Detak Jantung dan Selfie, Sistem Keamanan Terbaru Pengganti Password

Password merupakan sistem keamanan yang memungkinkan data pribadi tersimpan aman. Dengan adanya password, hanya orang tertentu yang bisa mengakses data tersebut. Saat ini, password paling banyak dalam bentuk angka (PIN), huruf, atau campuran huruf dan angka. Kerahasiaan password harus selalu dijaga, agar data tidak bocor kemana-mana dan disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.face id

Meski password bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh penggunanya saja, tak jarang juga password bisa dilupakan. Hal tersebut sering membuat seseorang tidak bisa mengakses data pribadinya. Untuk mencegah masalah lupa password, ada beberapa teknologi pengganti. Di masa depan, password akan digantikan dengan beberapa hal berikut. Pastinya aman dari masalah lupa password.

Pertama, detak jantung. Setiap orang memiliki detak jantung yang berbeda. Sehingga detak jantung bisa digunakan sebagai sistem keamaanan yang baik. Dengan detak jantung, seseorang tidak akan mengalami lupa password. Alat yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung adalah Electrocardiogram. Alat tersebut memungkinkan untuk mengidentifikasi identitas seseorang secara akurat. Dengan detak jantung, pengguna tidak perlu mengetikkan password. Pengguna hanya perlu berdiri di dekat perangkat. Kemudian jika detak jantung cocok maka perangkat akan terbuka dengan sendirinya.

Kedua, Selfie. Siapa sangka jika teknologi selfie yang sedang ngetren ternyata bisa dijadikan pengganti password. Setiap orang memiliki bentuk yang unik. Sehingga selfie bisa digunakan untuk pengganti sistem keamanan seperti password. Selfie sebagai pengganti password sudah banyak digunakan, terutama pada beberapa merk yang sudah beredar di pasaran. Teknologi yang digunakan untuk mendeteksi bernama FaceID. Teknologi tersebut mampu mengenali wajah pemiliknya dengan sangat akurat.

Selain detak jantung dan selfie, ada lagi teknologi pengganti password yang tak kalah canggih, yaitu scanner iris mata. Setiap orang terlahir dengan membawa bentuk iris yang berbeda. Sehingga scanner ini tidak akan salah dalam mengenali pemiliknya. Dengan teknologi-teknologi tersebut, para pengguna tidak perlu repot mengetikkan password. Pengguna pun senantiasa akan terbebas dari masalah kebocoran data maupun lupa password.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar