Cara Riset Keyword Atau Kata Kunci Dengan Trik Sederhana

Halo para pembaca blog alviyatun, apa kabar semua??
semoga tambah sukses dan makin banyak pengunjung dengan blog kalian masing-masing.

Nah,para pembaca sekalian pada postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit
Cara Riset Keyword Atau  untuk judul postingan dengan trik sederhana.

Cara riset keyword untuk Judul Postingan yang saya terapkan ini sebetulnya hanya menggunakan metode sederhana melalui kotak pencarian.

Riset keyword atau yang saya maksud disini adalah, saya mencoba untuk menganalisa setiap kata kunci yang akan saya sematkan ke dalam judul pada postingan di blog saya dengan mesin pencarian.

Sebagai contoh, Dalam hal ini saya coba riset keyword pada postingan saya yang saya beri judul: Punya Blog Trafik Tinggi tapi Belum Punya Akun AdSense??, Cobain Aja Tawaran Kerjasama Adsense Mas Sugeng Ini!!.

Para pembaca sekalian, Dalam judul postingan tersebut yang saya bidik adalah: “kerjasama adsense”.
Namun karena tingkat persaingan keyword “kerjasama adsense” yang tinggi maka saya coba untuk riset kembali keyword tersebut untuk mendapatkan keyword yang lebih relevan dan tertarget.

Metode riset keyword yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama:
Dari satu keyword “kerjasama adsense” tadi, saya urai menjadi dua buah keyword utama, yaitu kerjasama dan adsense.

Langkah Kedua:
dari keyword “kerjasama”
karena dalam isi postingan tersebut saya menawarkan jasa orang lain, maka dari tersebut, saya coba untuk menambahkan kata tawaran di depan kata kunci kerjasama sehingga menjadi  “tawaran kerjasama”.

Langkah Ketiga:
Dari keyword “adsense” karena dalam hal ini yang saya promosikan adalah mas sugeng, maka saya menambahkan nama mas sugeng di belakang keyword “adsense” sehingga menjadi “adsense mas-sugeng”.

Langkah Keempat:
Pada langkah ini saya coba gabungkan kedua sub keyword tadi menjadi satu sehingga menjadi ” tawaran kerjasama adsense mas-sugeng”.

Langkah kelima:
Dari keyword “tawaran kerjasama adsense mas-sugeng” tadi saya coba urai lagi menjadi dua yaitu, “tawaran kerjasama adsense” dan “kerjasama adsense mas-sugeng”.

Jadi saya mendapatkan enam(6) keyword yang bisa saya pilih untuk di sematkan di dalam postingan.
Total keyword yang saya dapat sebagai berikut:

1. Kerjasama adsense
2. Tawaran Kerjasama
3. Adsense mas sugeng
4. Tawaran kerjasama adsense
5. Kerjasama Adsense mas-sugeng
6. Tawaran kerjasama adsense mas sugeng

Sebetulnya enam (6) di atas masih dapat di urai lagi untuk menghasilkan keyword lainnya, namun disini saya hanya coba menggunakan enam keyword saja.

Langkah keenam:
Saya lakukan Riset Keyword melalui mesin pencarian dengan memasukan satu persatu dari kedua sub keyword tadi.

Langkah ketujuh:
Pada langkah ini yang saya lakukan adalah dengan cara coba memasukan satu persatu setiap dari lima keyword di atas ke dalam kotak pencarian untuk mendapatkan hasil penelusuran.
Dan ternyata hasil penelusuran dari setiap yang saya masukan ke dalam kotak pencarian tersebut, menunjukan bahwa posisi postingan berada di posisi berbeda pada setiap keyword yang saya masukan.

Contoh pertama, saya memasukan yang pertama adalah kata kunci:

Kerjasama adsense
Pada mesin pencarian menggunakan keyword kerjasama adsense ini hasil penelusuran menunjukan postingan saya berada di halaman dua(2) nomor 10 atau peringkat 20 dengan tingkat persaingan 224.000(0,23 detik)

Langakah kedua: saya melakukan pencarian dengan keyword

tawaran kerjasama

Pada hasil penelusuran dengan kata kunci “tawaran kerjasama” ini postingan menempati halaman kelima(5) nomor tujuh(7) dengan tingkat persaingan 470.000 (0,34 detik) artinya posisi postingan berada di peringkat empat puluh tujuh(47) atau masih di 50 besar sangat tidak cocok bila dijadikan sebagai keyword pada postingan.

Kemudian saya coba memasukan keyword ketiga pada kotak pencarian yaitu keyword:

adsense mas-sugeng

Hasil penelusuran Pada saat saya memasukan keyword ketiga di kotak pencarian ini posisi postingan berada pada halaman kedua posisi nomor lima (5) artinya postingan berada di peringkat lima belas(15) dengan tingkat persaingan 60.300 (0,38) rasanya belum cukup  di jadikan rekomendasi .

Lalu saya coba memasukan kembali keyword keempat di kotak pencarian yaitu keyword:

tawaran kerjasama adsense

Hasil penelusururan dari pencarian pada keyword keempat ini menunjukan posisi postingan berada di halaman pertama nomor dua (2) dengan tingkat persaingan 14.500 jadi rasanya cukup bagus untuk di jadikan keyword .

Kemudian saya coba masukan kembali keyword kelima:

kerjasama adsense mas-sugeng

Pada hasil penelusuran dari mesin pencarian ke lima ini posisi postingan  di menempati halaman 1 posisi nomor tiga(3) dengan tingkat persaingan 5.100(0,55 detik) cukup bagus untuk di jadikan kata kunci.

Dan yang terakhir keyword:

Tawaran kerjasama adsense mas-sugeng

Pada hasil penelusuran keyword ke enam atau terakhir ini menunjukan posisi postingan berada di peringkat (1) pertama google pencarian dengan tingkat persaingan 723(0,44 detik)

Hasil riset kata kunci:

Keyword pertama: kerjasama adsense, peringkat postingan nomor 20, tingkat persaingan 224.000(0,23 detik)

IMG 20151113 183439 | Alviya
Gambar 1

Keyword kedua: tawaran kerjasama,  peringkat postingan nomor 17,tingkat persaingan 470.000(0,34 detik)

 

IMG 20151113 183411 | Alviya
Gambar 2

Keyword ketiga: adsense mas-sugeng peringkat postingan nomor 15 tingkat persaingan 60.300(0,38 detik)

IMG 20151113 183357 | Alviya
Gambar 3

Keyword keempat: tawaran kerjasama adsense peringkat postingan nomor 2 tingkat persaingan 14.500(0,36 detik)

IMG 20151113 183308 | Alviya
Gambar 4

Keyword kelima: kerjasama adsense mas-sugeng peringkat postingan nomor 3, tingkat persaingan 5.100(0,55 detik)

IMG 20151113 183344 | Alviya
Gambar 5

Keyword keenam: atau yang terakhir: peringkat postingan pertama(1) tingkat persaingan 723(0,55 detik)

IMG 20151113 183331 | Alviya
Gambar 6

Kesimpulan
Dari hasil riset diatas, menurut saya keyword yang paling tepat dan relevan untuk di jadikan kata kunci pada contoh postingan saya yang berjudul
“punya blog trafik tinggi tapi belum punya adsense??, cobain aja tawaran kerjasama adsense mas-sugeng ini!!”
di atas adalah keyword keempat, yaitu ”tawaran kerjasama adsense” dengan hasil penelusuran nomor 2 pada mesin pencari dan dengan tingkat persaingan 14.500 hasil pencarian saya rasa cukup bagus untuk di jadikan kata kunci meskipun pada riset keyword keenam (6) menunjukan hasil paling tinggi namun dengan tingkat persaingan 723(0,55 detik) menurut saya tingkat pencarian kata kunci ini kurang populer.

Keterangan: -jumlah hasil penelusuran pada kotak pencarian adalah tingkat persaingan kata kunci yang di ketikan oleh pengguna
-Semua Gambar di ambil pada tanggal 5 nofember

Catatan: Cara Riset Keyword atau kata kunci ini hanya sebagai perbandingan dan tidak bisa di jadikan acuan atau patokan. Selain itu, teknik ini juga tidak bisa melihat berapa volume pencarian, tingkat persaingan dan juga CPC keyword yang ditargetkan. Untuk menganalisa lebih lanjut kita perlu melakukan research keyword lebih lanjut menggunakan bantuan tool keyword research. Salah satu keyword tool untuk menemukan long tail keyword adalah Ubersuggesst by Neil Patel.

Demikian sedikit yang bisa saya bagikan buat para sahabat pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Salam Sukses dan Salam Blogging
DMCA.com Protection Status

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

31 pemikiran pada “Cara Riset Keyword Atau Kata Kunci Dengan Trik Sederhana”

  1. sekarang saya juga selalu menggunakan trik ini dalam reset keyword,mencari kata kunci paling banyak di cari orang terus kita kembangkan jadi di bawah 1000 ..dan memang hasilnya tokcer.walaupun tidak di posisi atas,tapi paling tidak di page one..hehe,sukses ya mbak alvi

    Balas
  2. Solusinya:
    Content berkualitas=>kata kunci paling relevan=>kata kunci jangan terlalu panjang.

    Kalo mas baca seksama pasti paham, coba deh googling kata kunci contoh postingan saya di atas sekarang ada di nmor berapa

    Balas
  3. Solusinya:
    Content berkualitas=>kata kunci paling relevan=>kata kunci jangan terlalu panjang.

    Kalo mas baca seksama pasti paham, coba deh googling kata kunci contoh postingan saya di atas sekarang ada di nmor berapa

    Balas

Tinggalkan komentar