mempertimbangkan membuat Daftar Isi di untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Table of Content (daftar isi) yang ditambahkan ke posting dan halaman di situs memudahkan pengguna untuk menemukan fragmen yang diinginkan dalam teks. 

Daftar isi (ToC) juga bahkan dapat membantu menampilkan tautan situs Anda pada hasil pencarian.

Membuat daftar Isi mudah baik manual maupun menggunakan plugin WordPress. Anda akan mempelajari cara membuat daftar isi konten artikel yang secara otomatis akan ditambahkan ke postingan dan/atau halaman di situs Anda.

Dalam postingan ini, saya akan menunjukan cara mudah untuk membuat daftar Isi di dalam artikel blog jenis posting atau halaman statis dengan dan tanpa menggunakan plugin. Saya juga akan membagikan rekomendasi plugin Daftar Isi yang berguna jika Anda lebih suka menggunakan plugin untuk ini.

Contoh Daftar Isi manual ToC

Contoh Daftar Isi type paragraf biasa manual mode HTML

Contoh daftar isi
Cara membuat Daftar Isi di WordPress
Daftar Isi tanpa plugin
Daftar Isi menggunakan pugin
Plugin WordPress Easy Table of Contents
Pengaturan Basic
Pengaturan “Appearance”
Pengaturan “Advanced”

Contoh Daftar Isi bernomor cara manual mode HTML

  1. cara membuat daftar isi di wordpress tanpa plugin
  2. cara membuat daftar isi artikel Blog
  3. cara membuat index di wordpress
  4. Login dan lihat fitur ToC
  5. Plugin pembuat daftar isi website WordPress
  6. cara membuat daftar isi di html
  7. cara membuat index berita di wordpress
  8. cara membuat sub judul di wordpress

Contoh Daftar Isi type list cara manual mode HTML

Dan ini dibawah ini adalah daftar isi menggunakan plugin Easy Table of Content yang otomatis tersisipkan di artikel ini.

Bagaimana cara membuat Daftar Isi di tanpa plugin ?

Pertama saya akan menunjukan bagaimana cara Membuat daftar isi secara manual di halaman post WordPress. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Pertama selesaikan draf Anda

Pertama, silahkan Anda menulis artikel seperti biasa, lengkap dengan heading dan sub-heading. Selanjutnya, menambahkan ToC di WordPress. 

Langkah 2: Tambahkan jangkar HTML ke judul

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Setelah itu tambahkan jangkar HTML ke semua judul yang ingin Anda sertakan dalam Daftar isi artikel Anda. Untuk melakukan ini cukup pilih blok heading atau subheading dan klik pada Pengaturan lanjutan sebelah kanan.

Teks jangkar nantinya akan diubah menjadi tautan lompat di daftar isi. Batasi jangkar maksimal satu atau dua kata tanpa spai dan pisahkan dua kata dengan tanda hubung.

Ulangi langkah ini pada semua judul dan subjudul yang ingin Anda sertakan dalam ToC Anda.

Langkah 3: Buat Daftar Isi

Setelah menambahkan “anchor” / jangkar HTML, saatnya membuat daftar isi. Anda tentukan dulu di mana menempatkan ToC. Saya sarankan Anda menambahkan daftar isi tepat sebelum judul pertama Anda di halaman. Inilah yang telah saya lakukan dalam artikel posting ini.

Sekarang tulis teks dari judul yang Anda rencanakan untuk ditambahkan ke daftar isi Anda. Anda dapat membuat daftar isi berpoin atau bernomor untuk judul ToC. Pada contoh daftar isi manual yang saya sertakan menggunakan judul yang berbeda. Namun, agar tidak membingungkan pembaca, setiap titik daftar isi harus sesuai dengan judul yang ingin Anda sertakan dalam ToC Anda.

Langkah 4: Tambahkan tautan ke Daftar Isi

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Sekarang buat tautan lompat dengan memasukkan HTML jangkar ke setiap judul ToC. Untuk teks jangkar harus sesuai target heading. Pertama, pilih teks lengkap dan kemudian klik tombol tautan. Setelah ini, tulis # (hash) diikuti dengan teks jangkar yang Anda masukkan untuk setiap judul di langkah 2, dan klik enter.

#AnchorText

Lakukan ini untuk semua teks jangkar. ToC Anda sekarang sudah siap.

Jika Anda mau, Anda dapat menata ToC Anda dengan mengubah warna latar belakang, warna teks, dll. Jika Anda memiliki judul ToC, maka Anda harus menggunakan block grup untuk mengelompokkan blok judul dan blok ToC dan kemudian menata blok yang dikelompokkan.

Merasa kesulitan menambahkan daftar isi dengan cara manual? Anda bisa gunakan plugin WordPress Easy Table of Content untuk membuat daftar isi di blog Anda. Easy Table of Content adalah plugin TOC WordPress daftar Isi yang mudah digunakan di website WordPress

Tambahkan Daftar Isi dengan plugin ToC WordPress

Dengan menginstal plugin, cara membuat daftar isi di WordPress otomatis dan mudah. Easy Table of Contents adalah plugin yang mudah digunakan dan mudah dipahami yang memungkinkan Anda menambahkan daftar isi ke posting, halaman, dan jenis posting khusus di situs WordPress Anda.

Kelebihan dan Fitur Daftar Isi pugin EasyTable of Content:

Plugin Table Of Content hadir dengan beberapa fitur canggih antara lain:

  • Secara otomatis menghasilkan daftar isi konten berdasarkan heading dan sub-heading;
  • mendukung tag <!- halaman berikutnya—>;
  • mendukung Rank Math – plugin SEO WordPress terbaik di dunia;
  • dapat bekerja dengan editor klasik dan blok (Gutenberg), serta pembuat halaman Divi, Elementor, WPBakery PageBuilder, dan Visual Composer;
  • Anda dapat memilih di mana daftar isi akan ditampilkan: di postingan, di halaman, atau keduanya;
  • banyak pengaturan halus untuk membuat konten ideal untuk artikel baik dari segi kegunaan dan desain;
  • beberapa jenis penanda untuk menunjuk daftar isi item untuk dipilih;
  • kemampuan untuk mengaktifkan tampilan hierarkis konten, yang didasarkan pada prioritas judul – judul H2 akan bersarang di judul H1, H3 di judul H2, dll.;
  • pengunjung dapat menyembunyikan konten dengan satu klik;
  • dukungan untuk pengguliran yang mulus;
  • daftar isi juga dapat Anda tambahkan pada bagian widget. Silakan pilih menu Appearance > Widgets kemudian pilih widget TOC Easy Table of Content untuk melakukannya;
  • kemampuan untuk menambahkan daftar isi bukan ke awal artikel pos atau halaman.

Easy Table of Contents adalah plugin WordPress favorit saya yang digunakan di blog di alviya.com, hingga waktu penulisan artikel ini.

Cara menginstal plugin Easy Table of Contents

Untuk menginstal add-on Easy Table of Contents tidak berbeda dengan cara instal plugin WordPress lainnya:

  • Login WordPress admin
  • Buka Plugin> Tambah Baru di dasbor WordPress Anda.
  • Ketik easy-table-of-contents di kolom Search Plugin untuk menemukan plugin daftar isi WordPress yang anda butuhkan… dan tekan Enter.
  • Klik “Install” di bawah judul Easy Table of Contents (Pengembang: Steven A. Zahm).
  • Tunggu plugin untuk menginstal dan klik “Aktifkan“.

Easy Table of Contents: menyiapkan plugin untuk menambahkan konten artikel ke WordPress

Setelah menginstal add-on Easy Table of Contents, saya sarankan untuk menyelesaikan pengaturannya. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Konten di area admin WordPress Anda.

Pengaturan “General” – Easy Table of Contents:

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Enable Support; Tandai bagian ceklis untuk Aktifkan dukungan tipe konten mana yang Anda rencanakan untuk ditambahkan ke daftar isi.

Auto Insert; Cara membuat daftar isi otomatis dengan plugin ini cukup tandai jenis konten mana yang harus ditambahkan penyisipan otomatis ToC. Jika ingin secara otomatis daftar isi terpasang, pada artikel postingan atau halaman, ceklist pada bagian Auto Insert Table of Content;

Position; Pilih di mana lokasi Anda ingin daftar isi muncul di postingan atau halaman: sebelum judul pertama, setelah judul pertama, sebelum paragraf pertama (Atas), atau setelah paragraf terakhir (Bawah);Di situs alviya.com;opsi “Sebelum tajuk pertama (secara default)” dipilih.

Show when. Pilih jumlah minimum subjudul per halaman, kapan mulai dari daftar isi ingin ditambahkan secara otomatis. Misalnya, jika Anda memilih 2, konten akan ditambahkan jika halaman memiliki setidaknya dua subjudul.

Display Header Label. Tentukan apakah akan menampilkan teks judul daftar isi misalnya “Isi” atau “Daftar Isi” sebelum konten (dapat diubah sesuai keinginan Anda). Untuk menampilkan judul ToC cheklist bagian ini.

Judul Daftar Isi. Jika Anda memeriksa paragraf sebelumnya, tulis di sini teks yang harus ditampilkan sebelum konten. Misalnya, “Baca Cepat”, “Konten” atau “Daftar Isi”.

Alihkan Visibilitas Toggle View. Jika Anda mencentang kotak, tombol akan muncul di sudut kanan atas blok konten, dengan mengkliknya, pengunjung dapat menyembunyikannya.

Initial View. Centang kotak jika Anda ingin Tampilan awal konten atau daftar isi ditampilkan tersembunyi saat halaman dimuat. Bekerja hanya jika item sebelumnya dicentang.

Show as Hierarchy. Tampilkan hierarki daftar isi pada artikel cukup centang kotak ini jika Anda ingin judul dari tingkat yang berbeda ditampilkan dalam hierarki.

Counter. Pilih jenis penomoran untuk daftar isi: desimal (1, 2, 2.1, 2.2, 3 …), numerik (1, 2, 3, 4, 5 …), Roman (I, II, II .I, II.II, III … ), pilih “None” untuk memilih penomoran tidak ditampilkan.

Smooth Scroll. Perhatikan bahwa setelah mengklik item konten, transisi ke judul yang sesuai pengguliran halus dilakukan dengan lancar, dan tidak dengan sentakan tajam.

Blok pengaturan – “Appearance”:

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Width. Pilih lebar blok TOC dalam persen atau piksel. Jika Anda ingin menggunakan nilai yang tidak ada di antara opsi yang disediakan, pilih Buatan Pengguna.

Custom Width. Lebar kustom memungkinkan anda menentukan sendiri lebar blok daftar isi dalam persentase, piksel, atau unit pengukuran yang dapat diskalakan, jika Anda memilih opsi “Ditentukan pengguna” di paragraf sebelumnya.

Float. Pilih apakah kotak konten harus dibungkus di kiri atau kanan, atau matikan pembungkusan teks dengan memilih Tidak Ada (default).

Title Font Size. Ukuran font judul dapat diatur dari sini sebagai persentase dari ukuran teks isi blok, titik, piksel, atau unit em yang dapat diskalakan.

Title Font Weight. Sesuaikan font judul yang dinginkan. Pilih berat font untuk judul blok daftar isi.

Font Size. Anda juga dapat mengatur ukuran huruf dengan persentase dari ukuran font utama halaman atau teks posting, poin, piksel, atau unit em yang dapat diskalakan.

Theme. Pilih salah satu desain blok tema TOC Easy Table of Content yang telah ditentukan sebelumnya atau pilih Kustom untuk menyesuaikan desain sendiri.

Custom Theme. Jika “Selektif” dipilih dalam pengaturan sebelumnya, di sini Anda dapat menyesuaikan tema khusus untuk menentukan warna untuk berbagai elemen blok dengan konten: untuk latar belakang, batas, judul, tautan (termasuk saat mengarahkan atau setelah mengklik).

“Advanced” setting plugin daftar isi Easy Table of Contents :

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Lowercase. Centang kotak untuk membuat tautan subjudul huruf kecil secara otomatis di blok daftar isi. Tidak bekerja untuk Cyrillic.

Hyphenate. Centang kotak untuk menggunakan tanda hubung (-) alih-alih garis bawah (_) pada tautan subjudul di blok konten.

CSS. Centang kotak untuk tidak memuat CSS yang ditentukan di blok pengaturan sebelumnya.

Headings. Catat judul level mana yang akan digunakan untuk membentuk konten.

Exclude Headings. Tetapkan aturan untuk mengecualikan judul dari daftar isi. Anda akan menemukan deskripsi aturan di bawah bidang ini.

cara membuat daftar isi di WordPress
cara membuat daftar isi di WordPress

Smooth Scroll Offset. Atur ketinggian offset atas di atas judul saat menggunakan pengguliran halus. Misalnya, jika ada blok setinggi 30px di bagian atas situs Anda yang tetap terlihat bahkan saat Anda menggulir halaman ke bawah, tentukan 30px di sini. Ini akan membantu mencegah blok ini tumpang tindih dengan judul saat Anda mengklik tautan dari blok TOC. Pengaturan ini hanya berfungsi jika kotak centang “Pengguliran halus” dicentang di blok “Umum”.

Smooth Scroll Offset. Pengaturan pengguliran halus di ponsel mirip dengan yang sebelumnya, tetapi untuk versi situs seluler.

Limit Path. Masukkan URL relatif dari halaman-halaman di mana Anda tidak ingin menampilkan blok dengan kontennya. Misalnya, URL relatif untuk halaman ini adalah / kak-sdelat-soderzhaniye-stati-wordpress /.

Default Anchor Prefix. Tentukan awalan jangkar default yang akan ditambahkan ke tautan dari blok TOC jika tautan ini tidak dapat dibuat dari subjudul yang dituju. Jika tidak ada awalan yang ditentukan, nomor item konten akan digunakan sebagai gantinya.

Widget Affix Selector. Tentukan kelas atau id bilah sisi untuk menambahkan daftar isi pada bagian widget misalnya sidebar kanan atau kiri. Jika Anda tidak dapat menentukan kelas atau id bilah sisi, tanyakan kepada pengembang tema Anda.

Setelah mengonfigurasi plugin Easy Table of Contents, konten akan secara otomatis ditambahkan ke jenis konten yang ditentukan dan ditampilkan seperti yang Anda tentukan dalam pengaturan ini. Dan langkah-langkah cara membuat daftar isi di WordPress dengan dan tanpa plugin pun selesai. Jangan lupa untuk ikuti website kami untuk mendapatkan konten terbaru.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar