Cegah Virus Corona: Mari Bersama Jadi Bagian Dari Pemutus Rantai Penyebaran COVID 19

Mari bersama kita menjadi bagian dari pemutus rantai penyebaran dengan melakukan langkah pencegahan seperti anjuran pemerintah.  adalah virus yang dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit menular yang dapat mengakibatkan penyakit parah bahkan beberapa diantaranya menyebabkan pasien meninggal. Bahkan saat ini virus ini telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO.

Pemerintah Indonesia sudah mengintruksikan dan menganjurkan beberapa langkah kepada seluruh masyarakat sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan virus Corona. 

Berikut 7 langkah cara pencegahan agar terhindar dari Virus Corona:

Sering cuci tangan

Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.
Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.

Salah satu cara cegah virus corona adalah dengan sering cuci tangan. 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.

Hindari berkumpul atau berkerumun

hindari tempat-tempat ramai, berkumpul atau berkerumun untuk mencegah penyebaran virus corona
hindari tempat-tempat ramai, berkumpul atau berkerumun

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Repubtik Indonesia telah membuat peraturan untuk tidak melakukan aktivitas keramaian selama pandemi virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung elah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut.

Jaga jarak

jaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan virus corona
jaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan virus corona

Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak Anda dengan orang lain sekitar satu meter.

Di rumah aja

Pemerintah telah menganjurkan untuk tetap di rumah aja agar terhindar dari penularan virus corona
Pemerintah telah menganjurkan untuk tetap di rumah aja agar terhindar dari penularan virus corona

Dengan berdiam diri dirumah akan memutus transmisi penularan, karena kita tidak tahu kita terinfeksi atau tidak. Bekerja di rumah, beribadah atau berolahraga di rumah akan sangat bermanfaat dalam situasi pandemi Covid 19. Aktifitas diluar rumah dilakukan hanya benar-benar diperlukan, untuk belanja keperluan sembako.

Berjemur setiap pagi

Aktivitas berjemur yang dipraktikkan dengan cara yang tepat justru dapat membuat tubuh mendapatkan vitamin D, terutama di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona.

Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Jaga agar tubuh tetap sehat dan perkuat sistem imun tubuh dengan makanan sehat sehingga dapat menangkal penularan Covid 19.
Jaga agar tubuh tetap sehat dan perkuat sistem imun tubuh dengan makanan sehat sehingga dapat menangkal penularan Covid 19.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar serta memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat menangkal penularan Covid 19.

Berolahraga

Melakukan aktifitas fisik tingkat sedang selama 20-45 menit, 3 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh. dan jangan lupa lakukannya di rumah saja.

Peta penyebaran

Pandemi virus corona sudah memakan banyak korban di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dari data aplikasi pantau corona menunjukan bahwa hingga saat ini tercatat sudah 1212922 kasus di seluruh dunia, 65600 diantaranya meninggal dan 251822 orang berhasil sembuh.

Data kasus virus  terbaru hari demi hari terus bertambah dan menunjukan adanya peningkatan kasus orang yang terpapar virus corona. Peta penyebaran virus Corona di Indonesia hari ini sendiri tercatat sudah terdapat 2273 kasus orang yang terpapar virus corona, 198 orang meninggal dan 164 berhasil sembuh.

Gejala COVID 19

Gejala yang dialami pasien yang terpapar Coronavirus hampir sama dengan flu biasa. namun, alangkah baiknya bila mengetahui gejala-gejalanya sejak awal sehingga kita lebih waspada. Berikut ini beberapa gejala Covid-19.

  • Demam
  • Batu
  • Pilek
  • Sakit Tenggorokan
  • Gangguan Pernafasan
  • Letih
  • Lesu

Mari bersama kita jadi bagian pemutus rantai penyebaran virus corona dan cegah corona virus ini menular kepada diri kita sendiri, teman, saudara dan keluarga kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.