4 Tips Memilih Akun Endorser Sosial Media yang Tepat Untuk Bisnis

Blog alviya.com channel bisnis kali ini akan memberikan memilih akun yang tepat untuk bisnis. Berbisnis dan menjual online lewat instagram memang tidak semudah yang dibayangkan. Perlu trik jitu supaya bisa dikenal pelanggan dan banyak . Tidak semua digital influencer atau marketing influencer itu cocok untuk konten promosi kita. 

Misalnya saja dengan menggunakan jasa endorser yang memiliki follower banyak. Mengenai fee yang harus kita bayarkan, sangat bervariasi. Semakin terkenal dan banyak followernya, tarif yang harus dibayarkan pun semakin mahal. 

Baca juga: 3 Alasan, sosial media marketing sangat dibutuhkan dalam pemasaran bisnis.

Namun, sebenarnya menggunakan jasa endorse yang memiliki follower banyak, belum tentu bisa membuat produk kita dikenal dan banyak yang membeli. Karena target pasar yang dimiliki setiap endorser tidaklah selalu sama dengan target pasar kita. Nah, untuk lebih jelasnya, simak Tips memilih akun endorser sosial media yang tepat untuk bisnis yang kita jalani berikut ini.

Sebelum ke pembahasan, kita perlu tahu sebuah contoh memilih jasa endorse yang kurang tepat. Misalnya saja kita memilih jasa endorser yang memiliki follower 13.900. Sementara disana Cuma ada 8 orang komentar dan 913 orang suka. Melihat data tersebut, bisa diambil kesimpulan jika jasa endorser yang dipilih tidak tepat sasaran. 

Iklan

Baca juga: 4 Kesahalan yang sering dilakukan pengusaha pemula.

Kita bisa menuliskan rumus untuk persoalan diatas dengan perbandingan: 

Nilai Engagement = (jumlah komentar /jumlah follower) x 100%

Nilai Engagement pada contoh diatas adalah (8 / 13900) x 100% = 0.058 %.

Perhitungan ini didasarkan oleh kenyataan jika pengguna yang komentar lebih berminat daripada yang Cuma suka saja. Nah, jumlah follower banyak memang tidak bisa menjamin nilai engagement yang bagus. Nah, kita lihat tips berikut ini untuk memperoleh nilai Engagement yang bagus dan toko anda diminati oleh pelanggan.

Cek Dulu Track Record Sebagai Endorser

Kita perlu melakukan pengecekan pada aku endorse. Apakah sudah pernah melakukan endorse atau belum. Jika sudah lihat bisnis apa yang di endorse nya? Misal untuk situs taupasar.com maka kita harus pastikan bahwa endorser memiliki pengalaman dalam posting mengenai marketing atau bisnis. 

Baca juga: 4 Rahasia membangun bisnis dalam 1 tahun.

Cobalah hitung menggunakan rumus di atas. Apakah hasilnya bagus atau tidak.

Amati juga apakah produk yang di endorse nya sama dengan produk kita. Lalu lihat hasil yang di endorse nya.

Bila akun tersebut taj pernah melakukan endorse, maka bisa dilihat poin berikut ini.

Pilih Endorser yang Memiliki Interaksi dengan Follower-nya

Akun endorser yang sering berinteraksi dengan para followernya memiliki kemungkinan lebih besar berhasil menawarkan produk yang sudah di endorse nya. Dengan banyaknya komentar juga semakin baik pula nilai Engagement nya. Selain itu, pilihlah akun endorse yang menuliskan copywriting ataupun caption menarik. Sehingga banyak follower yang tertarik dan pastinya akan melihat produk kita. 

Nah, selain itu, di akhir caption endorse juga perlu memberi “Call To Action” mengajak pembacanya melakukan sesuatu. Misalnya saja menyuruh untuk tag temannya yang suka dengan produk yang berkaitan dengan postingan tersebut.

Pilih Endorse yang Hobinya Sesuai Dengan Produk Kita

Contohnya saja, pada akun yang hobi berwisata kuliner, yang kerap endorse makanan. Nah, jika ini adalah tema bisnis anda, maka endorse yang paling tepat bisa anda pilih. Karena tentunya pengguna instagram lain banyak yang mencari referensi terkait kuliner dari sini. 

Namun jika produk yang kita jual adalah gamis syari, kita bisa memilih endorse yang sering endorse gamis syari di lebel terkenal dalam masyarakat. Pilih juga yang kesehariannya memakai hijab dan gamis ya kak, jika produk yang mau di endorse adalah gamis. Soalnya pengguna akun instagram akan selalu update disini ketika dirinya memposting gamis gamis terbaru yang di endorse nya. 

Baca juga: Hati-hati, inilah 2 bisnis yang lama suksesnya.

Pakai Endorser yang Mau Posting Video

Selain menampilkan foto yang bagus dan menarik, endorse juga perlu menampilkan video untuk meyakinkan konsumen. Video juga lebih cermat menampilkan produk sehingga konsumen mau membeli produk kita. Mengenai video, tak selalu dirinya mengenakan produk yang kita jual. 

Video ini bisa dibuat dengan hanya berkeliling di toko Anda kemudian mewawancarai Anda sebagai pemilik produk. Iklan tersebut secara tidak sengaja bisa menarik konsumen dengan cepat. Mereka juga lebih percaya dengan produk yang sudah kita jual lewat video yang dibuat endorse tersebut. 

Nah, itu saja pembahasan tentang tips memilih akun endorser yang tepat untuk bisnis. Untuk membuat akun jualan di instagram bisa dilihat banyak orang, salah satu caranya dengan endorse yang tepat seperti tips diatas. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.