Featured Snippet = Peringkat Top 1 Google Search di Halaman Pertama

SEO Google search engine Januari 2020, kini halaman yang mendapat Featured Snippet (Cuplikan Unggulan) sama dengan peringkat top 1 Google search dari 10 besar hasil pencarian di halaman pertama Google search.

Hal ini tentu berbalik dengan algoritma mesin pencari Google sebelumnya terkait halaman yang mendapat Featured Snippet di hasil pencarian. 

Jika sebelumnya, halaman web/blog yang mendapatkan cuplikan unggulan Google masih tampil url halamannya pada hasil pencarian dibawah cuplikan unggulan, kini sudah tidak lagi.

Kini, setiap halaman yang mendapatkan Featured Snippet otomatis menduduki peringkat 1 (satu) halaman mesin pencari Google.

Informasi perubahan terkait Featured Snippet ini bermula dari salah satu cuitan twittter Mark Barrera dalam posting akun twitternya seperti yang tertera pada halaman “Google News Digest: Google Rocks the Boat Big Time” yang dimuat oleh situs jasa SEO Semrush.com.

Dalam twittnya, akun Mark Barrera mengatakan bahwa perubahan besar baru-baru ini yang terjadi pada hasil cuplikan unggulan (Featured Snippet) Google dimana dengan cuplikan unggulan hanya tampil dibagian peringkat teratas pada hasil pencarian.

Hal ini diperkuat pula dengan adanya cuitan balasan dari akun Pakar SEO Google Danny Sulivan pada akun twitternya:

Twitt dari pakar SEO Google, Danny Sulivan

Menanggapi hal ini, akhirnya pihak Google SearchLiaison pun memberikan tanggapan terkait perubahan hasil pencarian untuk cuplikan unggulan.

Jika di uraikan kurang lebih begini:

Jika daftar halaman web dinaikkan ke posisi snippet unggulan, Google tidak lagi mengulangi tampilan url halaman web di deretan hasil pencarian di halaman pertama.
Cuplikan unggulan salah satu dihitung sebagai salah satu dari sepuluh daftar halaman web yang ditampilkan dihasil pencarian halaman pertama.

Karena penasaran dengan adanya informasi perubahan cuplikan unggulan Google inipun akgirnya saya mencoba search kata kunci di Google. Kata kunci yang saya ketikan adalah “harga masuk rumah hobbit berastagi” dan hasilnya benar menunjukan bahwa yang mendapat cuplikan unggulan tidak lagi tampil pada bagian bawah deretan 10 besar.

Share on:
Avatar for AlviyatuN

Hai, saya Alviyatun  Orang di belakang alviya.com. Blogger dengan pengalaman 4+ tahun mengurus domain ini. Temukan saya di Medium. Mari kita bicara tentang pemasaran, bisnis, dan keramaian di Twitter . (Dan oh, jika Anda berada di LinkedIn, mari terhubung !)

    KLIK
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.alviya.com. Terima kasih.

Tinggalkan komentar