Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

Cara Membuat WordPress : Panduan Belajar untuk Pemula

Cari tutorial WordPress? Dalam artikel ini berisi panduan untuk pemula cara membuat webisite WordPress. Mari belajar wordpress dari nol cara membuat website dengan WordPress hingga selesai!

Saya akan menunjukan kepada anda cara membuat website menggunakan wordpress dengan lengkap langkah demi langkah tanpa ada yang terlewati dari nol hingga selesai. Cara membuat WordPress baru untuk membuat situs web yang lebih mudah dan lebih cepat. Kami menggunakan platform paling populer di dunia (WordPress) untuk membuat situs web profesional. Tapi disisni saya tidak membahas tentang cara membuat website dengan wordpress di localhost. Disini saya membahas tentang cara buat website WordPress.org di self-hosting.Kenapa memilih WordPress? Dibawah saya rangkai sedikit beberapa alasan kenapa harus menggunakan WordPress untuk membuat website.

Selamat bersenang-senang 😊

 

WordPress CMS paling populer dan Mudah digunakan

Sejauh ini WordPress adalah CMS paling populer di seluruh dunia. WordPress banyak digunakan oleh orang-orang seperti mas Darmawan (panduanim.com), Sugeng Riyadi (sugeng.id), mbak Indri Lidiawati (juragancipir.com) dan masih banyak lagi. Bahkan diluar negeri beberapa website besar mengggunakan WordPress untuk situs web mereka antara lain:

  • TIME.
  • TechCrunch
  • Fortune
  • Sony Music
  • BBC America
  • The Rolling Stones
  • Walt Disney dan banyak lagi.

Cara membuat website dengan CMS WordPress tidak pernah semudah ini. Anda hanya membutuhkan nama domain dan hosting, instal WordPress, login dasboard WordPress lalu pilih situs web yang ingin Anda impor. Ada begitu banyak opsi berbeda. Tapi mungkin ada satu yang sangat dekat dengan bisnis yang ingin Anda mulai. Begitu Anda menemukannya lalu klik impor setelah Anda melakukannya, Anda benar-benar dapat mengubah apa pun.

Anda dapat mengubah teks dengan jenis font berbeda, menggunakan gambar sebagai latar belakang yang dapat dibuat parallax (jika Anda mau). Memasukkan video untuk latar belakang website. Mengubah kolom dan mengatur ulang, menghapus kolom, menambahkan animasi, atau memasukkan video yang dapat disematkan.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tombol, mengubah jarak, menambahkan halaman dan menghapus halaman, hingga mengunggah logo Anda sendiri dengan cara membuatnya lebih dulu. Bahkan Anda juga dapat mengatur ulang menu atau menambahkan formulir kontak yang benar-benar dapat Anda membuatnya terlihat seperti situs web apa pun yang Anda inginkan.

Dan jika Anda seorang pengembang web profesional, Anda mungkin menggunakan wordpress. Jadi bayangkan dengan cara baru ini untuk membuat situs web untuk sendiri, membuat situs web klien Anda dalam hitungan hari, bukan minggu atau bulan.

Berpikir mereka akan jauh lebih bahagia dan juga Anda mungkin dapat menghasilkan lebih banyak uang jika Anda dapat membuat situs web lebih cepat. Anda juga dapat membuat situs web toko online dengan platform WordPress. Dapat dilakukan menggunakan mac atau pc karena semua perangkat lunaknya online. Jadi tidak masalah apa yang Anda gunakan. Situs web Anda akan berfungsi di semua perangkat seperti desktop, tablet, dan ponsel Anda. Itulah beberapa alasan kenapa kami memilih WordPress untuk membuat website.

Kisah sukses Pengguna WordPress

Tapi, sebelum kami mulai panduan belajar cara membuat WordPres ini lebih jauh, saya akan bercerita sedikit tentang salah satu sahabat lama didunia blogging yaitu mas Danu Adji.

Mas Danu adalah salah satu contoh sahabat yang menjadi pengembang web dan sekarang dia memiliki bisnis sendiri sebagai penyedia jasa konten website. Dia membangun website bisnis menggunakan platform CMS WordPress. Dulu awalnya saya mengenal mas Danu kira-kira tahun 2015. Saat saya baru mulai belajar ngeblog menggunakan alviya.com begitupun dia yang masih baru memulai blog pribadinya yang beralamat di danuadji.com yang mungkin awalnya hanya sebuah blog catatan pribadi online.

Tiga tahun kemudian mas Danu membuat WordPress untuk bisnis jasa tulis artikel. Saya sendiri saat ini ikut bergabung menjadi salah satu agen penjualan jasa konten website dari bisnisnya. Alamat websitenya adalah saungwriter.com. Anda bisa lihat sendiri bagaimana situs bisnis tersebut terlihat begitu profesional. Dengan kepiawaiannya membuat website bisnis penyedia jasa konten Website menggunakan WordPress, mas Danu Adji pun sukses.

Website jasa penulisan artikel miliknya sudah memiliki ratusan pelanggan dan ratusan penulis profesional yang bekerjasama dengannya. Kini bisnis jasa tulis artikel miliknya tidak hanya melayani konten website untuk para pemilik blog pribadi, tapi juga mulai merambah ke perusahaan-perusahaan besar. Apa website saungwriter di buat dengan WordPress? Ya, itu adalah salah satu contoh website wordpress menakjubkan untuk bisnis.

Jika anda salah satu pemilik bisnis dan ingin mengonlinekan bisnis anda, membuat website dengan WordPress akan sangat membantu anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Bagaimana jika saya tidak bisa membuat website bisnis dengan WordPress? Tutorial ini akan menunjukan pada anda bagaimana cara membuat blog di wordpress bagi pemula langkah demi langkah, itu akan sangat mudah untuk anda ikuti.

Tapi jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, kami siap membantu Anda membuat website instan. Selama Anda mengikuti langkah-langkah dan melakukan hal-hal yang saya lakukan Anda akan memiliki situs web dan itu akan menjadi luar biasa.

Cara membuat WordPress

Sekarang mari kita bahas langkah-langkah dasar untuk cara membuat website dengan wordpress bagi pemula. Ada beberapa langkah yang harus kita lewati untuk membuat website. Tapi cara membuat WordPresss yang paling utama semuanya ada empat langkah dasar untuk membuat situs web Anda yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan nama domain,
2. Menyewa hosting,
3. Menginstal WordPress,
4. dan benar-benar membuat situs web Anda.

  1. Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mendapatkan nama domain Anda:
    Nama domain Anda sama dengan nama situs web anda. Contoh nama domain google adalah google.com nama domain saya adalah alviya.com nama domain Anda bisa apa saja yang Anda inginkan bisa .com., org, .net dan lain-lain.
    Pada dasarnya itu hanya nama situs web. Beberapa orang menyebutnya sebagai nama domain, nama website atau URL. Harga nama domain bervariasi mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah per tahun.
  2. Langkah kedua yang akan kita lakukan adalah mendapatkan hosting:
    Hosting adalah komputer yang menyala 24 jam sehari, tujuh hari seminggu yang menyimpan semua informasi situs web Anda. Jadi jika Anda hanya memiliki nama domain tetapi tidak ada hosting, orang akan dapat mengetikkan situs webanda.com tetapi tidak akan ada logo, tidak ada teks, tidak ada gambar yang muncul karena Anda memerlukan tempat untuk menyimpan semua informasi itu untuk menyampaikan kepada orang-orang 24 jam sehari 7 hari seminggu 365 hari setahun. Harga sewa hosting biayanya bervariasi mulai dari hosting termurah Rp10.000/bulan hingga jutaan rupiah. Anda akan mendapatkan diskon yang lebih besar dengan mendaftar selama beberapa bulan pada suatu waktu yang mungkin merupakan hal yang cerdas untuk dilakukan dan itu bisa turun menjadi sekitar lima puluh hingga 70% sebulan.
  3. Kemudian hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah menginstal wordpress:
    Apa itu WordLress? WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS). Dapat dikatakan WordPress adalah cara mewah yang akan membantu mengelola semua konten Anda. Alih-alih harus melakukan kode dan semua hal rumit, yang harus Anda lakukan hanyalah menginstal WordPress di akun hosting lalu menyeret gambar, mengetik dan mengubah beberapa pengaturan dan Anda memiliki sebuah situs web. Jadi kita perlu menginstal perangkat lunak WordPress itu ke situs web Anda dan untungnya WordPress adalah open source dan gratis.
  4. Hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat WordPress Anda menjadi situs yang menakjubkan:
    Membuat situs web WordPress termasuk membangun halaman, memilih warna, memasukkan semua gambar dan konten. Semua alat yang akan saya tunjukkan kepada Anda dalam artikel ini akan benar-benar gratis dan Anda akan membuat situs web Anda sendiri sehingga Anda tidak perlu membayar siapa pun untuk melakukannya. Sehingga total biaya untuk mulai membuat situs web Anda adalah hanya biaya untuk beli domain dan sewa hosting sekitar ratusan ribu. Tapi jika anda menggunakan layanan hosting Niagahoster dan memasukkan KODE KUPON A-LVIYA pada saat checkout, itu akan mengurangi biaya dari total tagihan yang harus anda bayarkan. Simpan kode kupon A-LVIYA.

Setelah anda berhasil mendapatkan nama domain dan hosting, anda sudah siap untuk memulai situs web Anda dan untuk mendistribusikannya ke seluruh dunia yang menurut saya sangat mengagumkan.

Jadi mari lakukan langkah satu dan dua, kita akan mendapatkan nama domain dan hosting Anda.

Cara membuat WordPress
Cara membuat WordPres

1. Cara Mendapatkan Nama Domain & Hosting

Di artikel ini kami berikan contoh cara mendapatkan domain dan hosting di Niagahoster. Tempat yang sama situs alviya.com di hosting. Saya pikir Niagahoster “benar-benar hebat”, mereka memiliki dukungan 24/7/365 live chat, email atau dukungan telepon. Dan saya pribadi telah bersama mereka selama 3 tahun. Dan harga mereka sangat bagus.

Ada ratusan hingga ribuan perusahaan hosting yang berbeda dan jelas saya belum mencoba semuanya dan jika Anda pergi ke layanan hosting lain maka tutorial ini akan sedikit berbeda. Tetapi masih sangat mudah untuk diikuti. Jadi kemungkinan kita akan melihat semua opsi yang berbeda. Baiklah tanpa perlu panjang lebar langsung saja, saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara membeli hosting dan domain di Niagahoster sebagai langkah awal untuk membuat wesbite:

1.1. Cara Membeli Hosting dan Domain di Niagahoster

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mendapatkan nama domain dan hosting. Karena dalam dalam hal ini saya menggunakan hosting di Niagahoster, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuka browser kita dan kita akan mengunjungi situs Niagahoster untuk mendapatkan nama domain dan hosting.

1.1.1. Kunjungi niagahoster.co.id

Untuk melakukannya Anda bisa ketikkan niagahoster.co.id di browser dan tekan enter. Anda akan melihat beberapa opsi layanan Web Hosting Niagahoster yaitu Unlimited Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, VPS KVM, Domain dan Website Instan. Di niagahoster anda juga bisa menjadi reseller hosting dengan menjalin kemitraan bersama niagahoster.

1.1.2. Pilih paket unlimited Hosting

Anda mungkin berpikir jika kita membuat situs web wordpress, mengapa tidak menggunakan hosting WordPress? Karena menurut saya Anda tidak terlalu membutuhkan dan Anda selalu dapat meningkatkannya nanti, jadi kami hanya akan tetap menggunakan web hosting. Jadi lanjutkan dan klik itu dan jika kita gulir ke bawah sedikit kita akan melihat bahwa kita memiliki empat paket berbeda yaitu paket, Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis.

Halaman ini menampilkan rincian fitur dan harga layanan hosting yang ada di Niagahoster. Paket andalan di Niagahoster yaitu Personal dengan Diskon tertinggi sebesar 75%. Klik Pilih Paket untuk memilih paket yang Anda inginkan.

Paket hosting bisnis menurut saya terlalu banyak fitur yang benar-benar tidak Anda butuhkan. Sedangkan paket Bayi terlalu minim akan fitur dan hanya menyediakan ruang penyimpanan SSD Disk Space 500MB. Sehingga ada dua pilihan tersisa yaitu antara paket Pelajar dan Personal.

Perbedaan antara kedua paket ini adalah paket pelajar dengan harga normal Rp 61.800/bulan dan ada potongan Diskon hingga 34% dengan minimal order untuk 6 bulan Anda hanya dapat memiliki sepuluh situs web seperti situs web Anda.com.

Nama PaketTotal HargaDurasi Paket
Hosting Pelajar509.8006 bulan
Hosting Pelajar561.38412 bulan
Hosting Pelajar1.039.96824 bulan
Hosting Pelajar1.468.36836 bulan

Total harga sebelum PPN

Sedangkan paket personal menawarkan fitur SpamAsassin Mail Protection untuk keamanan website, diskon hingga 75% dan addon domain tanpa batas sehingga Anda dapat memiliki seperti situs web Anda.com contoh.org, bilamana.net atau situs web bisnis apapun. Anda dapat memiliki situs web sebanyak yang Anda inginkan.

Nama PaketTotal HargaDurasi Paket
Hosting Personal706.0506 bulan
Hosting Personal488.44812 bulan
Hosting Personal1.232.30024 bulan
Hosting Personal965.25036 bulan

Total harga sebelum PPN

Meskipun Anda selalu dapat memutakhirkan hosting situs web Anda kapan saja dan Anda mungkin ingin memulai membuat situs web dengan biaya rendah untuk jangka panjang, saya sarankan untuk mendapatkan rencana paket pelajar seharga 400 ribuan pertahun atau 900 ribuan untuk durasi 3 tahun menurut saya cukup cerdas untuk mendapatkan biaya yang rendah. Jadi kami hanya akan mengklik Pilih Paket.

1.1.3. Tentukan durasi paket

Selanjutnya, anda akan di arahkan ke halaman order di mana anda dapat memilih durasi paket hosting. Periode yang dapat anda pilih mulai dari 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun hingga 3 tahun. Silahkan anda pilih durasi paket yang ingin anda gunakan.

1.1.4. Pilih Order dengan Domain Baru atau Domain sendiri

Geser kebawah sedikit untuk order hosting dengan Domain Baru atau menggunakan gunakan sendiri (Saya Sudah Punya Domain). Sekarang halaman ini akan meminta kami untuk memilih domain kami (nama alias nama situs web kami) dan kami dapat mendaftarkan nama domain baru atau Anda dapat mengatakan saya sudah memiliki nama domain. Anda akan melihat dua pilihan yang tersedia yaitu:

  • Domain Baru
  • Saya Sudah Punya Domain

Domain sendiri ini mungkin Anda membeli nama domain dari suatu tempat selain Niagahoster dan Anda sudah memilikinya, Anda dapat memasukkannya di sini sehingga Anda dapat klik Saya Sudah Punya Domain.

Masukan domain anda kedalam kolom. Ini bisa nama domain apa saja misalnya domainanda.com, .net, ini.org atau apa pun domain situs web Anda. Anda hanya memasukkannya di sini kemudian klik Gunakan Domain.

Tapi karena kami mendaftarkan nama domain baru, jadi saya hanya akan mengklik daftar domain baru dan saya hanya akan memasukkan Domain Baru saya lalu klik Cek Domain.

Cara membuat WordPres untuk situs web tidak harus selalu menggunakan .com, tetapi Anda juga dapat memilih nama domain berbeda misalnya .online, .website atau .store dan banyak lagi. Kadang-kadang .com tidak tersedia atau kadang-kadang agak keren memiliki .store .space, .host atau .net tapi saya hanya akan memilih extensi .com.

Kemudian laman akan menanyakan apakah Anda menginginkan domain rekomendasi seperti dot club, .site, .net, .online, .space, .website, .org, .me, .info, .com, atau .host dan saya pikir jawabannya adalah tidak. Anda tidak perlu semua situs web yang berbeda ini.

Anda hanya perlu satu untuk fokus menurut pendapat saya. Jadi kami hanya akan melewatkannya dan klik Tambahkan ke Cart untuk memasukan Domain Baru kedalam keranjang lalu klik Lanjutkan.

Setelah domain baru yang dipilih atau gunakan domain masuk keranjang, otomatis domain terhubung dengan paket hosting yang anda beli. Silahkan klik Lanjutkan.

1.1.5. Pilih fitur tambahan

Sekarang akan menanyakan kepada kami layanan tambahan apa yang kami inginkan. Anda akan melihat tiga rekomendasi fitur tambahan Niagahoster yaitu:

1. Auto Install Website WordPress: Fitur gratis yang akan membantu anda dalam proses instalasi CMS WordPress, yang secara otomatis akan menginstal WordPress pada layanan hosting dan domain anda.

Rekomendasi yang pertama adalah fitur Auto Install Website WordPress. Mungkin anda bertanya jika kita ingin membuat WordPress kenapa tidak kita pilih saja fitur ini? Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya sendiri jadi saya tidak berpikir bahwa kami membutuhkannya jadi kami abaikan fitur ini.

2. Keamanan SSL Certificate (HTTPS): Fitur berbayar seharga Rp125.000/tahun yang bisa anda order sekaligus dengan layanan hosting. SSL berguna untuk mengamankan pertukaran data di website, sehingga website anda menjadi lebih aman dari penyadapan para hacker.

Kedua adalah pemantauan kunci situs (SSL). Fitur ini melindungi situs Anda dari peretas dan kami selalu dapat tambahkan ini nanti. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya sendiri dan GRATIS. Jadi saya tidak berpikir bahwa kami membutuhkannya sekarang maka kami hanya akan mengabaikannya.

3. Perlindungan Privasi WHOIS: Fitur berbayar seharga Rp45.000/domain/tahun. Fitur ini berguna untuk melindungi nama, alamat, dan identitas domain Anda, sehingga mencegah pembajakan dan spam.

Apakah Anda menginginkan perlindungan privasi domain Privaci WHOIS dan apa artinya ini? Ketika Anda mendaftarkan nama domain baru, ini menempatkan nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan email di tempat di mana jika seseorang melihat situs web Anda, mereka dapat melihatnya.

Saya benar-benar bingung tentang in. Di satu sisi saya sangat mempercayai orang, dan saya merasa seperti itu harus ada di luar sana bagi orang-orang untuk menghubungi Anda. Tetapi di sisi lain, saya telah mendengar beberapa orang mengeluh bahwa, mereka mendapatkan beberapa panggilan atau email spam dari orang-orang. Jadi yang ini benar-benar terserah Anda.

Jika Anda yakin tidak ingin ada email spam atau orang yang menghubungi Anda, maka pastikan anda mendapatkan perlindungan privasi WHOIS, tetapi saya mempercayai orang, jadi saya hanya akan mengabaikannya karena harganya juga lumayan, 45.000/domain setahun.

Catatan: Jika anda menggunakan domain sendiri dengan mengklik Saya Sudah Punya Domain. Hanya akan ada dua rekomendasi yaitu Keamanan SSL Certificate (HTTPS) dan Perlindungan Privasi WHOIS.

Jika anda memutuskan untuk order fitur tambahan seperti yang kami jelaskan diatas, silahkan klik bagian Keranjang.

Bisa dilihat pada table harga diatas menampilkan perkiraan biaya paket personal. Harga hosting pelajar yang tertera untuk durasi 6 bulan tanpa diskon jumlah yang harus dibayar adalah Rp706.050. Dan saya pikir itu adalah nominal yang luar biasa hanya untuk mengeluarkan situs web Anda di internet dan untuk berbagi dengan dunia. Tetapi jika Anda memasukkan kode kupon A-LVIYA saat melakukan Checkout anda akan mendapatkan tambahan diskon.

Saya akan menunjukkan kepada Anda cara mendapatkan diskon yang lebih besar dari Niagahoster hanya dalam hitungan detik. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan jumlah paling sedikit di muka maka Anda akan menggunakan durasi paling pendek.

Sekarang jika Anda memilih paket dengan durasi yang berbeda misalnya paket personal durasi 1 tahun Rp488.448 (diskon 62%). Atau Paket personal durasi 2 tahun Rp1.232.300 (diskon 50%). Sekali lagi saya pikir itu nominal luar biasa bahwa Anda dapat memiliki situs web Anda di internet dengan biaya tersebut. Tapi jika anda memilih paket dengan durasi lebih lama itu akan memberi Anda diskon yang lebih besar. Saya rasa cukup cerdas untuk order paket personal durasi 3 tahun yang memiliki diskon tertinggi yaitu 75% dengan total biaya Rp965.250/3 tahun.

Dan sekarang ini adalah kode kupon saya (A-LVIYA) simpan dan gunakan kupon pada saat Checkout agar dapat diskon tambahan. Jika anda memasukan kode kupon A-LVIYA saat checkout, anda akan mendapatkan tambahan diskon sebesar 5% dan saya mendapatkan sejumlah komisi untuk itu. Jadi ini pasti situasi yang saling menguntungkan. Dan saya sangat menghargai Anda memasukkannya ke dalamnya membantu saya membuat tutorial ini benar-benar gratis. Selanjutnya kita akan meninjau pesanan kami.

Baiklah jadi selanjutnya setelah memilih paket hosting dan jenis paket, kami sudah membahas ini jadi saya akan lanjutkan dengan cara klik Lanjutkan keranjang.

1.1.6. Tentukan metode pembayaran

Selanjutnya anda akan di arahkan ke halaman pembayaran. Pada halaman ini, anda dapat memilih Metode Pembayaran yang akan digunakan untuk melunasi tagihan hosting dan domain.

Ada dua pilihan metode pembayaran di Niagahoster. Pertama, Pembayaran otomatis melalui Virtual Account. Pembayaran dengan Virtual Account lebih praktis dan anda tidak perlu upload bukti pembayaran tagihan anda.

Atau anda juga bisa menggunakan metode Pembayaran Manual melalui Transfer Bank. Jika anda memilih opsi bayar dengan transfer bank, maka anda harus upload bukti transfer untuk konfirmasi pembayaran yang sudah anda lakukan.

Dan seperti yang sudah kami bahas di atas untuk siklus penagihan strategi dasar di sini adalah semakin lama durasi paket yang Anda pilih semakin besar diskon yang Anda dapatkan tetapi semakin banyak uang untuk bayar di awal.

Dan semakin pendek durasi yang Anda pilih maka semakin sedikit jumlah diskon yang Anda dapatkan tetapi paling sedikit jumlah uang untuk pembayaran di muka. Jadi mungkin yang paling cerdas untuk memilih paket durasi 1 tahun atau 3 tahun untuk mendapatkan diskon terbesar.

1.1.7. Lanjut Checkout

Setelah itu anda bisa melanjutkan proses pembayaran tagihan dengan Syarat anda sudah memiliki akun di Niagahoster. Jika anda sudah memiliki akun di Niagahoster anda bisa langsung klik Login sebelah kiri dan langsung melakukan Checkout.

Karena disini kita order hosting di Niagahoster sebagai pengguna baru, maka kita harus membuat akun lebih dulu. Jadi klik saja tombol Daftar sebelah kanan.

Sebelum melakukan checkout lengkapi semua syarat pembuatan akun Niagahoster dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi keamanan Anda. Kemudian isi semua informasi Anda seperti email, nama depan, nama belakang, nomor telepon, alamat, dan negara.

Jika anda mengalami kesulitan pada saat melakukan Checkout jangan ragu hubungi layanan CS. Niagahoster memiliki layanan dukungan 24 jam selama 7 hari yang bisa dihubungi melalui telepon, live chat, atau email. Niagahoster juga memberikan garansi uang kembali selama 30 hari.

Setelah mengisi semua informasi yang di butuhkan, gulir ke bawah kemudian klik Checkout. Selanjutnya anda akan melihat sebuah halaman Invoice (tagihan). Anda juga akan dikirimi email tagihan yang berisi total tagihan yang harus dibayar, serta batas waktu pembayaran yang telah ditentukan.

Dan Setelah selesai melakukan pembayaran, layanan hosting dan domain Anda akan aktif. Selamat! Kini kita semua telah selesai pada proses untuk mendapatkan nama domain dan hosting. Anda sudah bisa mulai membuat WordPress anda. Hal selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menginstal WordPress.

2. Cara Instal WordPress

Karena pada panduan ini kita belajar cara membuat WordPress, maka hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah menginstal WordPress. Ada dua cara untuk menginstal WordPress di hosting Niagahoster yaitu melalui member area menggunakan fitur WordPress Management dan melalui cPanel dengan instalasi cepat Softaculous. Pertama, mari kita lakukan instalasi WordPress dari member area niagahoster.

2.1. Cara Instal WordPress dengan WP Management dari Member area Niagahoster:

  • 1. Login ke Member Area. Kunjungi: Login Member Area Niagahoster
  • 2. Pilih menu Layanan Anda > Kelola Hosting
  • Pilih WordPress Management untuk menginstall Website WordPress ke akun hosting Anda.
  • Lengkapi pengaturan instalasi yang diminta, kemudian klik Install
  • Instalasi WordPress Selesai

Kedua, install WordPress melalui cPanel menggunakan instalasi cepat Softaculous. Inilah yang saya katakan diawal “Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya sendiri (cara instal WordPress)”.

Jika Anda berada di hosting lain, atau bahkan Niagahoster, itu disebut quick install. Sehingga Anda dapat mengklik WordPress one click installation atau Anda dapat mengklik quick install.

Cara instal WordPress di Cpanel Hosting anda cukup masuk/login ke akun cpanel di layanan web hosting terlebih dahulu kemudian Gulir ke bawah ke bagian situs web dan klik pada ikon WordPress. Setelah melakukannya, kemudian kami dapat memilih nama domain kami. Saya memiliki banyak nama domain tetapi Anda mungkin hanya memiliki satu jadi saya akan memilih nama domain saya.

Kemudian akan terlihat tulisan yang menanyakan apakah Anda ingin meletakkan sesuatu di direktori ini direktori slash ini yang tampak seperti webanda.com/directory dan kami ingin mengosongkan ini karena kami tidak ingin wordpress terinstal di situs webanda.com/directory. Kami ingin instal saja di situs web utama.

Lihat, bagaimana mudahnya cara membuat website melalui WordPress. Tapi apakah anda tahu bahwa jika anda membayar orang lain untuk melakukan pekerjaan itu anda harus membayar hingga jutaan rupiah hanya untuk membuat website seperti itu. Menurut saya itu terlalu banyak uang terbuang sia-sia. Kami melakukannya sendiri sekarang. Jadi Anda tidak perlu memiliki seorang profesional melakukannya untuk Anda dan menghabiskan banyak uang.

Ini sangat mudah sekarang kita cukup klik selanjutnya akan meminta kami untuk memasukkan judul blog yang sama dengan nama situs web Anda. Jadi saya hanya akan memasukkan membuat situs web, tetapi Anda dapat memasukkan apa pun yang Anda inginkan karena anda selalu dapat mengubahnya nanti, super mudah dan saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana selanjutnya untuk pengguna admin.

Anda dapat memasukkan nama Anda atau nama depan admin, dan nama belakang. Saya hanya akan memasukkan nama depan dan nama belakang, dan alamat email saya. Sebelum menginstal WordPress, pastikan semua informasi yang dimasukan sudah benar. Selanjutnya klik Instal Now. Secara otomatis membuat database baru. Centang dan menyetujui persyaratan layanan dan klik instal semua. Sekarang kita bisa menunggu wordpress untuk menginstal. Dan setelah beberapa saat instalasi WordPress kami selesai. Bisa saya katakan itu supermudah.

2.2. Cara Install WordPress di cPanel Dengan Softaculous:

Untuk melakukan itu di Niagahoster yang harus Anda lakukan adalah login member area > Layanan anda> Kelola hosting > cPanel. Selanjutnya, klik instalasi WordPress OneQuick Instal melalui cPanel, kadang-kadang juga disebut instalasi cepat. Untuk prosesnya kurang lebih seperti berikut:

  • Login member area akun hosting
  • Klik Layanan anda
  • Pilih Kelola Hosting
  • Buka cPanel Hosting
  • Pilih Softaculous Apps Installer
  • Klik WordPress
  • Isi Konfigurasi instalasi WordPress, lalu klik Install
  • Instalasi WordPress Selesai

Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya untuk detail dan langkah-langkah cara instal WordPress di cPanel.

Di bawah detail instalasi saya suka menyalin ini (Info detail instalasi):

  • Software – WordPress
  • Installation Number –
  • Version –
  • Installation Time
  • Path/home/lokasifile/public_html
  • URL Admin
  • URL
  • Database Name
  • Database User
  • Database Host

Dan menempelkannya atau menyimpannya di tempat yang aman sehingga saya memilikinya untuk berjaga-jaga jika saya tidak tidak ingat alias lupa.

Pelajari juga bikin website tanpa WordPress di artikel cara membuat blog di blogger.com.

Dan sekarang kita dapat pergi ke situs web kami tetapi jika kami pergi ke situs web kami dan kami hanya mendaftarkan situs web baru ini, itu tidak akan berfungsi sehingga kami dapat membukanya dan kami dapat melihat bahwa itu tidak berfungsi dan itu karena domain masih baru.

Biasanya dibutuhkan waktu beberapa saat, mungkin satu sampai dua, terkadang hingga 24 jam. Tetapi biasanya tidak memakan waktu selama itu agar situs web Anda menyebar ke seluruh dunia. Jadi yang perlu kita lakukan hanyalah menunggu sebentar. Anda bisa bermain game online atau apa saja untuk meluangkan waktu sambil menunggu.

Saya akan kembali hanya dalam beberapa detik. Baiklah saya kembali setelah beberapa jam dan sekarang saya akan memeriksa situs web saya. Saya hanya perlu mengetik alamat situs web saya dan itu berfungsi mengatakan situs web segera hadir. Tetapi begitulah cara Anda mengetahui bahwa itu berfungsi. Sehingga kita semua selesai menginstal wordpress langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah masuk ke dasboard WordPress. Berikut adalah Cara Menggunakan WordPress:

3. Cara Masuk Dasboard WordPress

Masuk Dasbor WordPress itu sangat mudah. Untuk membuka halaman admin WordPress yang harus Anda lakukan adalah pergi ke situs webanda.com slash wp admin itu akan terlihat seperti webanda.com/wp-admin dan tekan enter.

Dan ini adalah bagaimana Anda masuk ke WordPress sehingga kami dapat menyalin dan menempelkan nama pengguna serta kata sandi kami dihalaman ini dan tekan login untuk masuk.

Lebih jelas langkah-langkah cara masuk WordPress sebagai berikut:

  • Kunjungi webanda.com/wp-admin,
  • Akan terbuka laman login WordPress,
  • Masukkan Username dan Kata sandi,
  • Enter / Klik LOGIN,
  • Setelah login, anda akan dialihkan ke halaman Dasbor WordPress.

Catatan: ganti webanda.com dengan nama atau alamat website anda.

Kami sekarang masuk ke dasbor. Itu namanya, ketika masuk ke halaman admin. Itulah, yang disebut dengan dasbor. Untuk keluar dari halaman dasbor cukup klik profil > logout di pojok kanan atas.

Kemudian, jika kita mengarahkan kursor ke nama situs web dibagian pojok kiri atas, lalu mengklik kunjungi situs, kita dapat melihat, halaman situs web yang sudah di buat.

Situs web ini tidak terlalu mengesankan karena baru dibuat tetapi ini adalah situs web. Dan jika anda mempekerjakan orang lain untuk melakukannya, mereka akan menagih Anda mulai dari 1jt hingga puluhan rupiah hanya untuk membuat website seperti ini. Dan saya pikir itu konyol karena sangat mudah dan saya kira situs web ini cukup keren tapi itu benar-benar tidak keren kami dapat membuatnya jauh lebih baik.

Dihalaman admin WordPress terdapat beberapa menu navigasi yang disebut dengan Bilah Alat. Dari sini anda dapat menyesuaikan beberapa pengaturan dan juga mengubah tampilan dasbor WordPress anda.

Dan hanya ada di sana ketika Anda masuk sehingga tidak ada orang lain yang melihatnya jika mereka pergi ke situs web Anda. Hanya Anda yang dapat melihatnya karena Anda masuk sehingga hal berikutnya yang akan kami lakukan adalah mengubah kata sandi kami.

4. Cara Ganti Kata Sandi di WordPress

Bagaimana jika saya memiliki kata sandi funky yang sangat panjang yang sulit untuk diingat? Tetapi kami ingin mengganti ke kata sandi kami sendiri dengan kata sandi yang mudah diingat. Yang harus Anda lakukan adalah mengarahkan kursor ke nama situs web Anda dan kembali ke dasbor.

Cara mengubah kata sandi WordPress:

  • Login akun WordPress
  • Klik Pengguna.
  • Di bawah nama pengguna Anda klik Profil dan edit,
  • Kemudian gulir ke bawah sampai ke bagian Manajemen Akun dan klik Atur Kata Sandi Baru.
  • Masukkan kata sandi baru. Anda kemudian dapat mengetikkan kata sandi Anda sendiri disini.
  • Setelah itu klik Perbarui Profile.

Catatan: Di bawah Atur Kata Sandi Baru saya menyembunyikan kata sandi milik saya supaya seluruh internet tidak melihatnya menghindari orang lain masuk ke situs web saya.

Baiklah sekarang kami memiliki seluruh situs web kami dengan kata sandi baru kami dan kami selesai dengan itu. Selanjutnya kami akan menghapus plugin yang tidak diperlukan.

5. Cara Menghapus Plugin di WordPress

Berikutnya yang akan kami lakukan adalah menghapus semua plugin yang menurut kami tidak diperlukan. Apa itu plugin? Plugin membantu Anda memperluas fungsionalitas WordPress standar bawaan. Artinya adalah WordPress tidak datang dengan segala sesuatunya dengan lengkap. Ada beberapa fungsi yang tidak datang sebagai bawaan.

Misalnya formulir kontak yang sangat keren atau cara yang sangat keren untuk mengedit situs web menjadi tampilan yang lebih memukau. Tetapi salah satu hal terbaik tentang WordPress adalah, siapa pun dapat membuat sesuatu untuk WordPress. Semua orang dapat membangun semua hal yang berbeda untuk WordPress dan Anda dapat menambahkannya. Seperti halnya rumah tinggal, secara default Anda tidak memiliki kulkas tetapi Anda membelinya dan sekarang dirumah Anda dapat mendinginkan makanan.

Contoh lain yaitu rumah Anda tidak memiliki tv tetapi Anda membeli satu dan sekarang Anda dapat dihibur dengan film. Itu ide yang sama dengan plug-in WordPress. Tidak bisa lakukan segalanya sendiri, tetapi Anda dapat menginstal plug-in WordPress gratis atau menggunakan yang berbayar untuk melakukannya.

Dengan bantuan plugin Anda dapat melakukan banyak hal keren lainnya, tetapi terkadang perusahaan hosting menawarkan penawaran yang bagus, mereka akan membuat kemitraan dengan pengembang plug-in. Meskipun Anda tidak benar-benar membutuhkan pluginnya, jadi saya tidak akan marah pada perusahaan hosting karena melakukan ini, mereka menawarkan semua orang penawaran hosting yang sangat bagus.

Tetapi Anda tidak memerlukan semua plugin yang ada, jadi saya ingin menunjukkan pada Anda cara menghapus semua plugin yang sebenarnya tidak perlu. Anda bisa lakukan itu dengan cara klik pada plugin dan kemudian Anda dapat menggulir ke bawah dan mencentang kotak plugin yang akan membuat semua plugin dipilih. Kemudian dari drop-down pilih nonaktifkan dan terapkan.

Nonaktifkan semua plugin tidak perlu dan kemudian centang kotak plugin lagi yang akan memilih semuanya dan pergi ke kotak drop down lagi dan pergi ke hapus dan terapkan yang akan menghapus satu per satu semua plugin Anda. Sekarang situs web Anda bersih dan Anda tidak memiliki semua plugin yang tidak terpakai. Setelah kami melakukannya, kami akan mengubah sesuatu yang disebut permalink.

Dan cara termudah untuk menjelaskan itu untuk menunjukkan kepada Anda. Sebuah contoh, jika kita mengarahkan kursor ke nama situs web kita dan klik pada kunjungi situs, dan kita gulir ke bawah dan klik pada posting terbaru bawaan WordPress “hello world” ini di bar browser akan menampilkan alamat seperti https://www.webanda.com/?p=123. Permalink dengan nomor disebut type Plain.

Url sperti ini sangat tidak human readable, susah diingat, dan kurang familiar untuk dipahami manusia. Dari sisi SEO, untuk mesin perayap pencari seperti Google, permalink seperti ini tidak mudah diindeks dan tidak ramah SEO.

Melalui menu Pengaturan Permalink anda bisa mengganti strukture url tadi. Misalnya, menggunakan Day and Name yang akan menampilkan tahun, bulan dan tanggal pos diterbitkan sehingga akan tampak seperti http://www.webanda.com/2021/12/26/halo-dunia/. Tapi sekali lagi, strukture url ini tentu sama sekali tidak menarik dan susah diingat.

Sekarang jika kita pergi ke situs web google atau situs web apple dan kita mengklik halaman tentang mereka, itu hanya akan mengatakan apple.com slash about yang tampak seperti https://www.aple.com/about/ dan tidak akan menampilkan apple.com slash index.php bla.. bla.. bla.. bla. Jadi kami ingin menyingkirkan indeks.php ini karena tidak profesional. Dan untuk melakukannya kita atur melalui permalinks. Untuk melakukan itu kita akan kembali ke dasbor dan mari kita singkirkan tanda centang pada kotak paling atas dan kita akan pergi ke pengaturan lalu permalinks sekarang kita bisa melihat dibagian Pengaturan Permalink WordPress ada beberapa pilihan:

Pengaturan Umum permalinks di WordPress

  • Plain https://www.webanda.com/?p=123
  • Day and Name : https://www.webanda.com/2021/09/25/contoh-tulisan/
  • Month and Name : https://www.webanda.com/2021/09/contoh-tulisan/
  • Numerik : https://www.webanda.com/arsip/123
  • Post Name : https://www.webanda.com/contoh-tulisan/
  • Structure Custom : https://www.webanda.com

Di bagian paling bawah struktur khusus ini memiliki cara mudah untuk menampilkan url Anda di WordPress. Struktur tersuai memungkinkan anda menyesuaikan sendiri strukture url menggunakan tag yang tersedia:

  • %year%
  • %monthnum%
  • %day%%hour%
  • %minute%
  • %second%
  • %post_id%
  • %postname%
  • %category%
  • %author%

Tapi kami hanya ingin itu sederhana jadi kami hanya akan mengklik Post Name atau nama posting lalu gulir ke bawah dan klik simpan perubahan. Sekarang jika kami kembali dan mengunjungi situs kami dan kembali ke sana di postingan halo dunia kita akan melihat situs webanda dot com slash hello-world yang tampak seperti https://www.webanda.com/hello-world/. Sempurna!

Anda sekarang sudah tahu bagaimana mengubah permalink WordPress tanpa harus bermain kode yang rumit. Ini sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

7. Cara Perbarui Versi WordPress

Hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah memastikan bahwa versi WordPress yang digunakan sudah paling baru. WordPress yang selalu diperbarui sangat penting untuk kompatibilitas plugin dan tema yang digunakan.

Jadi, kita hanya perlu mengarahkan kursor ke nama situs web kami dan kembali ke dasbor WordPress, lalu klik Pembaruan. Dan sepertinya, WordPress kami sudah up to date. Sehingga hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah mengubah tema situs WordPress.

8. Cara Mengganti Tema WordPress

Tema situs web adalah desain seperti apa tampilan website. Jadi ketika orang mengunjungi situs web kami, itu akan terlihat dengan cara tertentu tetapi jika kami mengubah tema situs web itu akan terlihat berbeda dan jauh lebih baik.

Ada ribuan tema WordPress gratis di directory Tema WordPress yang bisa kita pilih. Dan untuk mengubah tema WordPress Anda cukup buka tampilan atau Apperance dan klik pada Themes lalu klik Add New untuk menambahkan tema baru lalu klik Activate. Seperti yang kami katakan, ada begitu banyak tema gratis untuk dilihat. Lihat juga rekomendasi kami beberapa tema berbayar yang dapat diunduh secara cuma-cuma dalam artikel download template WordPress premium gratis. Selanjutnya kami akan mengganti judul website.

9. Cara mengganti Judul / Nama Situs WordPress

Cara mengganti judul atau nama situs WordPress sangat mudah. Yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan beberapa pengaturan kecil untuk mengubah judul website. Ada tiga cara untuk melakukannya. Berikut ini caranya:

9.1. Cara Mengganti Nama / Judul Website WordPress melalui menu Setting / Pengaturan:

  • Login ke dasbor WordPress Anda.
  • Pilih menu Setting > General.
  • Anda dapat mengubah judul website Anda pada Site Title untuk mengganti nama website.
  • Masukkan keterangan singkat atau deskripsi pada kolom Tagline.
  • Selanjutnya klik Update untuk menyimpan perubahan.

9.2. Cara Mengganti Nama / Judul Website WordPress melalui menu Apperance:

  • Login ke dasbor WordPress Anda.
  • Pilih menu Appearance > Customize.
  • Klik Site Identity Anda dapat mengubah judul website Anda pada Site Title untuk mengganti nama atau judul situs.
  • Masukkan keterangan singkat atau deskripsi pada kolom slogan (Tagline).
  • Selanjutnya klik Update agar perubahan tersebut tersimpan.

Jika menggunakan tema pihak ketiga terkadang lokasinya sedikit berbeda untuk mengubah judul website. Biasanya melalui Apperance > Custumize > Layout / tata letak. Dan kemudian kita dapat mengklik tajuk lalu klik identitas situs pada tulisan Site Title di sini Anda dapat memasukkan Logo jika Anda sudah memilikinya.

Jika Anda tidak memiliki logo, anda bisa membuatnya lebih dulu. Tetapi jika Anda hanya ingin mengubah Logo teks sekarang kita bisa melakukannya dengan mengubah judul situs serta deskripsi pada bagian Tagline di sini. Judul situs biasanya menggunakan nama bisnis dan deskripsi kalimat pendek yang menjelaskan tentang apa bisnis anda.

9.3. Cara Mengganti Judul Website WordPress Homepage Statis

  • Login ke dasbor WordPress Anda.
  • Pada menu Pages, pilih All Pages.
  • Pada halaman Homepage yang dijadikan Front Page, klik Edit.
  • Anda dapat mengubah judul website Anda pada bagian judul halaman / tag H1.
  • Jangan lupa untuk mengklik Update agar perubahan tersebut tersimpan.

Dengan cara membuat HomePage static di WordPress, anda lebih leluasa untuk mengubah judul website. Misalnya judul “membuat situs web” dibagian HeroPage dan tagline Anda lebih banyak informasi yang menggambarkan bisnis Anda. Jika Anda seorang desainer grafis mungkin anda dapat memasukan media untuk menggambarkan semua yang bisnis Anda tawarkan dibagian ini. Tapi ingat, mungkin Anda melakukan animasi atau potret atau gambar garis dan .Judul situs Anda dan tagline akan ditampilkan di mesin pencari. Jadi pastikan itu menggambarkan dan menjelaskan apa yang bisnis Anda tawarkan.

Setelah kami selesai dengan itu kami dapat kembali halaman dasbor. Dan selanjutnya kami akan tunjukan kepada anda adalah cara membuat halaman baru.

10. Cara buat Halaman Baru di WordPress

Hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah menambahkan halaman baru di WordPress. Saya akan menunjukan kepada anda bagaimana cara kita buat static page dari WordPress. Mungkin Anda tidak ingin semua halaman yang dibuat sebelumnya tapi Anda ingin menambahkan halaman Anda sendiri. Tentu saja jadi hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengklik laman dan kemudian kita akan mengklik tambahkan baru.

Detail langkah-langkahnya kurang lebih begini:

  • Caranya masuk ke dasbor WordPress.
  • Pilih halaman pages WordPress.
  • Klik menu pagesadd new.
  • Selanjutnya beri judul halaman pages WordPress anda. Misalnya halaman about us, home statis atau halaman lainnya.
  • Isi juga deskripsi halaman.
  • Setelah selesai, klik Publish
  • Dengan cara ini anda sudah bisa melakukan sendiri untuk membuat halaman baru di WordPress.

Anda dapat menggunakan editor wordpress 5 gutenberg untuk membuat halaman baru. Atau anda juga bisa menggunakan plugin Page Builder seperti Elementor untuk melakukannya. Anda dapat mempelajari cara kerjanya untuk masing-masing editor halaman. Tapi menggunakan editor gutenberg baru wordpress menurut saya itu belum cukup dan elemen masih lebih banyak Elementor.

11. Buat WordPress lebih aman

Berikutnya yang akan kami lakukan adalah bagaimana cara membuat WordPress kita lebih aman dari serangan Hacker dalam pertukaran informasi. Dan salah satu caranya adalah menggunakan url versi https dengan cara install SSL certificate di WordPress kita.

11.1. Cara install SSL certificate di WordPress

Untuk mengaktifkan ssl. Anda dulu harus membayar untuk memiliki certificate SSL. Untungnya Niagahoster memberikannya gratis. Anda mungkin telah melihat teks tidak aman di sini yang menunjukkan kepada pelanggan Anda ketika informasi mereka tidak dienkripsi.

11.1.1. Apa itu SSL?

Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi yang berfungsi untuk menciptakan koneksi yang lebih aman antara website dan browser. Dan cara kerjanya adalah;

Jika seseorang mengisi informasi kartu kredit atau bahkan pada formulir kontak Anda. Kemudian mengirim itu kepada Anda maka informasi itu harus melakukan perjalanan melalui internet. Dan orang-orang seperti peretas atau bahkan penyedia layanan internet Anda sendiri dapat melihat informasi itu. Kecuali jika dienkripsi maka semua informasi tidak akan terlihat.

Jadi itulah yang SSL lakukan mengenkripsi semua informasi pengguna Anda. Sehingga orang tidak dapat mencegat dan mencuri informasi pelanggan Anda.

Apa keuntungannya menggunakan SSL untuk website?

Google benar-benar menindak situs yang tidak memiliki certificate SSL. Tak hanya itu, Google juga memberi peringkat lebih tinggi kepada website yang memiliki https dan Anda juga tidak mendapatkan notif warna merah tidak aman. Google telah menindaknya dan mereka sangat serius tentang hal itu dan mereka ingin semua situs web menjadi https karena mereka tidak ingin ISP dan peretas mencegat informasi pelanggan Anda.

Jika Anda sedang membuka halaman ini, kita akan melihat bahwa situs alviya.com memiliki simbol kunci yang bagus. Tapi jika di salah satu halaman ini Anda tidak melihat simbol kunci cukup klik halaman Contact Us untuk memberitahukan kepada kami. Sehingga kami dapat memperbarui SSL simbol kunci HTTPS itu.

11.1.2. Cara pasang SSL dengan plugin WordPress

Untuk mengaktifkan ssl menggunakan plugin ssl WordPress gratis, kita hanya perlu pergi ke dasbor dan kemudian mengklik plugin, lalu mengklik tambahkan plugin baru. Selanjutnya ketikkan SSL melalui kolom pencarian untuk mencari ssl. Dan kita akan menemukan sebuah plugin ssl yang sangat sederhana yang akan kami instal sekarang. Selanjutnya kita akan mengklik aktifkan. Setelah plugin kita diaktifkan, kita dapat pergi ke Pengaturan > SSL. Dan jika menggulir ke bawah kita dapat melihat tanda centang di sebelah sertifikat ssl terdeteksi di situs Anda.

Dengan begitu berarti kita memiliki ssl di situs web kita sehingga Anda tidak perlu menghubungi Niagahoster atau hosting apa pun yang Anda miliki, mereka harus menawarkannya kepada Anda secara gratis. tetapi dalam banyak kasus biasanya berfungsi secara default, lalu klik lanjutkan, aktifkan ssl. dan sekarang jika kami mengunjungi situs web kami itu seharusnya menunjukan HTTPS yang berarti SSL telah terinstal.

Tapi jika ternyata simbol kunci aman dan url tidak dapat menampilkan HTTPS, maka kita harus sedikit bersenang-senang didalam akun hosting untuk instal SSL gratis dari Let’s Encrypt SSL di cPanel. Maka hal berikutnya yang akan kita lakukan adalah memasang SSL di cPanel hosting.

11.1.3. Cara Memasang SSL Gratis di cPanel
  • Login ke cPanel di akun hosting.
  • Temukan menu Security lalu pilih Let’s Encrypt SSL.
  • Pada menu Issue a new certificate, pilih nama domain / website yang akan dipasangkan SSL dan klik Issue.
  • Kemudian klik pilih tombol Issue kiri bawah.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dan otomatis website terpasang SSL.

Baca juga artikel kami cara mendapatkan SSL gratis dari CloudFlare.

Sekarang kami perlu memberi tahu pengunjung bahwa situs web yang lama adalah http dan website kami yang baru adalah https. Maka kita harus menulis ulang semua url itu untuk gambar dan tautan dan semuanya supaya semua tautannya adalah https bukan hanya http.

12. Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Jadi sekarang kami perlu mengganti url kami karena semua gambar serta permalink website kita sebelumnya menggunakan http dan bukan tautan https, jadi kita perlu menulis ulang urlnya.

Hal ini sedikit teknis tetapi sangat mudah untuk melakukannya. Selain itu, hal ini akan membuat kita logout dan mengharuskan kita masuk kembali ke versi https di situs web kita. Untuk melakukan itu kita perlu melakukan redirect url Http ke Https. Berikut ini caranya:

12.1. Cara Redirect Http to Https Manual Htaccess

1 Pertama, masuk dashboard WordPress.

2. Di dasbor WordPress, klik Settings > General.

3. Ganti permalink http://webanda.com menjadi https:webanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan mengganti webanda.com dengan nama domain milik anda. Lalu klik Save Canges.

4. Selanjutnya masuk ke akun hosting > cPanel . Cari menu File Manager untuk mengedit file .htaccess.

5. Masuk ke folder instalasi WordPress Anda, cari dan temukan public_html, lalu edit.

6. Kemudian, copy dan pastekan kode berikut di bawah baris #END WORDPRESS.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.webanda.com/$1 [R,L]

7. Setelah itu klik Save Changes.

8. Setelah menerapkan cara redirect HTTP ke HTTPS. Seharusnya simbol kunci gembol tampil di Google Chrome maupun browser lainnya. Silahkan coba akses website Anda untuk melihatnya.

Catatan: Ubah www.webanda.com menjadi nama domain milik Anda.

12.2. Redirect Http ke Htpps menggunakan Plugin WordPress.

Buat Anda yang tidak paham cara mengedit file .htaccess dari cPanel bisa menggunakan cara yang lebih mudah dan aman dengan bantuan plugin HTTPS redirection bernama Really Simple SSL. Caranya adalah:

  • Login dashboard admin WordPress
  • Klik Plugin > Add New. Kemudian, cari plugin Really Simple SSL, lalu klik Install Now > Activated.
  • Setelah plugin diaktifkan, pergi ke menu Settings > SSL.
  • Selanjutnya dibagian atas halaman Anda akan melihat pesan redirect ke HTTPS belum aktif. Jadi, klik saja tombol Go ahead, activate SSL!
  • Refresh browser yang Anda gunakan. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan sukses yang berarti SSL di website WordPress Anda telah aktif.
  • Setelah SSL aktif, pastikan website Anda dapat menampilkan simbol gembok dan halaman dengan URL Https di bilah browser. Silahkan akses postingan dan halaman satu per satu untuk mengeceknya.

Selamat! Anda berhasil mengaktifkan HTTPS untuk website WordPress anda. Simbol gembok berwarna hijau akan terlihat di samping nama domain Anda menunjukkan bahwa kita telah menginstal ssl sepenuhnya. Anda dapat mengunjungi situs kami dan sekarang kami memiliki kunci aman yang bagus di sana karena website kami sudah https.

13. Logout

Saat ini kami rasa cukup sampai disini dulu pembahasan cara membuat website dengan wordpressorg. Dan, karena kami telah selesai dengan semua yang kami lakukan. Jadi hal terakhir yang dapat kami lakukan adalah logout. Untuk keluar dari halaman admin / dasbor WordPress cukup arahkan kursor ke nama pengguna Anda dan klik logout.

Sekarang kita bisa pergi ke situs web kami dan ini adalah cara pengguna akan melihatnya dengan https karena sssl terinstal dan itu terlihat sangat bagus.

Penutup

Kami sudah sampai pada ujung pembahasan cara membuat WordPress dari awal hingga akhir postingan ini. Semoga kita bersama belajar banyak sehingga Anda dapat mengontrol seluruh situs web Anda dan membuatnya seperti yang Anda inginkan. Jadi saya berharap Anda beruntung dalam perjalanan Anda.

Jadi saya harap Anda menikmati artikel cara membuat WordPress ini. Dan harap ingat untuk memberi komentar dan berlangganan situs saya. Terima kasih banyak!

FAQ

Jelaskan langkah langkah membuat WordPress?

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat website di WordPress:
1. Mendapatkan nama domain,
2. Menyewa hosting,
3. Instal WordPress,
4. Pasang Tema Website,
5. Install Plugin,
6. Posting Artikel,
7. Buat WordPress anda terindex mesin pencari.

Menurut kalian bagaimana langkah langkah untuk membuat website gratis menggunakan WordPress?

Langkahlangkah cara membuat WordPress di situs WordPress.com secara gratis:
#1. Kunjungi www.wordpress.com untuk mendaftar dan membuat akun di WordPress.com.
#2. Isi form pendaftaran informasi seperti email, nama pengguna (username), dan password, untuk data login.
#3. Gunakan alamat email yang aktif. Saat isi form email pastikan Alamat Surel (Email) yang digunakan aktif untuk proses erifikasi.
#4. Pilih username yang mudah Anda ingat. Gunakan nama Pengguna (Username) yang muda diingat supaya setiap login lebih mudah mengingatnya.
#5. Gunakan password yang unik. Saat membuat Kata Sandi atau password sebaiknya menggunakan sesuat yang unik dan tidak mudah ditebak orang.
#6. Cek ketersediaan nama. Cek nama yang akan digunakan untuk nama website Anda. Jika tersedia bisa lanjut tahap berikutnya.
#7. Pilih paket. WordPres.Com tidak hanya menyediakan ersi gratis tapi juga yang berbayar. Jadi pastikan anda memilih “mulai dengan situs gratis” bagian kanan atas.
#8. Selanjutnya “beri nama website Anda” serta pengaturan standard lainnya.
#9. Aktiasi email. Jangan lupa cek email untuk aktivasi data registrasi website anda di wordpress.com.
#10. Website anda sudah siap.

Apakah WordPress gratis?

Jika anda membuat website di WordPress.com, anda akan mendapatkan domain dan hosting gratis dari WordPress secara cuma-cuma. Semuanya sudah disediakan dari WordPress.com secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar saja secara gratis. Tapi jika menggunakan WordPress.org, anda membutuhkan biaya menyewa hosting dan domain.