Cermat Memilih Pinjaman Online Itu Penting, Ini Alasannya

Cermat dalam memilih layanan yang terpercaya sangatlah penting. Di era masa kini, pinjaman sudah menjadi bagian gaya hidup. Kemudahan dalam mengajukan uang pinjaman menjadi salah satu faktor PINJOL banyak diminati pengguna.

Namun, dalam memilih penyedia layanan pinjaman uang online terpercaya dapat dikatakan gampang-gampang susah. Jika tidak jeli memilih, bisa-bisa malah menjadi masalah dan terjebak dalam jeratan hutang dan harus berurusan dengan pihak perbankan. Itulah sebabnya, cermat memilih pinjaman online terpercaya itu penting!

Kelebihan Pinjaman Online

Advertisment

Apa sih kelebihan pinjaman online ? Dana tersedia lebih cepat dan lebih mudah dalam memperoleh pinjaman. Hal itu membuat sebagian orang berbondong-bondong untuk mengajukan pinjaman. Berikut beberapa kelebihan pinjaman online:

Praktis

Inilah kelebihan utama pinjaman online. Penyedia pinjaman online menawarkan peminjaman dana dengan cara yang praktis. Hanya dengan menggunakan Smartphone yang terkoneksi internet bisa mendapatkan tambahan dana dari pinjaman online.

Proses Cepat

Selain itu, pencairan dana di layanan pinjaman online juga melalui proses yang lebih cepat dari pinjaman konvensional. Biasanya hanaya perlu hitungan hari atau minggu dana sudah bisa cair. Ini menjadi nilai lebih, bagi para kreditor karena sebagian peminjam membutuhkan pinjaman dana yang cepat cair.

Syarat Mudah

Banyak penyedia jasa pinjaman online memberikan persyaratan yang mudah bagi peminjam. Misalnya, cukup hanya dengan KTP. Hal ini karena data diri WNI sekarang menggunakan kartu identitas e-KTP yang memuat data cukup lengkap.

Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan pinjaman online tidak serta merta aman dan mulus. Mana pinjaman online yang terdaftar di OJK ? Apakah itu pinjaman online terpercaya ? Apa itu pinjaman online ilegal ? Bagaimana resiko pinjaman online kedepannya?

Semua itu harus benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai di kemudian hari justru menjadi beban.

Banyak layanan yang menawarkan pinjaman online. Tapi, sebelum memutuskan mengajukan sebaiknya cari tahu lebih dulu apa saja resiko pinjaman online.

Beberapa resiko mengajukan pinjaman online yang harus diperhatikan:

Resiko Pinjaman Online

1. Bunga tinggi

Jangan asal mengambil pinjaman online tanpa berhitung soal bunga pinjaman dan baru komplain ketika sudah mengambil pinjaman yang akibatnya tidak sanggup mengembalikan pinjaman. Apa solusi tidak bisa bayar pinjaman online ? Bagaimana jika nasabah gagal bayar pinjol ? Bagaimana cara melunasi hutang pinjaman online ?. Itu adalah sederet pertanyaan yang harus lebih dulu ditanyakan pada diri sendiri sebelum mengajukan pinjaman online yang sebaiknya coba direnungkan lebih dulu. Apakah kedepannya mampu menghadapi semua itu? Andalah yang mengetahui secara pasti!

2. Pengembalian Uang Tinggi Karena Bunga dan Denda

Ya, inilah salah satu resiko dan kerugian mengambil pinjaman. Jika hutang pinjaman online tidak segera dibayar maka suku bunga dan denda akan tetap berjalan. Ini akan menyebabkan jumlah uang pengembalian yang harus dibayar semakin tinggi. Sesuai dengan aturan yang berlaku berdasarkan peraturan OJK. Dimana dikenakan denda 0,8% per hari bila kreditur tidak segera membayar tagihannya.

3. Di datangi penagih

Didatangi oleh penagih adalah salah satu resiko menjadi peminjam di layanan pinjaman online. Resiko ini bisa saja terjadi yang mana akan ada penagih yang datang kerumah atau kantor kerja jika tidak mampu membayar uang pengembalian tepat waktu berturut-turut.

Tips Cermat memilih layanan Pinjaman Online Terpercaya

Advertisment

Inilah beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar lebih cermat dalam memilih layanan pinjaman online terpercaya. Beberapa hal yang harus diperhitungkan.

1. Terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau yang biasa disingkat OJK adalah lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan di sektor perbankan dan non perbankan. Dengan terdaftarnya lembaga layanan pinjaman online di OJK otomatis lembaga tersebut dapat dipercaya.

2. Cek Rekam jejak Penyedia Pinjaman Online

Cek rekam jejak lembaga peminjam. Berapa lama lembaga peminjam berdiri. Bagaimana rekam jejak lembaga tersebut selama menjadi penyedia jasa peminjam ? Cek juga testimoni dari orang-orang yang pernah meminjam di lembaga pinjaman online tersebut. Apakah semuanya dapat dipercaya ? Dengan mengetahui rekam jejak lembaga peminjam, akan lebih kecil kemungkinan terjebak oleh pinjaman online abal-abal.

3. Cek Transparansi suku bunga

Jangan asal mengambil pinjaman online tanpa berhitung soal bunga pinjaman dan baru komplain ketika sudah mengambil pinjaman yang akibatnya tidak sanggup mengembalikan pinjaman. Sebaiknya cari lembaga peminjam yang memberikan transparansi terkait suku bunga sehingga kita bisa menghitung seberapa besar uang pengembalian yang harus dibayar.

4. Cek kontak perusahaan dengan jelas

Bagaimana mungkin dapat dikatakan pinjaman online terpercaya jika perusahaan penyedia pinjaman online tersebut tidak memiliki kontak yang jelas. Sebaiknya cek dengan cermat kontak perusahaan penyedia pinjaman. Apakah perusahaa memiliki kontak dan apakah kontak yang tersedia juga jelas dan asli ?

Pinjaman Online TunaiKu

Tunaiku adalah produk pinjaman online terpercaya dibawah naungan Bank Amar (PT. BANK AMAR INDONESIA) yang beralamat di Jl. Basuki Rahmad No. 109, (031) 99015959 Fax : (031) 3536839.

Bukan hanya di bawah naungan bank resmi, tapi Tunaiku dan Amar Bank juga berada di bawah bendera Tolaram Group yang merupakan perusahaan multinasional. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku tentu aman dan terpercaya.

Di layanan Pinjaman Online TunaiKu, hanya dengan modal KTP, bisa mendapatkan tanpa agunan hingga Rp20.000.000.

  • Syarat KTP
  • Pinjaman Online Terpercaya.
  • Terdaftar di OJK (Tunaiku).
  • Jumlah Pinjaman: RP 2000000 – 20000000.
  • Jangka Waktu: 6 – 20 Bulan.

Persyaratan Pengajuan

  • Usia 21- 55 Tahun.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki rekening bank.
  • Mempunyai pekerjaan atau penghasilan.
  • Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan Tunaiku.

Cakupan Wilayah

  • Jawa – Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, , , Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya.
  • Sumatera – Medan, Palembang, dan Pekanbaru.
  • Kota lainnya – yaitu Makassar, dan Denpasar.

Cara Mengajukan Pinjaman di Tunaiku

1. Pendaftaran

Langkah pertama melakukan pendaftaran dan pilih jumlah nominal serta lama pinjaman yang diinginkan.

2 Isi Formulir

Selanjutnya, isi formulir pengajuan pinjaman lalu kirimkan formulir pengajuan.

3. Terima Persetujuan

Setelah data dikirimkan data selanjutnya akan diproses oleh tim analis Tunaiku. Anda tinggal menunggu kurang lebih 24 jam untuk mengetahui status pengajuan pinjaman.

4. Konfirmasi Pinjaman

Setelah pengajuan disetujui, selanjutnya konfirmasi pengajuan Anda akan diwajibkan untuk tanda tangan kontrak. Pihak TunaiKu akan menghubungi Anda untuk mengatur lokasi pertemuan dengan kurir untuk tanda tangan kontrak.

5. Tanda Tangan Kontrak

Setelah pengajuan disetujui anda harus tanda tangan kontrak. Kurir TunaiKu akan membawa kontrak asli untuk Anda tandatangani sebagai bukti perjanjian, dalam 1-3 hari kerja (Tunaiku tidak melakukan survei).

6. Terima Dana

Setelah semua proses pengajuan terpenuhi dan pengajuan pinjaman disetujui. Dana akan dicairkan ke rekening bank dalam 1 hingga 3 hari kerja.

Advertisment

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.