2 Strategi Penting Cara Meningkatkan Traffic Blog

Cara meningkatkan traffic blog adalah topik yang pada dasarnya harus dipelajari oleh semua blogger lebih lanjut dan lebih dalam untuk menambah jumlah pengunjung dan viewers blog.cara meningkatkan traffic blog

Inilah yang saya maksud: Mengingat pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir, mungkin ada lebih dari 250 juta blog online saat ini.

  • Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 50% dari semua posting blog mendapatkan lebih dari 8 bagian.
  • Bahkan 42% dari posting blog yang dipasarkan secara profesional menerima kurang dari 10 interaksi!
  • Dan sepertinya kurang dari 1% artikel mencapai 1000 share.

Kebanyakan orang, bahkan profesional, benar-benar mengisap pemasaran posting mereka. Mereka tidak mengambil langkah yang benar atau membangun hubungan yang benar.

Didalam postingan ini kita akan mengulasnya.

Sobat akan belajar bagaimana meningkatkan traffic blog dalam 2 langkah mudah. Mari kita mulai.

DUA STRATEGI CARA MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG  YANG PERLU SOBAT COBA

Saya akan memulai dengan ikhtisar singkat tentang strategi, lalu kita akan memecahnya lebih jauh – selangkah demi selangkah. Strategi ini sebetulnya hampir sama dengan yang pernah saya ulas pada postingan yang berjudul cara mendatangkan pengunjung blog, akan tetapi pada postingan ini lebih pada tehnik penerapannya.

Di sini kita akan membahas:

  1. Tujuan Jangka Panjang: SEO
  2. Berbagi di Media Sosial

Jika sobat siap untuk mulai mendapatkan lalu lintas blog yang sesungguhnya, cepatlah cepat, lalu teruslah membaca. sobat tidak akan kecewa.

STRATEGI # 1: MULAI DENGAN SEO

Jika sobat AlviyatuN memulai sebuah blog, setiap posting blog yang sobat tulis seharusnya ada kata kunci yang tertanam didalam postingan sobat.

Ya, tapi ada pengecualian – jika sobat menulis berita yang hanya relevan karena beberapa acara atau menulis pembaruan tentang layanan sobat. Namun untuk sebagian besar, sobat ingin mengoptimalkan setiap posting di sekitar kata kunci target.

Ada beberapa alasan untuk ini:

  • SEO butuh waktu, jadi jika sobat sudah mengoptimalkan post sejak awal, sobat akan mencapai tujuan lebih cepat.
  • Lalu lintas organik ada di bagian atas daftar hasil pencarian, bertanggung jawab atas ratusan ribu pengunjung ke blog teratas di setiap niche.
  • Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Selama sobat tidak melakukan “keyword stuffing” atau penjejalan kata kunci, sobat akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dan akhirnya belajar meningkatkan traffic blog. Baca juga: Keyword density ideal untuk seo blog

Ini juga tidak terlalu sulit. Beberapa orang bahkan meyakini (termasuk saya sendiri) bahwa SEO masih menjadi low hanging fruit bagi banyak blogger. Itu karena SEO nampaknya rumit, sehingga kebanyakan orang menghindarinya – mengurangi persaingan.

Disini kita coba memecahkan masalahnya dengan sangat cepat, dan memberi sobat beberapa sumber untuk memulai:

1. SEO dimulai dengan riset kata kunci (keyword research).

Jelas, jika sobat ingin mendapatkan peringkat di Google, sobat perlu tahu kata kunci apa yang ingin sobat targetkan. Itulah gunanya riset kata kunci. Tapi kata kunci itu cukup banyak persaingan dan kata kunci terkait yang akan ditargetkan, untuk itu sobat bisa menggunakan alat yang tepat:

  1. Ahrefs (alat berbayar) untuk memata-matai kata kunci pesaing.
  2. Perencana Kata Kunci Google atau Google Keyword Planer (gratis) untuk menemukan kata kunci yang terkait untuk kata kunci utama dan kata kunci turunan.

Ambil kata kunci utama misalkan seperti “cara meningkatkan traffic blog“, jika itu yang sobat tulis di pencarian Google, maka akan tampil beberapa kata kunci terkait seperti:

  • cara menambah visitor pada blog
  • cara memperbanyak viewers blog
  • cara menaikan rating web di google
  • cara meningkatkan jumlah pengunjung blog

Setelah mendapatkan kata kunci utama, riset kata kunci ke salah satu alat diatas. Sobat juga bisa melihat hasil pencarian google untuk kata kunci itu dan melihat autofill dan pencarian terkait di bagian bawah halaman:

Fungsi penelusuran Google terkait, salah satu bagian cara meningkatkan traffic blog

Kemudian, ambil semua kata kunci yang terkait dan gunakan salah satu alat penelitian kata kunci di atas. Bila Anda menemukan kesulitan dengan kata kunci persaingan rendah, buat postingan di sekitar topik itu, termasuk kata kunci utama dan kata kunci yang terkait. Ini adalah langkah pertama sobat untuk belajar bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Jika sobat menggunakan GKP ( Google Keyword Planer ), sobat bisa mendapatkan gambaran kata kunci yang tepat namun akan menemukan kesulitan berdasarkan otoritas domain (DA) dari hasil pencarian saat sobat memasukkan kata kunci itu di Google. Sobat dapat menemukan DA dengan Moz Open Site Explorer . Sebagai aturan praktis, jika banyak posting dihalaman pertama Google rata-rata yang tampil memiliki DA lebih dari 40 atau 50, mungkin akan sulit untuk mengungguli mereka. Tapi menggunakan Ahrefs atau SEMrush akan memberi gambaran yang lebih baik.

2. Setelah sobat menulis posting, optimalkan untuk kata kunci target.

Mengoptimalkan halaman untuk kata kunci tertentu disebut SEO on-page. Ini sebenarnya cukup sederhana akan tetapi terlihat rumit karena banyak faktor yang mempengaruhi peringkat di SERP.

 

3. Untuk hasil maksimal, bangun beberapa link.

Membangun link adalah bagian utama dari SEO akhir-akhir ini dan elemen penting untuk belajar bagaimana mendatangkan pengunjung blog – plus, alasan # 1 SEO adalah low hanging fruit. Kebanyakan orang hanya melewatkan langkah ini sepenuhnya.

Menurut Andrey Lipattsev seorang Search Quality Senior Strategist di Google (Irlandia), tautan adalah salah satu dari 2 faktor peringkat teratas Google.  Andrey Lipattsev, telah bergabung dengan Google sejak Agustus 2010, mulai sebagai Search Quality Associate. Dia lulus dari King’s St. Joseph’s Hall College, Oxford, Inggris / Universidad de Oviedo, Spanyol / Hull University, Inggris / Grenoble Graduate School of Business, Perancis. Dia berbicara dalam 5 bahasa: Rusia, Inggris, Spanyol, Jerman dan Prancis.

Membangun backlink berkualitas tinggi di situs yang relevan tidaklah sulit, namun memakan waktu lama. Ini membutuhkan banyak penjangkauan manual.

Ada faktor lain juga yang perlu dipertimbangkan dengan SEO, seperti meningkatkan kecepatan situs dan memastikan halaman bekerja dengan baik di ponsel, tapi sekarang sobat tahu dasarnya!

Kembali Keatas

Cukup tentang SEO – mari beralih ke bagian yang lebih akrab di strategi #2.

STRATEGI # 2: LAKUKAN SOSIAL MEDIA DENGAN CARA YANG BENAR.

Kebanyakan orang menggunakan media sosial sebagai platform untuk mendorong konten mereka. Ini benar-benar, 100% salah!

Gary Vee, salah satu pakar pemasaran media sosial paling terkenal di dunia, percaya pada metode “Jab, Jab, Jab, Kanan Kanan”. Dengan kata lain, Sobat perlu mengeluarkan setidaknya tiga posting atau update yang benar-benar bernilai bebas bagi pengikut sobat sebelum mencoba mendapatkan imbalan apa pun.

Itu bisa berarti berbagi konten media sosial lain milik orang lain, berbagi konten pengikut sobat, atau mengeluarkan panduan gratis. Kemudian sobat dapat mempromosikan posting dengan semua tautan produk afiliasi atau dengan produk sobat atau blog yang sobat memonetisasi.

Baca kutipan ini, dan sobat akan melakukannya dengan baik di media sosial:

  • Cerita Anda perlu menggerakkan semangat orang-orang dan membangun niat baik mereka, sehingga ketika akhirnya Anda meminta mereka untuk membeli dari Anda, mereka merasa Anda telah memberi mereka begitu banyak sehingga hampir tidak sopan untuk ditolak.
    ___ Gary Vee

Tapi, disini sobat ingin langkah praktis bagaimana meningkatkan traffic blog. Jadi mari kita coba ulas bersama …

Jika sobat menginginkan lebih banyak lalu lintas dari media sosial , lakukan ini:

Libatkan komunitas Anda di konten blog Anda.

Berikan link atau tautkan ke konten blogger lain, beri akun media sosial mereka seperti facebook dan lain-lain. Berikan penawaran pada produk mereka untuk disertakan dalam posting sobat dan bagikan konten. Bila sobat telah melakukannya, tandai mereka di dalamnya – dan buat mereka terlihat sangat bagus. Pujilah pekerjaan mereka dan berikan wawasan yang bijaksana di dalam pos sobat.

Sebagai contoh, dalam posting saya yang berjudul pengalaman pribadi Agustina Florist, blogger pemula yang mendapatkan uang dari internet. Mbak Agustina Florist berbagi cerita tentang pengalamannya menjadi seorang penjual karangan bunga dengan menggunakan media blog. Didalam pos, saya menggunakan gambar besar dari beliau dan terhubung ke situs yang dia miliki yaitu AgustinaFlorist.com – saya membuatnya terlihat sangat bagus.

Ketika saya membagikannya di media sosial, saya memberi tag kepada yang bersangkutan di postingan tersebut. Otomatis yang bersangkutan akan ikut memberikan like maupun membagikan ulang postingan saya tersebut. Sobat bisa bayangkan, bila kita melibatkan banyak orang didalam postingan kita dan memberi tag pada mereka, semakin banyak pula yang akan ikut membantu kita membagikan ulang postingan kita. Ini adalah salah satu cara meningkatkan traffic dan menambah viewers blog.

 

Tip berikutnya:

Terlibatlah dalam kelompok atau group media sosial.

Ada banyak kelompok atau group Facebook untuk setiap tema atau niche di luar sana. Sobat juga bisa bergabung dengan komunitas Google+, grup LinkedIn, dan obrolan Twitter. Baca juga: Cara moderasi kiriman orang lain di halaman facebook Cara menemukan Group Facebook yang relevan untuk meningkatkan traffic blog

Pada dasarnya ini dilakukan dengan cara yang sama pada G + dan LinkedIn. Bergabunglah dengan beberapa kelompok dengan banyak anggota.

Berikut adalah beberapa prinsip panduan untuk membuat ini bekerja dengan baik:

  1. Selalu ikuti peraturan yang ditetapkan pemiliknya. Selalu!!.
  2. JANGAN posting konten sobat sendiri sampai sobat membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat pengguna media sosial dimana sobat bergabung. Ini bisa memakan waktu beberapa hari, atau beberapa minggu, tergantung seberapa besar dan aktifnya sobat dan grup tersebut. Saya merekomendasikan posting setidaknya 10-20 kali dengan komentar bermanfaat sebelum sobat membagikan link postingan sobat.
  3. Bagikan hal yang relevan dan berguna. Sama seperti yang kita diskusikan di bagian terakhir, bagikan rekan-rekan sobat dan hal-hal dalam kelompok tersebut dan tandai mereka.
  4. Lihat peraturan 1 dan 2.

Benar-benar sesederhana itu. Saya menggunakan strategi ini untuk mengarahkan lebih dari 2.000 pengunjung ke salah satu pos di blog saya yang lain dalam kurun waktu yang singkat. Sobat AlviyatuN juga bisa melakukannya. Jadilah orang yang sangat membantu, ramah, dan tulus – semua pemasaran bermuara pada tiga hal tersebut.

Salah satu tip terakhir tentang cara meningkatkan lalu lintas blog sebelum sobat melanjutkan perjalanan Anda …

Memanfaatkan akun media sosial yang tepat.

Facebook jelas merupakan saluran media sosial terbesar sejauh ini. Tapi ini tentu bukan satu-satunya yang mengarahkan lalu lintas.

Secara pribadi, saya telah menulis tentang beberapa postingan. Setelah menguji semua topik di saluran yang berbeda, saya telah menemukan dua penggerak lalu lintas sosial terbesar untuk menjadi pendongkrak.

  • Google Plus
  • Facebook

Kedua saluran ini berpengaruh besar dalam memasarkan postingan dan meningkatkan traffic blog.
Bagian yang keren saat berpromosi di Facebook adalah bahwa kita bisa mempromosikan sebuah artikel blog untuk meningkatkan traffic blog sambil bersosial media sama teman dan orang-orang yang kita kenal bahkan yang tidak kita kenal.

KESIMPULAN

Nah, sekarang sobat sudah tahu bagaimana meningkatkan traffic blog.

SEO memberi kita keuntungan jangka panjang yang masif, sementara media sosial memberi lalu lintas lebih cepat dan pemirsa untuk membantu sobat AlviyatuN dalam jangka panjang. Dua strategi penting ini singkat dan cukup manis untuk dikuasai, namun cukup kuat jika diterapkan.

Demikian artikel tentang 2 strategi penting cara meningkatkan traffic blog terbaru yang bisa sobat AlviyatuN Blog coba.

Jika artikel ini bermanfaat, tolong klik tombol share untuk membagikan keteman-teman di media sosial kalian agar blog AlviyatuN dapat menjangkau sebanyak mungkin orang.
Kembali Keatas

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *