Guide for a WordPress beginner who wants to become a Pro! Learn More

5 Tips Cara Optimasi Gambar di WordPress dengan Mudah

5 tips bermanfaat cara optimasi gambar di WordPress supaya performa meningkat dengan mengoptimalkan gambar website anda.

Saat membahas optimasi kecepatan website, kebanyakan pemilik website WordPress mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi cenderung fokus pada teks, CSS, JS dan pengaturan umum. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara mengoptimalkan gambar WordPress jika ingin memanfaatkan strategi pengoptimalan yang baik untuk desain web.

Memberikan pengalaman pengguna yang baik membutuhkan pengambilan keputusan yang tepat untuk visibilitas situs Anda. Ini termasuk opsi seperti desain web responsif, mengompresi gambar untuk memuat lebih cepat. Memiliki gambar yang tidak dioptimalkan di halaman Anda akan membuat website lambat untuk dimuat dan karenanya merusak pengalaman pengguna Anda.

Mengoptimalkan gambar biasanya berarti mengurangi ukuran file mereka. Lagi pula, ketika halaman web dimuat, itu memuat semua elemennya untuk ditampilkan kepada pengguna. Gambar yang lebih kecil memuat lebih cepat; sehingga mereka meningkatkan pengalaman pengunjung web.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk mengoptimalkan gambar situs Anda. Untungnya, ini tidak sulit sama sekali karena kita dapat mengandalkan plugin pengoptimalan gambar WordPress yang bermanfaat untuk membantu tugas ini.

Apakah Anda siap untuk mengetahui cara optimasi gambar di WordPress lebih lanjut? Inilah semua yang akan Anda pelajari dari artikel ini:

  • Kenapa optimasi gambar pada WordPress sangatlah penting dan apa manfaat mengoptimalkan gambar Anda?
  • Bagaimana cara optimasi Gambar di WordPress?
  • 5 Cara optmasi gambar WordPress
  • Optimasi gambar melalui plugin WordPress rekomendasi terbaik

Baca dan nikmatilah!

Kenapa Optimasi gambar pada WordPress sangatlah penting?

Kenapa optimasi gambar pada WordPress sangatlah penting dan apa manfaat Mengoptimalkan gambar untuk Website?

Kebanyakan orang menyukai situs web yang indah, yang biasanya berisi gambar besar dan detail.

Namun, semua gambar berkualitas ini biasanya membutuhkan ukuran file yang besar secara proporsional untuk memuat begitu banyak informasi. Dan ini mempengaruhi waktu buka server.

Dampak ini memengaruhi pengalaman pengguna. Bayangkan pengunjung Anda mencoba mengakses konten Anda di ponsel mereka menggunakan koneksi data yang tidak dapat diandalkan. Setengah dari situs akan dimuat, setengah lainnya hampir tidak dapat dimengerti. Ini tidak terdengar seperti pengalaman yang baik, bukan?

Inilah sebabnya mengapa Anda harus menjadikan pengoptimalan gambar sebagai prioritas. Jika optimasi gambar di WordPress dilakukan dengan benar dapat membuat website anda diakses lebih cepat. Dengan waktu pemuatan yang lebih cepat, pengunjung Anda akan memiliki pengalaman yang lebih baik di situs web Anda. Lagi pula, salah satu faktor naiknya peringkat website di Google adalah ukuran gambar. Optimasi gambar yang tepat tentu harus diprioritaskan bukan?

Apakah Anda masih tidak yakin? Berikut adalah alasan utama untuk mengoptimalkan gambar WordPress:

  • waktu pemuatan yang lebih cepat untuk halaman Anda, yang memungkinkan banyak pengunjung akses untuk melihat dan berinteraksi dengan konten Anda;
  • peningkatan pengalaman pengguna, karena lebih banyak orang dapat mengakses konten Anda dan mencapai tujuan mereka;
  • Gambar yang dioptimalkan juga dapat diberi peringkat dalam hasil mesin telusur , yang meningkatkan peluang Anda untuk menarik pengunjung baru;
  • Pengalaman pengunjung yang lebih baik juga memberi Anda lebih banyak pengguna setia, yang selalu positif untuk bisnis Anda. Optimasi tidak boleh mengorbankan kualitas, karena ada beberapa algoritma kompresi lossless;
  • karena ada opsi untuk kompresi otomatis, pekerjaan ini tidak akan memengaruhi kinerja Anda.

Bagaimana cara optimasi Gambar di WordPress?

Sekarang setelah Anda mengetahui betapa pentingnya pengoptimalan gambar bagi situs web Anda, inilah saatnya mempelajari cara melakukannya secara efektif. Kabar baiknya adalah sebagian besar pekerjaan ini dapat diotomatisasi, yang hanya memerlukan pengambilan keputusan yang tepat selama fase perencanaan dan pelaksanaan.

Berikut adalah 5 cara optimasi gambar WordPress:

1. Pilih format file gambar yang tepat

File gambar datang dalam berbagai format, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Saat berfokus pada pengoptimalan gambar WordPress, Anda harus bekerja dengan opsi berkinerja terbaik.

Tidak ada format “satu ukuran cocok untuk semua”. Sebaliknya, pikirkan tentang peran mereka di situs Anda. Misalnya, JPEG direkomendasikan untuk gambar yang lebih besar karena memberikan hasil yang baik tanpa memakan terlalu banyak ruang. Di sisi lain, PNG dan WebP adalah alternatif andal yang memberikan kualitas dan kompresi yang baik .

Saat Anda mengoptimalkan gambar situs web Anda, coba bandingkan beberapa format file untuk melihat mana yang terbaik.

2. Pertahankan Kualitas dan ukuran gambar

Optimasi gambar bukan hanya menyangkut ukurannya saja. Cara optimasi gambar juga harus memperhatikan kualitas gambar. Setiap kali Anda memutuskan untuk mengompresi gambar, Anda harus selalu memperhatikan keseimbangan antara kualitas dan ukuran. Dalam hal ini, ada trade-off yang tak terhindarkan tergantung pada pilihan yang Anda buat saat menyesuaikan parameter.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu menemukan keseimbangan antara kualitas dan ukuran: ketepatan visual yang cukup untuk menyenangkan pengunjung Anda, dan kompresi yang cukup untuk tidak mengganggu kecepatan pemuatan halaman.

Selalu pertimbangkan gambar apa yang ingin Anda tampilkan di halaman Anda dan tujuannya. Misalnya, situs web dengan foto tentu membutuhkan konten visual berkualitas tinggi, sehingga lebih banyak alternatif kompresi harus dipertimbangkan.

3. Kompresi gambar dengan tepat

Kompres gambar WordPress juga harus hati-hati. Kompresi agresif dapat menurunkan kualitas gambar Anda dan bahkan merusaknya. Pengunjung Anda pasti akan memperhatikan ini, dan itu dapat merusak pengalaman mereka. Di sisi lain, gambar berkualitas tinggi tentu memiliki ukuran file yang lebih besar, yang akan memakan waktu lebih lama untuk dimuat.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus berhati-hati saat memilih kompresi lossy untuk bekerja dengan pengoptimalan gambar. Ini dapat memberi Anda ukuran file terkecil dan waktu pemuatan tercepat, tetapi dapat membuat gambar Anda terlihat lebih buruk.

Sebaliknya, jelajahi alternatif tanpa kerugian terlebih dahulu. Teknologi telah cukup berkembang untuk menawarkan pengoptimalan yang lebih baik kepada tanpa terlalu banyak mengorbankan kualitas.

4. Jangan lupa tentang gambar miniatur

Sebagian besar situs web dan blog menggunakan gambar miniatur (thumbnail) untuk posting dan halaman, yang biasanya merupakan versi kecil dari gambar aslinya. Namun, itu tidak berarti mereka harus diabaikan saat mengoptimalkan gambar.

Anda juga harus mengompres thumbnail Anda, karena tidak mengoptimalkannya dapat memengaruhi waktu buka halaman Anda. Plus, jika mereka tidak memuat dengan benar, Anda berisiko kehilangan perhatian pengunjung Anda.

Ini bahkan lebih serius untuk e-commerce. Biasanya, tampilan kategori produk diisi dengan gambar mini. Navigasi toko bisa membuat frustasi jika thumbnail tidak dioptimalkan.

5. Instal plugin WordPress optimasi gambar

Instal plugin WordPress optimasi gambar dapat mengotomatiskan sebagian besar upaya mengoptimasi gambar WordPress. Tersedia berbagai plugin WordPress untuk optimasi gambar dengan pilihan gratis dan berbayar; Anda hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memang benar bahwa menginstal beberapa plugin di situs WordPress Anda dapat memperlambat segalanya. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berhati-hati saat memilih alat Anda. Dengan menggunakan plugin pengoptimalan gambar yang tepat, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengunjung Anda tanpa harus membuang banyak waktu.

Ingin melihat beberapa opsi plugin untuk optimasi gambar WordPress? Berikut ini beberapa rekomendasi plugin optimasi gambar WordPress!

Rekomendasi Plugin Optimasi Gambar di WordPress

Dengan menjadikan pengoptimalan gambar di antara prioritas Anda, Anda akan memiliki dampak positif pada pengalaman pengunjung mengunjungi situs web Anda.

Ini penting untuk SEO website dan Anda dapat mengandalkan plugin optimasi gambar di WordPress yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Tujuan Anda adalah untuk mengompresi gambar Anda dengan cara yang meminimalkan hilangnya kualitas. Lalu, apa saja plugin pengoptimalan gambar terbaik untuk WordPress?

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar plugin pengoptimalan gambar terbaik untuk WordPress.

Plugin WordPress Pengoptimal Gambar Imagify – Optimize Images & Convert WebP

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Jika Anda pengguna plugin cache WP Rocket, lebih lebih optimal menggunakan plugin WP Immagify image Optimizer karena ini adalah rekomendasi dari mereka. Dengan mengaktifkan Imagify Image Optimizer di situs atau blog WordPress Anda, semua gambar Anda – biasa dan bahkan thumbnail – dioptimalkan secara otomatis. Anda dapat memilih dari opsi yang mencakup kompresi lossless reguler dan kompresi lossy yang lebih agresif.

Selain itu, Imagify mendukung pencadangan. Dengan cara ini, Anda selalu dapat kembali ke versi gambar sebelumnya jika Anda berubah pikiran tentang tingkat kompresi yang dipilih.

Plugin ini juga mendukung konversi ke format WebP, yang menawarkan lebih banyak pengoptimalan gambar dan didukung oleh sebagian besar browser dan sistem operasi modern.

Dengan Imagify Image Optimizer versi gratis, Anda dapat mengoptimalkan total 25MB gambar per bulan. Anda dapat melihat paket berbayar mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang harga mereka.

Pengoptimal Gambar ShortPixel Image Compression – Reduce image sizes

Cara Optimasi Gambar di WordPress

ShortPixel Image Optimizer dirancang untuk berjalan dengan tenang di situs atau blog WordPress Anda dengan mengompresi gambar tanpa memerlukan perhatian terus-menerus. Ia bahkan bekerja dengan plugin lain seperti WooCommerce dan plugin yang menambahkan galeri gambar khusus ke halaman Anda.

Anda dapat memilih antara kompresi lossless dan lossy, serta berbagai format gambar seperti JPG, PNG, GIF, dan WebP. ShortPixel Image Optimizer bahkan bekerja dengan file PDF!

Plugin ini bekerja berdasarkan sistem kredit, dengan setiap pekerjaan membutuhkan sebagian dari mereka tergantung pada tingkat kompresi. Pada halaman harga mereka, Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang membeli kredit.

Image optimization & Lazy Load by Optimole

Cara Optimasi Gambar di WordPress

optimole Plugin pengoptimalan gambar untuk WordPress ini juga bekerja secara otomatis di semua halaman Anda, memberikan dukungan untuk tampilan WebP dan Retina. Selain itu, pengoptimalan dilakukan menggunakan cloud daripada secara lokal di server Anda.

Tingkat pengoptimalan dipilih secara otomatis berdasarkan ukuran area pandang pengguna. Optimole juga memiliki fitur gambar pemuatan lambat yang meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi beban server tanpa memerlukan jQuery.

Anda dapat menggunakan Optimole versi gratis jika Anda memiliki kurang dari 25.000 pengguna aktif bulanan di situs Anda. Jika lalu lintas Anda lebih tinggi, Anda dapat memeriksa opsi harga mereka.

Pengoptimal Gambar dengan EWWW Image Optimizer

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Opsi plugin pengoptimalan gambar ini menawarkan pemilihan format kompresi otomatis yang cerdas berdasarkan pengaturan dan ukuran file Anda.

EWWW Image Optimizer kompatibel dengan banyak plugin lain, termasuk galeri gambar, dan menggunakan komunikasi SSL yang aman untuk kompresi sisi server.

Anda dapat menggunakan versi gratis untuk mendapatkan banyak manfaat, dan jika Anda membutuhkan kompresi yang lebih canggih, pilih paket Pro.

WP Smush – Lazy Load Images, Optimize & Compress Images

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Smush adalah paket berfitur lengkap yang menawarkan opsi kompresi lossless, pemuatan gambar yang lambat, dan tombol pengoptimalan satu klik cepat. Fokus utamanya adalah pada otomatisasi, karena dapat menangani file Anda setelah Anda memilih pengaturan Anda.

Selain itu, ia juga menawarkan panel yang berguna dengan statistik yang terkait dengan upaya kompresi gambar Anda. Anda dapat menggunakan Smush pada halaman individual atau di beberapa situs.

Smush memiliki salah satu paket gratis paling dermawan sejauh ini. Anda dapat menggunakannya tanpa batasan harian atau bulanan, dengan batas 5MB per gambar. Namun, penggunaan format WebP terbatas pada paket Pro.

reSmush.it: the only free Image Optimizer & compress plugin

Cara Optimasi Gambar di WordPress

reSmush.it adalah opsi lain untuk plugin pengoptimalan gambar WordPress. Ini benar-benar gratis, kecuali ia memiliki batas 5MB gambar yang dapat ditangani. Anda dapat bekerja dengan file JPG, PNG dan GIF.

Hanya dengan dua klik, Anda dapat mengoptimalkan setiap gambar di situs web atau blog WordPress Anda. Tapi jangan khawatir, Anda dapat mengatur pengecualian jika diperlukan. Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat mematikan kompresi dan kembali ke gambar aslinya.

Saat ini tidak mendukung konversi WebP dan kompresi cloud. Namun, ini adalah plugin gratis yang hebat yang melakukan tugasnya dengan baik.

Optimus – Pengoptimal Gambar WordPress

Cara Optimasi Gambar di WordPress

Plugin WP Optimus ini digunakan untuk optimasi gambar WordPress dengan dua cara: dengan secara otomatis mengompresi file yang Anda kirimkan dan dengan berfokus pada konten yang sudah ada di situs Anda. Plugin Optimus dapat mengkompres gambar yang diupload ke WordPress hingga 70% membantu mengoptimalkan gambar di situs atau blog WordPress Anda dengan mengurangi ukurannya.

Ini mendukung konversi cloud, multisite, dan plugin pihak ketiga seperti WooCommerce. Juga, tidak perlu menyesuaikan kode.

Ada tiga tingkatan paket harga untuk Optimus: satu gratis dan dua premium. Dengan paket gratis, Anda memiliki batas ukuran file gambar 100KB.

Persepsi halaman yang berkualitas harus selalu menjadi prioritas. Inilah sebabnya mengapa Anda dapat membuat dampak positif pada audiens Anda dan mengubah lebih banyak orang menjadi pelanggan melalui situs web atau blog Anda. Dengan mempelajari cara optimasi gambar di WordPress, Anda dapat memuat halaman website lebih cepat dan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai bagian atas hasil pencarian Google.

Seberapa baik gambar di WordPress Anda dioptimalkan untuk mempercepat loading website saat ini? Cek kecepatan website melalui tool PageSpeed test dan temukan peluang untuk mengotimasi gambar lebih banyak!

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar